Menu Tutup

Bilangan Lubang Hitam | Game Matematika Unik

bilangan lubang hitam

Kali ini saya akan membagikan sebuah permainan matematika yang cocok digunakan sebagai permainan edukatif. Permainan ini bisa diberikan kepada berbagai kalangan dengan syarat telah mengetahui jenis bilangan ganjil dan bilangan genap. Agar pembelajaran matematika semakin menyenangkan, Anda bisa mencoba game ini untuk diberikan kepada peserta didik. Lalu bagaimana cara menemukan Bilangan lubang hitam ?

Bilangan lubang hitam ini tentu saja tidak ada dalam jenis-jenis bilangan pada matematika. Seperti bilangan bulat, bilangan ganjil, bilangan genap, bilangan cacah, bilangan prima dan yang lainnya. Istilah lubang hitam diambil untuk memberi nama kumpulan angka yang menjadi hasil akhir dari permainan ini. Tidak hanya sebatas permainan, dalam permainan ini dapat melatih ketelitian, membedakan bilangan ganjil dan genap, melatih kecepatan dalam mengidentifikasi serta membedakan angka. Anda dapat menerapkan permainan ini di berbagai kalangan baik itu tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa. Asalkan dengan catatan telah mengenal bilangan ganjil dan bilangan genap.

Bilangan Lubang Hitam

Bilangan lubang hitam adalah angka 1, 2 dan 3. Dikatangan bilangan lubang hitam, sebagaimana konsep lubang hitam dalam fisika yang menarik berbagai materi kedalam lubang hitam tersebut. Dalam game bilangan lubang hitam ini, Anda dapat memilih angka berapapun dalam digit sebanyak apapun kemudian dengan cara tertentu hasilnya akan diperoleh angka 1, 2 dan 3. Jadi bilangan lubang hitam ini bisa menyerap angka berapapun dan hasilnya tetap akan 1, 2 dan 3.

bilangan lubang hitam

Agar lebih mudah dipahami apa yang saya maksudkan, mari kita langsung saja memulai permainan matematika ini. Ambil sembarang angka dari angka 1 sd 10 dengan jumlah digit berapapun sesuka Anda, saya akan mengambil contoh angka 145.678

Langkah selanjutnya hitung jumlah digit angka genap, lalu hitung jumlah digit angka ganjil, terakhir total jumlah digit seluruh angka. Misalkan dari angka yang saya ambil 145.678, terdapat jumlah digit angka genap ada 3, jumlah digit angka ganjil ada 3 dan jumlah digit seluruh angka ada 6, jadi didapat anka 336. Dari angka 336, jumlah digit angka genap ada 1 (angka 6), jumlah digit angka ganjil ada 2 (angka 3) dan jumlah digit seluruh angka ada 3 (jumlah digit dari 336). Maka didapat hasilnya bilangan lubang hitam 123. Anda bisa mencobanya dengan berbagai angka yang lainnya.

Sebagai catatan, angka 0 termasuk kedalam kategori bilangan genap. Hal ini telah dinyatakan dalam berbagai sumber bahwa 0 termasuk angka genap. Angka 0 memiliki sifat-sifat yang menjadi ciri bilangan genap, yaitu: angka 0 dapat dibagi 2. Kedua Angka 0 diapit oleh dua bilangan ganji disampingnya dalam garis bilangan (1 dan -1). Ketiga Angka 0 merupakan jumlah dari sebuah bilangan bulat dengan dirinya sendiri, dan beberapa bukti lainnya.

Beberapa Contoh Lain

Agar lebih dipahami, kali ini kita akan membahas beberapa contoh dengan mengambil sembarang angka secara bebas sesuai dengan kehendak kita sendiri. Saya akan mengambil contoh angka 111.111.222.223.334.455.667. Angka yang diambil sengaja berurutan, agar lebih memudahkan Anda memahami konsep ini. Mari kita hitung jumlah digit bilangan genap, jumlah digit bilangan ganjil serta jumlah digit seluruh angka yang telah dipilih.

bilangan lubang hitam

Jumlah digit bilangan genap dari angka 111.111.222.223.334.455.667 adalah 9 (angka 222.224.466). Sedangkan jumlah digit bilangan ganjil nya adalah 12 (angka 111.111.333.557) dan jumlah digit selurung angka ada 21. Maka didapat angka 91221, selanjutnya ulangi langkah sebelumnya dengan hitung jumlah digit bilangan genap, jumlah digit bilangan ganjil serta jumlah digit seluruh angka dari angka yang telah didapat 912.21. Jumlah digit angka genap ada 2, jumlah digit angka ganjil ada 3 dan jumlah digit seluruh angka ada 5, maka didapat 235. Dari angka 235 terdapat 1 digit bilangan genap, 2 digit bilangan ganjil dan 3 jumlah digit seluruh angka. Maka didapat lah hasil akhir angka 123 yang merepresentasikan bilangan lubang hitam. Bagaimana, sudah dapat dipahami ?

Contoh lain

Mari kita ambil contoh lain, dengan angka yang tidak bersusun serta dengan jumlah digit yang cukup banyak. Diambil sembarang angka 975.647.357.346.893.442.097.234.035.678.884. Seperti pada langkah-langkah sebelumnya, hitung jumlah digit angka genap, jumlah digit angka ganjil serta jumlah digit seluruh angka hingga didapatkan angka bilangan lubang hitam 123.

Dari angka 975.647.357.346.893.442.097.234.035.678.884 yang telah dipilih diatas, didapat angka 171633, dari angka ini terdapat jumlah digit bilangan ganjil, jumlah digit bilangan genap serta jumlah digit seluruh bilangan secara berturut-turut adalah 156, selanjutnya didapat 123, 1 (untuk angka 6, 2 untuk angka 1 dan 5, serta 3 untuk angka 1,5 dan 6).

Contoh lainnya, diambil angka secara sembarang 098.567.368.331.355.763.953.222.789.326.780.668. Hitung jumlah digit angka genap, jumlah digit angka ganjil serta jumlah digit seluruh angka, didapat angka 171936. Dengan menggunakan langkah yang sama, didapat 156, hasil akhirnya didapat 1 digit angka genap, 2 digit angka ganjil dan 3 jumlah digit seluruh angka, maka didapat 12 dan 3. Bagaimana, sudah bisa dipahami ?

Temukan Konsep

Dari konsep bilangan lubang hitam ini, dapat ditemukan bahwa dengan melakukan iterasi atau pengulangan pada sejumlah kelompok angka, akan mendapatkan hasil akhir yang sama. Sentuhan pengulangan yang dilakukan adalah dengan menghitung jumlah digit bilangan genap, jumlah digit bilangan ganjil serta jumlah digit selurung angka. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa iterasi (pengulangan) pada sejumlah kelompok angka akan mendapatkan angka 123. Hal ini seperti sifat lubang hitam yang menarik berbagai benda apapun disekitarnya, angka 123 seolah menarik seluruh angka yang telah dipilih dan berakhir di angka 123 dengan melakukan iterasi yang telah disepakati.

Jika sudah bisa dipahami, silahkan mencobanya dengan mengambil contoh angka sesuai dengan kesukaan Anda. Pasti angka yang dipilih beragam, jangan satu jenis angka saja, agar terdapat jumlah digit bilangan ganjil dan jumlah digit bilangan genap yang bisa dihitung. Hitung lah jumlah digit bilangan ganjil dan jumlah digit bilangan genap dengan telat dan penuh dengan kesabaran jika Angka yang dipilih cukup banyak. Teman-teman bisa mencobanya pada kertas, kemudian mencoret angka ganjil atau angka genap yang telah dihitung, agar tidak terkecoh ketika dihitung kembali.

Konsep pengambilan angka secara acak ini seperti halnya ketika menebak tanggal bulan dan tahun lahir pada SPLSV. Meskipun pengerjaan yang berbeda, tetapi seringkali ketika tekateki matematika. Menantang orang untuk memilih angka yang berbeda lalu kemudian memberikan sentuhan tertentu untuk didapat hasil akhirnya. Inilah matematika, kerumitannya tersebut yang justru memberikan kharisma tersendiri baginya.

Penutup

Sekian artikel menganai bilangan lubang hitam, game matematika yang unik dan dapat melatih ketelitian serta kesabaran bagi pemainnya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi Anda yang berkecimpung di bidang pendidikan, game ini dapat diberikan kepada peserta didik untuk dijadikan sebagai permainan ringan yang mengasah otak. Ide artikel ini didapat dari sini, teman-teman dapat membacanya kembali pembahasannya pada artikel tersebut. Meskipun artikelnya sudah lama, tapi konsepnya masih tetap dipakai hingga sekarang. Beberapa keunikan ini sering terjadi dalam matematika, sebab ada pola yang diberikan dan pada akhirnya berdampak pada angka yang telah diambil.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Matematika lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan yang lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂

Baca juga: