Menu Tutup

Apa itu Skincare ? Skincare untuk Pemula

Istilah skincare pasti sudah tidak asing lagi di telinga para wanita begitupun laki-laki, karena saat ini banyak juga laki-laki yang melakukan skincare. Jika dulu produk kecantikan ataupun peraratan kulit hanya diperuntukan untuk wanita, saat ini ada beberapa produk yang menyaikan dua kelompok dengan berbagai jenis. Sebelum membahas lebih jauh, sudahkah Anda tahu apa itu skincare ?

Skincare berasal dari bahasa inggris yang artinya perawatan kulit. Istilah skincare yang dikenal saat ini lebih terspesifikasi lagi menjadi perawatan kulit pada area wajah. Perawatan kulit ini dapat menggunakan berbagai produk yang berfungsi untuk merawat kulit agar lebih bersih sehingga terbebas dari gangguan kulit seperti jerawat, komedo dan lainnya.

Penggunaan skincare yang kurang tepat tentu akan memberikan dampak buruk pada kulit, bukannya tambah bagus, kulit akan semakin rusak. Maka sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk memakain skincare dari produk tertentu, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu. Berbeda jenis kulit, beda pula penanganannya. Maka jangan samakan kulit Anda dengan kulit teman Anda karena bisa jadi jenis kulit yang Anda miliki berbeda dengan teman Anda.

Banyak para wanita maupun laki-laki yang mengalami keluhan pada kulitnya karena telah menggunakan skincare yang tidak cocok dengan jenis kulitnya. Kulit wajah mereka setelah menggunakan skincare baik berupa sabun cuci muka atau yang lainnya, kulit mereka ada yang semakin kering, lebih berminnyak, muncul banyak jerawat dan masih banyak masalah lain lagi. Kulit adalah bagian paling luar yang cukup sensitif, tetapi ada pula sebagian orang yang beruntung memiliki kulit kebal setelah menggunakan berbagai produk skincare.

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai skincare dari priduk tertentu, sebaiknya Anda perlu tahu beberapa hal mendasar sebelum memutuskan memakai skincare. Hal-hal mendasat ini sangatlah penting, terutama bagi pemula yang hendak merawat kulit wajah dengan produk-produk skincare saat ini. Apa itu skincare.

Hal-hal Mendasar Sebelum Memutuskan Memakain Skincare

Mengetahui jenis kulit

Apa itu skincare
Jenis Kulit Wajah

Mengetahui jenis kulit adalah hal yang sangat penting sebelum Anda memustuskan untuk memakai skincare jenis apapun dan dari produk apapun. Kenali jenis kulit Anda, apakah termasuk jenis kulit kering, kulit yang sering berminyak, kulit normal atau kulit sensitif. Berbeda jenis kulit, berbeda pula cara penanganannya. Ibaratnya jika Anda sakit gigi, tidak mungkin Anda minum obat untuk mengatasi flu.

Untuk mengetahui jenis kulit yang anda miliki, kenali ciri-ciri yang sering Anda rasakan pada kulit wajah Anda. Setiap jenis kulit memiliki ciri-ciri yang berbeda, maka Anda bisa mengetahui jenis kulit wajah Anda dengan melihat perbedaan jenis kulit wajar pada artikel ini (klik disini). Jangan sampai Anda melakukan kesalahah hingga akhirnya terjadi penyesalan setelah melakukan perawatan kulit wajah,

Tujuan Memakai Skincare

apa itu skincare
Tujuan memakai skincare

Apa tujuan Anda memakai skincare, apakhan hanya ikut-ikutan teman atau memang kebutuhan? Sebaiknya gunakanlah skincare karena memang kebutuhan kulit wajah Anda untuk dirawat. Merawat kulit memang sudah menjadi keharusan bagi setiap orang, terlebih kulit wajah, maka gunakanlah skincare yang sesuii dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Jangan terpengaruhi dengan skicare yang digunakan teman Anda, karena bisa jadi skincare itu tidak cocok bagi jenis kulit seperti Anda.

Tujuan memakai skincare hendaknya diluruskan kembali untuk merawat ciptaan Allah yang telah diamahkan agar menjadi amal ibadah. Atau bisa juga tujuan memakai skincare karena ingin tampil cantik dihadapan suami agar lebih disukai suami. Jangan sampai tujuan memakai skincare ini justru menjerumuskan pada hal-hal yang kurang baik dimata sang pemilik kulit. Karena dengan berjalnnya waktu kulit wajah ini akan berubah tidak kencang seperti diusia muda.

Mengetahui jenis-jenis skincare

Mengetahui jenis-jenis skincare

Kenali jenis-jenis skincare yang akan Anda gunakan. Penggunaan skincare biasanya secara bertahap, dari mulai tahap awal, masuk ke tahap satu dan seterusnya. Jika Anda baru hendak menggunakan skincare, hendaknya menggunakan jenis skincare untuk pemula. Jangan sampai Anda keliru menggunakan skincare untuk tahapa lanjut. Karena setiap tahapan jenis skincar memiliki kandungan-kandungan yang berbeda. Hal ini sangatlah penting, karena dikhawatirkan kulit wajah Anda akan kaget ketika tiba-tiba dipakaikan produk kandungan yang memiliki tingaktan lebih tinggi.

Mencari tahu review skincare yang akan dipakai

apa itu skincare
Mengetahui review skincare

Mencari tahu reviewa atau ulasan dari produk skincare yang hendak Anda pakai. Usahakan orang yang melakukan review memiliki jenis kulit yang sema dengan jenis kulit Anda, karena jika berbeda tentu hasil yang akan Anda dapatkan berbeda pula. Melihat review ini cukup penting, jangan tergiur dengan iming-iming produk yang ada pada skincare, karena saat ini banyak para youtuber yang melakukan review skincare dengan jujur berdasarkan pendapat mereka. Melihat review skincare dari para youtuber ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan Anda. Jangan sampai Anda salah memilih skincare, karena dampaknya cukup membahayakan.

Sesuaikan dengan kondisi keungan

Sesuaikan dengankondisi keuangan

Belilah skincare yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan memaksakan membeli skincare yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Sebab menggunakan skincare adalah penggunaan jangaka panjang dan terus menerus. Maka pastikan Anda membeli skincare yang sesuai dengan kondisi keungan. Skincare yang mahal sekalipun belum tentu cocok dengan kulit Anda, maka cermatlah dalam memilih skincare yang hendak Anda pakai.

Menggunakan skincare dari kilik kecantikan

apa itu skincare
Dokter memeriksa jenis kulit

Jika Anda memilih untuk menggunakan skincare dari klinik kencatikan entu tidakjadi masalah.Tetapi pastikan di klinik tersebut kulit Anda diperiksa terlebih dahulu oleh dokter spesialis kulit, untuk mengetahui jenis kulit dan perawatan apa Anda. Karena saat ini tidak sedikit klink kecantikan yang hanya menjula produk kencatikannya saja, tanap diperiksa terlebih dahulu oleh dokter.

Perlau Anda ketahui juga, melakukan perawatan di klinik kecantikan apalagi di kliki yang sudah terkenal membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, Anda akan diharuskan untuk membeli produk yang telah disuguhkan dengan berbagai jenis, tentunya produk ini yang sudah sesuai dengan jenis kulit Anda. Hal ini perlu menjadi bahan pertimbangan juga. Melakukan perawatan di klinik kecantikan memang banyak yang mendapatkan hasil optimal, tetapi sebaiknya sesuiakan pula dengan kondisi keuangan Anda. Sebab hasil yang optimal tidak terlepas dari penggunaan skincare jangka panjang.

Skincare yang Biasa Digunakan Oleh Pemula

Berikut ini beberapa skincare yang biasa digunakan oleh pemula

Cleansing (Pembersih)

Sama halnya jika Anda mandi tentu kulit Anda memakai sabun mandi untuk dibersihkan. Beitupun kulit wajah, Anda perlu membersihkannya dengan menggunakan pembersih wajah. Pembersih wajah ini bermacam-macam, ada facial wash, facial foal, facial gel dan lainnya. Umumnya pembersih wajah ini perlu dibilas menggunakan air. Gunakanlah cleasing ini minimal 2 kali dalam satu hari, agar kulit wajah Anda lebih bersih terbebas dari debu dan kotoran lainnya yang menemepel akibat aktifitas diluar rumah

Moisturizer (Pelembab)

Pelembab ini biasanya berupa cream yang dapat diaplikasikan langsung pada wajah setelah wajah Anda bersih tentunya. Pemilihan pelembab ini disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit wajah yang kering sangat membutuhkan pelembab, pilihlah jenis pelembab yang creamy atau oil based. Sedangkan untuk kulit wajah yang berminyak bisa menggunakan gel based agar kulit tidak dehidrasi.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu skincare juga pembahasan mengenapai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan skincare dan beberapa skincare yang sering digunakan oleh pemula. Artikel apa itu skincare ini diharapkan menjadi informasi bagi Anda sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan skincare. Semoga artikel ini bermafaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, whatsapp dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 85 times, 1 visits today)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *