Menu Tutup

Apa itu KKN di Cerita KKN Desa Penari ?

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan cerita horor KKN di Desa Penari yang sempat populer di tahun 2019 hingga dibuat dalam bentuk Film. Bagi para pelajar mungkin singkatan KKN masih asing. Eits KKN yang dibahas disini bukan dari kepanjangan Korupsi Kolusi dan Nepotisme ya 😀 Artikel ini akan membahas apa itu KKN yang berkaitan dengan cerita horor KKN di Desa Penari.

KKN bagi mahasiswa sudah tidak asing lagi, kecuali jika kalian mahasiswa baru, sebab KKN ini program universitas yang dijalankan menuju tingkat akhir. Sebenarnya KKN tidak seseram yang dibayangkan pada cerita. Sebagian besar mahasiswa yang telah menjalankan KKN berpendapat kegiatan KKN itu sangat menyenangkan. Maka sebaiknya sebelum Anda bernganggapan KKN itu menyeramkan seperti yang disampaikan di cerita KKN di Desa Penari, baca dulu artikel ini. Artikel ini menjelaskan apa itu KKN berikut dengan kegitan-kegiatan apa saja yang dilakukan ketika KKN.

Apa itu KKN ?

Apa itu KKN

KKN yang populer pada cerita horor KKN di Desa Penari adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Kuliah Kerja Nyata merupakan program yang dijalankan ditingkat perguruan tinggi bagi mahasiswa yang memasuki tingkat akhir sebagai salah satu mata kuliah yang harus dituntaskan. Dengan program KKN ini diharapkan mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ketika KKN, setiap kelompok mahasiswa diberikan tema seperti kesehatan, pendidikan, pariwisatan dan lainnya tergantung dari program setiap perguruan tinggi. Tema tersebut harus dijalankan oleh setiap kelompok dengan menyusun program-program kerja yang harus dijalankan di masyarakat. Pihak perguruan tinggi tidak langsung melepas mahasiswanya untuk menjalankan KKN. Mereka diberi pembekalan terlebih dahulu agar dapat menjalankan program dengan benar. Selain itu, setiap kelompok KKN akan dibimbing dan didampingi oleh dosen yang telah ditugaskan oleh pihak perguruan tinggi. Jadi ketika KKN, kalian jangan terlalu khawatir.

Waktu pelaksanaan KKN biasanya lebih dari 1 bulan, bahkan ada yang dijalankan hingga 6 bulan. Kegiatan KKN memang tidak sebentar, hal ini disesuaikan dengan program-program yang harus dijalankan untuk mengembangkan potensi desa. Bayangkan saja jika waktu yang dibuat untuk KKN sebentar maka akan mengalami kesulitan menjalankan program dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa tersebut.

KKN seringkali dijalankan di desa-desa terpencil yang jauh dari hingar bingan perkotaan. Tetapi saat ini banyak juga daerah-daerah yang sudah mulai berkembang, sehingga semakin kesini penempatan mahasiswa KKN tidak terlalu jauh. Ada pula yang ditempatkan di desa-desa yang sulit dijangkau kendaraan, bahkan kendaraan bermotor. Misalnya kondisi jalan dengan tanah licin dan bebatuan yang cukup besar, hingga jalan yang sempit akibat bencara alam seperti longsor.

Kegitan yang Dilakukan Ketika KKN

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan ketika menjalankan KKN. Kalian akan menemukan banyak hal baru yang tidak pernah ditemukan sebelumnya. Maka manfaatkanlah kesempatan ketika menjalankan KKN. Kembangkan potensi Anda agar lebih mampu untuk berbaur dengan masyarakat. Kegitan yang dilakukan ketika KKN tidak semenyeramkan yang disampaikan dalam cerita KKN di Desa Penati. Banyak hal-hal bermanfaat yang dapat dilakukan. Tetapi memang sebaiknya ketika KKN pandai-pandailah untuk menjaga diri. Bagaimapun Anda masuk ke lingkungan baru selama lebih dari satu bulan.

Mengembangkan potensi masyarakat

Ketika KKN, mahasiwa ditempatkan di desa-desa yang cukup terpencil dan jauh dari perkotaan. Hal ini salah satunya bertujuan untuk mengembangkan potensi masayarakat di desa tersebut. Diharapkan dengan adanya program KKN, potensi masyarakan lebih berkembang baik itu dalam hal pertanian, ekonomi, kesehatan, pariwisatan, pendidikan dan lainnya. Sama halnya dengan cerita KKN di desa penari, mereka menjalankan KKN sebenarnya untuk mengembangkan potensi masyarakat.

Menyusun dan menjalankan program

Setibanya didesa tempat KKN, mahasiswa akan menyusun dan menjalankan program kerga selama KKN berlangsung. Setiap harinya dibuat laporan tertulis untuk disampaikan kepada dosen. Program kerja yang dijalankan disusun berdasarkan potensi desa yang ada. Misalkan ketika disuatu desa tersebut merupakan penghasil singkong yang cukup banyak. Mahasiswa dapat membuat program berupa inovasi mengolah singkong agar berdaya jual tinggi.

Contoh lain jika di desa tersebut banyak anak-anak sekolah, mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka. Misalnya dengan membuat kelompok-kelompok belajar dengan dibimbing oleh mahasiswa. Atau membuat lomba-lomba agar, anak-anak bersemangat untuk belajar.

Mengikuti kegiatan masyarakat

Selain menjalankan program kerja, mahasiswa juga harus mengikuti kegiatan masyarakat. Seperti gotong royong membersihkan tempat ibadah, mengunjungi sekolah-sekolah, mengunjungi tokoh-tokoh yang ada didesa tersebut sembari mencari informasi terkait potensi desa. Anda juga bisa sekedar berjalan-jalan melihat keindahan desa dengan alamnya yang masih hijau, langit biru dan air yang jernih. Pemandangan ini pasti tidak akan kalian temui di perkotaan.

Mengikuti kegiatan masyarakat ini sangat penting untuk dilakukan, agar kalian lebih mengenal karakteristik masyarakan yang ada didesa tersebut. Setiap desa memang meiliki ciri khas tersendiri, seperti pantangan-pantang yang tidak boleh dilakukan.

Mengenal lingkungan masyarakat lebih detail

Ketika menjalankan KKN, kalian bisa mengenal lingkungan masyarakat lebih detail. Bagaimana keseharian yang dilakukan, aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat desa, budaya gotong royong yang masih kuat. Banyak hal-hal baru yang akan ditemukan ketika KKN dilaksanakan, tetapi semuanya tergantung dengan perbuatan kita. Dalam cerita KKN di desa Penari juga seperti itu kan ? Jika tidak bersikap baik, pasti akan berdampak pada diri kita sendiri. Maka ketika KKN, pandai-pandailah untuk menjaga sikap agar selalu bersikap baik sesuai dengan budaya yang ada di desa tersebut.

Mengimplementasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah

Melalui program-program yang telah disusun dan dijalankan, mahasiswa dapat menginplementasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Tetapi tidak sedikit pula yang dilakukan diluar jalur pendidikan yang dijalaninya. Melalui KKN, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan soft skill agal lebih mudah bersosialisasi dan berbaur dengan masyarakat-masyarakat desa. KKN ini bisa disebut pula sebagai pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ketika menempuh pendidikan diperguruan tinggi.

Mahasiswa yang kuliah di fakultas pendidikan dapat mengembangkan pendidikan anak-anak yang ada didesa. Mahasiswa fakultas ekonomi dapat mengembangkan perekonomian desa. Mahasiswa fakultas pertanian dapat memberikan masukan-masukan untuk petani agar hasil pertaniannya lebih melipah. Mahasiswa kesehatan dapat membantu memberikan sosialisai agar dapat menjaga kesehatannya, dan masih banyak lagi.

Penutup

Sekian artikel mengenai apa itu KKN pada cerita KKN di Desa Penari. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan terkati kegitan KKN yang tidak semenyeramkan cerita KKN di Desa Penari. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada artikel ini dari segi penulisan atupun isi artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi untuk menambah wawasan. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram, whatsapp dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *