Menu Tutup

Arti April Mop | April Mop adalah | April Mop

Arti april mop || April Mop

Dampak dari globalisasi salahsatunya adalah budaya baru yang perlahan muncul di Indonesia. Dulu april mop tidak pernah diperingati ataupun diikurti oleh masyarakat Indonesia, tetapi akhir-akhir ini april mop menjadi tren dikalangan para remaja. Lalu apa sebenarnya arti april mop?

April mop pada mulanya hanya diperingati oleh orang-orang di negara bagian barat seperti Eropa, Amerika dan lainnya. Terapi akhir-akhir ini tidak sedikit orang Indonesia memperingati april mop. Lambat laun dengan perkembangan teknologi melalui media social, april mop akan menjadi tren yang diperingati oleh masyarakat Indonesia.

Arti april mop || April Mop
April Mop via gulalives.co

Jika hanya memperingati tanpa tau makna sebenarnya tentu kurang afdol. Ibarat mau tidur tanpa tahu tidur itu apa, Maka sebaiknya baca dulu artikel ini untuk mengetahui lebih dalam arti april mop sebenarnya.

Arti April Mop

April mop dalam bahasa inggri dikenal dengan April Fools Day yang artinya april bodoh. Mengapa disebut april bodoh? sebab pada hari ini diperbolehkan untuk membodohi, menipu, atau memberikan lelucon kepada orang-orang terdekat. Orang-orang yang paling dekat dengan lingkungan kita misalnya tetangga, teman, saudara dan lainnya.

April mop diperingati pada tanggal 1 April dari pagi-pagi hingga siang hari, diluar dari waktu itu april mop tidak berlaku. Ketika april mop, orang-orang diperbolehkan untuk berbohong atau memberikan lelucon tanpa dianggap bersalah.

Mengapa di bulan April?

Arti April mop
April mop diperingati tangga 1 April via tirto.id

April mop hanya terjadi pada bulan april tepatnya tanggal 1 April. Mengapa harus bulan April tidak bulan lainnya misalkan Mei Mop. Tidak ada sejarah pasti yang menceritakan asal muasal April mop yang hanya terjadi di bulan April. Apri mop hanya terjadi pada tanggal 1 di bulan April ini seringkali diperingati oleh negara-negara dengan 4 musim. Jika bulan April tiba, orang-orang di negara dengan 4 musim sangat berbahagia sebab musim semi akan segera tiba.

Kebahagiaan menyambut musim semi yang akan segera tiba menyebabkan pada tanggal 1 April diekspresikan dengan memberikan lelucon kepada tetangga-tetangga. Lelucon ini sebagai ekspresi bahagia untuk bersenang-senang, becanda dengan tentangga-tetengga disekitar rumah setelah melewati musim dingin.

Asal-usul April Mop

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tidak ada sejarah khusus yang menerangkan tentang April mop. Informasi yang disampaikan tentang sejarah dan darimana asal-usul April mop yang masih dirayakan saat ini masih simpang siur. Tetapi ada salah satu cerita yang menjadi acuan beberapa artikel mengenai asal-usul dirayakannya April mop

Beberapa sejarawan berspekulasi asal-usul April mop dimulai dari tahun 1582 ketika bangsa Perancis beralih menggunakan kalendar Gregoria yang kita gunakan saat ini dari kalender sebelumnya Julian. Beralihnya penggunaan kalender ini sebagaimana diperintahkan oleh Dewan Trent pada tahun 1563, tetapi baru akan terlaksana pada tahun 1582.

Pergantian penggunaan kalender ini tentu tidak sekaligus merata di seluruh daerah di Perancis. Akibat ketidak merataan ini, masih ada di beberapa daerah yang merayakan tahun baru sesuai dengan kalender lama. Mereka yang masih merayakan tahun baru sesuai kalender lama akan mendapatkan lelucon “orang bodoh di bulan April” dari orang-orang yang telah menganut kalender baru.

Banyak para sejarawan mengaitkan April mop dengan beberapa peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Tidak ada alasan khusus asal-usul perayaan April mop, tetepi yang jelas pada hari ini orang-orang akan memberikan leleucon untuk sekedar bersenang-senang.

Perayaan April Mop di Beberapa Negara

Beberapa negara khususnya negara dengan 4 musim, menganggap bulan April menjadi bulan yang istimewa. Sebab jika bulan April telah tiba, tandanya musim semi yang dinanti-nanti akan segera datang. Oleh sebab itu, beberapa negara yang telah melewati musim dingin yang panjang melakukan perayaan khusu di bulan April untuk menyambut musim semi. Berikut ini perayaan April Mop di beberapa negara:

Arti April Mop: Festival Holi di India

Bulan April menjadi salah satu bulan yang istimewa di beberapa negara, salahs atunya negara India. April mop di India dirayakan dengan festival Holi atau disebut juga dengan festival warna. Festival holi ini dirayakan untuk menyambut musim semi yang akan segera tiba. Umumnya fersival holi dilaksanakan oleh negara-negara yang dominan beragama Hindu seperti Suriname, Guyana, Afrika Selatan dan lainnya.

Sebagaimana nama lain dari fesrival holi yaitu festival warna, pada perayaan ini akan bermain dengan warna. Festival holi dirayakan dengan saling melempar bubuk atau air yang berwarna satu sama lain di suatu tempat.

Festifal Holi via blog.passpod.com

Arti April Mop: Ikan April di Perancis

Setiap tanggal 1 April tiba, anak-anak di Pernacis akan menempelkan kertas berbentuk ikan kepada orang lain. Penempelan kertas ini bertujuan untuk menjaili dan membuat lelucon kepada orang lain yang tidak sadar dipunggungnya terdapat kertas. Ketika orang yang dijahili mengetahui dipunggungnya terdapat kertas berbentuk ikan, orang yang menemplkan kertas akan meneriakkan “poison d’avril” yang artinya “ikan april!”.

Ikan April perayaan April mop di Perancis via almasdarnews.com

Arti April Mop: Keberuntungan di Yunani

Perayaan April mop di Yunani dengan memeberikan lelucon, menjahili ataupun menipu orang lain. Uniknya, mereka meyakini bagi orang yang berhasil menipu atau memberikan lelucon kepada orang lain akan mendaptakan keberuntungan sepanjang tahun. Bersenang-senang sambil memberikan lelucon dan candaan ini memberikan kebahagiaan tersendiri yang mungkin hanya terjadi di bulan April. Lelucon, jahin dan tipu menipu menjadi ciri khas yang selalu terjadi pada awal bulan April di Yunani.

Prank mengemudi kendaraan di Irlandia

Di Irlandia perayaan April mop dari pagi-pagi hingga siang hari sebagai mana biasanya memberikan lelucon, menjahili hingga menipu orang lain. Tetapi perayaan April mop yang kedua cukup berbahaya. Mereka orang Irlandia akan prank mengemudi kendaraan di sebelah kanan jalan, padahal sebenarnya di Irlandia pengendara seharusnya berkendara di sebelah kiri.

Lelucon seharian penuh di Amerika Serikat

Berbeda dengan di Irlandia, warga Amerika Serikat akan merayakan April mop seharian penuh. Mereka akan saling melontarkan lelucon di berbagai lingkuangan seperti keluarga maupun sekolah. Untuk merayakan April mop, beberapa siaran radio di Amerika Serikat akan melontarkan berita palsu untuk menipu para pendengarnya.

Lelucon hingga siang hari di Inggris

Berbeda dengan perayaan April mop di Amerika Serikat, perayaan April mop di Inggris hanya boleh dirayakan hingga siang hari. Mereka akan saring melontarkan lelucon, menjahili hingga menipu tetapi batas waktunya hanya hingga siang hari.

Penutup

Sekian artikel pembahasan mengenai arti April mop kali ini, semoga bermanfaat. Pendapat penulis mengenai perayaan April mop di Indonesia sah-sah saja, hanya saja jangan terlalu berlebihan seperti di negara-negara lain karena jelas itu bukan budaya kita. Mengapa di Indonesia tidak ada April mop? Mungkin salah satu alasanya karena di Indonesia hanya ada 2 musim yaitu musih hujan dan musim kemarau. Berbeda dengan negara lain yang memiliki 4 musim

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang menarik dan tentunya memberikan banyak wawasan. Silahkan share artikel ini jika orang lain perlu tahu informasi ini 🙂

(Visited 83 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *