Menu Tutup

Apa itu Tempoyak ? Cita Rasa Asli Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan keberagaman suku, bahasa, hingga sajian cita rasa berbeda setiap daerahnya. Kekayaan rempah-rempah yang tertanam di bumi Indonesia ini menyebabkan setiap daerah memiliki cita rasa khas. Sebagian daerah memiliki citarasa asin lebih dominan, ada yang cenderung ke bedas, cenderung ke asam. Meskipun demikian setiap daerah memiliki keunikan rasa tersendiri dan menjadi ciri khas yang patut kita pertahankan. Artikel ini akan membahas apa itu tempoyak, asal usul tempoyak, beberapa olahan tempoyak yang terkenal yaitu brengkes, gulai ikan hingga sambal.

Berbicara soal makanan memang tidak ada habisnya. Makanan dengan penampilan atau bahan yang unik, citarasa lezat, atau asing di lidah sebagian orang biasanya akan mudah terkenal. Begitupun dengan tempoyak, makanan khas yang berasal dari Jambi tengah ramai diperbincangkan. Tempoyak memiliki citarasa unik terlebih jika disamdingkan dengan rempah-rempah pada masakan Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Jambi, jangan lupa untuk mencoba olahan tempoyak yang menggoyang lidah.

Apa itu Tempoyak ?

apa itu tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas Jambi dengan bahan baku buah durian yang telah di fermentasi. Biasanya olahan buah durian memiliki cita rasa manis, namun berbeda dengan tempoyak yang memiliki citarasa asam yang khas. Makanan ini bisa digunakan sebagai lauk pauk disamping nasi, atau bisa juga digunakan sebagai tambahan bumbu untuk membuat sambal atau olahan ikan.

Tempoyak yang berasal dari buah durian hasil fermentasi ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Makanan ini dibuat dari buah durian yang telah matang dengan daging buah agak berair. Daging buah durian ini dipisahkan dari bijinya, kemudian dihaluskan lalu diberi garam dan ragi agar proses fermentasi dapat terjadi lebih cepat. Setelah itu, adonan ini dimasukkan kedalam Toples yang ditutup rapat kemudian di diamkan selama 7 sampai dengan 10 hari.

Hasil fermentasi buah durian ini memberikan aroma yang khas dengan tekstur lembek dan cita rasa asam khas. Cita rasa asam yang khas ini berasal dari pembentukan Lactic Acid Bacteria (LAB) ketika fermentasi berlangsung. Makanan ini sangat terkenal di Pulau Sumatra, terutama di daerah Jambil, Palembang dan Lampung. Ketika musim durian tiba, banyak para pedagang yang menyajikan olahan makanan ini.

Tips agar pembuatan tempoyak berhasil:

  1. Ketika proses fermentasi berlangsung, gubakan wadah yang bertutup rapat agar tidak ada udara masuk yang dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri.
  2. Aduk tempoyak setiap 7 hari sekali agar permukaan nya tidak kering.

Cara membuat fermentasi durian ini gampang-gampang susah. Meskipun komponen pembuatannya tidak cukup banyak, tetapi perlu takaran dan cara yang tepat agar menghasilkan rasa yang pas. Pengolahan yang tidak tepat dapat membuat hasil fermentasi yang tidak maksimal.

Asal usul tempoyak

Tempoyak sebagai makan khas Jambi dengan citarasa yang unik asam, manis, gurih berkumpul menjadi satu. Olahan fermentasi durian ini bermula ketika banyaknya buah duriang matang yang tidak termakan. Agar buah ini tidak di buang percuma, maka di fermentasi menggunakan garam dan ragi agar bertahan lebih lama dan dapat di gunakan.

Cita rasa khas yang di hasilkan dari fermentasi durian ini di gunakan sebagai bumbu penyedap. Bumbu khas ini di gunakan untuk membuat makanan sehari-hari ataupun makanan yang di sajikan ketika ada perayaan khusus seperti pernikahan.

Menurut sejarah dalam Hikayat Abdullah, olahan fermentasi durian ini merukanan makanan khas rumpun Melayu yang tersebar di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Wujud kekayaan alam yang tersebar di pulau ini tertuang dalam sajian lezat dan cita rasa yang khas. Fermentasi buah durian ini sangat efektif dan efisien agar semua durian yang terlalu matang dapat tetap di nikmati dengan olahan sajian makanan yang spesial.

Olahan tempoyak yang terkenal : Brengkes

apa itu tempoyak

Salah satu olah tempoyak yang terkenal adalah brengkes atau pepes ikan yang di baluri fermentasi durian khas Jambi. Brengkes tempoyak ini biasanya menggunakan ikan patin, ikan nilau hingga udang, tergantung selera. Banyak tempat makan yang menyajikan brengkes tempoyak. Proses bembuatannya paun cukup mudah, sama saja dengan cara membuat pepes ikan pada umumnya, hanya saja tidambahkan fermentasi durian sebag bumbu khasnya.

Untuk membuat brengkes tempoyak yang lezat, langkah bertama cuci ikan sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian buat bumbu pepes nya dengan bahan-bahan bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, lada dan garam semuanya di haluskan menjadi satu. Goreng bumbu halus hingga harum. Lumuri ikan dengan bumbu halus tadi. Letakkan ikan yang telah di lumuri di atas darun, tambahkan tempoyak, daun bawang serta beberapa butir cabai, lalu di bungkus. Setelah semuanya selesai di bungkus, kukus brengkes hingga matang.

Pepes ikan yang di padukan dengan fermentasi durian ini serta kaya akan bumbu rempah-rempah khas Indonesia memberikan rasa yang khas pada ikan. Kekayaan rasa asam, manis dan asin dengan bumbu pepes membuat ikan kaya akan rasa.

Gulai Tempoyak

apa itu tempoyak

Selain brengkes tempoyak atau pepes ikan yang di padukan dengan bumbu fermentasi durian, ada juga olahan lain yang cukup terkenal yaitu gula tempoyak. Gulai ini biasanya menggunakan berbagai jenis ikan ada ikan baung, ikan nila, ikan patin, ikan gabus. Berbagai jenis ikan ini di padukan dengan bumbu tempoyak yang khas.

Citarasa gulai yang kaya akan rempah-rempah, di padukan dengan rasa asam khas dari fermentasi durian menjadikan gulai ikan ini terasa lebih lezat dengan kuah kental beraroma khas fermentasi durian. Untuk Anda yang suka dengan makanan berkuah, perlu di coba gulai fermentasi durian ini

Sambal tempoyak

Hampir setiap orang pasti menyukai sambal. Ada berbagai jenis sambal yang banyak di sukai di Indonesia. Hampir setiap sambal memiliki komponen bumbu utama yang sama yaitu bawang merah dan cabai. Ada jenis rempah berbeda yang di tonjolkan pada setiap rasa sambal. Begitupun sambal tempoyak. Pada jenis sambal ini terdapat tempoyak yang membedakan dengan sambal lainnya.

Bahan-bahan untuk membuat sambal fermentasi durian ini ada bawang merah, bawang putih, cabai merah besar dan cabai rawit. Semua bahan di tumbuk hingga halus, kemudian di tumis hingga harum. Tambahkan gamar, serta gula. Lalu tambahkan fermentasi durian, aduk rata hingga sambal nya matang. Sambal fermentasi durian yang kaya akan rasa ini siap di nikmati bersama sajian lainnya.

Penutup

Sekian artikel mengenai Apa itu tempoyak cita rasa asli Indonesia. Jika bosan dengan olahan durian yang manis seperti panecake, disert, dan yang lainnya. Makanan hasil fermentasi durian yang kaya rasa ini, perlu kita coba. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang mencari apa itu tempoyak. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan ­čÖé .

Baca juga: