Menu Tutup

Apa itu Rumput Fatimah ? | Tanaman Herbal Berbahaya

apa itu tumput fatimah

Belakangan ini sedang Viral penggunaan rumput fatimah untuk ibu hamil agar memperlancar proses persalinan. Tanaman herbal asli Indonesia ini sering digunakan di Negeri Jiran Malaysia dan beberapa daerah di Indonesia seperti di Kalimantan dan Sulawesi. Penggunaan tanaman herbal bagi ibu hamil cukup berbahaya, meskipun beberapa orang beranggapan mengkonsumsi tanaman herbal ini dapat memperlancar pesalinan, tetapi kenyataannya belum ada penelitian ilmiah terkait hal ini. Artikel ini akan membahas Apa itu rumput fatimah ? serta beberapa bahaya dan keunggulan yang terdapat dalam tanaman herbal ini.

Viral nya seorang ibu yang mengalami keguguran dalam media social tiktok, kini menjadikan rumput fatimah menjadi perbincangan. Tanaman herbal ini mengandung banyak kandungan yang baik untuk tubuh, tetapi belum ada penelitian yang pasti mengenai dosis penggunanya. Hal ini lah yang mengakibatkan tanaman herbal ini berbahaya, sebab setiap orang seringkali mendapatkan efeksamping yang berbeda. Ada yang tidak berpengaruh apa-apa, ada yang memberikan berbagai kebaikan untuk tubuh, ada juga yang menyebabkan keguguran hingga kematian.

Apa itu Rumput Fatimah ?

apa itu tumput fatimah
Rumput fatimah

Rumput fatimah memiliki nama lating Labisia Pumila yang merupakan tanaman berbunga dari keluarga Primulaceae berasal dari negeri Jiran Malaysia. Tanaman ini merupakan tanaman kecil berkayu dan berdaun dengan panjang daun sekitar 20 cm, banyak tumbuh di dalam tanah hutan hujan tropis. Rendaman air rumput fatimah sudah dikenal sejak lama dapat membantu proses persalinan. Kandungan yang terdapat dalam Labisia Pumila dapat memicu atau mempercepat laju kontraksi rahim. Namun sayangnya hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, maka sebaiknya mengkonsumsi tanaman herbal ini harus berhati-hati.

Dalam tanaman rumput fatimah mengandung oksitosin yang dapat merangsang persalinan. Oksitosin yang terdapat dalam tanaman herbal ini memiliki cara kerja yang mirip dengan obat induksi dari dokter. Tetapi sayangnya kadar oksitosin yang terdapat dalam rumput fatimah tidak terukur dan bisa berlebihan. Mengkonsumsi air rendaman tanaman herbal ini dapat merangsang kontraksi yang cepat dan berlebihan pada rahim, namun tanpa diikuti dengan pelunakan pada servis atau mulut rahim. Jika hal ini terjadi, bayi yang berada di alam rahim akan mengalami kekurangan oksigen secara signifikan. Bayi yang mengalami kekurangan oksigen akan mengalami stres hingga menyebabkan kematian.

apa itu Rumput fatimah
Air rendaman rumput fatimah

Kontraksi yang berlebihan akibat meminum air rendaman rumput fatimah dapat mengakibatkan robekan pada rahim ibu yang sedang mengandung. Hal ini mengakibatkan kurangnya pasukan oksigen pada rahim sehingga terjadilah pendarahan. Mengingat efek yang diberikan tanaman herbal ini cukup berbahaya, sebaiknya hindari mengkonsumsi tanaman herbal ini.

Tidak ada makanan yang secara khusus dapat memperlancar proses persalinan ibu hamil. Kekuatan kontraksi ibu, lebar panggul serta besarnya janin merupakan beberapa hal yang memengaruhi kelancaran dan lamanya waktu persalinan. Langkah paling mudah untuk memperlancar proses persalinan adalah dengan berjalan kaki minimal 15 – 30 menit setiap harinya. Cara lain untuk membantu datangnya proses kontraksi persalinan yaitu dengan melakukan yoga serta berolahraga menggunakan bantuan gym ball.

Bahaya Mengkonsumsi Rumput Fatimah

Kontraksi pada ibu hamil

Pecah Rahim

Minum air rendaman rumput fatimah akan menyebabkan kontraksi pada rahim. Kontraksi ini membuat rahim bekerja lebih keras dibanding biasanya. Jika mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah secara terus menerus, dapat membuat rahim kelelahan karena bekerja terlalu keras. Lama kelamaan hal ini dapat membuat dinding rahim robek hingga pecah.

Membuat Janin Stres

Kandungan oksitosin yang berada para air rendaman rumput fatimah menyebabkan terjadinya kontraksi. Jika terjadi kontraksi yang berlebihan tanpa adanya pelunakan pada seviks atau mulut rahim, kondisi janin yang berada pada rahim akan mengalami kekurangan oksigen. Asupan oksigen yang kurang untuk janin dapat menyebabkan janin stres hingga beresiko kematian.

Memaksa Kontraksi

Dalam air rendaman rumput fatimah terdapat kandungan oksitosin. Oksitosin inilah yang menyebabkan terjadinya kontraksi pada ibu hamil. Jika kondisi kandungan belum memungkinkan terjadinya kontraksi, atau usia kandungan belum mencapai 37 hingga 41 minggu, kontraksi berlebihan akan membahayakan. Terlebih apabila rahim mengalami kontraksi secara paksa akibat rangsangan oksitosin akan membahayakan janin hingga beresiko membuat Janin mati didalam rahim.

Pendarahan Setelah Persalinan

apa itu tumput fatimah

Kandungan oksitosin pada tanaman herbal ini memiliki resiko terjadinya atonia uteri. Atonia uteri adalah kondisi ketika rahim tidak bisa berkontraksi kembali setelah melahirkan, akibatnya terjadi pendarahan pasca persalinan. Banyaknya keluar darah setelah proses persalinan merupakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya kematian pada ibu hamil setelah melahirkan.

Pendarahan ketika hamil

Kontraksi secara terus menerus yang disebabkan oleh oksitosin pada air rendaman tanaman herbal ini dapat mengakibatkan robekan pada dinding rahim ibu hamil. Robekan pada dinding rahim ini mengakibatkan pasukan oksigen pada rahim terus berkurang hingga menyebabkan pendarahan. Hal ini tentu saja berbahaya bagi janin dan ibu hamil.

Kematian Ibu dan Janin

Terjadinya kontraksi secara terus menerus menyebabkan berbagai bahaya bagi ibu dan janin. Jika terjadi kontraksi yang dahsyat pada rahim, janin akan mengalami kekurangan oksigen. Asupan oksigen yang kurang pada janin dapat menyebabkan terjadinya gagal jantung. Demikian pula dengan ibu hamil, guncangan yang terjadi akibat kontraksi yang dahsyat dapat menyebabkan pecahnya rahim hingga beresiko kematian.

Reaksi dengan Obat Lain

Kandungan yang terdapat dalam air rendaman rumput fatimah dapat memungkinkan bereaksi negatif dengan obat atau suplemen ibu hamil yang sedang dikonsumsi. Hingga kini belum ada penelitian yang pasti mengenai kandungan apa pada obat atau suplemen yang bertentangan dengan rumput fatimah. Maka sebaiknya hindari mengkonsumsi rumput fatimah tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Kandungan Tidak Jelas pada Rumput Fatimah

Hingga kini belum ada penelitian secara pasti kandungan apa saja yang terdapat pada akar, batang maupun daun pada tanaman herbal ini secara rinci. Selain itu, penggunaan yang tidak tepat pada tanaman herbal ini mengakibatkan dosis yang diminum tidak tepat, hal ini tentu saja membahayakan janin dan ibu hamil.

Penutup

Sekian artikel mengenai Apa itu rumput fatimah ? Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda terkait bahaya yang timbul tanaman herbal ini. Sebaiknya hindari mengkonsumsi air rendaman tanaman herbal ini ketika mengandung, sebab banyak resiko yang akan terjadi seperti yang telah di paparan sebelumnya.

Kandungan yang belum pasti, penggunaan yang tidak beraturan serta dosis yang berlebihan menjadi resiko sebab belum ada penelitian ilmiah yang tepat tentang hal ini. Ketika sedang mengandung, hindari mengkonsumsi tanaman herbal atau obat apapun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Niat hati ingin memudahkan persalin, tetapi justru malah membahayakan ibu dan janin. Kondisi ini bisa saja terjadi apabila mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah tanpa disertai pengetahuan. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂

Baca juga: