Menu Tutup

Apa itu syafakillah | Arti syafakillah | Syafakallah

apa itu syafakillah

Pernahkah Anda mendengan kata syafakillah ? Atau sering mendengan kata syafakillah tetapi tidak tau maknanya ? Artikel ini akan membahas apa itu syafakillah dan bagaimana penggunaanya. Dilihat secara sepintas, ungkapan syafakillah ini sering ditujukan kepada seseorang dalam keadaan tidak sehat. Lalu apa sebenarnya makna syafakillah ?

Banyaknya penggunaan media social memunculkan berbagai istilah atau bahasa baru yang digunakan ketika bercengnkrama dengan teman. Bahasa baru ini ada yang diambil dari bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa korea, bahasa arab maupaun bahasa daerah yang ada di Indonesia. Ada pula istilah populer yang diambil dari kata serapan atau slenehan yang dibuat-buat oleh anak muda. Banyak sekali kata-kata gaul yang populer dikalangan anak muda, penulis telah merangkumnya dalam artikel 200 kata-kata gaul yang dapat menjadi referensi Anda.

Istilah populer seperti syafakillah ini sering digunakan oleh banyak orang. Tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu maknanya atau bagaimana menggunakan kata syafakillah yang tepat. Sebab jika ditujukan kepada subjek yang berbeda seperti laki-laki, perempuan, dia, mereka atau kita, kata syafakillah akan berubah mengikuti kata ganti yang sesuia. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami dulu apa itu syafakillah dan bagaimana penggunaan kata syafakillah yang tepat. Berkut ini pembahasan mengenai apa itu syafakillah.

Apa itu syafakillah ?

Syafakillah berasal dari bahasa arab yang menjadi ungkapan atau ucapan ketika mendapati keluarga, sahabat, saudara ataupun tetangga dalam keadaan sakit. Syafakillah bermakan semoga allah menyembuhkanmu, “mu” ditujukan kepada orang yang sakit tersebut adalah perempuan.

Dalam aturan bahasa arab, keta ganti bagi laki-laki dan perempuan bebeda. Lain halnya dengan kata ganti dalam bahasa Indonesia, misalkan kata ganti “kamu”. Kata ganti “kamu dalam bahasa Indonesia dapat ditujukan bagi laki-laki ataupun perempuan. Dengan demikian kata ganti “ki” dalam ungkapan syafakillah akan berubah disesuaikan dengan subjek atau orang sakit yang dituju.

apa itu syafakillah
Apa itu syafakillah via islamdnet.blogspot.com

Syafakillah ini awalnya digunakan oleh para anak muda yang mengkitu kajian-kajian islam untuk mendoakan saudara atau temannya yang sedang sakit. Lama kelamaan menjadi tren dan diikuti oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Selain menjadi ucapan, syafakillah juga menjadi doa sebab telah meminta kesembuhan kepada Allah sang Maha Penyembuh. Beirkut ini perubahan kata syafakillah sesuai dengan kata ganti bahasa arab

Perubahan kata syafakillah sesuai kata ganti bahasa arab

Kata ganti dalam bahasa arab disebut Dhomir terbagi menjadi 3 bagian. Yaitu kata ganti untuk orang pertama (saya dan kami), kata ganti untuk orang kedua (kamu dan kalian) dan kata ganti untuk orang ketiga (dia dan mereka). Untuk kata ganti orang pertama yaitu saya dan kami tidak banyak digunakan dalam kata syafakillah sebab jiga digunakan, maknanya tidak menjadi ucapan untuk orang lain melainkan diri sendiri.

Syafakallah (شفاك الله)

Syafakallah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Mu yang dimaksud adalah kata ganti pertama untuk laki-laki (kamu). Dengan demikian syafakallah ucapan bagi seorang laki-laki yang sedang sakit.

Syafakillah (شفاك الله)

Syafakillah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Mu yang dimaksud adalah kata ganti pertama untuk perempuan (kamu). Dengan demikian syafakillah ucapan bagi seorang perempuan yang sedang sakit.

Syafakumaallah

Syafakumaallah artinya semoga allah memberikan kesembuhan kepada kalian berdua. Kalian bedua yang dimaksud adalah kata ganti pertama untuk kalian bedua laki-laki atau kalian berdua perempuan atau keduanya. Dengan demikian syafakumaallah ucapan bagi dua orang laki-laki atau dua orang perempuan atau keduanya yang sedang sakit.

Syafakumullah ( شفاكم الله )

Syafakumullah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian. Kalian yang dimaksud adalah kata ganti pertama untuk laki-laki lebih dari dua orang. Dengan demikian syafakumullah ucapan bagi laki-laki lebih dari dua orang yang sedang sakit

Syafakunnallah

Syafakunnallah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian. Kalian yang dimaksud adalah kata ganti pertama untuk perempuan lebih dari dua orang. Dengan demikian syafakunnallah ucapan bagi perempuan lebih dari dua orang yang sedang sakit.

Syafahullah ( شفاه الله )

Syafahullah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya. “-nya” yang dimaksud adalah kata ganti kedua untuk laki-laki (dia). Dengan demikian syafahullah ucapan bagi laki-laki yang sedang sakit tetapi tidak diucapkan secara langsung kepada orang yang sedang sakit.

Syafahallah ( شفاها الله )

Syafahallah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya. “-nya” yang dimaksud adalah kata ganti kedua untuk perempuan (dia). Dengan demikian syafahallah ucapan bagi perempuan yang sedang sakit tetapi tidak diucapkan secara langsung kepada orang yang sedang sakit.

Syafahumaallah

Syafahumaallah artinya semoga Allah membrikan kesembuhan kepada mereka. Mereka yang dimaksud adalah kata ganti kedua untuk dua orang laki-laki atau dua orang perempuan atau keduanya. Dengan demikian syafahumaallah ucapan bagi dua orang perempuan atau dua orang laki-laki atau keduanya yang sedang sakit tetapi tidak diucapkan secara langsung.

Syafahumullah ( شفاهم الله )

Syafahumullah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka. Mereka yang dimaksud adalah kata ganti kedua untuk laki-laki lebih dari dua orang. Dengan demikian syafahumullah ucapan bagi laki-laki lebih dari dua orang yang sedang sakit tetapi tidak diucapkan secara langsung kepada orang-orang yang sedang sakit.

Syafahunnallah ( شفاهن الله )

Syafahunnallah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka. Mereka yang dimaksud adalah kata ganti kedua untuk permpuan lebih dari dua orang. Dengan demikian syafahunnallah ucapan bagi peremuan lebih dari dua orang yang sedang sakit tetapi tidak diucapkan secara langsung kepada perempuan-perempuan yang sedang sakit.

Demikian tata bahasa arab yang sangat membedakan gender antara laki-laki dengan permpuan. Tetapi jika bentuknya jamak lebih dari satu yang terdiri dari perempuan dan laki-laki, kata ganti yang digunakan adalah kata ganti untuk laki-laki. Contohnya syafakumullah untuk kata ganti orang kedua dan syafahumullah untuk kata ganti orang ketiga lebih dari dari dua orang.

Dari seluruh tata bahasa yang ada, ucapan yang sering digunakan untuk mendoakan orang yang sedang sakit diantaranya syafakillah, syafakallah, dan syafakumullah. Sebab ketiganya digunakan untuk kata ganti orang kedua yang diucapkan secara langsung kepada orang yang sedang sakit. Bentuk jamaknya yang lebih dari satu orang di Indonesia sering menggunakan syafakumullah.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai artikel apa itu syafakillah. Semoa artikel ini dapat menambah wawasan tata bahasa arab sehingga dapat menggunakan kata-kata yang tepat. Bahasa arab adalah bahasa yang digunakan di Surga. Oleh sebab itu memperlajari bahasa arab akan memiliki nilai tersendiri. Selain itu Al-Quran juga menggunakan bahasa arab, apabila memahami bahasa arab akan mudah pula memahami isi Al-Quran. Mohon maaf apabila terdapat kesalah baik dari segi isi ataupun penulisan. Semoga bermanfaat.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi terkini. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social Anda. Lebih banyak orang yang tahu lebih menarik bukan. 🙂

(Visited 280 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *