Menu Tutup

Arti Unboxing | Apa itu Unboxing? | Pengertian Unboxing

Arti Unboxing

Unboxing pada jaman sekarang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dijaman perkembangan teknoligi 4.0 ini terjadi perkembangan yang pesat khususnya dalam media komunikasi. Hal ini menyebabkan pola hidup masyarakat yang sangat kental dengan media sosial. Bagaimana tidak? Hampir setiap masyarakat dari berbagai kalangan. Baik ibu-ibu rumah tangga, remaja, pedagang, hingga para orang tua saat ini pasti memiliki media social. Tapi apa arti unboxing?

Unboxing sangat erat hubungannya dengan media social, sebab dalam media socia sangan identik dengan “upload” atau “update”. Nah.. dewasa ini banyak sekali beberapa selebgram, youtuber yang sering melakukan unboxing sebagai bahan materi yang akan dibagikan kepada halayak.

Penyampaian materi unboxing sesuatu atau suatu hal disinyalir akan meningkatkan rasa penasaran penonton. Selain itu unboxing suatu produk yang disegel dan hanya bisa dibuka setelah dilakukan transaksi memberikan suatu pelajaran tersendiri. Maka dari itu unboxing akhir-akhir ini menjadi populer dan sering terdengan dalam berbagai media social. Meski demikian, sudahkah anda tau arti unboxing yang populer itu apa? Untuk menjawad rasa penasaran, berikut dijelaskan beberapa arti unboxing, semoga bermanfaat.

Arti Unboxing Menurut Bahasa

Arti unboxing dapat dilihat secara langsung, unboxing ini berasal dari bahasa Inggris. Dari kata “Un”, “Box dan “ing”. “Un” dalam bahsa inggris merupakan ungkapan negatif yang serupa dengan “dis”. “un” dan “dis” merupakan ungkapan negatif yang disimpan diawal kata, negatif dalam hal ini artinya berlawanan dari kata dasarnya.

“Box” dalam bahasa inggris memiliki makna kotak, kota dalam hal ini merukan kota yang berada dalam keadaan tertutup. “ing” dalam bahsa inggris merupakan imbuhan yang menandakan bahwa kejadian itu sedang terjadi. Maka secara bahasa “unboxing” dapat diartikan sedang membuka kotak.

Jadi Unboxing berasal dari bahasa inggris yang berarti sedang membuka kotak secara harfiah. Namun arti ini dapat disesuaikan dengan berbagai keadaan. Misalkan tidak semata-mata membuka kotak, bisa juga membuka barang, membuka hadiah, membuka apa saja yang terlihat dibungkus. Namun, Unboxing pada saat ini sangat erat kaitannya dengan social media seperti facebook, twitter, instagram, dimana ketika membuka kemasan merekamnya kemudian diunggah ke social media. Maka hingga saat ini, Unboxing menjadi tren yang sedang hangat terjadi diberbagai kalangan.

Arti Unboxing Menurut Istilah

Menurut wikipedia, Unboxing adalah pembongkaran produk, terutama produk konsumen berteknologi tinggi, di mana prosesnya direkam pada video dan diunggah ke Internet.

Produk berteknologi tinggi yang dimaksud salah satunya seperti produk yang dibungkus dengan rapi sehingga tidak dapat dilihat isinya. Tidak terpaku pada bentuk kotak atau box, tetapi unboxing pada hal ini berlaku secara umum terhadap suatu hal yang dibungkus.

Kegiatan unboxing akan kurang jika tidak diabadikan dengan kamera untuk diunggah ke internet. Dengan kata lain unboxing tidak terjadi jika hanya membuka produk saja. Tetapi harus disertai dengan mengunggah produk pada media sosial seperti youtube, instagram, facebook, twitter, dan lain-lain. Jika tidak diunggah, kegiatan unboxing akan terasa biasa saja, sebab kita dan yang lainnya tidak bisa melihat kembali saat-saat ketika membuka kemasan yang istimewa.

Langkah-langkah Unboxing

Langkah awal yang dilakukan untuk unboxing suatu produk yang paling utama adalah mempersiapkan kamera terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk membagikan hasil produk yang akan di unboxing kepada netijen melalui media social. Pastikan ketika merekam gambar kondisi pencahayaan mendukung serta posisi pengambilan yang pas, agar hasil yang diinginkan dapat maksimal.

Sebelum melakukan unboxing, sebaiknya Anda cari tahu dulu seputar produk yang hendak dilakukan unboxing, agar Anda tidak kaku ketika menjelaskan produk. Sebab ketika produk telah dibuka, biasanya sulit untuk mengembalikannya seperti semula. Maka sebaiknya sebelum melakukan unboxing, persiapkan sematang mungkin.

Selanjutnya, langkah pertama perkenalkan dahulu produk yang akan diunboxing, jelaskan seputar merek produk, alasan prodak akan dilakukan unboxing, dan beritahu harga pembelian produk. Langkah yang paling inti adalah membuka produk dengan sangat hati-hati. Pastikan produk dibuka dengan benar sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Dalam langkah ini pastikan kamera merekam saat-saat membuka produk dengan sudut pandang yang pas sehingga proses membuka terkam dengan baik.

Setelah dibuka, jelaskan masing-masing produk yang terdapat dalam kemasan. Jelaskan secara detail dan perlihatkan kepada kamera hal apa saja yang terdapat pada produk setelah dilakukan unboxing. Pastikan sebelum melakukan unboxing terhadap suatu produk, anda mengatahui seluk beluk produk yang dilakukan unboxing.

Setelah itu, lihat kembali video yang telah dibuat, kemudian lakukan editing untuk memotong adegan-adegan yang kurang berkaitan dengan proses unboxing, hal ini bertujuan agara video yang dibuat tidak terlalu lama sebab penonton akan merasa bosan jika video terlalu lama dan inti dari video yaitu proses unboxing kurang jelas.

Alasan Unboxing

Alasan setiap orang untuk melakukan unboxing tentu berbeda-beda, tergantung dari produk yang dilakukan unboxing, tujuan dilakukannya unboxing dan masih banyak lagi. Secara umum, alasa dilakukannya unboxing secara umum adalah :

Memperkenalkan Produk

Ada sebagian orang yang miliki banyak pertimbangan untuk membeli produk yang dibungkus dengan rapi tanpa bisa dilihat secara langsung isinya, alasan secara umum yang mendasari hal ini karena pembeli kurang mengenal produk yang akan dibeli. Sehingga, pembeli akan mencari tau mengenai produk tersebut dengan membuka internet. Dengan demikian, unboxing untuk memperkenalkan suatu produk dirasa perlu untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait produk yang ditutup rapat dan tidak bisa dilihat secara langsung.

Unboxing dengan memperkenalkan produk saat ini mungkin telah bergeser menjadi sebuah kebutuhan yang perlu dilakukan sebelum melakukan jual beli Terlebih jual beli terhadap barang-barang elektronik dengan harga yang cukup mahal. Sebab pembeli perlu tahu terlebih dahulu detail barang yang hendak dibeli, apa saja kekurangan dan kelebihannya untuk dijadikan pertimbangan.

Memberikan Hiburan

Tidak hanya terkait produk, unboxing berlaku untuk banyak hal. Sekarang ini banyak sekali unboxing yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan hiburan bagi para penonton. Unboxing dilakukan biasanya untuk membuka barang-barang yang unik, aneh, atau tidak biasa sehingga dapat menghibur para netizen yang melihat video unboxing ini.

Unboxing hanya untuk memberikan hiburan kepada para penonton juga sering dilakukan. Barang-barang unik atau anek yang dikemas dengan kemasan menarik biasanya ketika dilakukan unboxing memberikan hiburan tersendiri bagi penonton. Misalnya ketika dilakukan unboxing pada malinnay LOL Surprize yang digemari para anak-anak. Mainan LOL Surprize ini berbentuk bulat yang tertutup rapat seperti telur, didalamnya terdapat bonek kecil LOL Surprize dengan beraneka ragam ekspresi. Sehingga ketika Anda membelinya, Anda tidak bisa melihat isinya seperti apa, maka seringkali dilakukan unboxing LOL Surprize. Dan masih banyak lagi kegiatan unboxing lainnya yang menghibur.

Memperlihatkan Proses Unboxing

Erat kaitannya dengan media sosial, tidak sedikit orang-orang yang memposting kegiatan unboxing pada media socia dengan tujuan untuk dilihat oleh orang banyak. Biasanya proses ini diperlihatkan ketika mendapatkan hadiah atau mendapatkan kiriman paket setelah melakukan pembelanjaan online.

Unboxing ketika mendapatkan hadiah, biasanya menjadi wujud tanda terima kasih atas pemeberian hadiah. Proses unboxing diunggah dengan menandai atau menyebutkan pemberi hadiah, sehingga orang lain akan tau kebaikan pemberi atas hadiahnya.

Unboxing ketika mendapatkan kiriman paket setelah melakukan pembelanjaan online biasanya bertujuan untuk memberikan testimoni mengenai barang yang telah sampai ditangan. Proses ini memperlihatkan kepada khalayak dengan menyebutkan atau menandai penjual pada media sosial untuk memperlihatkan produk telah sampai dan memberi tanggapan atas produk yang telah dibeli.

Membandingkan Produk

Sudah banyak ulasan mengenai penjelasan berbagai produk, tetapi hanya ada beberapa yang membandingan produk. Banyak para youtuber dan selebgram yang melakukan unboxing untuk membandingkan produk untuk melihat perbedaan dari berbagai hal seperti ukuran, bentuk, spesifikasi isi dan lain sebagainya. Unboxing untuk membandingkan produk biasanya dilakukan pada produk yang tidak memiliki perbedaan signifikan. Dengan kata lain, unboxing dilakukan pada produk yang hampir sama dan harus dilihat dengan jelas untuk melihat perbedaan produk itu sehingga dilakukan unboxing.

Menjawab Pertanyan Netizen

Unboxing untuk menjawab pertanyaan netizen dilakukan setelah netizen memberikan pertanyaan. Pertanyaan ini dihimpun terlebih dahulu untuk menyusun apa saja yang perlu dibahas ketika dilakukan unboxing. Kegiatan ini bisanya dilakukan oleh para influenser untuk menghibur para penggemarnya. Unboxing untuk menjawab pertanyaan netizen bisa juga dilakukan untuk membuat sebuah kejelasan agar tidak ada kesalahan pahaman.

Penutup

Pembahasan unboxing kali ini tidak terlalu panjang lebar. Semoga tulisan ini memberikan inspirasi, khususnya bagi para pemula yang hendak membagikan kegiatan-kegiatan yang menarik. Salah satunya bisa dengan melakukan unboxing terhadap sesuatu baik berupa produk atau hal lain yang dapat memberikan kebermanfaatan untuk orang banyak. Orang yang menang ialah orang yang telah berani untuk memulai dan berjuang dengan pilihannya. Tetaplah konsisten dan terus berusaha, kelak buah yang manis akan segera dipetik dengan kerja keras dan kesungguhan yang dilakukan saat ini.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel penulis lainnya disini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel melalui media social facebook, twitter, instagram dan lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂

(Visited 42.507 times, 11 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *