Menu Tutup

Apa itu Chestnut ? |Kastanye dari Berang

Chestnut atau kastanye belakangan ini banyak dibicarakan dan kembali terangkat akibat salah satu siaran televisi swasta. Chestnut merupakan salahsatu jenis kacang-kacang yang memang kurang populer di Indonesia. Maklum saja, karena kacang ini bukan kacang-kacangan asli yang tumbuh di tanah Indonesia. Artikel ini akan membahas apa itu chestnut, manfaat chestnut bagi tubuh dan cara mengupas kulit chestnut atau kacang kastanye.

Apa itu Chestnut ?

Chestnut merupakan sebutan dalam bahasa Inggris untuk tumbuhan yang menghasilkan buah berduri, didalamnya terdapat beberapa kacang yang mengumpul sebesar biji salak yang bisa dimakan. Dalam bahasa indonesia, kacang ini dikenal dengan kastanye. Nama kastanye diambil dari bahasa belanja kastanje.

apa itu chestnut
Chestnut yang menempel pada pohonnya.

Chestnut tumbuh di belahan bumi bagian utara atau di wilayah yang memiliki keadaan iklim sedang. Di Pranci, Eropa dan Amerika Chestnut yang kaya akan nutrisi ini biasa dimakan sebagai cemilan atau campuran ketika membuat sayur.

Chestnut di Indonesia banyak dijumpai di hutan-hutan daerah Sumatra. Di Bangka, Chestnut dihasilkan dari pohon bernama Pohon Berang (Berangan). Namun, seiring banyaknya penambangan timah, tumbuhan ini semakin jarang dijumpai.

Chestnut ada yang bilang termasuk kacang-kacangan, ada juga yang menyebutnya termasuk umbi umbian. Chestnut memiliki ukuran sebesar biji salak, dengan kulit yang cukup tebal dan isinya memiliki rasa lebih manis dari kacang biasanya. Cara mengupas kulit chestnut cukup sulit apabila belum dimasak. Untuk membuka kulit chestnut, bisa dipanggang menggunakan microwave, dipanggang langsung atau bisa juga direbut. Sebelum dipanggang atau direbut, sobek kulit chestnut menggunakan pisau agar mudah dibuka. Menurut orang-orang yang telah mencobanya, chestnut memiliki tekstur seperti biji nangka dengan kulit luar berwarna coklat.

Mengolah Chestnut

Chestnut bisa makan dengan campuran bahan makanan lainnya atau bisa juga dimakan langsung sebagai cemilan yang cocok dimakan dalam keadaan cuaca dingin. Meskipun chestnut memiliki kulit yang cukup keras, setelah dimasak dengan cara dipangga atau direbus, akan mudah terbuka. Chestnut bisa dipanggang menggunakan oven, microwave atau dipanggang langsung diatas panggangan, tetapi sebelum dipangga atau dirubas, buat goresan menyilang pada kulit chestnut agar mudah terkelupas.

apa itu chestnut
Chestnut yang sudah matang

Mengolah Chestnut menggunakan microwave

Cara memanggang Chestnut menggunakan microwave sangat mudah sekali. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Siapkan chestnut yang hendak dimasak
  • Agar mudah masak, belah chestnut menjadi dua bagian menggunakan pisau tajam.
  • Masukkan chestnut kedalam microwave dengan pengaturan suhu tinggi selama 2 sampai 5 menit tergantung kekuatan microwave Anda.
  • Tekstur chestnut hampir sama dengan kentang/ potato. Anda bisa mengatur suhu microwave pada level untuk memanggang potato.
  • Chestnut dapat langsung dinikmati ketika sudah hangat dengan digigit langsung dari cangkangnya atau disendok menggunakan sendok kecil.

Mengolah Chestnut dipanggang dalam oven

Berikut ini Langkah-langkah mengolah Chestnut dengan memanggang nya dalam oven

  • Panaskan oven dengan suhu sekitar 205 derajat celcius
  • Buat goresan menyilang menggunakan ujung pisau pada permukaan chestnut yang datar. Hal ini memudahkan kulit chestnut agar mudah terkelupas.
  • Letakan chestnut yang sudah diberi goresan diatas loyang, lalu pecikkan sedikit air untuk membantu proses pemanggangan.
  • Panggang chestnut didalam oven selama 15 sampai 20 menit. Selama dipanggang, gerak-gerakan chestnut agar kematangannya merata dan tidak gosong.
  • Setelah matang, angkat chestnut dari oven, tunggu sekitar 2 sampai 3 menit agar tidak terlalu panas.
  • Selagi hangat, letakkan chestnut diatas handuk, kemudian diremas-remas agar kulitnya mudah hancur.
  • Bersihkan bagian chestnut yang hendak dimakan dengan kulitnya selagi hangat agar mudah dilepas.
  • Chestnut bisa langsung dinikmati.

Mengolah Chestnut dipanggang langsung

Selain mengolang chestnut menggunakan oven atau microwave, chestnut bisa juga dipanggang langsung diatas panggangan menggunakan kompor. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Siapkan chestnut yang akan dimasak
  • Cuci bersih chestnut menggunakan air mengalir, kemudian tiriskan hingga kering
  • Beri goresan menyilang pada permukaan chestnut yang datar agar segera matang
  • Panaskan panggangan diatas kompor
  • Tuangkan chestnut kedalam panggangan, panggang sekitar 5 menit.
  • Jangan lupa bolak-balik chestnut ketika dipanggang agar kematangannya merata.
  • Setelah matang, tunggu chestnut hingga cukup dingin dan bisa dinikmati

Mengolah Chestnut dengan cara direbus

Selain dipangang, chestnut juga bisa direbut. Namun chestnut yang direbus tidak akan sewangi ketika dipanggang, hanya untuk melembutkan isiannyanya saja. Berikut ini Langkah-langkah merebus chestnut

  • Siapkan chestnut yang hendak direbut
  • Beri tanda silang menggunakan pisau pada permukaan chestnut yang datar agar kulit mudah terkelupas
  • Panaskan air hingga mendidih diatas kompor
  • Setelah mendidih, masukan chestnut.
  • Rebus sekitar 5 sampai 10 menit
  • Setelah matang, matikan api.
  • Tunggu sekitar 2 sampai 5 menit agar tidak terlalu panas
  • Kupas kulit chestnut
  • Chestnut dapat dinikmati
  • Tambahkan bubuk kayu manis diatasnya untuk menambahkan aroma.

Manfaat Chestnut

Chestnut siap makan

Seperti kacang-kacangan lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda bagi tubuh. Yang membedakan chestnut dengan kacang lainnya selain dari rasa, tampilan juga teksturnya, chestnut memiliki kandungan minyak dan lemak yang lebih tinggi. Dengan demikian, meskipun chestnut kaya akan manfaat, jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan membahayakan bagi tubuh, terutama jika anda memiliki riwayat diabetes dan gula darah yang tinggi.

Jika Anda alergi terhadap kacang, hindari mengkonsumsi chestnut. Sama dengan kacang-kacang lainnya, chestnut sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap kacang. Jika sudah terlanjur, segera konsultasi dengan kepada dokter.

Berikut ini beberapa manfaat bagi tubuh yang ada pada chestnut

Meningkatkan fungsi otak

Didalam satu buah chestnut yang Anda konsumsi mengandung berbagai vitamin, yaitu vitamin B, vitamin B6, tiamin, ribiflafin dan folat. Vitamin ini berfungsi untuk

Meningkatkan kesehatan tulang

Didalam kacang chestnut mengandung mangan yang berperang menjaga kesehatan tulang serta melindungi dari penyakit tertentu. Didalam 10 biji chestnut dapat memenuhi kebutuhan mangan sebanyak 50 %. Mengkonsumsi mangan disertai dengan mineral pembentuk tulang lainnya dapat membantu mencegah pengeroposan tulang.

Meningkatkan kesehatan jantung

Didalam chestnut jenis tertentu sudah terbukti mengandung anti oksidan yang berfungsi mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, didalam chestnut juga mengandung kalium sebagai mineral penting yang berfungsi menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Meningkatkan pencernaan

Dalam jurnal penelitian mikrobiologi makanan menyebutkan ekstrak chestnut memiliki efekperlindungan pada strai probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang ada pada pencernaan yang menjaga usus agar tetap sehat dan membantu meningkatkan pencernaan. Selain itu, chestnut juga kaya akan serat serat ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Penutup

Sekian artikel mengenai Apa itu Chestnut. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan Anda mengenai apa itu chestnut, bagaimana cara mengolah Chestnut dan beberapa manfaat yang ada dalam kacang chestnut. Kacang chestnut di beberapa negara dijual oleh para pedagang di pinggir jalan di tempat-tempat kuliner makanan. Chestnut Panggang cocok sekali untuk dijual dan dijadikan cemilan ketika musim dingin. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Faktahttps://varminz.com/category/fakta/ lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter dan instagam. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

Baca juga: