Menu Tutup

Apa itu Podcast ? Keunggul dan cara membuat podcast

Podcast sebenarnya sudah ada dari tahun 2005, tetapi baru-baru ini sangat populer sekali. Di luar negeri seperti Amerika, Australia, UK banyak orang yang sering mendengarkan podcast. Dari Podcast Anda bisa mendengarkan banyak hal langsung dari pakarnya. Salah satu youtuber Indonesia Dedi Corbuzier selain membuat conten di akun youtubenya, dia juga membagikan content nya pada podcast. Lalu apa itu podcast ? Artikel ini akan membahan apa itu podcast, manfaat podcast, keunggulan podcast, cara mendengarkan podcast, cara membuat akun podcast.

Banyaknya orang yang sering menghabiskan waktu berkendara, podcast menjadi salah satu rekomendasi untuk didengarkan. Sama halnya dengan radio, podcast menyediakan audio untuk didengarkan. Tetapi bedanya radio terdapat jeda iklan, sedangkan podcast cenderung seperti rekaman yang disajikan oleh banyak sumber dengan berbagai kategori mulai dari pendidikan, ekonomi, dan lainnya.B Bagi Anda yang sering mendengarkan radio atau Mp3 dalam mobilnya, apa salahnya untuk mencoba hal baru dengan mendengarkan podcast. Anda bisa memilih topik apa untuk didengarkan dan dari sumber langsung yang Anda inginkan.

Apa itu Podcast ?

Podcast adalah aplikasi kumpulan rekaman yang bisa dingarkan baik secara gratis atupun berbayar. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau rekamanan video, siaran televisi, siaran radio, kuliah, pertunjukan, acara motivasi dan lainnya. Ada lebih dari 200.000 rekaman yang tersedian dalam aplikasi podcast dengan berbagai kategori dan dari berbagai sumber. Para pengisi suara melakukan rekaman sesuai dengan keahlian mereka kemudian di upload dalam aplikasi podcast. Sama hal yang dengan youtube, jika rekaman yang di upload banyak didengar, Anda akan mendapatkan uang dari Adsanse.

Beberapa orang yang memiliki keahlian untuk berbicara membagikan hal-hal yang merik dan bermanfaat, banyak yang menggunakan podcast sebagai media penyaluran bakatnya. Bagi Anda yang pertamakali mendengarkan podcast mungkin akan beranggapan podcast sama dengan radio. Radio dan podcast memang sama-sama menyediakan jasa audio, tetapi bedanya Anda dapar memilih sendiri kategori apa yang ingin didengarkan.

Keunggulan Podcast

Mengapa podcast banyak dipilih orang-orang saat ini ? Salahsatu lasannya karena podcast memiliki berbagai keunggulan terlepas dari perbedaas selera setiap orang. Ya, memang ada beberapa orang yang cenderu lebih menyukai mendengarkan audio (suara) diabndingkan dengan menonton video. Berikut ini beberapa keunggulan podcast yang menjadi alasan digemari banyak orang

Tidak ada iklan seperti radio

Podcast sama halnya dengan radio menyeduakan jasa audio, tetapi podcast lebih unggul dari radio. Ketika Anda mendengarkan siaran podcast yang Anda sukai, Anda tidak akan mendengarkan iklan layaknya diradio. Anda dapat mendengarkan siaran podcast lebih fokusdan maksimal karena tidak terpotong oleh iklan.

Menyediakan ribuan audio dengan berbagai kategori

Banyak sekali rekaman yang disediakan pada podcast, dari mulai musik dengan berbagai genre seperti pop, reage, rok, hiphop, berbagai siraman rohani hingga pendidikan. Anda dapat memilih ribukan hingga ratusan ribu sesuai keinginan. Tetapi jika Anda menggunakan fasilitas podcast yang gratis, pencarian Anda tentu akan dibatasi.

Dapat memilih langsung audio apa yang ingin didengar

Bedanya dengan radio, Anda dapat bebas memilih rekaman yang ingin didengarkan saat itu juga sesuai dengan keadaan hati Anda. Jika sedang sedih mungkin dengan mendengarkan beberapa nasihat motivasi atau lagu-lagu melow. Jika suasana hati sedang bahagia mungkin keinginannya beda lagi. Apalagi kalian-kalian yang sedang dilanda suasana hari “baper”, coba deh dengarkan podcast, itu bisa membantu.

Dapat didengarkan kapan saja

Anda bisa memilih waktu kapan saja untuk mendengarkan rekaman yang diinginkan melalui podcast. Ketika jam makan siang, pulang bekerja, bersantai disiang hari dengan syarat pastikan smartphone Anda memiliki koneksi jaringan internet. Mendengarkan podcast sambil nunggu busway atau sambil naik MRT seru mungkin ya, menikmati perjalanan dengan audio kesukaan. Hmmmm 🙂

Menghemat memori Hp

Bagia kalian yang sering download Mp3 untuk didengarkan tapi memori hp Anda sering penuh, ada baiknya mencoba alternatif lain seperti podcast ini. Audio yang di unduh terlalu banyak akan menghabiskan memori Hp Anda, hal ini juga menyebabkab performa smartphone tidak bekerja secara optimal. Jika menggunakan podcast, Anda dapat mendengarkan ribuan lagu dari berbagai genre tanpa hawatir dengan memori smartphone Anda.

Cara mendengarkan Podcast

Setelah membaca beberapa keunggulan podcast, bagaimana sudah tertarik untuk mencoba mendengarkan podcast? Berikut ini langkah-langkah untuk mendengarkan podcast

  • Patikan Anda memiliki smartphone baik berupa android atau ios, pastikan juga smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet
  • Langkah pertama download dulu aplikasi podcast, caranyabBuka playstore untuk android kemudian ketik podcast pada kolom pencarian aplikasi podcast. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menggunakan podcast. Anda dapat memilih aplikasi yang diinginkan, saran saya pilihlah aplikasi yang memiliki bintang/rating paling inggi.
  • Jika anda ingin menggunakan aplikasi podcast dengan leluasa, Anda dapat menggunakan fasilitas premium yang disajika aplikasi, tetapi tentunya tidak gratis.
  • Buka aplikasi podcst yang telah diisntal lalu pilihlah rekaman yang ingin didengarkan, ada musik, podcast dan berbagai rekaman lainnya
  • Gunakan headset apabila Anda akan menikmatinya di tempat umum agar suara dapat terdengar optimal

Cara membuat rekaman pada Podcast

Untuk membuat rekaman pada podcast agar bisa didengarkan oleh banyak orang, langkah pertama Anda harus memilih hosting terlebih dahulu. Ada banyak hosting yang dapat dipilih, kali ini penulis akan mencoba menyampaikan cara membuat podcast menggunakan hosting Anchor.fm.

  • Buka telebih dahulu website Anchor.fm.
  • Melalui hosting ini, kamu bisa merekam audio langsung atau mengupload audio yang telah disiapkan
  • Setelah selesai upload atau rekam audio, silahkan isi “judul podcast”, “kategori” dan “cover podcast”
  • Tunggu hingga selesai

Mudah kan ? Keunggulan menggunakan hosting Anchor.fm ini file audio yang diupload dapat otomatis diupload di beberapa situs atau aplikai podcast.

Alasan Podcast menjadi masa depan konten

Podcast menjadi masa depan konten kreator. Beberapa konten kreator di youtube melebarkan kontennya pada podcast. Ada beberaoa alasan podcast menjadi masa depan para konten kreator

Podcast dapat digunakan ketika melakukan kegiatan lain

Berbeda dengan menikmati youtube, audio pada podcast dapat dinikmati ketika melakukan pekerjaan lain ataupun misalnya dalam perjalanan. Podcast dapat dikatakan media social yang fleksibel dengan cara menikmatinya dapat dimana saja, kapan saja dan bisa disambi dengna keitan yang kita sukai.

Membuat gambar dengan suara lebih indah

Cerita yang disampaikan pada podcast akan terasa lebih nyata ketika Anda membayangkannya didalam fikiran. Banyak orang yang berimajinasi tinggi menggambarkan cerita pada fikirannya seperti tampak nyata dan biasanya lebih menikmati ketimbang melihat animasi yang kurang bagus. Kita dapat menggambarkan alur cerita dengan leluasa sesuai dengan fikiran kita

Tidak setiap orang dapat berekspresi

Setiap orang dapat berbicara tetapi tidak setiap orang dapat berekpresi sebagai mana pada aktor agar dapat mempersembahkan konten yang menarik. Hal ini menjadi salah satu alasa para konten kreator yang memulai berkarir pada podcast. Hanya dengan berbicara sesuai dengan keahliannya dapat menyuguhkan karya kepada banyak orang.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu podcast, keunggulan podcast, cara mendengarkan podcast, cara membuat rekaman pada podcast dan beberapa alasan podcast menjadi masa depan konten. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi ataupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi seputar fakta. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, whatsapp dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan.

(Visited 362 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *