Menu Tutup

Aplikasi yang Seharusnya Dibeli Oleh Kita

aplikasi yang seharusnya dibeli

Aplikasi yang Seharusnya Dibeli – Banyak dari kita telah menggunkaan komputer sejak dini. Kita menggunakannya untuk berbagai hal, seperti browsing, main game, kerja, dll. Banyak sekali Software atau aplikasi yang kita gunakan dalam melakukan hal-hal tadi. Tapi sadarkah kita bahwa kita telah melakukan tindakan yang salah dalam menggunakan aplikasi?

Aplikasi komputer maupun smartphone telah banyak beredar di kehidupan kita. Namun tidak semua aplikasi yang kita gunakan dapat digunakan secara cuma-cuma atau gratis. Seharusnya kita membeli dahulu aplikasinya lalu digunakan layaknya barang-barang yang kita beli.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang sering kita gunakan yang seharusnya kita beli.

Aplikasi yang Seharusnya dibeli : Standar

Sistem Operasi: Microsoft Windows

Logo Windows | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Windows via 1000logos.net

Microsoft Windows adalah software yang termasuk kategori Operating System (OS) atau dalam bahasa indonesia adalah Sistem Operasi. Software ini merupakan fondasi dari sebuah komputer, dalam arti bahwa tidak ada software semacam ini maka aplikasi-aplikasi lainnya tidak bisa berjalan sama sekali.

Windows merupakan software atau aplikasi yang seharusnya dibeli. Namun kebanyakan dari kita hanya menggunakan versi bajakannya. Hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan sistem operasi Windows. Karena Windows merupakan sistem operasi yang memiliki aplikasi-aplikasi pendukung yang sangat banyak. Windows juga mudah digunakan dan user-friendly sehingga Windows menjadi sistem operasi primadona di dunia. Namun di Indonesia sebagian besar penggunanya menggunakan Windows tanpa membeli terlebih dahulu, Melainkan dengan membajak Windows. Kita melakukan instalasi Windows kemudian menggunakan crack agar bisa digunakan secara bebas dan cuma-cuma.

Windows sendiri di Indonesia dibanderol seharga Rp 3.799.999,- untuk Windows versi terbaru sekarang yaitu Windows 10. Memang mahal, namun fitur-fitur yang bagus didalamnya tidak sepantasnya didapatkan secara cuma-cuma.

Jika memang kita ingin menggunakan sistem operasi yang dapat digunakan secara bebas, Penulis meyarankan untuk menggunakan sistem operasi Linux, dengan varian distro ubuntu. Walaupun tidak sebagus Windows, sistem operasi ini sudah mumpuni dan dapat diperoleh dengan gratis.

Office: Microsoft Office

Microsoft Office | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Microsoft Office via 1000logos.net

Aplikasi yang seharusnya dibeli adalah aplikasi Office. Aplikasi Office telah diketahui dan digunakan oleh semua orang. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan di kantor. Aplikasi ini terdiri dari aplikasi pengolah kata (word), aplikasi pengolah angka (excel/spreadsheet), aplikasi presentasi (power point), dan beberapa aplikasi lainnya.

Microsoft office adalah aplikasi office keluaran microsoft. Aplikasi ini merupakan aplikasi premium, atau aplikasi berbayar. Aplikasi ini biasanya terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access, Microsoft Outlook, dan lainnya.

Aplikasi ini untuk versi terbaru Office Home & Business 2019 dibanderol dengan harga Rp 4.699.999,-. Dengan harga demikian kita hanya bisa memasang aplikasi Microsoft Office pada satu komputer.

Downloader: Internet Download Manager

Internet Download Manager | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Internet Download Manager via internetdownloadmanagerweb.wordpress.com

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah Internet Download Manager (IDM). Siapa yang tidak tahu aplikasi ini? Aplikasi ini merupakan aplikasi pionir di bidang download. Aplikasi ini membuat kita dapat mempercepat proses download sampai puluhan kali lipat (dalam beberapa kasus).

Lisensi aplikasi ini berharga Rp 351.000,- pada website resmi. Namun jika kita beli lewat reseller bisa lebih murah lagi. Contohnya adalah di website jalantikus.com. Di jalan tikus lisensi IDM dengan harga Rp 240.000.

Archiver: Winrar

Winrar | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Winrar via win-rar.com

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah Winrar. Winrar adalah trialware atau aplikasi trial, atau bisa diuji coba. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengompress ataupun membuka file yang terkompress seperti .rar, .zip, .tar, dan lainnya. Namun aplikasi ini masih bisa berjalan dengan normal walaupun sudah habis masa trial. Sehingga mungkin tidak wajib untuk membeli aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki harga US$21 atau Rp 294.329,-. Meskipun tidak wajib, alangkah baiknya jika kita membeli aplikasi ini jika memang menggunkaanya.

Aplikasi yang Seharusnya dibeli : Opsional (Tidak Semua Orang)

Vector Editor: CorelDraw

CorelDraw | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo CorelDraw via common.wikimedia.org

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah CorelDraw. CorelDraw adalah aplikasi untuk membuat gambar vektor terkemuka yang dikeluarkan oleh perusahaan Corel Software Company dari Amerika. Aplikasi ini dikhususkan untuk membuat gambar vektor atau gambar scalable. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh graphic designer untuk membuat logo, undangan, poster, pamlet, dan lainnya.

Harga untuk aplikasi ini ada US$669 atau setara Rp 9.376.503,-. Cukup mahal, jika dibandingkan dengan hardware yang rata-rata kita miliki. Namun karena aplikasi ini biasanya digunakan untuk bisnis, jadi harga aplikasi ini penulis rasa fair-fair saja.

Graphic Editor: Adobe Photoshop

Adobe Photoshop | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Adobe Photoshop via 1000logos.net

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah Adobe Photoshop. Adobe Photoshop adalah aplikasi untuk mengedit foto keluaran adobe. Aplikasi ini dapat mengatur sebuah image yang umumnya foto, dan juga bisa ditambah, dirubah ukurannya, diubah warnanya, dll. Aplikasi ini sangat populer di kalangan profesional. Bahkan aplikasi ini diketahui oleh orang awam, walaupun tidak dapat menggunakannya.

Harga dari adobe photoshop versi CS6 adalah US$699 atau setara Rp 9.798.477,-. Namun versi ini sudah tidak dikembangkan lagi oleh pihak adobe, karena pihak adobe mengembangkan aplikasi photoshop versi CC (Cloud Creative).

Adobe photoshop CC tidak dapat dimiliki permanen, tetapi dapat dimiliki dengan cara subscribe atau berlangganan dengan harga US$9,99/bulan atau Rp 140.038,-/bulan. Dan US$119,99/tahun atau seharga Rp 1.682.001,-/tahun.

Video Editor: Adobe Premiere

Adobe Premiere | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Adobe Premiere via common.wikimedia.org

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah Adobe Premiere. Adobe Premiere adalah aplikasi keluaran perusahaan Adobe yang berfungsi untuk mengedit video. Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling lazim yang digunakan oleh editor video di Indonesia, baik oleh Amatir maupun profesional.

Sama seperti produk Adobe lainnya. Adobe premiere versi CS juga sudah tidak dikembangkan lagi, tetapi kita masih dapat membelinya di Online Shop. Harga dari Adobe Premiere CS sekitar Rp 3.800.000,- sampai Rp 4.000.000,-. Namun masih terdapat versi CC (Cloud Creative) yang masih dikembangkan.

Adobe premiere CC dapat di subscribe atau langganan dengan harga Rp 283.300,-/bulan. Juga aplikasi ini dapat di subscribe dalam bundle dengan aplikasi adobe lainnya dengan harga Rp 8.095.200,-/tahun.

Anti Virus : Smadav

Smadav | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo Smadav via id.wikipedia.org

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah Smadav. Smadav adalah aplikasi anti virus produk Indonesia yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini rutin melakukan update, sehingga virus-virus terbaru juga dapat ditangani. Selain sebagai proteksi virus dan scanning virus, aplikasi ini juga ditambah file explorer, process killer, dan tools lainnya.

Aplikasi ini bersifat freeware atau aplikasi gratis. Namun untuk performa yang lebih baik, dan perlindungan meneluruh. Aplikasi ini terdapat dalam versi premium yaitu Smadav Pro. Untuk memperolehnya kita dapat melakukan pembelian di website Smadav.net dengan harga Rp 30.000,- per komputer.

Maintenance: CCleaner

CCleaner | Aplikasi yang seharusnya dibeli
Logo CCleaner via upload.wikimedia.org

Aplikasi yang seharusnya dibeli selanjutnya adalah CCleaner. Aplikasi CCleaner adalah aplikasi untuk merawat komputer agar terbebas dari file-file yang sudah digunakan atau file sampah. Aplikasi ini mengoptimalkan kinerja komputer agar dalam keadaan yang prima. Aplikasi ini dapat melakukan Pengurangan waktu Startup komputer, Automatic cleaning, Mengosongkan Disk Space, Deep PC cleaning, Menghapus file tracking.

Aplikasi ini bersifat freeware atau gratis. Namun untuk mendapatkan service yang mumpuni, kita perlu untuk membeli CCleaner Pro dengan harga Rp 305.945,-.

Penutup

Demikian list aplikasi yang dapat penulis tulis. Aplikasi diatas adalah aplikasi yang umumnya kita sebagai orang Indonesia gunakan. Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang kita gunakan namun seharusnya kita beli terlebih dahulu. Dan kesimpulan dari tulisan ini adalah sebagai berikut.

Kesimpulan

Dari list aplikasi-aplikasi diatas. Kita dapat simpulkan bahwa seharusnya dalam menggunakan komputer seperti sekarang yang kita lakukan, kita perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 8.034.327 – Rp 23.320.932 untuk kebutuha software. Biaya minimum digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar dan office, biaya maksimum untuk kebutuan aplikasi profesional. Namun kebutuhan tiap orang berbeda-beda, sehingga aplikasi yang seharusnya dibeli bisa saja berbeda-beda.

More++

Baca juga fakta-fakta yang berhasil penulis kumpulkan lainnya disini.

(Visited 208 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *