Menu Tutup

Apa itu Momo Challenge | Momo Challenge adalah

apa itu momo challenge

Tren media baru-baru ini setelah sebelumnya #agechallenge, belum lama ini menjadi tren momo challenge. Berbeda dengan challenge lainnya, momo challenge atau tantangan momo ini sangat berbahaya. Karena itu, banyak sekali beberapa media memperingatkan bertapa berbahayana momo challenge. Artikel ini akan membahas apa itu momo challenge dan beberapa fakta terkait momo challenge.

Setiap tren challenge / tantangan populer dan menjadi booming di media social. Begitupun momo challenge yang menjadi tren di media social. Meskipun berbahaya, banyak dari kalangan anak-anak yang terkocoh dan tetap mengikuti tren ini. Anak-anak menjadi target yang sangat mudah untuk dipengaruhi sebab belum bisa berfikir panjang layaknya orang dewasa. Oleh sebab itu, beberapa negera seperti di Inggris dan Amerika memperingatkan para orang tua untuk memperhatikan anaknya terhadap tren momo challenge yang sangat berbahaya. Lalu apa itu momo challenge?

Apa itu momo challenge ?

apa itu momo challenge
Momo Challenge via style.tribunnews.com

Momo challenge adalah tantangan yang pertama kali muncul di Amerika dengan mempengaruhi targetnya untuk melakukan tindakan berbahaya yaitu melukai diri sendiri. Sosok momo yang sangat menyeramkan digunakanoleh pihak tidak bertanggung jawab untuk memicu anak-anak melukai diri atau hingga bunuh diri. Challenge ini awalnya meminta peserta menghubungi sosok momo melalui Whatsapp untuk melakukan serangkaian tantangan membahayakan. Selain itu, dari beberapa kasus yang ditangani polisi di Irlandia menyatakan challenge ini bertujuan untuk mencuri data pribadi peserta.

Salah satu hal yang dilangakukan momo challenge yaitu momo menantang dengan mengirimkan rekaman suara untuk mengambil pisau dan meletakaannya di leher. Lebih parahnya lagi, momo akan mengancam pihak keluarga jika tidak melakukan tantangan tersebut. Momo memakai identitas dengan tampilan wajah yang seram seperti pada gambar diatas. Karakter momo challenge dengan wajah yang menyeramkan ini berasal dari Jepang berawal dari sebuah patung.

apa itu momo challenge
Karakter momo challenge via style.tribunnews.com

Gambar seorang wanita dengan mata bula dan bibir seperti tersenyum namun terlalu lebar, tangan dan kai digantikan dengan cakar mirip seperti kaki ayam. Gambar ini menjadi identitas akun yang bernama momo untuk mempengaruhi pesertanya melakukan tantangan-tantangan tidak masuk akal hingga membahayakan dirinya sendiri. Momo challenge mirip dengan blue whale challenge yang sepat populer tahun 2017. Blue whale challenge meminta korbannya untuk menyelesaikan tantangan selama 50 hari yang diakhiri dengan bunuh diri.

Salah satu orang tua korban di Ohio Amerika Serikat menceritakan awal mula anaknya mengkuti momo challenge. Ia bercerita awalnya anaknya sedang menonton salah satu video game di youtube, kemudian muncul iklan momo challenge dengan gambar yang menyeramkan. Karena penasaran, korban mencari tahu cara memainkan momo challenge di youtube hingga terhubung dengan momo via whatsapp.

Apa itu momo challenge: Fakta-fakta Momo Challenge

Tantangan yang sangat membahayakan ini tentunya sangat meresakan bagi para orang tua. Target yang diincar untuk menjadi korban momo challenge adalah anak-anak yang cenderung sulit membedakan hal-hal yang seharusnya dihindari. Berikut ini beberapa fakta terkain momo challenge

Apa itu momo challenge: Momo challenge marak di Jepang dan Amerika Selatan

Manurut salah satu akun twitter yang telah menyelidiku momo challenge, nomor momo menggunakan kode+81 (kode Jepang), +57 (kode Kolombia), +52 (Georgia). Nomor momo ini akan mengirim pesan menggunakan bahasa sesuai kode daerahnya. Pesan-pesan yang disampaikan berupa tantangan untuk menyakiti diri sendiri yang tidak masuk akal. Tantangan ini kemudian diakhiri dengan bunurh diri. Meskipun momo challenge marak di Jepang dan Amerika Selatan, para orang tua di Indonesia juga perlu mewaspadai, pasalnya momo challenge ini mudah sekali menyebar.

Momo challenge memakan korban

Momo challange telam memakan korban, sorang gadis berusia 12 tahun di Argentina telah menerima tantangan momo challenge. Ia ditemukan gantung diri di pohon halaman belakan rumahnya. Sebelum ditemukan tewas, korban telah merekam aksinya menggunakan smartphone. Masih banyak korban-korban lainnya yang masih dalah penyelidikan polisi.

Masih dalam penyelidikan polisi

Kasus momo challenge ini mmaish dalam proses penyelidikan polisi. Momo challenge yang memiliki cakupan luas di berbagai negara ini sepertinya menjadi PR tersendiri bagi petugas kepolisian. Momo challenge yang dimulai dengan menambahkannomor whatsapp momo kemudian membrikan tantangan demi tantangan yang membahayakan. Nomor whatsapp momo ini didiuga berasa dari Jepang, Columbia dan Meksiko.

Salah satu tips yang bisa mencegah untuk menghidari momo challenge adalah dengan tidak sembarangan menyimpan nomor whatsapp yang tidak dikenal. Meskipun awalnya hanya sebagai candaan saja, Anda tidak akan tahu nomor yang disimpan akan membahayakan atau tidak. Para orang tua harus lebih memperhatikan gerak gerik media social anak, sebab banyak hal-hal yang membahyakan jika tidak terkontrol.

Memakai identitas boneka berwajah seram

Identitas yang digunakan akun momo yaitu boneka berwajah seram yang berasa dari Jepang. Sosok boneka dengan mata bulat menonjo, rambut hitam panjang dan wajar sangat menyeramkan ini menjadi foto profil whatsapp akun momo. Foto ini katnya tidak ada hubungannya denganmomo challenge, boneka yang digunakan sebagai foto profil akun momo hanya karya seni tiga dimensi yang berasal dari Jepang. Midori hayashi seorang seniman Jepang yang terkenal akibat swafoto bersama patung boneka momo membantah dirinya bukan pencipta boneka momo melalui akun facebook

Akun momo diduga berasal dari Jepang

Fakta sebenarnya belum diketahui dimana dalang dari momo challenge ini. Tetapi sebagian besar menduganya dari jepang, hal ini beradasarkan asumi sebab foto profil dan nama yang digunakan berasal dari Jepang. Dalam sumber lain menyebutkan, terkain penyelidikan yang dilakukan di Meksiko mengatakan momo challenge berasal dari facebook group. Anggota facebook group ini ditantang untuk melakukan komunikasi dengan nomor yang tidak dikenal. Selain itu, momo challenge populer di negara-negara yang menggunakan bahasa Spanyol. Momo challenge dilaporkan banyak dimainkan di Argentina, Meksiko, Amerikan Serikan, Prancis hingga Jerman.

Warga di beberapa Negara dihimbau untuk berhati-hati

Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal berbahaya yang tidak diinginkan, warga di beberapa negara dihumbau untuk berhati-hati. Polisi menghibau agar tidak berinteraksi dengan akun-akun yang menggunakan foto momo dari tempat challenge ini berasal. Para orang tua harus lebih mengawasi anak-anaknya dalam bermain social media. Momo challenge mengincar para remaja berumur belasan tahun.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu momo challenge. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi bahan evaluasi untuk lebih waspada pada akun-akun yang membahayakan. Orang tua dalam hal ini sangat berperan penting untuk mengawasi media social anaknya agar tidak terjerumah pada hal-hal yang tidak diinginkan. Mohon maaf apabila terdapat kesalah baik dari segi penulisan ataupun isi artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta laiinya yang lebih menarik dan tentunya membirak banyak informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini agar lebih banyak orang yang mewaspadai bahawanya momo challenge. Lebih banyak orang yang tahu, lebih baik bukan. Terimakasih 🙂

(Visited 70 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *