Menu Tutup

Cara Install Maven di Windows, Linux, dan Mac

Logo maven | Cara Install Maven

Mungkin bagi para programmer khususnya programmer java sudah tidak asing lagi dengan yang namanya maven. Namun bagi pengguna komputer umunya ini adalah hal yang asing. Dan mereka tidak mengerti cara install maven di Windows, Linux, dan Mac.

Berikut ini panduan pemasangan atau cara install maven.

Overview

Maven adalah alat untuk build project secara otomatis yang umumnya digunakan untuk proyek-proyek Java. Maven menggunakan dua aspek dalam membangun aplikasi. pertama, menjelaskan bagaimana aplikasi dibangun. Kedua, menjelaskan ketergantungannya atau dependency.

Singkatnya, maven adalah template atau kerangka kerja untuk membuat proyek aplikasi. Dengan alat-alat atau kelas-kelas yang dibutuhkan sudah disediakan oleh maven (hanya perlu dipanggil dan diunduh).

Jika dianalogikan, misalkan membuat program adalah seperti membuat nasi goreng. Maka yang perlu kita lakukan adalah mengumpulkan semua bahan (nasi, bumbu, kecap, minyak, dan lainnya). Lalu menyiapkan semua alat-alat (wajan, kompor, cutik, dan lainnya). Namun jika menggunakan maven, semua alat-alat disediakan oleh maven jika belum dimiliki beserta dengan caranya. Dibawah ini adalah ilustrasi analogi project maven dengan pemuatan nasi goreng.

Gambar Analogi Maven

Kebutuhan

Maven menggunakan bahasa Java (terutama digunakan untuk membangun program JVM). Maka dari itu, prasyarat utama adalah Java JDK. Maka pertama-tama perlu mendownload java disini.

Setelah Java diinstal, kita perlu memastikan bahwa perintah dari Java JDK berada dalam enviroment variable PATH.

$ java -version

Jika belum menginstall java, klik disini cara install JDK (Java Developer Kit).

Cara Install maven di Windows

Sebenarnya maven tidak perlu di install menggunakan wizard seperti kebanyakan software lainnya, melainkan hanya perlu copy-paste pada tempat yang diinginkan.

Download Maven

Untuk menginstall maven di windows, download file zipnya di website maven kemudian ekstrak filenya dan pindahkan pada folder yang diinginkan. Contohnya : C:/Program Files/Maven.

Mengatur Path Variable

Karena maven tidak dipasang dengan menggunakan wizard. Maka kita perlu mengatur path variable system agar maven dapat dipanggil dengan mudah, caranya :

  1. Buka System Properties. caranya klik kanan my computer, kemudian pilih properties dan akan muncul pop up baru.
  2. Lalu klik tab advanced, kemudian di bagian bawahnya klik enviroment Variable dan akan muncul pop up baru.
  3. Lalu di bagian System Variable (di bagian bawah) klik new dan akan muncul pop up baru.
  4. isikan variable names MAVEN_HOME, kemudian isikan variable value dengan alamat tempat maven tadi disimpan. contohnya C:/Program Files/Maven. Setelah itu tekan OK. Dan pop up akan tertutup.
  5. Kemudian cari variable path pada System Variable. Kemudian pilih dan tekan edit dibawah dan akan muncul pop up baru yang telah terisi variable.
  6. tambahkan value %MAVEN_HOME%\bin. lalu klik OK.

Cek versi Maven

Setelah melakukan rangkaian prosedur diatas maka kita hanya perlu melakukan pengecekan di command line / cmd.

Cara buka command line / cmd tekan window + R. Kemudian ketik cmd lalu enter.

mvn -v

Jika keluar informasi, maka pemasangan maven telah berhasil.

Cara Install maven di Linux

Sama seperti di Windows, di Linux juga maven dapat dipasang tanpa melakukan proses install menggunakan wizard. Sehingga cukup dengan copy-paste pada tempat yang diinginkan. Dan bisa juga menggunakan cara instant yaitu menggunakan apt-get.

Download Maven

Untuk melakukan instalasi maven di Linux, download file tar / tar.gz di website maven kemudian ekstrak filenya dan pindahkan pada folder yang diinginkan. Contohnya : /usr/share/maven atau /home.

Mengatur Enviroment Variable

Kita perlu mengatur enviroment variable agar maven dapat dipanggil dengan mudah, caranya dengan ketikkan di terminal linux seperti :

$export M2_HOME = /usr/share/maven

$export M2= $M2_HOME /bin

$export MAVEN-OPTS=-Xms256m -Xmx512m

Perintah diatas merupakan perintah untuk melakukan insialisasi path maven. Dengan demikian maven dapat dipanggil hanya dengan perintah mvn.

Cek versi Maven

Setelah melakukan rangkaian prosedur diatas maka kita hanya perlu melakukan pengecekan di command line / cmd.

$ mvn -v

Jika keluar informasi seperti pada gambar, maka penginstallan maven telah berhasil.

Maven Linux
Cek Versi Maven di Linux

Install melalui apt-get

Untuk menjalankan cara ini, pastikan komputer kita tersambung dengan koneksi internet. Jika memang sudah maka jalankan perintah ini dari command line atau terminal :

$ sudo apt update

$ sudo apt install maven

Jika berhasil, cek maven :

$ mvn -v

Cara Install maven di Mac

Mac OS X juga tidak perlu di install untuk memasang maven. Melainkan hanya perlu untuk download kemudian copy-paste pada lokasi yang diinginkan.

Download Maven

Untuk menginstall maven di Mac, download file tar.gz di website maven kemudian ekstrak filenya dan pindahkan pada folder yang diinginkan.

Mengatur Enviroment Path

Buka terminal dan pindahlah ke directory dimana file yang telah didownload tadi diekstrak. Kemudian login sebagai Super User.

Mengatur permission:

chown -R root:wheel Downloads/apache-maven*

Pindahkan Maven:

mv Downloads/apache-maven* /opt/apache-maven

Memperoleh Sesi Admin:

exit

Menambahkan Maven binaries ke path dan tambahkan.

nano $HOME/.profile
export PATH=$PATH:/opt/apache-maven/bin

Ctrl+x untuk Save dan keluar dari “nano”.

Untuk membuka set up baru:

bash

Cek versi Maven Windows

Setelah melakukan rangkaian prosedur diatas maka kita hanya perlu melakukan pengecekan di bash.

mvn -version

jika keluar informasi seperti pada gambar, maka penginstallan maven telah berhasil.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah maven dapat dipasang di berbagai macam sistem operasi seperti di Windows, di Linux, dan di Mac OS. Cara install atau cara memasangnya pun mudah tinggal copy-paste saja. Namun karena itu juga kita perlu menambahkan enviroment variable untuk pemanggilannya karena tidak diatur otomatis, karena biasanya aplikasi yang melakukan instalasi itu sudah termasuk pengaturan enviroment variable.

More++

Mari baca seputar pemrograman yang lainnya.

(Visited 769 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *