Menu Tutup

20 Cara Mengusir Lalat Ampuh dan Mudah

Sudah masuk musim penghujan nih, biasanya jika musim hujan akan sering menemukan hewan kecil yang satu ini “Lalat”. Binatang kecil terbang bernama lalah ini sering kali muncuk dan lebih banyak disaat musim penghujan. Dengan kelincahannya ketika terbang banyak orang-orang merasa terganggu karena sering hinggap dimana-mana. Artikel ini akan membahas 20 cara mengusir lalat dengan mudah dan tentunya bahannya yang dibutuhkan tidak sulit untuk didapat.

Sebelumnnya tahukah Anda dari mana lalat yang selalu ada dirumah Anda? Daur hidup lalat bermula dari telur kemudian berubah menjadi larva atau belatung. selang beberapa saat berubah menjadi kepopong kemudian keluarlah hewan lalat dari sana. Lalat betina ini umumnya akan memilih bertelur di tempat dimana larva atau belatung ini mudah mendapatkan makanan, tempat itu diantaranya pada bahan-bahan organik yang telah membusuk atau terurai, seperti kotoran ternak atau sampah. Jadi langkah pertama untuk mengusir lalat dari lingkungan Anda sebaiknya bersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang lalat salah satunya membuang dan membersihkan tempat sampah yang ada di rumah Anda. Artikel 20 cara mengusir lalat ini akan membatu Anda memberikan beberapa referensi bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengusir lalat

Jika lalat dibiarkan kemudian hinggap di makanan yang hendak dikonsumsi ini cukup membahayanan lho. Lalat umumnya hidup bermula dari tempat yang kotor penuh dengan patogen atau virus. Virus yang dibawa oleh lalat kemudian hinggap dimakanan lalu dikonsumsi ini lah yang menimbulkan penyakit. Hanya dihinggapi lalat saja sudah menyebarkan virus lho ya. Ternyata lalat yang hinggap tidak hanya memakan makanan Anda atau hanya sekedar mampir saja, bagian lalat yang paling membahayakan ketika lalat muntah pada makanan Anda. Muntahan lalat terdapat virus yang hidup lebih lama dibanding virus yang menempel pada bulu-bulu dan kaki lalat. Ini berarti ada kemungkinan lebih besar bakteri dan virus tetap hidup dan kemudian tertelan bersama makanan Anda. Maka sebaiknya hidari makanan Anda dari hinggapan lalat.

Cara mengusir lalat
Lalat

Berikut ini 20 cara mengusir lalat yang ampuh dan tentunya mudah sekali untuk dilakukan

Menggunakan Plastik Bening Berisi Air

Cara mengusir lalat
Palstik bening berisi air

Pernahkah Anda pergi ke pasar tradisional yang menyediakan berbagai sayuran serta aneka protein seperti daging, ayam ikan dan lainnya ? Para pedagang disana biasanya menggantungkan plastik bening berisi air diatas dagangannya. Hal ini berfungsi untuk mengusir lalat agar tidak hinggap diatas barang yang dijualnya. Plastik berisi air yang digantung ini dapat mengelabuhi penglihatan lalat.

Lalat memiliki 3000-6000 mata disetiap bola matanya. Plastik bening berisi air akan memantulkan cahaya yang mengakibatkan penglihatan lalat tidak fokus pada satu titik sehingga lalat lebih memilih untuk menjauh. Penggunaan paltik berisi air yang digantung ini direkomendasikan untuk digunakan di tempat yang terang sehingga cahaya yang terpantul akan lebih banyak.

Menggunakan Irisan Daun Pandan

cara mengusir lalat
Irisan daun pandan

Daun pandan seringkali digunakan sebagia pewarna alami pada makanan ataupun sebagai pengharum makanan agar lebih menggugah selera. Ternyata daun padan tidak hanya bisa digubakan untuk memasak saja. Daun pandang yang memiliki wangi yang khas dapat digunakan untuk mengusir lalat.

Caranya pun mudah sekali, Anda cukup menyediakan beberapa helai daun padang kemudian iris tipis hingga halus, selanjutnya letakan diatas mangkuk atau piring, simpan ditempat yang banyak dihinggapi lalat. Aroma khas yang dimiliki daun pandan ini tidak disukai lalat sehingga lalat lebih memilih untuk menjauh.

Air Rendaman Cengkeh

cara mengusir lalat
Cengkeh

Cengkeh memiliki aroma khas yang tajam seringkali digunakan sebagai rempah-rempah untuk memberikan aroma khas cengkih yang menyegarkan. Bagusnya, aroma cengkih yang banyak disukai orang-orang sebaliknya sanyat tidak disukai oleh lalat. Anda dapat menggunakan cengkih yang direndam dalam air kemudian simpan ditempat yang sering dihinggapi lalat. Aroma rendaman cengkih ini tidak disukai lalat sehingga lalat akan lebih memilih untuk pergi.

Bunga Lavender

cara mengusir lalat
Bunga lavender

Bunga lavender yang indah dan tak kalah wanginya ini juga bisa berfungsi untuk mengusir lalat diruangan Anda. Caranya sederhana sekali, cukup menyimpan bunga lavender pada pot atau vas kemudian simpan disudut ruangan yang sering dihinggapi lalat. Wangi bunga lavender tidak disukai oleh lalat maupun nyamuk sehingga akan mengusir kedua hewat terbang iniagar tidak mengganggu aktivitas di rumah Anda.

Cara Mengusir Lalat Menggunakan Lilin

Lilin

Cara mengusir lalat menggunakan lilin ini seringkali digunakan di rumah makan. Selain ekonomis, lilin tidak merusak pangangan jika diletakkan dengan penyajian makanan yang harus menggoda. Cukup menyalakan lilin kemudian simpan lilin diatas meja yang sering dihinggapi lalat. Panas dari lilin ini yang membuat lalat menjauhi makan disekitar api lilin. Hati-hati dalam penggunaan lilin untuk mengusir lalat, jangan letakan lilin didekan barang-barang yang mudah terbakar untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel

Cuka apel yang kaya akan manfaat juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Cara mengusir lalat menggunakan cuka apel ini adalah dengan memanfaatkan sebagai umpan agar lalat terperangkap. Cara membuat umpan mengguankan cuka apel ini adalah

  • Siapkan botol bekas air mineral
  • Potong bagian tengahnya
  • Tuangkan cuka aple setengah bagian dari botol bekas air mineral yang talh dipotong
  • Tutup menggunakan kertas
  • Lubangi kertas seukuran dengan lalat, buatlah beberapa lubang

Aroma cuka aple ini akan memancing lalat untuk hinggap hingga masuk kedalam botol yang telah dimodifikasi ini, lalu akhirnya lalat terperangkap dan sulit untuk keluar. Lalat yang terperangkap lama-lama akan terendal didalam cuka apel.

Taburan Garam

cara mengusir lalat
Garam

Dapat dipastikan semua rumah pasti memiliki garam. Garam yang berperan penting dalam setiap masakan juga dapat digunakan untuk mengusir lalat. Caranya mengusir lalat menggunakan garam pun mudah sekali, cukup taburi garam di tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat seperti area masak didapur, rak dapur, atau tempat yang sering menjadi sarang lalat salahsatunya tempat sampah.

Campuran Bumbu Dapur

cara mengusir lalat
Aneka rempah

Bumbu dapur dapat digunakan juga untuk mengusir lalar. Bahan-bahan bumbu dapur yang dapat digunakan untuk mengusir lalat diantaranya kayu manis, cabe, bawang putih dan air. Cara mengusir lalat mengguankan bumbu dapur ini adalah:

  • Masukann semua bahan yaitu kayu manis, cabe dan bawang putih lalu beri sedikit air kedalam blender
  • Blend semua bahan hingga halus dan teraduk menjadi satu
  • Tambahkan 2 gelas air
  • Saring agar tidak ada ampas
  • Masukkan kedalam semprotan

Semprotan cairan bumbu dapur ini dapat digunakan untuk mengusir lalat. Semprotkan pada area-area yang sering dihinggapi lalat

Sarang Laba-laba

laba-laba

Sebagian besar orang ada yang benci dengan laba-laba sehingga apabila terdapat sarang laba-laba dirumah pasti akan segera dibersihkan. Eits tunggu dulu, laba-laba dirumah Anda juga dapat membantu untuk mengusir lalat. Laba-laba dapat mengusir lalat dengan cara memakannya, sebagaimana peran cicak yang membantu mengusir nyamun di rumah dengan cara memakannya.

Irisan Jeruk Lemon dan Cengkih

Irisan Lemon dan Cengkih

Irisan jeruk lemon dan cengkih juga menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengusir lalat dari rumah Anda. Cara mengusir lalat dengan menggunakan irisan jeruk lemon dan cengkih mudah sekali, cukup letakkan cengkih diatas irisan jeruk lemon. Jeruk lemon dan cengkih ini akan mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai lalat sehingga lalat akan pergi menjauh.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan badan saja. Minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengusir lalat karena lalat tidak menyukai aroma minyak kayu putih yang cukup tajam. Taburkan tetesan minyak kayu putih pada tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat atau buka tutup botol kayu putih kemudian simpat di tempat yang banyak dikerumuni lalat.

Memlihara Tanaman Karnivora

Tanaman Karnivora

Bagi Anda yang tidak ingin repot menyiapkan ini itu untuk mengusir lalat, Anda cukup memeliraha tanaman karnivora di sekitar rumah. Tanaman karnivora seperti kantung semar, atau venus fly trap akan memakan serangga-serangga kecil yang datang. Tanaman karnivora ini akan mengeluarkan bau busuk yang tidak sedap untuk memancing mangsanya. Bau busuk ini sangat disukai oleh lalat dan serangga lainnya.

Daun Kemangi

Cara mengusir lalat
Daun Kemangi

Daun kemangi biasanya digunakan sebagai lalap atau pelengkap untuk membuat berbagai aneka pepes, pepes ikan, pepes ayam, pepes jamur dan lainnya. Daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengusir lalat, caranyapun mudah sekali cukup celupkan daung kemangi kedalam air yang telah disimpan didalam wadah seperti mangkuk. Aroma yang dikeluarkan daun kemangi tidak disukai lalat sehingga cara ini ampuh untuk mengusir lalat. Jangan lupa untuk mengganti air dan daun kemanginya setiap hari karena daun kemangi ini mudah layu.

Membuat Lem Lalat dari Gula dan Madu

Gula dan Madu

Cara lain untuk mengusir lalat dengan mudah adalah membuat lem lalat dengan bahan sederhana yaitu gula, madu dan sedikit air. Berikut ini cara mudah membuat lem lalat dari gula dan juga madu:

  • Campurkan gula, madu dan air dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jika gula 1 sendok makan, maka masukan air dan gula satu sendok makan
  • Aduk rata kemudian nyalakan api kecil
  • Aduk hingga bahan mengental. Hati-hati gosong.
  • Matikan api, lalu tunggu hingga dingin

Lem lalat ini dapat diaplikasikan diatas kertas atau pada sedotan. Setelah adonan dingin, cukuo oleskan diatas kertas nasi atau kertas biasa, atau bisa juga pada sedotan. Kemudian simpan makanan didekatnya atau diatasanya, lalatpun akan hinggap kemudian terperangkap diatasnya.

Jahe

Jahe

Cara lain untuk mengusir lalat dari rumah Anda adalah dengan menggunakan jahe. Jahe juga tak kalah ampuh digunakan untuk mengusir lalat, cara menggunakannyapun mudah sekali

  • Campurkan satu sendok teh jahe kering atau bubuk jahe dengan air
  • Aduk rata
  • Kemudian masukkan kedalam botol semprotan

Semprotkan cairat tersebut pada tempat-tempat yang sering dihinggapi banyak lalat. Cairan ini juga cukup ampuh untuk mengusir serangga lainnya.

Campuran Garam dan Kunyit

Bubuk kunyit

Campuran bisa digunakan untuk mengusir lalar hanya dengan menaburkannya, agar lebih ampuh, Anda juga bisa menambahkan bubuk kunyit. Campuran garam dan bubuk kunyit dapat digunakan untuk mengusir lalat. Taburkan campuran garam dan bubuk kunyit pada tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat. Selain dengan bubuk kunyit, campuran garam dengan merica pun tak kalah ampuh untuk mengusir lalat

Membuat Insektisida dari Cuka dan Kayu Putih

Cuka

Cairan insektisida umumnya dibuat dengan menggunakan bahan kimia untuk mengusir serangga. Kali ini Anda dapat membuat cairan insektisida menggunakan bahan alami yang banyak dijumpai diberbagai tempat yaitu kayu putih dan cuka. Cara membuat cairan insektisida alami ini mudah seka, cukup campurkan

  • 2 sendok makan cuka,
  • 1 sendok makan minyak kayu putih dan
  • satu gelas air dingin k
  • Masukann semua bahan kedalam botol semprot
  • Kocok-kocok semua bahan hingga tercampur rata

Cairan insekta ini sudah dapat digunakan untuk mengusir lalat dan juga serangga lainnya dari rumah Anda.

Irisan Timun

Irisan Timun

Cara lain yang ampuh dan mudah untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan irisan timun. Cukup iris timun kemdian letakkan di tempat-temat yang sering dikerumuni lalat. Lalat tidak menyukai timun baik dari rasa ataukun aromanya, sehingga irisan timun dapat mengusir lalat.

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Kulit jeruk selain ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk, juga tak kalah ampuh digunakan untuk mengusir lalat. Aroma yang dihasilkan dari kulit jeruk ini sangat tidak disukai lalat dan sebaliknya aroma kulit jeruk banyak digemari oleh orang-orang sehingga kulit jeruk ini dapat digunakan untuk mengusir lalat. Cukup letakkan kulit jeruk pada tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Membersihkan Tempat yang Dihinggapi Lalat

Pembahasan 20 cara mengusir lalat yang terakhir adalah dengan membersihkan tempat yang dihinggapi lalat. Lalat lebih menyuaki tempat-tempat yang kotor, lembab dan menyeluarkan aroma amis hingga bau busuk. Agar lingkungan Anda tidka dihinggapi banyak lalat dan menjadi tempat perkembang biakan lalat, pastikan rumah Anda bersih, wangi dan tidak lembab. Jika memang karena keadaan tertentu rumah Anda tetap lembab dan tidak bisa kering ataupun bersih seperti layaknya, maka Anda daoat menggunakan cara-cara diatas untuk mengusir lalat.

Penutup

Sekian aritkel mengenai 20 cara mengusir lalat ampuh dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang terkendala akibat kuantitas lalat yang semakin meningkat disekitar Anda. Terlebih sekarang sudah memasuki musim penghujan, populasi serangga seperti lalat lebih besar karena lebih banyak genangan air. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari penulisan ataupun isi artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan banyak manfaat serta berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social whatsapp, facebook dan twitter Anda. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan. 🙂

(Visited 69 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *