Menu Tutup

Bootcamp Xsis – Pengalaman Bootcamp di Xsis Academy

logo PT. Xsis Mitra utama | bootcamp xsis

Jika anda membaca postingan ini berarti kemungkinan anda seorang fresh graduate yang mencari informasi untuk menjadi seorang programmer profesional ataupun telah diajak untuk mengikuti bootcamp xsis. PT. Xsis Mitra Utama sering di salah artikan oleh orang awam sebagai PT. AXIS Telekom Indonesia (operator GSM). Karena apabila dilafalkan keduanya dibaca “eksis“, padahal keduanya adalah perusahaan yang berbeda. PT Xsis Mitra Utama merupakan perusahaan di bidang penyaluran tenaga programmer dengan client perusahaan-perusahaan ternama di indonesia. Dapat dilihat profil dari PT. Xsis.

Hiring

PT. Xsis selalu memberikan kesempatan untuk bekerja bagi siapapun yang ingin melamar pekerjaan. Posisi-posisi yang diterima adalah sebagai berikut:

Java Developer

 Basic Requirement:

    • Telah menyandang gelar D3 atau S1.
    • Memiliki pengalaman setidaknya 1 tahun dalam pemrograman java.
    • Menguasai JSON dan XML.
    • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pekerja keras, dapat bekerja secara tim ataupun individu.
    • Memiliki Perilaku yang baik dan mampu memotivasi diri.
    • Memiliki logika dan analisis yang kuat.
    • Memahami konsep OOP (Object Oriented Programming).
    • Berpengalaman dalam menggunakan subversion pada pengembangan.

Specific Requirements:

    • Spring Technology (Kode JV-001) – Knowledgeable with Spring (Data, MVC, Security) and hibernate; Exp in Spring Web Service is a plus.
    • JSF and Primeface Technology (Kode JV-002) – Exp in JSF and Primeface.
    • Struts 1 Technology (Kode JV-003) – Exp in Struts and using Crystal Report.
    • ZK Technology (Kode JV-004) – Exp in ZK Technology and mobile development is a plus.

.Net Developer

Requirements:

    • Telah menyandang gelar D3 atau S1 dari Computer Science atau Teknologi Informasi, Teknik Informatika/Telekomunikasi, sains atau sederajat.
    • Memiliki pengalaman atau pengetahuan tentang¬† teknologi ASP.NET (ASP.NET web form, MVC)
    • Mengerti RDBMS
    • memiliki pengalaman dalam stored procedure, triger, view, package di Oracle, fungsi.
    • Mengerti tentang web service.
    • Memiliki pengalaman di bidang aplikasi windows, WPF & Silverlight.
    • Familiar dengan MS-SQL Server, TOAD, Oracle, Win.Server 2003/2008.
    • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pekerja keras, dapat bekerja secara tim ataupun individu.Memiliki Perilaku yang baik dan mampu memotivasi diri.

Bootcamp

Requirements:

    • Maksimal Usia 27.
    • Memiliki IPK minimal 2,75.
    • Telah menyandang D3, atau S1 di bidang IT atau Sains.
    • Fresh graduate sangat dicari.
    • Memiliki komunikasi dan baik dan mudah belajar.
    • Cepat belajar dan memiliki logika yang kuat
    • Memiliki ketertarikan di bidang Software Engineer (Java / .Net /Oracle Based).
    • 24 Full-Time position.
    • Dapat segera bergabung.
    • Lokasi sekitar JABODETABEK.

Masih terdapat banyak posisi lain yang diterima di PT Xsis, untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di job vacany PT Xsis.

Nah, Penulis melamar ke posisi bootcamp Java, yang nantinya akan menjadi developer java. Selain bootcamp java, terdapat bootcamp lain yaitu bootcamp Node.Js, bootcamp .Net, bootcamp Golang, bootcamp android. Hanya saja setelah Penulis selesai melaksanakan bootcamp xsis ini, untuk kedepannya PT. Xsis hanya menerima bootcamp java dan .net saja.

Apa Bootcamp Xsis?

Bootcamp Xsis adalah bootcamp/pelatihan seputar pemrograman aplikasi yang diselenggarakan oleh PT. Xsis mitra Utama untuk nantinya peserta bootcamp dapat menjadi programmer profesional. Bootcamp xsis dilakukan selama 7-8 minggu yang bertempatkan Xsis Academy.

Alamat Xsis academy berada di Langsat, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Interview bootcamp Xsis

Interview untuk bootcamp xsis memiliki 2 jalur. Pertama jalur melamar seperti melamar pekerjaan pada umumnya, dan jalur kedua adalah melalui open recruitment di kota-kota tertentu seperti di Bandung, dan di Yogyakarta. Jika yang dipilih adalah jalur pertama, maka kita perlu menunggu panggilan interview yang akan dilakukan di kantor pusat Xsis yaitu di Gedung Satrio, Jakarta Selatan. Jika yang dipilih jalur kedua, maka interview akan langsung dilakukan di tempat open recruitment.

Penulis pada saat itu mengikuti open recruitment bootcamp xsis di kota Bandung, yang bertempatkan di dinas tenaga kerja dan transmigrasi kota Bandung. Digelar jam 9 pagi sehingga penulis perlu berangkat di malam sebelumnya (T.T) .

Tes Tertulis

Sebelum interview untuk bootcamp xsis dilakukan, serangkaian tes diselenggarakan terlebih dahulu. Tes-tes tersbut yaitu:

  1. Psikotes,
  2. Tes Logika dan deret,
  3. Tes Coding (Pseudocode).

Pada tes-tes ini penulis sarankan untuk mengerjakan soal-soal secepat mungkin karena tes-tes ini diberikan dengan batas waktu yang sangat sedikit. Jadi siapkan mental, tenangkan pikiran, dan berusaha maksimal. Jika dijumlahkan waktu tesnya yaitu sekitar 1,5 jam. Sungguh perjuangan yang berat, namun demi bootcamp xsis semua itu harus dilalui.

Dari pengalaman penulis pada saat itu sekitar 20% dari peserta tes tidak dapat melanjutkan ke tahap interview. Penulis berhasil lulus di tes dengan baik, namun rekan penulis gagal pada tes tersebut dan harus pulang.

Interview

Setelah lulus dari serangkaian tes tersebut, dilakukanlah sesi interview. Interview dibagi menjadi 2, interview dengan bidang HR(Human Relation), dan interview dengan bidang teknis. Saat interview dengan bidang HR ditanyakan tentang identitas diri, latar belakang pendidikan, hobi, cita-cita, penghasilan yang diinginkan dll. Di bidang teknis hanya ditanyakan seputar pemrograman sesuai kelas bootcamp xsis yang dipilih.

Di tahap ini sebenarnya kita tidak perlu untuk takut gagal, karena kenyataannya penulis pada saat interview dengan bidang HR hanya seperti sedang bercerita saja, obrolan-obrolan ringan tapi serius (mungkin karena HRnya jago). Di bidang teknis pun hanya diberi nasihat-nasihat seputar dunia kerja, harus gimana, harus kuat, dll. Intinya jika kita telah masuk tahap ini dan kita bersedia bekerja dengan segera, maka kita pasti diterima.

Pelaksanaan bootcamp xsis

Bootcamp xsis seperti yang telah dijelaskan diatas, dilakukan selama 10 minggu di xsis academy yang bertempatkan di langsat. Karena penulis mengikuti program “beasiswa” *katanya. Maka penulis diberi uang saku oleh pihak perusahaan sebesar Rp 100.000,- sehari, dan subsidi tempat tinggal sebesar Rp 500.000,-.

Dari angkanya terlihat menggiurkan bukan? Tapi tunggu uang-uang tersebut tidak langsung bisa kita dapatkan langsung. Separuh uang saku diberikan setelah Filtering Test 1 dan separuhnya lagi diberikan setelah Filtering test 2 atau akhir-akhir bootcamp. Sedangkan uang subsidi tempat tinggal diberikan setelah Filtering test 1. Jadi tetap saja ketika bootcamp penulis sarankan untuk membawa modal terlebih dahulu.

Pelaksanaan bootcamp terdiri dari Kick-off, Pelatihan Logic & query , Filtering Test 1, Pengenalan Teknologi, Mini Project, Filtering test 2, serta pelatihan softskill di sela-sela kegiatan.

Kick-off

Pelaksanaan bootcamp xsis diawali dengan kick-off atau awalan mulainya pelaksanaan bootcamp. Kick-off ini dilakukan selama sehari. Kegiatan yang dilakukan layaknya masa orientasi kuliah (tanpa perpeloncoan). Kegiatan pengenalan perusahaan, pengenalan trainer, pengenalan tempat, prospek kerja, dan banyak lagi.

Pelatihan Logic & Query

Pelatihan logic ini dilakukan selama kurang lebih 2 minggu. Pada tahap ini peserta bootcamp diberikan arahan penggunaan logika dasar FOR, IF, operator, dan lainnya untuk membuat pola tertentu seperti pola-pola berikut:

*      |    *    |  * * * *
* *    |   * *   |  *     *
* * *  |  * * *  |  * * * *

Terlihat simpel, namun cukup rumit apabila dibuat dengan code. Tahap ini juga diajarkan membuat query sql dasar CRUD sampai ke join table, serta pengetahuan umum seputar OOP(Object Oriented Programming).

Di tahap ini penulis dapat menjalani dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Penulis menggunakan software Spring Tool Suite untuk melakukan coding karena STS ini cocok untuk pemrograman java dan support framwork Spring. Database yang digunakan adalah database Oracle. Serta menggunakan SQL Developer sebagai interface pengaturan databasenya. Di tahap ini juga penulis diberikan pelatihan softskill.

Filtering Test 1

Filtering test 1 dilakukan pada akhir minggu kedua. Pada tahap ini peserta bootcamp xsis melalui serangkaian tes sebagai berikut:

  1. Pengetahuan OOP (5%),
  2. Tes Logic Dasar(30%),
  3. Tes Query SQL(25%),
  4. Tes Logic Lanjutan(40%),

Pada tes pengetahuan OOP peserta bootcamp xsis diberikan soal mengenai OOP. Seperti apa itu kelas, apa itu instance, bagaimana mendeklarasikan kelas pada java, dan hal-hal seperti itu lainnya. Pada tes logic dasar peserta bootcamp xsis diberikan soal-soal pola-pola sama seperti yang diajarkan pada pelatihan sebelumnya, jadi kita hanya perlu untuk menyalin code yang pernah dibuat pada saat pelatihan dan itu legal / diperbolehkan. Di tes query sql, peserta bootcamp xsis diberikan tabel-tabel tentang suatu transaksi. Nah, peserta didik harus membuat query sql sesuai dengan permintaan dari soal berdasarkan tabel-tabel yang diberikan. Kemudian tes logic lanjutan yang merupakan soal-soal logic yang diberi kesulitan lebih. Seperti yang awalnya polanya menggunakan * menjadi menggunakan deret, pola menjadi dinamis berdasarkan variabel yang diminta, dan mirroring pola yang telah dibuat.

Tes Pengetahuan OOP

Pada tes ini penulis mampu melawati hingga lolos. Tes ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Pada tes pengetahuan OOP penulis memang bobrok. Karena disamping penulis menyepelekan bobot 5%, penulis juga tidak mengerti istilah-istilah OOP (taunya praktek saja).

Tes Logika Dasar

Pada tes logika dasar, penulis mampu menyelesaikan 10 dari 10 soal yang diberikan. Karena memang soal-soal tesnya sama dengan soal-soal pada saat latihan. Soalnya hanya berkisaran membuat pola segitiga sama-kaki, garis diagonal, membuat deret angka, dll.

Tes Query SQL

Pada tes query sql, penulis mampu menyelesaikan 9 dari 10 soal yang diberikan. Jujur saja itu sangat memuaskan, karena penulis tidak hebat dalam query. Soal-soal yang diberikan adalah membuat table ke dalam database, insert data, menampilkan data, menghitung data (count), sorting data, group data, dan join table.

Tes Logika Lanjutan

Pada tes logika lanjutan, penulis hanya mampu menyelesaikan 8 dari 10 soal yang diberikan. Soal-soal ini begitu sulit dan juga waktu yang sempit. Tahap ini menjadi hal yang benar-benar tes. Hal yang mencengangkan adalah soal logika lanjutan tidak bisa kita kerjakan, maka soal logika dasar yang berkaitan dengan soal tersebut tidak akan dinilai.

Hasilnya adalah 2 dari 9 peserta bootcamp kelas penulis tidak lulus. Meskipun penulis memperoleh nilai paling tinggi, penulis merasa sedih karena 2 rekan yang merupakan pencair suasana di kelas harus pulang dan mundur dari bootcamp xsis. Dan tidak mendapatkan uang saku !!!

Pengenalan Teknologi

Tahap pengenalan teknologi dilakukan selama 2 minggu, yaitu dari minggu ketiga sampa minggu ke empat. Pada tahap ini kita akan dijelaskan tentang framework-framework, tools dan teknik coding untuk menyelesaikan persoalan.

Penulis merasa sedikit kesulitan dalam mengikuti karena memang materinya padat dan cepat. Di tahap ini penulis deberikan materi seputar spring framework untuk membuat aplikasi web menggunakan back-end java spring (bukan springboot) dan front-end html+js dengan menggunakan bootstrap. Konsep dari aplikasi webnya adalah MVC (Model, View, Controller). Queri yang dibuat dalam aplikasi ini pun bukan native query, tetapi Hibernate Query, jadi menggunakan bahasa query HQL bukan SQL.

Pada tahap ini penulis sarankan untuk benar-benar menguasai setiap aspek dari aplikasi karena nantinya berdampak sangat krusial dalam mengerjakan mini project dan filtering test 2. Jika tidak dapat mengejar di kelas, maka belajar juga lah di rumah dan berdiskusilah dengan peserta lain.

Mini Project

Tahap mini project peserta bootcamp xsis diberikan joblist berupa module-module yang harus dikerjakan dalam kurun waktu mini project (2 minggu). Mini project biasanya aplikasi yang serupa dengan yang telah dipelajari di tahap pengenalan teknologi, hanya saja lebih kompleks dan mendekati permintaan aplikasi sesungguhnya di kancah Enterprise.

Pada tahap mini project ini penulis mendapatkan project aplikasi marcom, yaitu sebuah aplikasi internal kantor xsis untuk manajemen karyawan dan event xsis. Module yang penuliskerjakan adalah module master employee dan transaksi proposal. Disinilah semua ilmu yang didapat saat bootcamp xsis dicurahkan untuk menyelesaikan module tersebut.

Filtering Test 2

Tahap filtering test 2 dilakukan di minggu terakhir masa bootcamp. Filtering test 2 yaitu presentasi dari module yang dibuat pada saat mini project, dan penguji akan meminta penambahan atau perbaikan terhadap code yang dibuat. Akan tampaklah “Live Coding” sehingga penguji dapat melihat langsung kemampuan programming dari peserta bootcamp xsis.

Pada tahap ini penulis berhasil mempresentasikan module mini project yang penulis kerjakan, dan lulus dengan skor yang cukup memuaskan. Sayangnya seorang rekan penulis gagal pada tes ini, sehingga tidak dapat meneruskan menjadi karyawan PT. Xsis.

Epilog

Dari serangkaian kegiatan bootcamp xsis tersebut, dapat dikatakan kemampuan penulis berkembang pesat dan mudah-mudahan dapat membuat penulis menjadi programmer yang profesional kelak. Tidak lupa penulis beri tahu bahwasanya skor filtering test bootcamp mempengaruhi besar kecilnya tunjangan nanti saat bekerja sebagai karyawan PT. Xsis

Saran

Penulis berpesan bagi pembaca yang sekiranya akan mengikuti bootcamp xsis untuk:

  1. Mempersiapkan diri, perlu sehat jasmani dan rohani.
  2. Meskipun sudah memiliki kemampuan coding, jangan merasa sudah bisa! Ikuti saja arus pelatihan, karena pasti masih banyak hal-hal baru yang akan didapat.
  3. Bagi anak rantau, persiapkan dan hemat keuangan, karena uang saku tidak langsung diberikan.
  4. Kosan murah banyak di sekitar radio dalam, dan petogogan.
  5. Tunjukan kemampuan maksimal tapi jangan riya.

More++

Mari baca pengalaman penulis yang lainnya.

(Visited 1.867 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. Aly Chiman

    Hello there,

    My name is Aly and I would like to know if you would have any interest to have your website here at varminz.com promoted as a resource on our blog alychidesign.com ?

    We are in the midst of updating our broken link resources to include current and up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved allowing us to mark a link as a do-follow link as well
    .
    If you may be interested please in being included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks,
    Aly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *