Menu Tutup

Arti Dirgahayu | Dirgahayu adalah | Makna Dirgahayu

Arti dirgahayu

Hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus selalu diwarnai dengan berbagai perayaan yang menjadi ciri khas dari berbagai daerah. Indonesia yang kaya akan suku bangsa, kaya akan budaya dan nilai-nilai sejarah yang teramat kental menjadikan Indonesia negara yang penuh warna. Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia biasanya diiringi dengan ucapan “Dirgahayu Indonesia”. Sudahkah Anda tahu arti dirgahayu itu apa? Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai arti dirgahayu, penggunaan kata dirgahayu, kesalahan penempatan kata dirgahayu.

Ucapan selamat atas kemerdekaan Republik Indonesia kerap kali menuai kekeliruan sehingga menjadi salah makna, khususnya dalam penggunaan kata dirgahayu. Ketidak tahuan atas makna sebernanya dari kata dirgahayu seringkali orang-orang membuat kesalahan dalam pengucapan selamat atas kemerdekaan Republik Indonesia. Terlebih apabila ucapan selamat ini dituliksan pada poster atau baliho-baliho yang besar dan dapat dibaca oleh orang lain. Hmmm… Maka ada baiknya kita generasi milenial meluruskan kembali makna dirgahayu yang sebenarnya, sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalah yang sudah sering terjadi.

Arti dirgahayu
Dirgahayu Republik Indonesia via megitritisan.blogspot.com

Selain digunakan untuk pengucapan dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, pengguanaan kata dirgahayu juga seringkali digunakan dalam perayaan-perayaan lain.Perayaan ini seperti hari jadi suatu perusahaan, ulah tahun seseorang hingga pembukaan tempat usaha. Sebelum menggunakan kata dirgahayu lebih jauh, ada baiknya memahami terlabih dahulu makna dirgahayu yang seberanya agar tidak keliru.

Arti Dirgahayu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online arti kata dirgahayu adalah berumur panjang (bisanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya). Menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kata dirgahayu berasal dari bahasa Sansekerta yakni dirgahayuh; dirgahayusa yang berarti berumur panjang. Sejalan dengan sumber lain menurut Badan Pengembangan Bahasan dan Perbukuan dalam artikelnya menyatakan bahwa dirgahayu merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta yang bermakna panjang umur atau berumur panjang.

Arti dirgahayu
Arti dirgahayu via bkd.cilacapkab.go.id

Setelah mengetahui makna dirgahayu, yakni panjang umur atau berumur panjang, sebaiknya kita lebih cermat dalam menyampaikan ungkapan selamat ulang tahun. Sebab saat ini banyak sekali orang-orang kurang cermat dalam memberikan ungkapan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah ditempel di spanduk-spanduk hingga baliho.

Arti Dirgahayu: Ungkapan Dirgahayu yang Tidak Tepat

Arti dirgahayu
Ungkapan dirgahayu yang kurang tepat via bobo.grid.idI

Arti dirgahayu: Dirgahayu HUT RI ke-74

Dirgahayu HUT RI ke-74 secara langsung bermakna semoga panjang umur Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74. Dari maknanya sudah terlihat cukup ambigu, misalnya pada kata dirgahayu HUT seolah mendoakan yang panjang umur itu hari ulang tahun (HUT), padahal maknanya tidak seperti itu. Maka penulisan yang benar agar tidak salah makna dari Dirgahayu HUT RI ke-74 adalah Dirgahayu RI.

Selanjutnya makan ambigu lain dari kalimat Dirgahayu HUT RI ke-74 adalah HUT RI ke-74 yang maknanya hari ulang tahun Republik Indonesia ke- 74. Secara makna mungkin sah-sah saja, tetapi secara tanan bahasa ke-74 itu merupakan kata bilangan bertingkat, jika disandingkan dengan RI ke-74 seolah RI nya yang ke-74. Jika seperti itu maka ada RI ke-73, RI ke-72 dan seterunya. Padahal tidak demikian, Republik Indonesia (RI) hanya ada satu. Maka alternatif lain penulisan yang benar dari kalimat Dirgahayu HUT RI ke-74 adalah HUT ke-74 RI, RI nya dipindahkan setelah ke-74.

Arti dirgahayu: Dirgahayu RI ke-74

Sama seperti pebahasan sebelumnya, kesalahan pada kalimat Dirgahayu RI ke-74 yang pertama adalah penempatan ke-74 setelah RI, ke-74 adalah kata bilangan tingakatan. Karena makananya akan menjadi Republik Indonesia yang ke-74 padahal Republik Indonesia hanya ada 1, maka penulisan yang benar RI ditulis setelah ke-74 menjadi ke-74 RI.

Kesalahan kedua pada kalimat Dirgahayu RI ke-74 adalah tidak tepatnya penggunaan kata dirgahayu. Kata dirgahayu bermakna semoga panjang umur, jika disandingkan dengan ke-74 menjadi semoga panjang umur ke-74, makna tersebut kurang tepat. Maka penulisan yang benar dari Dirgahayu RI ke-74 adalah HUT ke-74 RI. Mengganti kata dirgahayu menjadi HUT, dengan ini maknanya menjadi lebih baik yaitu Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia

HUT ke LXXIV Kemerdekaan Indonesia

Kesalahan pada kalimat HUT ke LXXIV Kemerdekaan Indonesia adalah adanya kata “ke” sebelum huruf bertingkat romawi. Kalimat yang bernar menurut penulisan tata bahasa adalah dengan menghilangkan kata ke sebelum huruf beringkat romawi. Maka penulisan yang benar dari HUT ke LXXIV Kemerdekaan Indonesia adalah HUT LXXIV Kemerdekaan Indonesia.

Dirgahayu kemerdekaan kita ke-74

Makna dari kalimat Dirgahayu kemerdekaan kita ke-74 adalah semoga panjang umur kemerdekaan kita ke-74. Dari makananya sudah dapat terlihat sangat ambigu. Semoga panjang umur yang disampaikan untuk kemerdekaan dan kita yang ke-74 menjadi kalimat dengan makna yang tidak tepat. Maka penulisan yang benar dari kalimat Dirgahayu Kemerdekaan kita ke-74 adalah Dirgahayu RI. Jika ingin mencantumkan ke-74 dapat menggunakan kalimat HUT ke-74 RI.

Selamat dirgahayu RI ke-74

Kalimat selamat dirgahayu RI ke-74 bermakana selamat semoga panjang umur Republik Indonesia ke-74. Dari makna sebenarnya sudah jelas terlihat kesalahannya. Kalimat selamat semoga panjang umur jelas jika disatukan kurang sempurna, Kemudian RI ke-74 sudah dibahas sebelumnya, sebiknya RI ditulis setelah ke-74. Maka penulisan yang benar agar tidak ambigu pada kalimat Selamat dirgahayu RI ke-74 adalah Dirgahayu Republik Indonesia

Arti Dirgahayu: Ungkapan Dirgahayu yang Benar

Dirgahayu Indonesia

Kalimat Dirgahayu Indonesia bermakna semoga panjang umur Indonesia. Makna yang tersiarat secara jelas dan tidak menimbulkan ambigu (banyak tafsiran). Kalimat Dirgahayu Indonesia sudah memiliki makna yang tepat, sebab mendoakan Indonesia untuk senan tiasa panjang umur.

Dirgahayu Republik Indonesia

Kalimat Dirgahayu Republik Indonesia bermakna semoga panjang umur Ripublik Indonesia. Hampir sama dengan kalimat sebelumnya, hanya saja ditambak kata Republik. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara Republik, sehingga penambahan kata Republik tentu lebih baik sebab menambah indentitas Indonesia.

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia

Kalimat Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia bermakna semoga panjang umur kemerdekaan Republik Indonesia. Ucapan semoga panjang umur ini sudah tepat ditujukan kepada kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi dalam kalimat ini ada harapan kemerdekaan Republik Indonesia dapat memiliki usia yang panjang. Maka kalimat Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia sudah benar dan memiliki makna yang tepat.

Selamat HUT ke-74 Republik Indonesia

Kalimat Selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tidak memiliki tafsiran makna yang banyak, sehingga sudah menjadi kalimat yang baik dan benar. Kalimat Selamat HUT ke-74 Republik Indonesia ini bermakna memberikan ucapan selamat kepada Republik Indonesia yang sedang berulang tahun ke-74. Maka kalimat Selamat HUT ke-74 Republik Indonesia sudah benar dan memiliki makna yang tepat.

Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Kalimat Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI adalah kalimat yang benar dan memilik makna yang tepat. Kalimat Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI bermakna bahwa sedang memperingati hari ulang tahun yang ke 74 Kemerdekaan RI.

Penutup

Sekian artikel dengan pembahasan mengenai arti dirgahayu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan penulisan yang sering terjadi. Mohon maaf apabila dalam artikel ini terdapat kesalahan dan kekeliruan. Dirgahayu Indonesia. Merdeka !!

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel fakta lainnya yang tentunya memberikan beberapa informasi. Agar banyak yang tahu, jangan lupa untuk share artikel ini di media social kamu. Lebih banyak yang tahu tentang makna yang benar lebih baik bukan. Terimakasih 🙂

(Visited 368 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *