Menu Tutup

Cara Membuat Channel Youtube Menghasilkan Uang

Anak-anak jaman sekarang jika ditanya cita-cita ingin menjadi apa, tidak sedikit mereka menjawab ingin menjadi youtuber. Berbeda dengan anak-anak jaman dulu yang memiliki cita-cita ingin jadi dokter, guru, arsitek, pengusaha. Beginilah realita yang terjadi dimasa sekarang. Dunia hiburan menjadi serbuan berbagai kalangan salah satunya menjadi konten kreator youtube. Sipapun bisa menjadi konten kreator youtube, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Mereka berusaha memberikan tayangan berupa hiburan, informasi, cara membuat sesuatu dan banyak hal lagi. Lalu sudahkh Anda tahu bagaimana cara membuat channel youtube ?

Dunia pertelevisian saat ini tidak seramai sebelumnya. Adanya tayangan yang dirasa kurang menghibur dan berbagai faktor lain, banyak para penonton lebih memilih untuk menonton youtube. Berbagai video dari negara manapun dapat dilihat pada youtube. Para artispun saat ini berlomba-lomba membuat konten kreator youtube. Mereka memilih menjadi youtuber karena tidak terlalu terikat diabndikan ketika menjadi artis dan terikan dengan kontrak. Artis yang menjadi youtuber dapat shuting atau membuat video sesuai kehendak mereka.

Penghasilan youtuber ternyata cukup menggiurakan. Ria Ricis yang dinobatkan sebagai Ratu Youtuber Asia dengan subscriber terbanyak seasia ini memiliki penghasilan hingga milyaran rupiah. Maka jangan herang banyak artis yang beralih profesi menjadi seorang konten kreator atau youtuber.

Jika Anda suka main game, Anda bisa menyalurkan bakat Anda lewat youtube. Jika Anda suka memakai makeup, Anda juga bisa menyalurkannya lewat youtube. Jika anda suka memasak, membuat sesuatu, bernyanyi dan masih banyak hal bermanfaat yang bisa diunggah di youtube agar bisa menghasilkan uang. Tetapi tentu saja Anda harus memulainya dengan membuat channel youtube.

Cara Membuat Channel Youtube

Sebelum membuat channel Youtube, pastikel terlebih dahulu Anda sudah memiliki akun youtube. Ingat, akun youtube berbeda dengan channel Youtube. Akun youtube sama saja dengan akun google yang bisa dipakai untuk mengakses youtube. Sedangkan channel youtube merupakan nama saluran yang berisi video-video yang Anda upload di Youtube. Maka langkah pertama untuk membuat channel youtube pastikan Anda telah memiliki akun google terlebih dahulu untuk masuk ke akun youtube.

  • Buka situs youtuber terlebih dahulu https://www.youtube.com/
  • Langkah pertama masuk ke akun Youtube, disini Anda sudah memiliki channel bawaan dengan nama channel sesuai dengan nama akun Google Anda
  • Kemudian klik icon channel yang berada di pocok kanan atas (berupa foto profil berbentuk bulat ), kemudian pilih icon setelan dibawah seperti pada gambar
Cara membuat channel youtube
  • Akan tampil menu baru seperti dibawah ini, selanjutnya pilih menu Buat channel baru
cara membuat channel youtube
  • Selanjutnya Anda dapat menentukan nama channel yang akan menjadi nama akun merek. Nama Channel ini disesuikan dengan jenis video apa yang akan Anda upload. Jika sudah menentukan nama channel, selanjutnya klik BUAT
  • Selamat channel baru youtube Anda sudah berhasil dibuat. Pilih SESUAIKAN CHANNEL untuk merubah foto profile, menambah header channel, serta deskripsinya
  • Untuk menarik banyak penonton, unggah video-video menarik yang sesuai dengan nama channel Anda.

Jika hanya membuat channel youtube saja tentu tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus upload video yang menarik dan bermanfaat agar dapat memancing banyak penonton. Kemudian mengaktifkan iklan dengan cara mengajukan monetisasi akun youtube. Anda dapat mengajukan monetisasi jika video-video Anda telah ditonton minimal sebanyak 4000 jam dan memiliki minimal 1000 subscriber. Bagaimana, tidak mudah bukan? Nah berikuti ini tips agar video Anad dapat dimonetisasi youtube dengan cepat.

Tips Video Dapat Dimonetisasi Youtube dengan Cepat

Jika Anda telah punya pekerjaan lalu banting setir menjadi seorang youtuber karena tergiur oleh para youtuber lain, sebaiknya Anda memikirikan kembali rencana Anda matang-matang. Kecuali jika Anda memang sudah mempunyai channel Youtube ketika bekerja dan ingin mengembangkannya kembali. Karena menjadi sorang youtuber nyatanya tidak mudah jika Anda tidak mempunyai latar belakang orang populer. Para youtuber artis cepat meroket kepopuleran youtube nya karena mereka memang sudah terkenal sejak awal.

Pada dasarnya iklan pada channel youtube itu berkaitan dengan kedua belah pihak. Anda sebagai pembuat video dan pemasang iklan. Pemasang iklan menginginkan iklannya tidak ditampilkan disembarang video. Maka sebaiknya buatlah video sesuai dengan aturan yang telah diberikan pihak youtube, agar video Anda dapat segera dimonetisasi. Berikut ini beberapa tips agar video yang Anda upload sesuai dengan ketentuan youtube agar bisa segera menghasilkan uang.

Tidak membuat judul kontroversial dan sensitif

Judul kontroversial dan sensitif memang mengundan berbagai perhatian banyak orang, tetapi ada dampak buruk yang bisa terjadi. Dampak buruk ini tentu akan menimbulkan kerugian, bagi Anda sendiri ataupun bagi orang lain. Maka sebaiknya hindari membuat judul konroversial dan sensitif agar tidak merugikan pihak manapun. Judul kontroversial dan sensitif ini misalnya terkait dengan perang, konflik politik, terorisme, ekstrimisme, radikalisme hingga pelecehan seksual.

Tidak membuat video yang menampilkan penjualan atau penggunaan narkoba

Penjualan dan penggunaan narkoba tanpa petunjuk dokter dilarang di Indonesia dan dapat dipidanakan. Youtube ditonton oleh berbagai kalang, dari orang dewasa hingga anak-anak. Membuat konten tentang penjualan dan penggunaan narkoba seolah memberikan contoh terutama bagi kalangan remaja. Mereka yang masih dalam keadaan dengan berbagai konflik yang dialami para remaha dikhawatirkan akan terjerumus kedalam jurang narkoba. Maka sebaiknya hindari membuat video terkait dengan penjualan dan penggunaan narkoba. Kecuali jika menampilkan video narkoba yang berkaitan dengan kesehatan dan pencegahan, itupun harus dibatasi dan sesuai dengan aturan.

Tidak membuat konten kebencian

Video yang menampilkan kebencian terhadap individu ataupun golongan tidak sepantasnya diperlihatkan. Hal ini mengundang berbagai masalah sebab beberapihak akan terprovokasi. Dengan membuat video yang menampilkan kebencian tidak akan menyelesaikan masalah, dan malah menambah masalah. Buatlah video yang tidak memuat konten kebencian sehingga tidak membuat masalah dan masalah tidak semakin rumit.

Tidak membuat video yang memuat konten seksual dan kekerasan

Hindari membuat video yang memuat konten seksual dan kekerasan sebab tidak seharusnya dilihat oleh anak-anak ataupun remaja. Mereka yang seringkali luput dari pandangan orang tua jika melihat konten seksual dan kekerasan dikhawatirkan akan menirunya. Inilah yang menyebabkan bobroknya nilai moral yang dimiliki anak-anak saat ini. Mereka banyak terpengaruh tayangan-tayangan yang kurang pantas untuk ditonton. Maka sebaiknya jangan membuat video yang memuat konten seksual dan kekerasan.

Penutup

Sekian pembahan mengenai cara membuat channel youtube. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk mulai berkarya sebagai konten kreator youtube. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram, whatsapp. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan. 🙂

(Visited 69 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *