Menu Tutup

Cara Membuat Blog Menghasilkan Uang Langkah Pertama

Cara membuat blog- Membuat blog sebenarnya mudah sekali, hanya dengan beberapa menit Anda sudah dapat membuat blog. Pernahkah Anda mendengan blog yang telah menghasilkan banyak uang? Eits, jangan salah, hanya dengan menulis artikel-artikelpun dapat menghasilkan uang. Seorang bloger dapat menghasilkan uang hanya dengan memuat artikel-artikel pada blog nya. Uang yang dihasilkanpun cukup banyak hingga jutaan setiap harinya. Tentu penghasilan seperti ini tidak dapat diraih dalam waktu singkat. Meskipun tidak mudah, apa salahnya untuk mencoba ?

Anda pasti sering mencari berbagai informasi di google, jaman sekarang sedikit-sedikit pasti nanya ke google. Artikel yang Anda baca sebagian besar berasal dari website berbentuk blog. Pernahkah Anda berfikir kok ada orang yang menulis artikel dengan lengkap memberikan informasi secara cuma-cuma? Apakah mereka ga ada kerjaan sampai rela menghabiskan waktu membuat artikel-artikel yang dianggap sepele? Sebenarnya mereka tidak menulis artikel secara cuma-cuma, para bloger yang sudah sukses dapat menghasilkan $100,000 atau $1M setiap bulannya. Tetapi itu sama sekali tidak mudah, sekali lagi TIDAK MUDAH dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat blog agar menghasilkan uang, simak dulu penjelasan ini. Membuat blog agar dapat menghasilkan uang tidak bisa dibuat hanya dengan waktu singkat, butuh waktu 6 bulan hingga satu tahun. Dan selama itu Anda harus membangun blog Anda tanpa dibayar sepeser pun. Memang tidak mudah, tetapi pecayalah pejuangan akan berbuah manis. Hmmmmm. Jika Anda baru memulai membuat blog agar menghasilkan uang, sebaiknya jangan jadikan pengahasilan dari blog sebagai penghasilan utama tetapi sebagai penghasilan tambahan. Mengapa ? Karena Anda perlu waktu cukup lama dan konsisten hingga blog Anda menghasilkan uang. Tetapi, jika blog Anda sudah sukses, meskipun hanya diam seharian, uang akan tetap mengalir pada rekening Anda. Maka apa salahanya untuk mencoba ? Beriktu ini cara membuat blog menghasilkan uang.

Memilih Ide/ Tema Blog

cara membuat blog

Memilih ide atau bisa jadi tema blog sangatlah penting. Tema blog akan menjadi jalan Anda untuk melangkan dan berkarya di dunia blog. Sebelum memilih tema, lakukanlah survei terlebih dahulu, tema apa yang menarik dan banyak dicari orang. Jika Anda berminat untuk menyediakan bisnis atau layanan jasa, Anda bisa juga menjadikannya sebagai tema blog.

Apabila Anda inggin memilih tema yang sederhana atau seperti blog pribadi pun tidak masalah. Berbagai hal dapat dijadikan informasi dan berita yang mungkin banyak orang mencarinya. Topik-topik sederhana seperti perjalanan, berita, teknologi, makanan, tempat wisata dan masih banyak lagi hal yang dapat dijadikan tema blog.

Yang paling penting, usahakan memilih tema atau ide yang Anda sukai. Menulis topik sesuai dengan kesukaan Anda biasanya akan lebih mudah dan memberikan hasil yang baik.

Memilih Platform Blog yang Tepat

cara membuat blog
Platform blog

Secara umum ada dua jenis platform blog yaitu platform berbayar (self-hosted) dan platform gratis (hosted). Keduanya memiliki puluhan platrform yang dapat Anda pilih. Mau yang gratis ataupun berbayar, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Jika Anda memilih menggunakan platform gratis (hosted) berarti blog anda menumpang di website mereka. Anda tidak memiliki web murni miliki sendiri. Dengan kata lain, Anda harus siap jika sewaktu-waktu pemiliki website menutup blog Anda karena tidak sesuai ketentuan dan aturan website. Salahsatu contoh penamaan platform gratis (hosted) ini misalkan blognuabi.blogspot.com

Lain halnya jika memilih menggunakan platform berbayar (self-hosted) berarti Anda membuat website sendiri dengan berbagai pilihat platform yang dapat dipilih. Umumnya orang-orang sering menggunakan platform wordpress. Website tersebut akan mejadi milih Anda 100%, Anda perlu membayar untuk nama domain dan hostingnya.

Dalam artikel cara membuat blog ini dibuat menggunakan hosting wordpress. Mengapa memilih wordpress? Karena memiliki kelebihan diantaranya:

  • Banyak menyediakan tema gratis
  • Mudah mengelolalnya
  • Manajemen yang mudah dan SEO bersahabat.

Tetapi ada juga kekurangan wordpress diantaranya sering update dan melakukan maintance secara berkala.

Menentukan nama domain

Ada istilah yang perlu Anda pahami terlebih dahulu :

  • Domain : Nama atau alamat website Anda
  • Hosting : Tempat file-file Anda disimpan

Kedua istilah ini menggunakan sistem sewa, artinya Anda harus membayar perbula atau pertahun, tidak ada pembayaran sekali seumur hidup. Nama domain akan selalu melekan pada blog Anda, maka berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk memilih nama domain:

  1. Mudah diingat, ditulis dan diucapkan
  2. Hindari angka atau tanda strip (-)
  3. Tidak menggunakan merek milih orang lain
  4. Sebisa mungkin gunakan .com agar lebih mudah diingat dan lebih populer
  5. Hindari nama yang mirip dengan website populer
  6. Sesuaikan dengan tema atau topik blog Anda
  7. Cek ketersediaan username di jejaring social

Cara membuat blog self-hosted dengan platform WordPress

Berikut ini cara singkat membuat blog self-hosted dengan platform WordPress

Sewa layanan hosting dan domain

Masuk ke alamat niagahoster.co.id. Kemudian pilih paket hosting sesuai kebutuhan Anda seperti pada gambar dibawah

Selanjutnya pilih paket durasi Anda, ada yang 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun hingga 3 tahun seperti pada gambar dibawah

Selanjutnya buat domain website Anda sendiri, ingat cara membuat domain yang telah dijelaskan diawal.

Cara lebih lengkap dan lebih jelas, Anda bisa melihatnya di youtube klik disini

Install WordPress

Cara istall WordPress agar lebih mudah dapat melihatnya di youtube klik disini

Masuk ke akun wordpress

Silahkan masukkan ke dashboard alamat standarnya

http://namablog.com/wp-admin/

Masukkan username dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Pada dashbord ini Anda bisa mengubah peraturan blog, mengganti tampilan, melakukan moderasi komentar, plugin dan lainnya.

Mengganti nama blog, bahasa dan lainnya, Anda bisa merubahnya pada menu setting

Mengganti tema atau tampilan blog, pilih Appearance > Themes

Selanjutnya, salahsatu alasan memilih wordpress adalah dengan adanya plugin. Dengan bantuan plugin, Anda dapat menambah fitur-fitur yang diinginkan pada blog tanpa perlu paham programming. Untuk melihat plugin yang terintal klik Plugins > Installed Plugins. Berikut ini beberapa plugin yang sebaiknya diistall dan diaktifkan:

  1. Yoas SEO (Mempermudah urusan SEO)
  2. Akismet (Berguna untuk memfilter komentar spam)
  3. iThemes Security (Berguna meningkatkan keamanan
  4. UpdraftPlus (Bergunan mem-bacup data blog secara otomatis)

Anda bisa mencari dan mengistall plugin diatas dari dashboardn wordpress.

Selanjutnya tulis artikel pertama Anda. Klik menu Post > All Post dari sebelah kiri. Kemudian klik tombol Add New diatas untuk membuat artikel baru.

Tahap membuat blog sudah selesai. Ini merupakan tahap awal untuk menuangkan kreatifitas dan ide tulisan melalui blog. Agar blog Anda lebih berkembang teruslah berkarya membuat artikel-artikel yang menarik. Kumpulkan sebanyak mungkin traffic pada blog Anda. Selamat mencoba.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai artikel cara membuat blog menghasilkan uang langkah pertama. Semoga artikel ini menjadi inspirasi Anda untuk memulai hal baru. Mohon maaf apabila ada kesalahan baik dari penulisan ataupun isi artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangna lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, Twitter, Whatsapp. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 25 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *