Menu Tutup

8 Bahaya Upload Foto Bayi dan Foto Anak

8 bahaya upload foto bayi

Media sosial saat ini terlah beralih fungsi menjadi salah satu gaya hidup. Tidak sedikit orang-orang yang mengunggah setiap kejadian ataupun aktivitas sehari-harinya ke media social. Tanpa menyadari ada banyak bahaya yang mengintai. Kelahiran buah hati pastinya menjadi hal yang spesial. Biasanya untuk memberihatuhkan kepada teman ataupun saudara salahsatunya dengan mengunggah foto bayi yang baru lahir dengan caption pemberitahuan. Tetapi sebenarnya ada bahaya mengintai buah hati ketika Anda mengunggah foto bayi kesayaangan Anda. Berikut ini akan dibahas 8 Bahaya Upload Foto Bayi dan Foto Anak yang sering tidak kita sadari. Selain itu ada juga beberapa tips jika Anda hendak mengunggah foto bayi agar terhindar dari bahaya.

Tindakan kejahatan biasanya akan muncul jika ada kesempatan. Ketika Anda mengambil gambar sikecil kesayangan, kemudian mengunggahnya ke media social dengan ratusan bahkan ribuan orang yang mengikuti Anda. Diantara ratusan bahkan ribuan orang yang mengikuti Anda di media social, Anda tidak ada yang tahu mana orang jahat, mana orang baik, atau orang jahat yang berpura-pura baik. Anda tidak akan bisa mengetahui apa yang terjadi pada orang-orang yang mengikuti Anda di media social terhadap gambar sikecil yang telah Anda unggah di mediasocial. Maka sebaiknya berhati-hatilah ketika mengunggah foto sikecil. Berikut ini beberapa 8 bahaya upload foto bayi yang perlu Anda ketahui.

Penyakit ‘Ain dalam Islam

8 bahaya upload foto bayi dan foto anak
Bahaya Penyakit ‘Ain

Berangkat dari hadist dibawah ini

“Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa” (HR. Muslim no. 2188).

Sudahkah Anda tahu penyakit ‘Ain itu apa ? Penyakti ‘ain adalah penyakti yang timbul akibat dari pandangan mata dari iri, dengki atau rasa tidak suka lainnya. Penyakit ini muncul ketika orang merasa iri dan dengki ketika melihat orang lain dengan pandangan mata secara langsung ataupun tidak langsung kemudian orang yang dilihatnya terkena gangguan.

Bayi yang terkena penyakit ‘ain bisa saja tiba-tiba ia seing menangis, rewel, sulit makan atau gangguan-gangguan lainnya. Jika hal ini secara langsung terjadi karena ada sebabnya mungkin tidak terlalu masalah. Misalkan jika bayi rewel karena telah diimunisasi, ada rasa sakit pada tubuhnya itu masih masuk akal. Tetapi jika tiba-tiba bayi rewel tanpa ada alsan yang jelas dan biasanya selalu baik-baik saja, maka bisa dicurigai ini akibat dari penyakit ‘ain.

Ah masa hanya dengan melihat bisa menjadi seperti itu ? Penyakit ‘ain telah ada sejak zaman Rasulullah. Kala itu salah satu sahabat Rasul melihat kawannya membuka jubah kemudian ia merasa kagum ketika melihatnya. Kabar ini sampai ke telinga Rasulullah kemudian beliau menyuruh sahabatnya untuk berwudhu untuk menghilangkan penyakti ain yang muncul. Pandangan yang mengagumkan pun bisa menjadi masalah, apalagi pandangan yang dengki. Maka ketika melihat sesuatu yang baik atau mengagumkan, hendaknya mendoakan keberkahan untuknya.

Jadilah ibu yang bijak, sebab jaman modern saat ini perlu diimbangi dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Banyak hal-hal yang dianggap remeh justru berakibat fatal.

Katalog Penjualan Bayi

8 bahaya upload foto bayi dan foto anak
Kasus penjualan bayi

Banyak para pelaku usaha yang menjual barang dagangannya scara online, begitupun para pelaku penjualan anak yang semakin marak saat ini. Mereka bisa saja mencuri foto bayi Anda untuk menyimpannya pada katalog penjualan Bayi. Kasus ini pernah terjadi pasa bayi beberapa selebritis Ayu Ting Ting dan Ruben Onsu yang mendapati foto anaknya ada dalam katalog penjualan bayi. Bayi mereka yang begitu lucu dan imut pada katalog hanya dihargai tidak lebihdari lims juta rupiah saja.

Bagaimanapun anak yang dilahirkan oleh orang tua tidak ternilai harganya. Kasus-kasus penjualan bayi sejak dulu sudah marak terjadi, meskipun sudah banyak yang tertangkap polisi, tetapi eksistentinya tetap ada hingga saat ini. Maka apa salahnya bagi Anda untuk senantiasa berhati-hati agar tidak sembarangan mengunggah foto bayi.

Kejahatan Seksual

8 bahaya upload foto bayi dan foto anak
Anak yang mengalami trauma akibat kejahatan seksual semasa kecil

Dalam media social, Anda tidak bisa mengetahui siap saja yang melihat foto yang Anda unggah. Anda juga tidak bisa tahu apa yang ia lakukan terhadap foto yang Anda unggah. Foto sikecil yang Anda unggah bisa saja dimanfaatkan oleh para pedofil untuk memenuhi hasrat seksualnya.

Kejahatan para pedofil memang biasanya terjadi pada anak dibawah usia 14 tahun, tetapi tidak dipungkiri terjadi pada bayi, terlebih jika mengunggah foto bagi dalam keadaan telanjang hingga terlihat bagian vitalnya. Hal-hal yang tidak mengenakkan seperti ini bisa saja terjadi hanya karena mengunggah foto anak dimedia social. Mengerikan sekali bukan.

Promosi Produk Tanpa Izin

8 bahaya upload foto bayi dan foto anak
Promosi produk tanpa sepengetahuan orang tua

Jika bayi Anda menjadi bintang iklan untuk mempromosikan produk dengan seizin Anda dan mendapatakan keuntungan pasti tidak menjadi masalah. Tetapi jika mereka oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan foto bayi Anda untuk kepentingan mereka tanpa sepengetahuan Anda sebagai orang tua. Meskipun tidak merugikan secara langsung tetapi foto bayi Anda tidak sepantasnya digunakan tanpa seizin Anda.

Menjadi Meme

Contoh meme bayi

Bila bayi Anda menjadi gambar meme yang dapat ditertawakan orang lain bagaimana perasaanya ? Lha yang diupload kan foto-foto lucu, ko bisa jadi meme ? Mom, jaman sekarang teknologi sudah canggih, ada banyak aplikasi untuk mengedit foto seolah-olah itu adalah foto asli padalah foto editan. Bisa saja wajah lucu bayi Anda diedit sedemikian rupa hingga menjadi gambar yang lucu.

Jika hanya sekedar gambar lucu mungkin tidak akan terlalu jadi masalah, tetapi bagaimana jika gambar yang memaluka. Gambar yang memalukan sikecil kemudian menjadi viral akan membahayakan mental sikecil dikemudian hari. Dikhawatirkan ia kana dipandang sebelah mata oleh lingkungannya akibat gambar memalukan milikinya semasa kecil yang sempat viral.

Diakui Oleh Orang Lain

Orang tua menggandengn tangan anak

Saat ini banyak sekali di media social karena rentannya proteksi terhadap foto-foto anak, banyak sekali akun-akun yang mengunggah foto anak orang lain dan mengakuinya sebagai anak sendiri. Padahal ia telah mengunduhnya tanpa meminta izin kepada pemiliki foto. Hal ini bisa saja dikategorikan sebagai pencurian identitas sebab mengunduh foto kemudian mengunggahkan dan mengakuinya sebagai anak sendiri.

Profil Palsu Media Social Orang Lain

Fake akun

Fake Acooun (Akun palsu) banyak bermunculan saat ini. Akun palsu ini biasanay digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna seperti mengatai orang, mempromosikan produk, menebar kebencian dan lainnya. Bahaya sekali jika akun palsu yang seperti ini jika menggunakan foto profil anak Anda tanpa sepengetahuan Anda sendiri. Jika pemiliki akun palsu ini berulah, otomatis yang pertama kali dilihat adalah foto profil. Bayangkan jika foto profil yang digunakan ternyata adalah foto anak Anda. Mengerikan sekali.

Ancaman Penculikan

Penculikan anak

Hanya mengunggah foto bayi ko bisa menjadi ancaman penculikan ? Bisa sekali Mom, terlebih jika foto yang diunggah menyertakan identitas alamat. Jaman sekarang orang jahatpun tidak kehabisan akal untuk berbuat jahat. Misalkan jika Bayi Anda sedang ada dalam perawatan rumah sakit, bisa saja penculik ini mengaku sebagai kerabatnya kemudian malah mengambil bayi Anda. Masih banyak modus-modus lain yang mengacam keselamatan bayi hanya dengan menyebarkan informasi tidak semestinya di media social. Banyak sekali oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang bertindak tidak semena-mena untuk mendapatkan keuntungan.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai 8 Bahaya upload foto bayi dan foto anak yang kebanyakan tidak disadari oleh para orang tua. Sebaiknya berhati-hati untuk mengunggah foto bayi dan foto anak dimedia social sebelum bahaya mengintai mereka. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi atau penulisan artikel. Semoga artikel ini bermanfaat

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbegai informasi seputar fakta-fakta berbagai hal. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social twitter. whatsapp, facebook dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik buka. 🙂

(Visited 93 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *