Menu Tutup

29 Aplikasi Termahal di Dunia yang Pernah Dibeli

Aplikasi Dev | Aplikasi termahal di dunia

Aplikasi Termahal di Dunia – Kita warga indonesia telah memasuki era digital yang telah dapat dirasakan hampir di semua pelosok negeri. Kita dapat merasakan semuanya dengan mudah dan murah. Banyak sekali gadget-gadget yang digunakan dalam melakukan segala hal di era digital ini. Tak tanggung-tanggung banyak sekali dari kita mengeluarkan uang yang banyak bahkan sampai jutaan rupiah demi gadget-gadget tersebut.

Namun tahukah anda bahwa aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam gadget pun dijual komersil? Maksudnya aplikasi-aplikasi dijual dengan harga tertentu sama halnya dengan barang-barang dan gadget-gadget yang sering kita pakai. Bahkan harga aplikasi tadi jauh diatas harga-harga gadget yang kita ketahui.

Berikut ini adalah aplikasi termahal di dunia versi varminz.com:

Aplikasi Termahal di Dunia untuk Smartphone

Aplikasi Smartphone kebanyakan adalah aplikasi android. Meskipun aplikasi hanya untuk android, aplikasi ini bisa saja sangat mahal bahkan lebih mahal dari smartphone itu sendiri.

Dr.Web Security Space Life [Rp 890.000,-]

Dr.Web Security Space Life | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Dr.Web Security Space Life

Dr.Web Security Space Life adalah sebuah aplikasi antivirus yang bisa dipakai oleh hampir semua gadget yang menggunakan OS android. Seperti TV, smartphone, tablet, dan konsol game. Aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur seperti: mengamankan gadget dari ancaman malware, memfilter panggilan dan SMS, anti pencurian (Anti Spy), dan juga kontrol orangtua (Parental Control).

Sekarang memang banyak sekali aplikasi antivirus gratis bagi android. Namun aplikasi ini mampu bertahan dengan harga yang fantastis yaitu Rp Rp 890.000,-. Ini terbukti dengan telah diundunya aplikasi ini sebanyak sepuluh ribu kali. Sehingga aplikasi ini dapat dimasukkan ke dalam kategori aplikasi termahal di dunia.

5-Minute Sports Medicine [Rp 1.355.144,-]

5-Minute Sport Medicine | Aplikasi termahal di dunia
Gambar 5-Minute Sport Medicine

5-Minute Sports Medicine adalah aplikasi Android yang memiliki fungsi untuk mengedukasi pembaca tentang pengobatan pada bidang olahraga. Di aplikasi ini, terdapat lebih dari 280 topik yang dibahas. Dan semuanya benar-benar ditulis oleh seorang dokter. Semua bahasan itu sudah diverifikasi oleh organisasi terkait sehingga tidak akan terjadi kesalahan informasi.

Harga dari Aplikasi ini adalah Rp 1.355.414,-. Untuk aplikasi yang bertipe seperti katalog harga sebesar itu merupakan harga yang sangat besar. Sehingga aplikasi ini dapat tergolong kedalam aplikasi termahal di dunia.

The Color Atlas of Internal Medicine [Rp 1.394.611,-]

The Color Atlas of Internal Medicine | Aplikasi termahal di dunia
Gambar The Color Atlas of Internal Medicine

The Color Atlas of Internal Medicine adalah aplikasi Android yang berisikan lebih dari 2000 topik mengenai studi klinis, morfologi, laboratorium, dan radiologi beserta dengan gambarnya. Aplikasi ini dapat membantu para dokter untuk melakukan diagnosis yang lebih baik.

Aplikasi ini di banderol sebesar Rp 1.394.611,-. Dengan harga demikian, maka kita dapat katakan bahwa aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi termahal di dunia.

Nelson Textbook of Pediatrics [Rp 1.658.460,-]

Nelson Textbook of Pediatrics | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Nelson Textbook of Pediatrics

Nelson Textbook of Pediatrics adalah aplikasi yang berisi tentang kedokteran, khususnya pediatri. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi para calon dokter yang ingin mempelajari bidang pediatri.

Aplikasi ini dibanderol seharga Rp 1,568,460,-. Sehingga aplikasi ini bisa dimasukkan kedalam kategori aplikasi termahal di dunia.

Zollinger’s Atlas of Surgical Operations, 10/E [Rp 1.673.561,-]

Zollinger's Atlas of Surgical Operations, 10/E | Aplikasi termahaldi dunia
Gambar Zollinger’s Atlas of Surgical Operations, 10/E

Aplikasi Zollinger’s Atlas of Surgical Operations adalah aplikasi yang bisa dibilang kiblat bagi para dokter bedah. Karena aplikasi ini menyajikan informasi dari yang paling dasar hingga paling spesifik mengenai teknik dan tahapan melakukan berbagai macam operasi bedah.

Aplikasi ini dibanderol seharga Rp 1.673.561,-. Sehingga aplikasi ini dapat dikatakan salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Bonney’s Gyn. Surgery [Rp 1.775.712,-]

Bonney's Gyn Surgery | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Bonney’s Gyn Surgery

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat bagi para calon dokter, terutama dokter bedah. Pada aplikasi ini, kita dapat mempelajari ilmu-ilmu tentang pembedahan ginekologi. Di sana kita bisa melihat berbagai teknik bedah yang sudah ada sejak tahun 1911. Dan terus diupdate oleh para dokter bedah di masa sekarang.

Tampilan dari aplikasi ini memang minimalis, namun isinya merupakan ilmu yang sangat penting bagi dokter bedah. Setelah melihat aplikasi ini, tentu saja kita tidak akan heran dengan biaya sekolah kedokteran. Aplikasi ini dibanderol sebesar Rp 1.775.712,-. Dengan begitu aplikasi ini juga patut disebut sebagai aplikasi termahal di dunia.

Most Expensive Ball Game [Rp 5.410.000,-]

Most Expnsive Ball Game | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Most Expnsive Ball Game

Aplikasi ini adalah game seperti hamster ball (yang penulis ketahui). Karakter dari game ini adalah sebuah bola yang menggelinding menyusuri rintangan.

Aplikasi ini berharga sebesar Rp 5.410.000,-. Dengan harga sebesar itu, maka aplikasi ini termasuk salah satu dari game termahal di dunia.

Abu Moo [Rp 5.500.000,-]

Abu Moo | Aplikasi Termahal di Dunia
Gambar Abu Moo

Abu Moo sebenarnya adalah nama dari developer dari aplikasi yang diperuntukan untuk para kolektor batu-batu permata. Fungsi dari aplikasi ini pun nggak ada yang spesial.

Aplikasi-aplikasinya dibagi menjadi beberapa. Yaitu Black Diamond, Emerald, Ruby, Aquamarine, Amethyst, dan Sapphire.

Kita hanya bisa tahu tentang batu permata dan setiap gambar yang ada di aplikasi buatan Abu Moo bisa dijadikan wallpaper. Mungkin aplikasi ini benar-benar tidak berfaedah bagi orang-orang biasa seperti kita karena kita harus merogoh kocek sampai Rp 5.500.00,- hanya untuk aplikasi yang fungsinya seperti itu. Karena harga yang sebesar itu maka patut kita sebut sebagai aplikasi termahal didunia.

I am Rich Plus [Rp 5.500.000,-]

I am Rich Plus | aplikasi termahal didunia
Gambar I am Rich Plus

Aplikasi ini merupakan aplikasi keluaran KloudX yang merupakan developer yang mengeluarkan aplikasi serupa sebulumnya yaitu I am Rich. Aplikasi ini hanya menampilkan bitCoin dan Diamond. Tidak ada fitur spesial dari aplikasi ini.

Aplikasi ini hanya untuk membuktikan bahwa anda adalah ORANG KAYA. Dan bukti bahwa anda dapat membeli apa saja yang anda inginkan. Termasuk aplikasi mahal ini. intinya aplikasi ini hanyalah simbol bahwa anda adalah orang kaya.

Dan terdapat slogan “Are you rich enough to buy anything?”. Yang artinya apakah anda cukup kaya untuk membeli apapun?

Harga dari aplikasi ini adalah Rp 5.500.000,- yang karena itu dapat kita nobatkan sebagai salah satu dari aplikasi termahal di dunia yang terdapat di play store.

Most Expensive AndroidWear App [Rp 5.500.000,-]

Most Expensive AndroidWear App | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Most Expensive AndroidWear App

Most Expensive AndroidWear App adalah aplikasi Android paling mahal di Google Play yang dikhususkan untuk pengguna smartwatch. Aplikasi ini dibanderol seharga Rp5.500.000,-. Aplikasi ini dibuat untuk menantang kamu yang punya gengsi tinggi seperti aplikasi i am rich di pembahasan sebelumnya. Aplikasi ini Merupakan salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

The Most Expensive App [Rp 5.500.000,-]

The Most Expensive App | Aplikasi termahal di dunia
Gambar The Most Expensive App

The Most Expensive App adalah aplikasi tak berguna lainnya yang dibanderol seharga Rp 5.500.000,-. Sehingga termasuk dari salah satu aplikasi termahal di dunia.

The Most Expensive App【GOLD TAMAGO】[Rp 5.500.000,-]

World's most expensive app [ GOLD TAMAGO] | Aplikasi termahal di dunia
Gambar World’s most expensive app [ GOLD TAMAGO]

Aplikasi Ini masih termasuk aplikasi aneh yang mahal. Namun aplikasi ini lebih baik daripada aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini berupa game. Game ini merupakan game tap sebanyak 1 juta kali. “And That’s all”. Game ini hanya menyentuh telur emas sebanyak 1 juta kali.

Game ini memiliki harga sebesar Rp 5.500.000,-. Sehingga termasuk salah satu dari game termahal di dunia.

Aplikasi Termahal di Dunia untuk Komputer

Meskipun aplikasi-aplikasi smartphone diatas memiliki harga-harga yang selangit. Namun aplikasi komputer memiliki harga yang lebih tinggi lagi. Karena kebanyakan aplikasinya digunakan untuk produksi, sehingga harganya juga sangat tinggi.

QuickBooks Enterprise Solutions [Rp 20 juta]

Quickbooks Enterprise Solutions | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Quickbooks Enterprise Solutions via merchantmaverick.com

QuickBooks Enterprise Solutions adalah alat manajemen bisnis end-to-end, yang memungkinkan pelanggan untuk mengajukan pajak gaji, melacak inventaris, dan menghasilkan laporan, semua itu dalam satu tempat. Batas daftar memungkinkan Anda melacak lebih dari 100.000 pelanggan, vendor, dan inventaris barang.

Aplikasi ini hanaya dapat diperoleh dengan cara berlangganan atau subscription dengan harga US$1478.40 Rp 20.792.217,- per tahun. Sehingga aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Autodesk MAYA [Rp 38,7 juta]

MAYA | aplikasi termahal di dunia
Gambar MAYA

MAYA adalah aplikasi untuk modeling 3D yang berjalan pada Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi ini awalnya dikembangkan oleh Corporation Alias Systems. Tidak hanya modeling, aplikasi ini juga bisa untuk membuat animasi 3D, rendering, motion graphic, Virtual Reality (VR), dan pembuatan karakter. Aplikasi ini populer di kalangan profesional. Sebab banyak dalam pembuatan film luar negeri yang menggunakan software ini.

Sama seperti autoCAD aplikasi ini tidak bisa dimiliki secara permanen, tetapi bisa diperoleh dengan subscribe atau sewa seharga RM 11.239 per 3 tahun atau Rp 38.773.618,- per 3 tahun di wilayah ASEAN. Dengan harga sebesar itu, maka aplikasi ini pantas sebagai salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Autodesk Inventor [Rp 64,9 juta]

AutoDesk Inventor | aplikasi termahal di dunia
Gambar Autodesk Inventor via knowledge.autodesk.com

Autodesk Inventor adalah aplikasi yang digunakan untuk sebuah desain produk. Aplikasi ini membantu Kita mensimulasikan, merakit, ‘ menghidupkan’, dan mendokumentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan arsitektur dan teknik mesin. Sehingga aplikasi ini sangat berguna bagi para peneliti ataupun penemu.

Aplikasi ini dibanderol di wilayah ASEAN sebesar RM18.844 atau Rp 64.965.557,- per 3 tahun. Memang hanya bisa berlangganan atau subscribe layaknya aplikasi autodesk lainnya. Namun aplikasi ini sudah sangat mahal. Sehingga aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Visual Studio Subscriptions [Rp 84.3 juta]

Visual Studio Subscriptions | Aplikasi termahal di dunia
Gabar Visual Studio Subscriptions via visualstudio.microsoft.com

Visual Studio Subscriptions adalah aplikasi keluaran microsoft. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk membangun aplikasi enterprise yang sangat besar dan kompleks disertai project management. Aplikasi ini dilengkapi developer tools, cloud services, software, bantuan dan pelatihan.

Aplikasi ini tidak bisa dibeli permanen. Namun bisa berlangganan atau subscription dengan harga US$5999 atau Rp 84.369.936,- untuk tahun pertama dana setengahnya untuk tahun berikutnya. Aplikasi ini merupakan salah satu dari aplikasi temahal di dunia.

Adobe Font Folio 11.1 [Rp 126,6 juta]

Adobe Font Folio | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Adobe Font Folio

Adobe Font Folio adalah koleksi font yang lebih dari 2400 OpenTypefonts, yang di disain oleh beberapa Type Fondries. Pada tahun 2005, terdapat lebih dari 10.000 font yang tersedia di OpenType format. Library Adobe Font membuat sekitar satu per tiga dari totalnya. Semua itu termasuk dalam Font Folio.

Aplikasi ini di bandrol dengan harga US$2,999 – US$8,999 atau Rp 42.199.078,- sampai Rp 126.625.378,-. Dengan harga yang setinggi ini, maka aplikasi ini pantas termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

MICROSOFT SQL SERVER 2014 BUSINESS INTELLIGENCE [Rp 132,5 juta]

Microsoft SQL Server 2014 Business intelligence | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Microsoft SQL Server 2014 Business intelligence via mychoicesoftware.com

Microsoft SQL Server 2014 Business intelligence adalah aplikasi Business Intelligence dan data management yang mempermudah suatu organisasi dalam membuat dan menghasilkan business Intelligence Solution. Aplikasi ini bernasis Visual Studio dan dapat di kostumisasi dengan servis SQL server, extensions, project types, ETL dataflows dan data mining structure.

Aplikasi ini dibanderol US$9.429,99 atau Rp 132.595.089,-. Dengan harga sebesar itu, maka aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Adobe ColdFusion [Rp 133,6 juta]

coldfusion | aplikasi termahal didunia
Gambar Cold Fusion

Adobe ColdFusion adalah platform pengembangan aplikasi web komersial yang dibuat oleh J. J. Allaire pada tahun 1995. (Bahasa pemrograman yang digunakan dengan platform itu juga biasa disebut ColdFusion, lebih tepatnya CFML)

Aplikasi ini dibanderol untuk standard edition US$2.499 atau Rp 35.162.304.- dan untuk entriprise edition US$9.499 atau Rp 133.637.156,-. Dengan harga semahal itu maka aplikasi ini temasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

AutoCAD [Rp 156,5 juta]

autoCAD | Aplikasi termahal di dunia
Gambar autoCAD

AutoCAD merupakan aplikasi untuk melakukan design. Kebanyakan digunakan untuk design bangunan dan juga design produk. Namun masih banyak lagi hal-hal seputar inventor yang dapat dilakukan dengan autoCAD. Ringkasnya adalah untuk membuat design.

AutoCAD ini sekarang tidak dapat dibeli permanen, namun konsepnya berlangganan dengan harga untuk personal edition adalah € 5.602,90 per 3 tahun atau Rp 89.367.986,-. sementara untuk enterprise edition mencapai € 9.817,34 atau Rp 156.589.607,- per 3 tahun. Dengan harga setinggi dapat dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Source Engine [Rp 351,7 juta]

Source Engine | aplikasi termahal di dunia
Gambar Source Engine via upload.wikimedia.org

Source adalah 3D game engine yang dikembangkan oleh valve corporation. Game engine ini telah telah melahirkan game yang terkenal yaitu GoldSrc, Counter-Strike, dan half life 2. Bahkan game yang sangat terkenal DotA 2 pun dibuat oleh game engine ini.

Harga dari aplikasi ini adalah US$25.000 atau Rp 351.743.750,-. Dengan harga setinggi ini, maka aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

HP Intelligent Management Center MPLS VPN Manager (MVM) Cisco Device [Rp 536 juta]

HP Intelligent Management Center MPLS VPN Manager (MVM) Cisco Device | Aplikasi termahal di dunia
Gambar HP Intelligent Management Center MPLS VPN Manager (MVM) Cisco Device via rankred.com

Aplikasi ini adalah keluaran perusahaan teknologi HP yang merupaka aplikasi berbasis web untuk mengatur jaringan seperti router, switch, firewall dan alat lainnya. Aplikasi ini membantu kita dalam otomatisasi dan control seluruh siklus dari alat yang diatur.

Aplikasi ini dibanderol sekitar US$38.244 atau Rp 536.019.994,-. Dengan hargademikian, maka aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Core Impact Pro [Rp 702,4 juta]

Core Impact Pro | aplikasi termahal di dunia
Gambar Core Impact via searchsecurity.techtarget.com

CORE Impact Pro adalah aplikasi yang diproduksi oleh Perusahaan pengaturan Core Security yang menyediakan IT pengujian keamanan dan produk pengukuran layanan perangkat lunak. Aplikasi ini adalah salah satu perangkat lunak yang paling mahal di dunia yang dirilis pada tahun 2002 sebagai versi pertama. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membawa pengujian tingkat keamanan ke level selanjutnya dengan meniru luasnya jangkauan dari ancaman pada data-data sensitif dan infrastruktur organisasi kita.

Aplikasi ini dibanderol seharga sekitar US$50.000 atau sekitar Rp 702.450.000,-. Sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Softimage Face Robot [Rp 1,3 Milyar]

Face Robot | aplikasi termahal di dunia
Gambar Face Robot via kaskus.co.id

Softimage Face Robot adalah sebuah aplikasi komputer grafis 3D, yang dimiliki oleh Autodesk. Software ini adalah salah satu perangkat lunak paling mahal di dunia yang digunakan dalam industri film, video game, dan advertising untuk menciptakan karakter yang dihasilkan komputer, benda, dan lingkungan sekitarnya.

Aplikasi ini dibanderol sekitar US$95.000 atau Rp 1.334.655.000,-. Aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

 Renderware SDK [Rp 2,6 Milyar]

Renderware | Aplikasi termahal di dunia
Gambar Renderware via gtaforums.com

SDK Renderware adalah sebuah API grafis mesin render 3D yang digunakan dalam video game, aktifitas animasi dan beberapa browser VRML. Software ini merupakan salah satu perangkat lunak paling mahal di dunia yang dikembangkan oleh Criterion Software Limited dan berasal dari Era software rendering pada PC sebelum munculnya GPU.

Aplikasi ini dibandero seharga US$190.000 atau seharga Rp 2.669.310.000,-. Sungguh aplikasi yang berharga tinggi. Makadari itu aplikasi ini termasuk aplikasi termahal di dunia.

VxWorks [Rp 3,1 Milyar]

VxWorks | aplikasi termahal di dunia
Gambar VxWorks via upload.wikimedia.org

VxWorks adalah sistem operasi real-time yang dibuat dan dijual oleh Wind River Sistems. Memang buka termasu aplikasi, karena software ini merupakan OS. Namun OS ini berjalan di mesin host yang menjalankan OS Windows, Linux, Unix.

Software ini merupakan salah satu perangkat lunak yang paling mahal di dunia yang dirancang untuk digunakan dalam sistem embedded. Perusahaan yang menggunakan software ini biasanya persuhaan besar. Bahkan NASA pun menggunakan aplikasi ini dalam expedisi ke luar angkasa.

Aplikasi ini dibanderol seharaga sekitar US$199.000 atau Rp 3.175.362.331,-. Sungguh harga yang fantastis. Maka dari itu aplikasi ini dapat dikatakan sebagai aplikasi termahal di dunia.

New World Systems Public Administration Software [Rp 7 Milyar]

New Worlds System | Aplikasi termahal
Gambar New Worlds System via techcentury.com

New World Systems adalah salah satu aplikasi public safety paling terpercaya, yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Judith Miller menghabiskan sekitar setengah juta dollar untuk mengaplikasikan New Public Administration Software dari New Worlds Systems. Aplikasi ini dikembangkan untuk mengatur semua cabang dari pemerintahan daerah.

Aplikasi ini menangani kebutuhan akuntansi dari kota, menyediakan modul untuk mengatur keuangan, tagihan, human resources, informasi tambahan, analisis bisnis dan dashboard. System berjalan di browser dan menggunakan Microsoft .NET.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa aplikasi ini dibanderol seharga US$500.000 atau setara dengan Rp 7.007.750.000,-. Dengan harga sebesar ini, maka aplikasi ini pantas termasuk salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

Unreal Engine [Rp 10,5 Milyar]

Unreal Engine | aplikasi termahal di dunia
Gambar Unreal Engine via upload.wikimedia.org

Unreal Engine adalah game engine yang dikembangkan oleh Epic Games. Aplikasi ini dapat menghasilkan game yang bisa digunakan di berbagai macam konsol mulai dari ponsel sampai komputer. Aplikasi ini menggunakan bahasa C++ dalam membangun game. Dan telah banyak game besar yang dihasilkan dari game engine ini, misalnya Fortnite.

Aplikasi ini dibanderol dengan harga US$750.000 atau sekitar 10,5 Milyar Rupiah. Sungguh harga yang sangat fantastis, maka dari itu aplikasi ini merupakan salah satu dari aplikasi termahal di dunia.

CryEngine [16,8 Milyar]

CryEngine | aplikasi termahal di dunia
Gambar Logo CryEngine via cryengine.com

CryEngine adalah game engine yang dikembangkan oleh Crytek sebagai demo teknologi untuk NVIDIA. Lalu, ketika perusahaan melihat potensinya, bukannya berguna untuk NVIDIA, ternyata menjadi sebuah permainan. Aplikasi ini juga digunakan untuk komputer first-person shooter game Far Cry, Crysis 3, dan banyak game FPS lainnya. Software ini adalah salah satu perangkat lunak paling mahal dalam abad perkembangan software.

Aplikasi ini pernah sempat dibandero seharga 1,2 Juta dollar atau 16,8 Milyar Rupiah. Harganya sangat-sangat sangat tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi termahal di dunia.

Epilog

Diatas adalah aplikasi-aplikasi termahal di dunia untuk smartphone dan komputer.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari post ini adalah bahwa aplikasi termahal untuk smartphone android adalah aplikasi seputar kedokteran, dan aplikasi tidak jelas yang diberi harga tinggi. aplikasi smartphone memiliki harga maksimal sebesar Rp 5.500.000,-. Sedangkan aplikasi termahal di dunia untuk komputer didominasi oleh aplikasi untuk membuat game 3D atau game engine. Kemudian disusul aplikasi enterprise untuk manajemen dan aplikasi pesanan. Aplikasi termahal di dunia untuk komputer mencapai USD 1,2 juta.

More++

Baca juga fakta-fakta unik lainnya disini.

(Visited 480 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *