Menu Tutup

Apa itu Clubhouse ? Aplikasi Trending Dipakai Elon Musk

apa itu clubhouse

Dunia sosial media baru-baru ini mendapatkan kabar gembira dengan munculnya aplikasi baru yang tengah populer. Aplikasi ini menjadi populer setelah CEO Tesla yaitu Elon Musk hadir dalam salah satu diskusi daring dalam aplikasi ini. Lalu apa itu Clubhouse ? Aplikasi ini akan membahas apa itu clubhouse, keunggulan serta kedudukannya saat ini yang kabarnya akan menggeser podcast

Pada tanggal 02 Februari 2020 ini, Elon Musk mengadakan sesi diskusi daring pada aplikasi Clubhouse bersama para penggemarnya. Sesi diskusi Musk ini berhasil menarik banyak pengunjung hingga 5 ribu pengunjung, melebihi kapasitas yang disediakan pada aplikasi ini. Selama 90 menit, Musk dan penggemarnya membahas banyak hal dengan menggunakan aplikasi ini.

Apa itu Clubhouse ?

Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis audio. Dalam aplikasi ini, penggunanya dapat mendengarkan diskusi, wawancara dan percakapan dengan orang-orang yang menarik secara langsung. Saat ini, aplikasi terbaru ini baru tersedia bagi para pengguna Iphone saja, namun aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan agar pengguna Android dapat segera menggunakannya.

apa itu Clubhouse
Apa itu Clubhouse

Aplikasi Clubhouse didirikan oleh Paul Davison dan Rohan Seth pada tahun 2020. Fitur percakapan pada aplikasi ini sebenarnya sudah tersedia dalam aplikasi Whatsapp, Line dan aplikasi serupa lainnya. Namun bedanya, aplikasi ini lebih simple, hanya menyajikan fitur audio saja. Pengguna aplikasi ini menyuguhkan ruang percakapan konferensi secara daring. Ada beberapa pembicara, lalu sebagian besar lainnya sebagai pendengar. Setelah panggilan telepon konferensi daring ini selesai, maka ruang percakapan ditutup.

Setelah Anda mengunduh Clubhouse di Appstore, Anda dapat memilih topik sesuai dengan minat Anda seperti topik pendidikan, bisnis, ekonomi, edukasi dan topik lainnya. Semakin banyak informasi yang dibagikan tentang minat Anda pada aplikasi ini, maka semakin tersedia berbagai ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan. Anda dapat mengikuti konferensi pada aplikasi ini jika diundang oleh teman yang telah bergabung sebelumnya.

Untuk bergabung dalam konferensi Clubhouse, pengguna aplikasi yang sudah ada harus mengundang temannya dari aplikasi mereka untuk memberi orang lain akses dan membuat akun. Pengguna yang telah bergabung, hanya dapat mengundang 2 orang temannya. Jika sudah diundang, Anda dapat melihat tautan yang dikirim ke nomor telepon.

Saat ini, Clubhouse tengah mengembangkan aplikasinya agar segera tersedia fitur baru seperti tip, tiket, atau langganan, untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi. Pada tahun 2021, Aplikasi ini tengah sampai pada penyelesaian tahap beta, sehingga aplikasi ini dapat digunakan diseluruh dunia.

Keunggulan Clubhouse

apa itu clubhouse
Aplikasi Clubhouse di App Store

Clubhouse hampir mirip dengan podcast, hanya saja pada aplikasi ini pendengar bisa ikut berbincang-bincang dan pembicaraan disiarkan secara langsung. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk berdiskusi. Hampir mirip dengan Video Converens, hanya saja pada aplikasi ini tidak menampilkan video, hanya audio saja dari masing-masing peserta. Hal ini lah yang menjadikan Clubhouse banyak disukai oleh penggunanya saat ini sebab lebih praktis.

Aplikasi ini juga memberikan pengalaman unik dan menarik bagi penggunanya. Pada aplikasi Clubhouse benar-benar tidak ada vitur percakapan (Chat) serta vitur video, sehingga para penggunanya tidak perlu repot menampilkan wajah, cukup meletakkan handphone untuk menyimak percakapan.

Secara rigkas, ada tiga keunggulan Clubhouse yang digemari banyak orang. Pertama, karena hanya menyajikan audio saja, aplikasi ini juga lebih menghemat kuota. Kedua, aplikasi ini lebih simple bagi para penggunanya, terutama bagai para penyiar ketika hendak menyajikan konten. Mereka tidak perlu repot-repot menyiapkan lighting, kamera atau hal-hal lain yang dibutuhkan ketika hendak menampilkan video. Ketiga, para penyiar maupun pendengar dapat dengan mudah menyajikan konten.

Hal lain yang disukai pengguna Clubhouse yaitu dirasa lebih aman membuka suara. Pasalnya aplikasi ini melarang menggunanya untuk merekam lalu disebarluaskan dimedia social lainnya tanpa izin, sebab hal ini melanggar Community Guidelines. Jika sudah disebarluaskan ke ranah umum, seringkali menimbulkan kesalah pahaman serta kontroversial yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, para pengguna Clubhouse merasa aman sebab mereka dapat dengan mudah mengungkapkan pendapatnya secara langsung.

Clubhouse hendak menggeser podcast ?

Dilihat dari beberapa keunggulan yang dimiliki Clubhouse, beberapa pesohor tanah air berpendapat lama-kelamaan aplikasi ini akan menggeser podcast. Jika dibandingkan dengan podcast, aplikasi ini memang memiliki beberapa keunggulan. Salahsatu keunggulan pada fitur aplikasi ini, dapat memungkinkan hingga 10 orang mengobrol secara langsung tanpa batas. Belum lagi ditambah fitur keamanannya yang melarang pengguna lainnya untuk merekam sebab melanggar Community Guidelines pada Clubhouse.

Namun, jika dilihat dari pandangan sebaliknya, kepopuleran Clubhouse juga bisa mengangkat aplikasi berbasis audio lainnya seperti podcast. Sebab setiap orang pasti memiliki kecenderungan yang berbeda, ada mereka yang memilih Clubhouse aplikasi kekinian yang sedang trend, ada juga mereka yang lebih memilih sebagai pengguna aplikasi sebelumnya.

Clubhouse Segera Hadir di Android

Saat ini, Clubhouse baru bisa diunduh melalui App Store pada Iphone. Karena banyaknya tingginya antusiasme penyambutan aplikasi ini ketika pertama kali dikenalkan, aplikasi ini juga akan segera muncul pada Android. Belum lama ini, pihak Clubhouse mengajak Mopewa Ogundipe seorang programmer pengembang Android.

Kabar ini dibenarkan oleh Mopewa dalam akun twitternya. Pada tanggal 23 Februari 2021 dalam akun twitternya Mopewa mengabarkan, ini adalah hari pertamanya bergabung dengan Clubhouse dan ia sangat berantusias untuk bergabung dengan tim pengembang Clubhouse agar segera hadir di Android

apa itu Clubhouse
Mopewa Ogundipe bergabung bersama Clubhouse

Mopewa Ogundipe ada pengembang Android yang sudah berpengalaman. Ia telah terjun sebagai pengembang Android sejak Android dalam versi Gingerbread. Selain itu, sejak tahun 2014 ia juga telah aktif sebagai pengembang perangkat lunak berbasis Android seperti Instagram, Khan Academy dan beberapa aplikasi perangkat lunak lainnya.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai Apa itu Clubhouse. Semoga artikel ini membantu memberikan informasi bagi Anda yang penasaran mengenai aplikasi Eksklusif yang sedang trend belakangan ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

Inovasi yang dimunculkan aplikasi ini dalam penyajian social media berbasis audio ini sangat menarik antusias banyak orang. Sebab dimasa pandemi yang belum pulih seperti sekarang ini, banyak konferensi yang dilakukan secara daring. Maka inovasi yang disajikan aplikasi ini dapat menjadi antisipasi mengatasi kekurangan pada aplikasi yang telah ada sebelumnya.

Saat ini, banyak sekali jenis aplikasi media social dengan berbagai fitur keunggulan yang disajikan. Anda hanya dapat memilih aplikasi ini sesuai dengan kesukaan Anda. Jika gemar melihat video, aplikasi instagram, tiktok, youtube menjadi aplikasi yang banyak digunakan. Jika Anda gemar mengenakan audio, Anda bisa mendengarkan podcast pada spotify atau jika Anda pengguna Iphone, Anda bisa juga mengunduh aplikasi berbasis audio yang sedang trend belakangan ini.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Faktahttps://varminz.com/category/fakta/ lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi yang sedang trend saat ini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social Facebook, twitter, instagram dan media social lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan 🙂

Baca juga: