Menu Tutup

Apa itu Baby Blues ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

apa itu Baby blues

Memiliki buah hati menjadi harapan bagi hampir semua pasangan suami istri, baik itu secara terenca ataupun tidak. Kelahiran bayi memberikan kebahagiaan tersendiri bagi ayah, bunda hingga anggota keluarga besar lainnya, terlebih apabila anak tersebut sudah didambakan selama bertahun-tahun. Tetapi, ada fase yang mungkin harus dilewati bunda setelah melaharirkan. Fase yang berkaitan dengan keadaan emosional bunda, fase ini dikenal dengan Baby Blues Syndrom. Artikel ini akan membahas apa itu Baby Blues ?

Apa itu Baby Blues Syndrom ?

Baby Blues Syndrom atau di kenal juga dengan postpartum blues atau postpartum distress Syndrom adalah gangguan emosional yang timbul setelah melahirkan. Bunda akan merasa tiba-tiba sangat sedih, mudah marah, lelah, tiba-tiba ingin menangis, sulit untuk berkonsentrasi hingga merasa minder. Hal ini umum terjadi pada mama setelah melahirkan. Perasaan ini akan terjadi hingga 2 minggu atau 14 hari, namun hari terberat adalah ketika 3 hingga 4 hari pertama setelah melahirkan.

Sekirat 50% hingga 80% Bunda mengalami gangguan emosional ini Pasca melahirkan. Maka jika bunda merasa sangat sedih, mudah tersinggung, tertekan, lelah, mudah marah, tidak memiliki rasa percaya diri, lelah dengan semua rutinitas baru setelah melahirkan hingga ingin menangis sendiri secara tiba-tiba merupakan hal yang wajar terjadi. Perasaan ini muncul secara alami yang sudah pasti disebabkan oleh beberapa hal terkait dengan kelahiran buah hati Anda.

Meskipun demikian, jangan terlalu berlarut-larut, Anda pasti bisa melewatinya, proses adaptasi memang memerlukan waktu juga pembiasaan yang lama kelamaan akan terjadi dengan sendirinya. Semangat menjadi Ibu !! Teruslah berusaha menjaga emosi agar tetap stabil, sebab di sisi lain ada si kecil yang baru saja keluar dari rahim Anda, ia sangat membutuhkan limpahan kasih sayang dari Anda. Dalam fase ini, Anda juga mungkin memiliki rasa enggan melihat bayi mungil yang baru saja dilahirkan. Ingatlah, Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk melahrikan dan merawat buah hati. Sebab ada beberapa pasangan yang sangat menginginkan hal itu namun harus melewati fase yang panjang.

Penyebab Baby Blues ?

Meskipun belum ada penjelasan secara pasti penyebab Baby Blues bisa terjadi pada ibu yang baru melahirkan. Namun ada beberapa hal yang menjadi pemicu dan umumnya di hadapi oleh para ibu. Berikut ini beberapa terjadinya Baby Blues yang di hadapi oleh para ibu setelah melahirkan.

Proses beradaptasi

Yang pertama penyebab terjadinya Baby Blues pada ibu setelah melahirkan adalah proses beradaptasi. Adaptasi tidak terjadi secara instan begitu saja. Ketika selesai melahirkan, secara psikologis Anda pasti merasa “kaget” dengan beberapa rutinitas baru yang harus di laksanakan. Meskipun sudah di persiapkan sebelumnya, adaptasi tetap akan berlangsung setelah proses persalinan. Kesulitan proses beradaptasi ini menjadi pemuci terjadinya perubahan perasan yang tidak kahuan pada ibu.

Kurang tidur

Bayi yang baru lahir memiliki pola tidur yang tidak biasa seperti pada umumnya. Ketika malam ia akan bangun, menjelang pagi ia akan terlelap, atau bahkan hanya tidur beberapa jam. Bayi dalam keadaan bangun bisanya ia lapar ingin minum ASI atau ia merasa tidak nyaman dengan keadaan sekitar, hal ini menyebab kan Anda harus terjaga untuk mengasuh bayi. Anda mengalami pola tidur yang tidak tepat atau bahkan kurang tidur. Maka optimalkanlah waktu tidur Anda dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Perubahan hormon

Perubahan jadar hormon terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan buah ahti. Hormon estrogen dan progesteron akan menurun secara drastis pasca melahirkan. Penurunan ini memicu terjadi proses perubahan kimia di otak yang menyebabkan terjadi Baby Blues pada ibu yang baru saja melahirkan.

Bengkak pada payudara hingga Demam

Perubahan fisik yang terjadi setelah melahirkan salah satunya terjadi pembengkakan pada payudara karena akibat proses produksi ASI bagi sikecil. Bunda pasti mengalami rasa sakit hingga menyebabkan demam ketika berada dalam fase ini. Rasa sakit yang teramat dalam ini menjadikan Anda mengalami Baby Blues. Di samping rasa sakit pada payu dara ini, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan ASI pada sikecil.

Lelah mengasuh bayi

Kelelahan mengasuh bayi juga menjadi salah satu pemicu terjadinya Baby blues. Disamping kondisi Anda yang belum pulih 100% pasca melahirkan, Anda juga perlu mengasuh bayi yang mungkin hampir selalu menangis apabila ingin meminta sesuatu. Jika bayi menangis, Anda pasti harus mencari penyebab ia menangis dan memberikan apa yang ia butuhkan. Tetaplah tenang ketika hal itu terjadi. Sebab satu-satunya jalan keluar dari keadaan ini adalah dengan menghadapinya dengan fikiran yang jernih.

Tekanan dari luar

Faktor lain yang memicu terjadinya Baby blues yaitu adanya tekanan dari luar. Tekanan itu biasanya datang dari orang terdekat seperti keluarga atau bahkan tetangga. Mereka seringkali ingin memberikan masukan agar dapat ikut membantu dan memberikan yang terbaik ketika mengurus bayi yang baru lahir. Namun kebanyakan disampaikan dengan cara yang kurang tepat sehingga menimbulkan tekanan bari sang ibu.

Cara Mengatasi Baby Blues ?

Ada beberapa cara mengatasi Baby Blues agar gejalanya tidak terlalu parah dan dapat di atasi. Berikut ini cara mengatasi Baby Blues :

Memcari informasi seputar mengurus bayi sebelum melahirkan

Cara mengus bayi tidak bisa secara tiba-tiba begitu bayi lahir. Perlu proses, perlu informasi yang tepat seputar cara mengurus bayi. Oleh sebab itu, ketika Anda hamil, carilah informasi sebanyak mungkin seputar cara mengurus bayi agar setelah melahirkan tidak terlalu kaget dengan kebiasaan baru yang akan di hadapi

Tidak terlalu merasa terbebani

Jangan terlalu merasa terbebani dengan pekerjaan rumah yang tidak kunjung selesai atau tidak bisa di kerjakan karena sibuk mengurusi sikecil. Atau bisa juga merasa terbebani karena ingin mengasuh si kecil dengan sempurna. Berusaha optima tentu saja perlu, tapi hal itu jangan di jadikan beban, lets its flow.

Perbanyak bertukar fikiran dengan ibu lain

Apabila menemukan kesulitan ketika mengurus bayi dan Anda menemukan jalan buntu untuk mengatasinya, hal ini biasanya menjadi beban dan membuat perasaan Baby Blues semakin kuat. Cobalah untuk bertukar fikiran dengan ibu lain yang telah berpengalaman untuk mendapatkan masukan yang tepat. Atau bisa juga dengan menceritakan keluh kesah Anda kepada suami, agar beban fikiran Anda semakin berkurang, karena suami adalah tempat bercerita terbaik baik

Istirahat yang cukup

Dengan segala rutinitas baru yang di hadapi, cobalah mencuri-curi waktu untuk beristirahat, bisa dengan tidur, atau sekedar rebahan. Meskipun realita pekerjaan rumah yang di hadapi cukup banyak, tetapi Anda juga perlu waktu untuk diri Anda sendiri untuk menjernihkan fikiran.

Mengkonsumsi makan tinggi nutrisi

Setelah melahirkan, Anda mempunyai tugas baru menyusui sikecil. Konsumsi makanan yang kayak akan nutrisi agar ASI berkualitas. Makanan yang kaya akan nutrisi juga membantu mengatasi terjadinya Baby blues Pasca melahirkan.

Penutup

Sekian artikel mengenai Apa itu Baby blues ? Penyebab serta cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedah mencari tahu tentan gapa itu Baby blues. Mohon maaf apabila ada kekurangan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan lain nnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂

Baca juga: