Menu Tutup

Apa itu Unicorn ? | Perusahaan Unicorn

apa itu unicorn?

Istilah unicorn mulanya adalah nama kuda poni yang bertanduk satu di tengah. Tampilan kuda poni ini sangat lucu dan menggemaskan, tak heran banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tetapi saat ini istilah unicorn disematkan pada perusahaan-perusahaan dengan kategori tertentu. Lalu apa itu unicorn ? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu unicorn dan perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan predikat unicorn

Istilah perusahaan unicorn pertama kali muncul di luar negeri, namun saat ini ada beberapa perusahaan di Indonesia yang termasuk kategori perusahaan unicorn. Suatu perusahaan bisa disebut unicorn apabila memenuhi kategori tertentu.

apa itu unicorn?
Apa itu unicorn via prtal.tahupedia.com

Dalam debat calon presiden pada bulan Februari 2019 beberapa waktu lalu perusahaan unicorn sempat menjadi sorotan oleh salah satu calon presiden. Saat ini perusahaan unicorn di Indonesia sudah mulai berkembang, hal ini pastinya tidak terlepas dari banyak sedikitnya peran pemerintah. Tetapi tentunya setiap tindakan pasti ada baik dan buruknya, begitupun dengan perusahaan-perusahaan unicorn yang sedang berkembang di Indonesia.

Selain istilah unicorn, adapula istilah lain yang menjadi sebutan apabila perusahaan tersebut sudah memenuhi kategori yang telah ditentukan diantaranya decacorn dan hectacorn. Lalu apabedanya unicorn, decacorn dan hectacorn? Hmm mari kita bahas lebih lanjut disini.

Apa itu unicorn ?

Apa itu unicorn ?
Apa itu unicorn? via wartaekonomi.co.id

Unicor adalah sebutan bagi perusahaan rintisan milik swasta (startup) dengan nilai kapitalisasi atau harga keseluruhan dari saham perusahaan lebih dari $1 Miliar. Istilah unicorn pertama kali dilontarkan oleh Aileen Lee seorang pemodal usaha ketika membangun dataset perusahaan teknologi yang berpusat di Amerika Serikat. Disebut dengan istilah unicorn sebab perusahaan yang sukses seperti ini tergolong cukup langka.

Artinya suatu startup atau perusahaan rintisan dikatakan perusahaan unicorn apabila nilai keseluruhan dari sahan perusahaan lebih dari $1 Miliyar atau saat ini setara dengan Rp. 13,6 Triliyun. Nilai ini bisa didapatkan dari investor pasar publik maupun swasta. Dengan nilai kapitalisasi ini istilah unicorn dapat disebutkan untuk mengukur tingkat kesukesesan suatu perusahaan rintisan atau startup.

Saat ini terdapat 299 startup yang termasuk kedalam kategori perusahana unicorn yang tersebar di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, India, Kanada, Tiongkok, Inggris, Singapuran dan Indonesia. Perusahaan-perusahaan ini bergerak dalam berbagai bidang yaitu pemasaran, keuangan, ritel, pelayanan dan bahkan games. Selain istilah unicorn ada juga istilah lain yang disebutkan untuk mengukur tingkat kesuksesan suatu perusahaan yaitu:

  • Decacorn adalah istilah bagi perusahaan rintisan (startup) yang memiliki harga keseluruhan dari saham perusahaan $10 Miliyar
  • Hectocorn adalah istilah bagi perusahaan rintisan (startup) yang memiliki harga keseluruhan dari sahan perusahaan $100 Miliyar.

Di Indonesia terdapat 4 perusahaan rintisan yang termasuk kedalam kategori unicorn. Bahkan ada dua perusahaan di Indonesia yang berpotensi berubah menjadi decacorn yang memiliki nilai kapitalisasi lebih dari $10 Miliyar atau setara dengan Rp. 139,6 Triliyun.

Apa itu unicorn?| Perusahaan Unicorn di Indonesia

Jumlah unicorn di Indonesia ini termasuk banyak jika dibandingkan dengan negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan karena para pengusaha muda Indonesia berkreasi semaksimal mungkin tanpa ada aturan tertentu dari pemerintah Indonesia. Selain itu, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar bagi perkembangan perusahaan unicorn meskipun investor berasal dari luar negeri. Tetapi berbicara mengenai invesor asing yang berkembang di Indonesia perlu disayangkan pula, sebab hal ini akan berdampak pada perputaran ekonomi Tanah Air.

Di Indonesia saat ini ada 4 perusahaan rintisan (startup) yang termasuk kategori perusahaan unicorn. Keempat perusahaan itu diantaranya Gojek, Tokopedia, Travelloka dan Bukalapak. Berapa dari keempat perusahaan tersebut bahkan ada yang nilai kapitalisasinya hendak menembus angka $10 Milyar. Berikut ini penjelasan mengenai perusahaan-perusahaan rintisan unicorn di Indonesia

Apa itu unicorn? |Gojek

Apa itu unicorn
Logo Gojek terbaru via merdeka.com

Gojek merupakan perusahaan transportasi berbasis online yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Pada tahun 2015 Gojek membuat aplikasi mobile untuk memudahkan pelanggannya. Hingga saat ini aplikasi Gojek telah berkembang dan meluncurkan berbagai fitur, selain itu Gojek telah tersebar lebih dari 167 di berbagai Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Gojek mendapatkan status perusahan unicorn pada tanggal 4 Agustus 2016 setelah perusahaan itu berdiri selama 6 tahun. Sepak terjang Gojek sebagai perusahaan rintisan karya anak bangsa yang begitu besar di Indonesia ini tentu tidak terlepas dari tangan investor. Suntikan dana dari para investor dengan jumlah yang sangat bombastis yaitu lebih dari $1 Miliyar dolar atau sekitar Rp. 13,6 Triliyun menjadikan Gojek menyandang status startup unicorn pertama di Indonesia. Beberapa investor terbesar Gojek diantaranya:

  1. Tencent Holdings
  2. JD.com
  3. New World Stategic Invesment
  4. Google
  5. Temasek Holdings
  6. Hera Capital
  7. Astra International
  8. GDP Ventures

Tokopedia

Apa itu unicorn ?
Tokopedia statrup unicorn kedua di Indonesia via gudrilogo.blogspot.com

Tokopedia adalah perusahaan yang bergerak di bidang marketplace yang didirkan pada tahun 2009 oleh Wiliam Tanuwijaya. Tokopedia sebagai berusahaan yang bergerang dibidang marketplace memungkinkan setiap individu, toko-toko kecil, maupun brand untuk membuka dan mengelola usahanya secara daring.

Setelah delapan tahun berdiri, tokopedia menyusul Gojek dengan menyandang status startup unicorn kedua di Indonesia. Predikat unicorn ini tentunya tidak terlepas dari suntikan dana para investor. Suntikan dana terbesar yang didapat Tokopedia pada tanggal 17 Agusus 2017 senilai $1,347 Miliyar atau senilai Rp. 1,8 Triliyun Rupiah. Beberapa investor terbesar Tokopedia diantaranya:

  1. Alibaba Group
  2. Softbank Group
  3. Sequoia Capital

Traveloka

Travelloka perusahaan unicorn ketiga di Indonesia via blog.travelloka.com

Traveloka didirikan pada tahun 2012 jauh lebih muda daripada Gojek dan Tokopedia. Traveloka adalah perusahan yang bergerak di bidang layanan tiket pesawat dan hotel secara daring tersebar di selurung Indonesia yang didirikan oleh Ferru Unardi dan dua teman lainnya.

Traveloka sebagai startup termuda yang mendapatkan predikat unicorn di Indonesia tidak terlepas dari suntikan dana para investor. Traveloka mendapatkan suntikan dana mencapai $2 Miliyar dari berbagai investor luar negeri. Beberapa investor terbesar travelloka diantaranya:

  1. Expedia
  2. GFC dan Sequoia capital dari AS
  3. Hillhouse Capital
  4. JD.com

Bukalapak

Bukalapak startup unicorn din Indonesia via blogovector.com

Bukalapak didirikan di tahun yang sama dengan Gojek yaitu tahun 2010 oleh Achmad Zaky. Sama halnya dengan Tokopedia, Bukalapak adalah perusahaan yang bergerak di bidang marketplace. Pada tahun 2018 Bukalapak menjadi e-commers paling top no 2 dari sisi jumlah kunjungan.

Mulanya Bukalapak didirikan untuk membantu para pengusaha kecil menjual produknya, dengan berbagai inovasi-inovasi yang dibuat, Bukalapak saat ini telah menyandang status startup unicorn di Indonesia. Status unicorn ini tentunya tidak terlepas dari perhatian para investor, beberapa investor terbesar Bukalapak diantaranya:

  1. Ant Financial
  2. Mirae Asset
  3. Naver Asia
  4. GIC
  5. EMTEK Group dari Indonesia

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu unicorn. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dalam hal penulisan ataupun isinya. Teruslah berkembang dan memberikan manfaat yang lebih untuk orang lain.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta laiinya yang tentunya memberikan banyak wawasan dan informasi yang tak kalah penting. Jangan lupa juga untuk share, lebih banyak orang yang tahu lebih baik bukan. Terimakasih 🙂

(Visited 55 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. Pingback:Apa itu Maxtream? | Maxtream adalah | varminz.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *