Menu Tutup

Arti Demonstrasi | Unjuk Rasa adalah

arti demonstrasi

Arti demonstrasi- Demonstrasi disingkat “demo” atau biasa disebut unjuk rasa sudah sering terjadi di Indonesia. Demonstrasi sudah menjadi hal yang umum sejak jatuhnya rezim Soeharto pada tahun 1998. Adanya kebijakan pemrintah yang tidak sesuai dengan keinginan rakyat hingga merugikan rakyat menjadi penyebab terjadinya demonstrasi. Indonesia yang menganut sistem pemerintahan demokrasi pancasila mengharuskan seluruh kebijajan pemerintah mengutamakan kepentingan rakyat. Jika kebijakan pemerintah justru malah merugikan rakyat maka sudah sepantasnya masyarakat melakukan demontrasi untuk menentang kebijakan pemerintah.

Hingga saat ini ada beberapa tokoh pejuang demontrasi yang telah gugur ketika menyuarakan pendapatnya kepada pemerintah. Seringkali terjadi kerusuhan ketika demonstrasi dilakukan, umumnya dilakukan oleh oknu-oknum yang tidak bertanggung jawab. Demonstrasi biasanya melibatkan banyak orang dari berbagai kalangan tetapi umumnya dilakuakn oleh mahasiswa. Lalu kenapa mahasiswa? Mahasiswa dinilai sebagai pemuda penerus generasi bangsa dari kalangan akademisi, perjuang aspirasi masyarakat dan mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak sesuai.

Arti demonstrasi ?

Demonstrasi (demo) atau unjuk rasa adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan oleh sekumpulan orang. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat, menentang kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat atau malah merugikan masyarakat. Unjukrasa umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa dan orang-orang yang tidak setuju dengan kebijakan pemerintah dan menentang kebijakan pemerintah.

arti demokrasi
Demonstrasi menyampaikan aspirasi via jpnn.com

Selain gerakan yang dilakukan secara masal untuk menyatakan protes, demonstrasi juga mengandung arti lain yaitu peragaan tentang cara melakukan sesuatu. Contohnya, saat ini banyak sekali penjual yang menawarkan produknya ke pelosok-pelosok desa kemudian melakukan desmontrasi di salah satu rumah warga. Arti demonstrasi dalam keadaan ini cenderung kepada menunjukan cara melakukan sesuatu . Demostrasi yang dilakukan dengan menunjukan barang yang akan dijuan dan bagaimana menggunakannya dengan baik dan benar.

Oleh sebab itu, demostrasi yang dilakukan untuk menentang kebijalan pemerintah, menyatakan pendapat didepan umum biasanya disebut dengan unjuk rasa.

Demonstrasi dapat dikatakan sebagai aksi damai, sebaliknya demostrasi juga dapat dikatakan sebagai aksi radikalisme. Demostrasi dikatakas sebagai aksi damai apabila aksi protes dan penyamapaian pendapat dilakukan dengan lancar tanpa terjadi kerusuhan. Demostrasi dikatakan sebagai aksi radikalisme apabila aksi dilaukan dengan cara kekerasa hingga jatuh korban jiwa. Kekerasan yang terjadi ketika demostrasi biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bisa menjaga keamanan dan ketertiban. Tidak heran ketika terjadi unjuk rasa selalu melibatkan aparat kepolisian. Tetapi keadaan saat ini terbalik, ada aparat kepolisian yang tertangkap kamera melakukan kekerasan semena-mena kepada para demonstrasi hingga terjadi konflik.

Arti Demonstrasi: Macam-macam demostrasi

Dilihat dari arti demonstrasi yang sudah dibahas sebelumnya, demostrasi dipisahkan menjadi dua macam, yaitu demonstrasi pertunjukan dan demonstrasi penolakan.

Demonstrasi pertunjukkan

arti demonstrai
Chef Juna melaukan demonstrasi memasak via jogja.tribunnews.com

Demontrasi pertunjukkan adalah kegiatan untuk memperlihatkan kepada halayak tentang cara melakukan sesuatu, menunjukkan cara kerja suatu barang.

Demonstrasi penolakkan

arti demonstrasi
Demosntraso penolakkan yang dilakukan oleh Mahasiswa via aa.com

Demonstrai penolakkan adalah aksi protes yang dilakukan oleh banyak orang untuk menantang kebijakan yang tidak sesuai dengan kepentingan bersama.

Arti Demonstrasi: Penyebab demonstrasi

Adanya sistem yang menyimpang

Sistem yang menyimpang atau kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kehendak masyarakat seringkali menjadi penyebab terjadinya unjuk rasa. Kebijakan pemerintah berkaitan dengan kelangsungan hidup orang banyak, maka jika terjadi kebijakan yang menyimpang dengan kepentinga masyarakat, sudah sepantasnya melakukan tindakan protes.

Contoh sistem yang menyimpang adalah terjadinya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemerintah menaikkan harga BBM untuk menambah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Naiknya harga BBM ini justru menimbulkan kesengsaraan dikalangan masyarakat. Pasalnya, naiknnya harga BBM menyebabkan harga kebutuhan pokok lainnya juga naik. Sebab semua kebutuhkan pokok yang disalurkan kepada masyarakat tidak lepas dari biaya tranportasi. Jika biaya trasnportasi tinggi, maka harga keputuhanpun akan tinggi.

arti demonstrasi
Demonstrasi kenaikan BBM via nasional.tempo.co

Sistem yang merugikat masyarakan perlu dibenahi. Bagaimanapun pemerintah bertugas untuk mensejahterakan masyarakat. Jika kebijakan pemerintah justru merugikan masyarakat, malah menguntungkan pihak-pihak tertentu maka sistem perlu diprotes dengan melakuakn unjuk rasa kepada pemerintah.

Adanya sistem yang berubah

Berubahnya sistem yang telah ada seringkali menimbulkan konflik di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karenan beberapa faktor salah satunya kurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat. Tujuan pemerintah membuat sistem kebijakan tidak lain untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi tidak jarang kebijakan pemerintah yang berubah mempersulit atau malah merugikan masyarakat.

Contohnya kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sistem zonasi menyebabkan berbagai kontrofersi. Tujuan pemerintah melakukan sistem zonasi tentu baik, salahsatunya meniadakan status sekolah favorit dan sekolah non favorit. Sehingga sekolah memiliki derajat yang sama dan semua siswa dapat sekolah sesui dengan jarak terdekat dengan tempat tinggalnya.

Sistem zonasi via republika.co.id

Akibat berubahkan kebijakan sistem PPDB dari sebelumnya, ada beberapa sekolah yang malah kekurangan peserta didik, sebab jumlah peserta didik disekitar sekolah tersebut sedikit. Sebaliknya ada pula sekolah yang kelebihan peserta didik. Dan masih banyak lagi masalah-masalah yang timbul akibat kebijakan pemerintah yang berubah dari biasanya. Jika kebijakan pemeritnah menimbulkan berbagai masalah, bisa saja pemerintah kurang mengkaji kebijakan tersebut sehingga tidak dapat meminimalisir konflik.

Adanya sistem yang tidak berfungsi

Pemerintah telah membuat sistem kebijakan yang mendukung kepentingan masyarakat tetapi kebijakan tersebut tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Sehingga harapan masyarakat yang mula pada sistem kebijakan pemerintah terseebut tidak kunjung terwujud karena sistem yang dibuta tidak berfungsi. Ketika hal ini terjadi, pemerintah perlu diingatkan kembali mengenai kebijakan yang telah dijanjikannya tetapi tidak kunjuk diwujudkan. Disinilah peran unjuk rasa untuk menyalurkan aspirasi kepada pemerintah.

Contoh sistem yang tidak berfungsi banyak sekali. Ketika para calon-calom pemimpin atau mereka yang disebut dengan wakil rakyat ketika kampanye tidak lepas dari janji-janji manis mensejahterakan rakyat. Tetapi pada kenyataanya setelah mereka menjabat, janji-janji yang diutaran ketika kanpanya hanya omong kosong belaka. Malah banyak diantara para wakil rakyat yang dengan mudahnya melakukan korupsi, merampas yang seharusnya menjadi hak masyarakat.

Janji manis pemerintah yang tidak diwujudkan via republika.co.id

Berbicara mengenai korupsi, masalah terbaru saat ini KPK (Komisis Pemberantas Korupsi) akan diperkecil ruang lingkupnya atas anjuran DPR pada RUU KPK. KPK sebagai lembaga independent yang sangat penting untuk memberantasa korupsi, jika ruang lingkupnya dibatasi tentu akan menghambak kerja KPK. Akan seperti apa Indonesia ini jika lembaga penting seperti KPK diintimidasi, para koruptor tentu akan merajalela. Maka tidak heran pada bulan September 2019 puluhan ribu mahasiswa dari berbagai daerah melakukan unjuk rasa didepan gedung DPR Jakarta.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai apa itu demosntrasi. Semoga artikel ini bermanfaat. Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Banyak kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat dan malah menguntungkan pihak-pihak tertentu. Disinilah peran demonstrasi atau unjuk rasa dibutuhkan. Sebab kebijakan pemerintah berdampak pada seluruh komponen masyarakat. Semoga para pendemo yang memperjuangkan keadilan bagi masyarakat diberikan keselamatan, dilindungi dari segala mara bahaya. Semoga mereka yang gugur menjadi korban ketika menyampaikan aspirasinya ditempatkan ditempat terbaik Allah SWT. Mohon maaf apabila terdapat kesalah baik dari cara penulisan ataupun isi artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informsi bermanfaat. Jangan lupa juga untuk share artikel ini pada media social Anda. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan.

(Visited 57 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *