Menu Tutup

Apa itu Toxic People ? | Ciri-ciri Toxic People

Istilah dari bahasa serapan sering sekali bermunculan saat ini, salahsatunya istilah toxic yang disematkan pada orang. Sebelumbya istilah toxic sering dibicarakan dalam urusan medis, hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Namun saat ini istilah toxic disematkan pada orang, dalam kasus ini toxic berkaitan dengan hubungan sosial yang terjadi antar sesama. Lalu apa itu toxic people?

Toxic berasal dari bahasa Inggris yang artinya mengandung racun, toxic people diartikan sebagai orang-orang beracun. Orang-orang beracun disini adalah orang-orang yang memeberikan pengaruh buruk terhadap orang-orang disekitarnya ataupaun orang-orang yang seringkali menyusahkan dan merugikan orang lain baik secara fisik ataupun materi. Jika Anda berdekatan dengan toxic people lama kelamaan akan membahayakan. Pengaruh buruk yang dibawanya akan menular dan menjadikan pribadi Anda tidak baik.

Atau bisajadi Anda sendiri yang menjadi toxic people bagi orang lain tanpa disadari. Berbuat salah sesekali bisa disebutkan wajar dan tergantung juga kesalahan apa yang dilakukannya. Tetapi orang yang menjadi toxic people serinng kali tidak menyadari akan kesalahan-kesalahan yang terlah diperbuatnya, atau malah menganggap dirinya benar, tidak berbuat salah.

Orang-orang toxic yang sering menyusahkan dan merugikan orang lain ini jika didekati akan sangat menjadi masalah dalam kehidupan kita. Mereka akan merugikan baik secara materi ataupun fisik terlebih lagi menghabiskan waktu. Hal-hal merugian yang diperbuat oleh orang-orang toxic akan mempengaruhi hidup kita, lama kelamaan mempengaruhi gaya hidup hingga tidak menjadari telah terpengaruh menjadi seseorang toxic.

Berikut ini beberapa ciri orang-orang toxic yang perlu Anda tahu. Ciri-ciri ini juga bisa dijadikan bahana renungan atas diri kita, apakah kita telah menjadi toxic untuk orang lain. Atau bisa juga ada teman Anda yang memiliki ciri-ciri orang toxic seperti dibawah ini, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan orang tersebut. Dekat sewajarnya saja, agar tidak mempengaruhi kualitas kehidupan Anda.

Ciri-ciri Toxic People

apa itu toxic
Toxic People

Ciri-ciri yang melekat pada toxic people merupakan sikap-sikap buruk yang ada pada diri seseorang. Sikap buruk ini lebih terspesifikasi lagi dan yang sering mumcul pada karakteristik orang-orang yang dianggap sebagai toxsic

Merasa paling benar dan paling hebat

apa itu toxic
Angka 6 bisa menjadi angka 9 bila dilihat dari arah yang berbeda

Merasa diri sendiri parilng benar dan paling hebat salah satu ciri orang toxic yang pertama. Bebeda dengan orang yang merasa dirinya benar karena apa yang dilakukan sudah benar. Orang yang toxic sering kali tidak menyadari apa yang ia lakukan adalah sebuah kesalahan dan selalu merasa apa yang ia lakukan adalah benar, merapa lebih hebat dari orang lain. Padahal sejatinya manusia merupakan insan yang sering kali berbuat salah. Jika terjadi perdebatan atau perbedaan pendapat, maka sebaiknya evaluasi apa yang salah pada diri sendiri, jangan merasa diri paling benar bahkan hingga meremehkan orang lain.

Selalu menghasut orang lain

apa itu toxic
Menghasut orang lain

Menghasut artinya membangkitkan hati orang lain supaya marah. Perbuatan menghasut orang laina tau membuat orang lain marah dan malah memperkeruh suasana adalah salah satu ciri orang toxic. Jika Anda bersama teman, tetapi teman itu selalu bercerita hal-hal yang membuat Anda marah, kesal terhadap orang lain maka sebaiknya jangan terlalu dekat dengan teman seperti itu. Jangan percaya pada lidah orang lain, percayalah pada apa yang Anda lihat dan didengarkan dengan telinga Anda sendiri. Karena boleh jadi itu hanyalah omong kosong belaka

Tidak berempati terhadap orang lain

apa itu toxic
Seorang anak mencoba menenangkan temannya yang sedang menangis

Berempati artinya ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain. Toxic people biasnya tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain, ia hanya memikirkan dirinya sendiri, tidak peduli akan keadaan orang lain. Toxic people yang tidak berempati atau mereka yang tidak mencoba memahami perasaan orang lain ini memiliki hati yang keras dan tidak dapat berfikir jernih. Sebab fikiran yang jernih akan menimbulkan prilaku yang baik karena perbuatang yang dilakukan telah diproses melalui pemikiran.

Selalu memberikan kritik yang melemahkan

Seoran laki-laki merasa dibayangi kritikan yang melemahkannya

Memberikan kritik yang membangun bukanlah kesalahan. Kritik yang membangun akan memperbaiki pribadi orang tersebut kedepannya. Tetapi kritik melemahkan yang sering kali disampaikan oleh toxic people bukannya membangun, justru malah melemahkan hinggamenyakiti hati. Kritik yang melemahkan ini biasanya jatuh kepada penghinaan, merendahkan atau bahkan meremehkan.

Suka mencari perhatian orang lain

Orang toxic sangat senang apabila mendapatkan perhatian dari orang lain, ia suka mencari perhatian orang lain dengan berbagai cara. Perhatian dari orang lain sangatlah penting dalam pandangannya, sebab perhatian orang lain ini akan membuat dirinya memiliki nilai lebih. Apalahi jika orang toxic ini pandai berbicara, dengan perhatian yang didapatkannya itu, ia bisa dengan mudah menghasut orang lain agar apa yang ia lakukan terlihat benar.

Bersikap semena-mena

apa itu toxic
Bos yang bersikap semena-mena terhadap karyawannya

People toxic seringkali bersikap semena-mena terhadap orang lain, hati nuraninya seolah tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Bersikap seenaknya terhadap orang lain hingga meremehkan, mencacimaki, tidak berempati dan sikap buruk lainnya tanpa memikirkan perasaan orang lain. Kita sebagai manusia hendaknya menjauhi sikap tersebut, karena bagiamanapun bersikap semena-mena terhadap orang lain bukanlah perbuatan yang baik.

Pandai memanpulasi pandangan orang agar terlihat baik

Animasi menggerakan icon untuk mempengaruhi orang lain

Orang toxic yang dengan mudah mendapatkan perhatian dari orang lain akan lebih mudah memanipulasi pandangan orang agar ia terlihat sebagai korban. Memanipulasi padangan orang lain terhadap dirinya dengan menyampaikan seolah apa yang ia lakukan merupakan hal baik dan orang lain yang tidak menyukai dirinya telah melakukan hal buruk.

Tidak mengakui kesalahan atau meminta maaf

Permintaan maaf pada stickynote

Jika telah berbuat salah people toxic seringkali tidak mengakui keselahan yang telah diperbuatnya dan merasa segan untuk meminta maaf. People toxic memilik perasaan angkuh hingga tidak ini meminta maaf kepada orang lain meskipun telah berbuat salah. Ia menganggap dirinya tidak berbuat kesalahan

Sering merendahkan atau meremehkan orang lain

Merasa diri lebih besar dari orang lain

Memandang orang lain rendah dan meremehkan kemampuan orang lain menjadi sifat yang dimiliki orang toxic. Ia menganggap kemampuan orang lain tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kemamuan yang ia miliki. Padahal boleh jadi orang yang direndahkan itu memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingan dengan dirinya, hanya saja tidak ingin ditampakka. Pernah melihat perlombaan antara singa dan kuda ? Ketika singa dan kuda dilepas dari kandang untuk melakukan lomba lari, singa malah diam tidak berlari sebagaimana yang dilakukan kuda. Tidak perlu membandingkan kemampuan dengan orang yang tidak sepadan.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu toxic dan beberapa ciri orang toxic yang seringkali tidak kita sadari. Hindarilah prilaku-prilaku yang telah disampaikan diatas. Bersikap baiklah pada orang lain, maka orang lainpun pasti akan bersikap baik kepada kita. Jika tidak mengganggu hidup orang lain, maka hidup kitapun akan lebih tenang dan damai. Mohon maaf apabila dalam artikel ini terdapat kesalahan baik dari segi isi ataupun penulisan artikel. Semoga artikel apa itu toxic people beserta ciri-cirinya ini bermanfaat.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, whatsapp dan media social lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 152 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *