Menu Tutup

1000 Hari Pertama Kehidupan Anak | QnA 1000 HPK

1000 hari pertama kehidupan

Orang tua mana yang tak ingin yang terbaik untuk anaknya ? Semua orang tua berharap agat kelak sang buah hati dapat tumbuh dan berkembang menjadi seorang dewasa yang sehat, bahagia serta mencapai potensi optimal. Tidak ada waktu lain dalam hidup dan tidak ada kesempatan lain yang lebih besar melebihi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dapat memengaruhi banyak aspek pertumbuhan dan perkembangan anak.

1000 hari pertama kehidupan
1000 hari pertama kehidupan via sarihusada.co.id

1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Kualitas generasi bangsa yang sehat dan cerdas salah satunya ditentukan oleh pertumbuhan dan perkembangan pada periode emas. Periode emas adalah istilah untuk mendefinisikan 1000 hari pertama kehidupan. Seribu hari pertama kehidupan merupakan masa awal kehidupan saat masih berada dalam kandungan hingga 2 tahun pertama kehidupan. Seribu hari pertama kehidupan menjadi penting karena pada masa itu, kondisi pertumbuhan dan perkembangan anak sangat cepat dan pesat sehingga akan berdampak terhadap kesehatan pada masa yang akan datang.

1000 hari pertama kehidupan via sarihusada.co.id
Fase 1000 hari pertama kehidupan

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Seribu hari pertama kehidupan mencakup masa dalam kandungan. masa pemberian ASI eksklusif, dan masa pemberian ASI dan makanan pendamping ASI. Apabila masa pernting tersebut tidak diperhatikan secara benar, peluang mendapat gangguan pertumbuhan dan perkembangan akan lebih besar bila dibandingkan dengan yang mendapatkan perhatian serius. Gangguan pada 1000 hari pertama kehidupan memengaruhi tumbuh kembang anak pada masa yang akan datang dan mayoritas bersifat permanen.

Alasan mengapa 1000 hari pertama menjadi penting ialah pada masa itu perumbuhan dan perkembangan anak berada dalam masa yang riskan. Pada saat itu, terutama dalam kandungan organ-organ penting mulai terbentuk dan berkembang. Setelah itu, masa 2 tahun setelah kelahiran merupakan masa anak mulai beradaptasi dengan lingkungannya, berkembang dan mulaiberfungsinya organ-organ, serta merupakan puncak perkembangan fungsi kognisi anak. Seribu hati pertama menjadi riskan bagi anak untuk terjadi gangguan terutama karena asupan zat gizi yang kurang maupun berlebih. Kedua hal tersebut tentunya tidak baik untuk kesempatan anak.

QnA 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Tahukan Anda, Indonesia menempati lima besar dari seluruh negara di du nia sebagai negara dengan angka stunting terbesar? Apakah yang dimaksud stunting? Stunting adalah kondisi kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis atau berkepanjangan. Kondisi kekurangan gizi ini terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir, tepatnya di 1000 hari pertama kelahiran.

Gampangnya begini, jika berat badan seorang anak tidak naik atau naik tetapi tidak sebanyak yang seharusnya, lama kelamaanpun tinggi badan akan terpengaruhi. Supaya tidak tampak terlalu kurus, tubuh akan secara alamiah berkompansasi dengan tidak menumbuhkan tinggi badan. Jadi meskipun sekilas mata memandang si anak tampak baik-baik saja, ternyata tubuhnya lebih pendek jika dibandingkan dengan tubuh anak-anak sebayanya. Kondisi inilah yang dinamakan stunting.

1000 Hari Pertama Kehidupan
Stunting via rakyatsulsel.co

Kabar lebih buruknya, stunting sulit sekali untuk diperbaiki. Bukan hanya pendek, stunting juga punya banyak dampak merugikan lainnya. Ada suatu penelitian jangka panjang yang sudah dilakukan di Guatemala. Dalam penelitian itu dilakukan perbandingan pada anak-anak yang pada usia tiga tahun tidak stunting dan mereka yang stunting. Bagaimanakah hasilnya 35 tahun kemudian? Mereka yang dulunya tidak stunting ternyata memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dan memiliki pekerjaan yang lebih baik. Sementara mereka yang dahulu stunting lebih banyak menjadi pekerja kasar. Penelitian juga menunjukkan kalau anak-anak yang mengalami stunting lebih beresiko degeneratif seperti diabetes melitus, jantung koroner, hipertensi dan obesitas pada saat dewasa.

1000 Hari pertama kehidupan anak: Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah stunting?

Seperti kata pepatah, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk menghindari stunting. Yang pertama, berilah perhatian khusus pada masalah nutrisi anak. Jika berat badan bayi kita tidak naik setiap bulan, atau hanya naik sedikit, atau bahkan turun, segeralah berkonsultasi kepada dokter. Kedua, buanglah jauh-jauh segala pebenaran yang ada dari pikiran kita. Ingat, semua anak sehat pasti aktif. Jangan juga menjadikan faktor genetik menjadi alasa meskipun memang benar faktor ini bisa sangat berpengaruh terhadap keoptimalan tumbuh kembang anak. Meskipun begitu, jangan lupa bahwa banyak faktor lain yang bisa berpengaru lebih besar lagi. Yang ketiga, pikirkan “yang penting sehat” mungkin tidak sepenuhnya salah tetapi perlu kita camkan baik-baik bahwa kesehatan yang harus dipikirkan bukanlah hanya saat ini saja tetapi jauh hingga ke masa depan.

1000 Hari pertama kehidupan anak: Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) disebut dengan golden period (periode emas/kritis)?

1000 HPK sangat sensitif dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan menentukan kualitas kehidupan di kemudian hari

1000 Hari pertama kehidupan anak: Mengapa 1000 HPK penting?

1000 HPK sangat penting karena diwaktu pertumbuhan delapan minggu pertama sejak pertumbuhan itulah terjadi pembentukan semua cikal-bakal organ tubuh seperti otak, jantung, dan ginjal. Perkembangan penting sebagian organ akan terjadi sampai akhir kehamilan dan berlanjut hingga anak berusia sekitar dua tahun

1000 Hari pertama kehidupan anak: Apakah yang harus diwaspadai selama 1000 HPK?

1000 HPK adalah periode ketika kebutuhan nutrisi anak meningkat pesat untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan mental yang cepat. Pada periode ini ibu dan anak sangat riskan terkena malnutrisi dan infeksi.

Mengapa nutrisi pada 1000 HPK penting?

Masa depan anak (bahkan bangsa) ditentukan oleh kualitas nutrisi pada 1000 HPK. Di masa ini tubuh anak (termasuk otak) berkembang sangat cepat dan nutrisi yang baik menjadi fondasi yang sangat penting

Apakah kegunaan nutri di 1000 HPK?

Nutrisi yang baik di 1000 HPK memilik kegunaan sebagai barikut:

Jangka pendek:

  • Membantu perkembangan otak anak
  • Mengoptimalkan pertumbuhan tubuh anak
  • Mengatur metabolisme pada tubuh anak

Jangka panjang:

  • Mengoptimalkan kemampuan kognitif dan prestasi
  • Mengoptimalkan kekebalan tubuh dan kapasitas kerja
  • Menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, obesitas, dan kangker

Bagaimana jika nutrisi di 1000 HPK tidak cukup?

Kekurangan nutrisi di periode ini memiliki efek jangka panjang yang sulit diperbaiki setelah anak berusia dua tahun. Perkembangan otak manusia terjadi hanya sampai di usia dua tahun. Ini sangat menentukan kualitas hidup anak untuk seumur hidupnya. Dampak malnutrisi di 1000 HPK bersifat permanen dan sulit diperbaiki.

Pemilihan waktu amat penting! Intervensi nutrisi harus dilakukan selama masa kritis 1000 HPK. Jika masa ini berlaku, kenaikan berat yang tidak proporsional dapat meningkatkan resiko overweight dan banyak masalah kesehatan terhadap anak.

Apakah yang dimaksud dengan malnutrisi?

Malnutrisi adalah gangguan nutrisi dengan segala bentuknya, mulai dari pola makanyang tidak sehat, defisiensi makronutrien dan mikronutrien, sampai dengan ketidak seimbangan asupan energi. Malnutrisi sebetulnya terjadi bukan karena kekurangan nutrisi saja tetapi juga karena kelebihan dan ketidakseimbangan nutrisi

Seperti apa bentuk malnutrisi yang sering ditemukan di dunia?

Kekurangan zat besi adalah bentuk malnutrisi yang paling umum di dunia. Secara global, diperkirakan 47% (293 juta) dari semua anak persekolahan dan 42% (56 juta) dari semua wanita hamil mengalami anemia, dengan sekitar setengahnya disebabkan oleh difisiensi besi.

Dibutuhkan nutrisi yang cukup terutama protein, asam lemak tak jenuh ganda, zat besi, seng, tembaga yodium, kolin, folat, dan vitamin A B6, dan B12 agar otak bisa tumbuh dan berkembang. Masa puncak kebutuhan zat besi adalah saat janin masih dalam kandungan dan masa bayi/balita (6 bulan sampai 3 tahun). Inilah masa paling beresiko terjadinya gangguan perkembangan saraf karena kekurangan zat besi.

Otak yang berkembang dimasa ini membutuhkan zat besi untuk mendukung kecepatan pemrosesan di otak, perilaku dan emosi, serta belajar dan mengingat. Beberapa penelitian melaporkan adanya gangguan fungsi mental, motor dan sosio emosional dengan anemia defisiensi besi dibandingkan bayi tanpa anemia defisiensi besi

Apakah yang dimaksud dengan kekurangan nutrisi (undernutrition)

Kekurangan nutrisi adalah kondisi serius ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya

Apakah yang menadinya kekurangan nutrisi?

Secara garis besar kekurangan nutrisi dapat disebabkan karena kekurangan asupan nutrisi (baik makronutrien maupun mikronutrien), gangguan penyerapan nutrisi, atau kehilangan zat nutrisi yang berlebihan. Faktor penyebab kekurangan nutrisi ini adalah tidak cukupnya asupan makanan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, kurang beragamnya asupan makanan, dan kurang perawatan kesehatan, sumber air bersih dan kebersihan. Status nutrisi seorang ibu sebelum kehamilan akan menentukan perkembangan awal embrio dan plasenta.

Bagaimana halnya dengan kelebihan nutrisi?

Kelebihan zat gizi pada periode usia 0-2 tahun pada umumnya juga bersifat tidak dapat diperbaiki dan akan berdampak pada kualitas hidup jangka pendek dan jangka panjang anak

Bagaimana mengetahui kecukupan nutrisi di 1000 HPK?

Adanya kekurangan nutrisi yang berkepanjangan pada 1000 HPK dapat terlihat dari tinggi badan anak. Tinggi badan yang tidak sesuai dengan usia atau stunting (pendek) merupakan tanda ketidak cukupan nutrisi berkepanjangan.

1000 Hari pertama kehidupan anak: Apakah stunting itu?

Stunting (pendek berdasarkan umur) adalah tinggi badan yang berada dibawah minus dua standar deviasi (<-SD) berdasarkan umur dari tabel status gizi WHO Child Growth Standard.

1000 Hari pertama kehidupan anak: Apakah yang menyebabkan stunting?

Stunting dapat disebabkan karena status kesehatan ibu hamil yang kurang, ketidak cukupan nutrisi bayi, dan infeksi

Mengapa stunting bisa terjadi?

Jika seorang anak mengalami masalah kurang nutrisi, berat badannya akan sulit naik. Lama-kelamaan tinggi badannya pun akan berkompensasi dengan tidak baik.

Kapan stunting terjadi?

Stunting dapat terjadi sejak janin masih berada dalam kandungan dan baru tampak saat anak berusia dua tahun. Batita perempuan mencapai 50% tinggi badan dewasanya pada usia 18 bulan, sedangkan batitia laki-laki pada usia dua tahun. Selai kualitas dan frekuensi pemberian makanan bayi, status nutrisi dan status kesehatan ibu adalah faktor penentu penting stunting pada anak.

Apakah yang dimaksud dengan kurangnya status kesehatan ibu hamil?

Kondisi kesehatan dan status nutrisi ibu sebelum, saat, dan setelah kehamilan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan awal bayi sejak masih dalam rahim. Sebagai contoh adalah intauterine growth nutriction. Keadaan ini disebabkan kurangnya status nutrisi ibu dan berkontribusi sebesar 20% dari kondisi stunting pada anak.

Apakah intrauterine growth restriction itu?

Intrauterine growth restriction (IUGR) adalah kondisi ketika bayi yang belum lahir berukuran lebih kecil dari seharusnya karena tidak tumbuh pada tinglat normal didalam rahim. Istilah ini juga dikenal dengan Small for Gestational Age atau kecil masa kehamilan.

Sumber

  • Buku Tanya Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak
  • Buku 1000 Hari Pertama Kehidupan

Penutup

Semoga tulisan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak ini bermanfaat. Sebagai seorang calon ibu sudah sepantasnya memberikan kebutuhan anak secara optimal. Mohon maaf apabila ada kesalahan.

More++

Jangan lupa untuk menbaca artikel fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan banyak wawasan. Share jika dirasa artikel ini dapat memberikan manfaat. Lebih banyak yang tahu lebih baik bukan.

(Visited 155 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *