Menu Tutup

Cara Membuat Instagram Musik yang Mudah sekali

Instagram meluncurkan fitur terbaru di Indonesia yaitu Instagra Music pada tanggal 26 Mei 2021. Fitur Instagram Music ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018, namun baru masuk ke Indonesia pada hari ini. Para pengguna Instagram sangat antusias sekali dengan fitur barunya ini. Fitur ini banyak diperbincangkan di Twitter, ada pula yang masih kebingungan bagaimana cara menggunakan fitur instagram music ini. Artikel ini akan membahas cara membuat instagram musik yang sangat mudah.

Pada fitur instagram music ini tidak hanya menampilkan gambar atau video pada stories Instagram yang diringi dengan dengan musik pilihan Anda. Ada berbagai pilihan untuk menampilkan lirik musik pada gambar ataupun video. Lirik yang ditampilkanpun disajikan dengan tampilan yang beragam dan pastinya sangat disukai banyak orang. Jadi dalam fitur instagram music ini Anda juga bisa bernyanyi dengan lirik yang ditampilkan pada stories.

Music yang di sajikan pada halaman pertama adalah musik yang sering di dengarkan sebelumnya. Anda juga bisa mencari musik lain yang Anda sukai dengan mengetik judul musik di kolom pencarian. Instagram music juga menyajikan menu lain untuk memilih musik sesuai dengan tema. Ada tema cinta, keluarga, R&B dan Soul, Pop, Cerah, hip hip dan berbagai pilihan lainnya. Berikut ini cara membuat instagram music pada instastories yang sangat mudah sekali.

Cara Membuat Instagram Musik

Fitur instagram music ini dapat di gunakan pada stories untuk menampilkan gambar atau video yang di iringi dengan musik kesukaan Anda. Dalam instastories ini kamu bisa menampilkan gambar dengan berbagai pilihan mode yaitu boomerang, tata letak, beberapa tangkapan, level, photoboth dan hands-free. Bisa juga menampilkan video dengan durasi maksimal 15 detik atau bisa juga lebih namun di bagi kedalam beberapa stories, ada pula vitur boomerang dan yang lainnya. Berikut ini langkah-langkah cara membuat instagram musik yang sangat mudah di lengkapi dengan ilustrasi gambar sesuai dengan tampilan instagram pada gawai.

Masuk ke menu stories

cara membuat instagram musik

Langkah pertama untuk mengembangkan kreatifitas Anda dalam fitur terbaru Instagram adalah membuka aplikasi Instagram pada gawai. Selanjutnya masuk ke menu upload stories pada pojok kiri atas. Atau swipe (geser) ke kanan pada menu stories di bagian atas. Gampangnya, ketika masuk ke menu instagram, tekan gambar profil kamu di pojok kiri atas.

Pada menu stories ini kamu bisa menampilkan kegiatan-kegiatan menarik yang di lakukan sehari-hari. Atau bisa juga mempromosikan produk sesuai dengan tujuan akun instagram yang kamu buat. Ada juga fitur lain seperti voting, tanya jawab, hitung waktu mundur dan lainnya yang dapat membantu kamu mengembangkan kreatifitas tanpa batas.

Unggah gambar atau video

cara membuat instagram musik

Unggah gambar atau video yang sudah. Atau bisa juga mengambil gambar atau video dengan tema sesukamu yang banyak di sajikan di Instagram. Instagram juga menyajikan banyak fitur dalam proses pengambilan gambar pada stories. Buatlah pengambilan gambar yang bagus dan unik menggunakan fitur yang di sediakan instagram sehingga bisa menarik perhatian teman-teman kamu.

Video yang di unggah biasanya di batasi hanya 15 detik. Apabila lebih, maka di bagi kedalam beberapa bagian stories. Dalam menu video adapula fitur siaran langsung yang menampilkan video langsung kepada teman. Jika menggunakan fitu siaran langsung, biasanya teman akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu sedang melakukan siaran langsung. Tetapi dalam fitur siaran langsung ini sayang sekali instagram musik tidak dapat di gunakan.

Pilih ikon gambar smile di bagian atas

cara membuat instagram musik

Setelah siap mengunggah gambar yang di inginkan, tekan ikon smile pada bagian atas seperti pada gambar. Dalam menu ini terdapat berbagai macam stiker yang dapat di pilih sesuka hati. Untuk membuat instagram musik, pilih ikon “musik” lalu akan tampil list musik dengan banyak pilihan.

Pada ikon smile ini di sajikan pula berbagai gambar seperti stiker yang bergerak ataupun hanya diam. Gambar yang di sajikan sangat menarik sekali. Kamu bisa menyesuaikan jenis stiker yang sesuai dengan konten yang di buat. Bisa juga menambahkan lokasi terbaru di mana kamu berada, menampilkan hari serta waktu dan tangggal dan masih banyak hal menarik lainnya.

Sesuaikan lirik musik sesuai dengan tampilan yang kamu inginkan

Jika pilihan gambar atau video sudah tepat dengan musik yang di pilih, sesuaikan tampilan lirik atau tampilan akhri apda gambar. Menampilkan lirik bisa membantu hal apa yang ingin di sampaikan pada stories dengan keterkaitan antara musik dan gambar. Atau bisa juga tidak ada keterkaitannya hanya untuk bersenang-senang saja.

Fitur Instagram musik yang terbaru ini sangat menyenangkan. Anda perlu mencobanya.Pada gambar di atas saya mencoba musik berjudul “Butter” yang di populer kan oleh BTS dengan gambar seadanya proses pembuatan artikel yang sedang saya buat ini. Dengan tampilan lirik ini, kita juga bisa ikut bernyanyi. Sajian musik yang di tampilkan juga di sesuaikan dengan musik favorit kamu yang sering di dengar atau musik yang sedang populer sekarang ini.Kamu juga bisa memilih menit keberapa pada musik yang sedang di dengar.

Saat ini banyak para konten kreator yang berkarya di tiktok. Hal ini membuat pengguna instagram semakin berkurang. Bahkan banyak akun yang mengunggah kontetnnya yang di buat di tiktok. Dengan fitur instagram musik ini, pihak instagram mungkin mencoba “mencuri perhatian” kita kembali untuk menggunakan instagram sebagai media hiburan, informasi maupun edukasi.

Penutup

Sekian artikel mengenai Cara membuat instagram musik yang sangat mudah sekali. Semoga bisa membantu kamu untuk mengembangkan kreatifitas melalui fitur yang baru saja di luncurkan instagram. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi ini. Gunakan fitur baru Instagram Musik untuk mengembaknan kreatifitas, lalu buatlah konten yang menarik dan bermanfaat. Fitur Instagram musik bisa berguna untuk hiburan, media edukasi ataupun infoemasi.

Semakin menarik konten kamu, semakin banyak pula orang yang ingin melihat, dengan begitu ada kesempatan untuk menjadi influencer. Selamat mencoba fitur baru yang disediakan instagram. Buatlah gambar atau video yang bermanfaat, jika sekedar menghibur tentu dibolehkan. Jangan sampai mengunggah hal-hal yang mengandung kebencian, provokasi, sara atau lainnya.

Tetap semangat berkarya, dalam bidang hiburan maupun edukasi. Jangan sampai perkembangan jaman ini hanya membuat kita terlena, hingga tidak produktif. Karya yang bagus tentu akan memiliki nilai yang pantas. Terlebih jika kamu tertarik menjadi influencer. Jangan hanya ingin terkenal sesaat dengan konten yang biasa saja. Buatlah konten menarik dengan konsisten.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel. Ditunggu saran dan masukannya ya 🙂

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To lainnya yang lebih menarik dan juga memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂 Selamat mencoba

Baca juga: