Menu Tutup

Apa itu VPN ? | VPN adalah |Cara kerja VPN

apa itu VPN

Baru-baru ini sedang populer dengan VPN. VPN banyak dipakai oleh para pengusaha, hal ini berdasarkan dengan fungsi dan berbagai kelebihannya. Tetapi saat ini VPN digunakan oleh berbagai kalangan. Ini bermula ketika pemerintah menonaktifkan selama beberapa hari seluruh media social di Indonesia diakibatkan adanya kerusuhan setelah pengumuman presiden terpilih. Media social yang memicu ajakan-ajakan untuk berbuat kerusuhan ini memang menjadi masalah besar. Akibatnya banyak warga Indonesia yang memilih untuk menggunakan VPN agar dapat menggunakan media social. Sudahkah Anda tahu apa itu VPN ? atau bagaimana cara kerjanya, fungsi VPN dan laiinya.

VPN dan internet adalah dua hal yang berbeda. Cara kerja VPN menggunakan internet, hanya saja proses yang digunakan apabila menggunakan VPN berbeda dengan internet. Saat ini VPN telah digunakan oleh berbagai kalangan dengan alasan dapat menggunakan koneksi internet secara aman. Berbeda dengan alasan sebelumnya, dulu VPN sudah banyak digunakan untuk menghubungkan gedung-gedung perkantoran agar koneksi jaringan dapat digunakan secara aman dan dapat diakses di tempat lain.

Bagi Anda yang membutuhkan koneksi jaringan yang bersifat pribadi agar tidak kena hack orang-orang yang tidak bertanggung jawab, VPN adalah salah satu solusinya. Lain hal nya dengan koneksi jaringan biasa yang dapat dengan mudah diretas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan data dan yang lainnya. Apabila data itu bersifat penting, tentu akan sangat membahayakan jika data tersebut disalah gunakan. Bagaimapun, mencegah agar tidak terjadinya tindakan kriminal perlu dilakukan agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Apa itu VPN ?

apa itu VPN
Apa itu VPN via idtechinasia.com

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memfasilitasi Anda dengan memberikan akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Sederhananya, VPN memberikan koneksi pada smartphone, tablet ataupun PC Anda ke komputer yang biasa disebut dengan VPN server di suatu tempat yang terhubung dengan internet. Komputer yang mendaji VPN server ini mengizinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer VPN server.

Jadi intinya perbedangan menggunakan VPN dengan menggunakan koneksi internet secara langsung adalah pada prosesnya. Dengan menggunakan VPN, dapat menghindari adanya penyusup saat melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan. Oleh sebab itu, VPN banyak digunakan di perkantoran-perkantoran untuk melakukan pertukaran data antara kantor pusat dengan kantor cabang atau dengan kariawannya. Sebuah jaringan perusahaan yang menggunakan VPN untuk berhubungan dengan kantor cabang dapat melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data. Agar lebih memahami apa itu VPN berikut ini cara kerja VPN.

Cara kerja VPN

Cara kerja VPN sederhananya ketika Anda terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN, Anda seperti mengakses internet menggunakan lorong khusus tidak menggunakan jaringan utama. Cara kerja VPN adalah melakukan enkripsi pertukaran data melalui server VPN, selanjutnya server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin diakses. Jadi koneksi yang Anda lakukan akan dikenal sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan saat itu.

Perbedaan koneksi menggunakan VPN dan tanpa VPN

Koneksi jaringan jika tidak menggunakan VPN akan dilakukan secara langsung (direct) tanpa menggunakan enkripsi. Jika koneksi jaringan menggunakan VPN maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan akan melewati VPN server terlebih dahulu sehingga data tidak dapat dibaca dengan mudah. Berikut ini ilustrasi koneksi jaringan menggunakan VPN dan tanpa VPN.

apa itu VPN
Ilustrasi koneksi jaringan tanpa VPN

Koneksi tanpa menggunakan VPN dengan ilustrasi seperti gambar diatas sudah mengjadi standar ketika menggunakan internet. Proses petukaran data antara Anda dan aplikasi di internet tanpa enkripsi dan dapat dilihat oleh banyak orang. Jika data yang dapat dilihat ini hanyalah data proses pencarian di google, hiburan atau semacamnya tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika data yang digunakan adalah perbankang online, email bisnis, atau apapun yang sedikit lebih sensitif akan menjadi masalah terlebih jika data berhasil diretas oleh hacker. Disinilah peran VPN, berikut ini ilustrasi koneksi internet jika menggunakan VPN.

Ilustrasi jaringan menggunakan VPN

Ketika Anda menggunakan VPN (biasanya berupa aplikasi), data Anda dienkripsi dan baru dikirim melalui ISP kemudian ke server VPN. Server VPN menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan Anda dengan situs atau layanan online. Proses ini dapat memecahkan permasalahan privasi dan keamanan data saar melakukan pertukaran data.

Manfaat VPN

apa itu VPN
Manfaat VPN via wartabengawan.com

Tidak hanya terjamin keamanan data ketika menggunakan VPN. Penggunaan VPN juga memberikab berbagai manfaat diantaranya sebagai berikut:

Remote Acces

Dengan menggunakan VPN, Anda dapat melakukan Remote Access. Remote Access mengizinkan Anda mengakses internet menggunakan jaringan kantor dimana saja selama terhubung ke internet. Dengan kata lain, meskipun Anda menggunakan jaringan luar, ketika menggunakan VPN maka jaringan Anda akan dikenal oleh internet menggunakan jaringan kantor

Pengamanan data dijaringan publik

Penggunaan VPN dapat melindungi pertukaran data yang Anda lakukan dari WiFi atau jaringan lain yang tidak dapat dipercaya. VPN dapat membantu Anda untuk melindungi pertukaran data ketika menggunakan jaringan publik yang ada di kafe-kafe, mall dan lainnya. Keamanan data akan terjamin jika menggunakan VPN dan dapat berselancar menggunakan internet dengan menggunakan jaringan umum tanpa perlu merasa khawatir.

Data dienkripsi

Jika menggunakan VPN, saat memproses pertukaran data antara Anda dan web aplikasi online, data Anda dienkripsi. Sehingga meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi (tidak dapat tibaca secara langsung), bukan data mentah saja

Menghemat biaya

Penggunaan VPN dapat menghemat biaya sebab VPN dapat dipakai secabagi cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena transmisi data yang digunakan VPN menggunakan jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa membangun jaringan sendiri.

Kekurangan dan kelebihan VPN

apa itu VPN
Kekurangan dan kelebihan VPN via infopeluangusaha.org

Meskipun banyak keuntungan yang didapat ketika menggunakan VPN, banyak juga kekurangan-kekurangan yang menjadi kendala. Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan menggunakan VPN

Kekurangan VPN

  • Ada batasan penggunaan
  • Koneksi lebih lambat
  • Koneksi tidak stabil
  • Konfigurasi manual cukup rumit
  • Faktor keamanan menjadi resiko tersendiri ketika menyediakan akses kepada karyawan secara global karena informasi sensitifi perusahaan dapat diakses
  • Perlu perhatian ekstra dalam sistem keamanan VPN

Kelebihan VPN

  • Kerahasiaan data lebih aman
  • Identitas IP asli tidak langsung diketahui
  • Bisa mengakses website terblok
  • Aksesn jaringan dari lokasi yang berbeda
  • Sebagai solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
  • Meningkatkan mobilitas organisasi
  • Fitur keamanan dapat disesuaikan

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu VPN. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita agar senantiasa berhati-hati dan dapat menggunakan teknoligi dengan tepat. Mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan baik dalam isi pembahasan atupun penulisan.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang memberikan berbagai informasi menarik dan terkini. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social Anda. Lebih banyak yang tahu lebih baik bukan :). Terimakasih

(Visited 50 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *