Menu Tutup

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

cara membungkus kado bentuk baju

Membungkus kado dengan bentuk yang menarik seringkali mencuri perhatian, salahsatunya kado yang dibungkus dengan bentuk baju kemeja. Baju kemeja lengan pendek disertai kerah, dan bisa juga ditambah ornamen sepereti dasi kupu-kupu atau dasi pada umumnya, hal ini membuat hadiah yang ingin diberikan lebih menarik. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membungkus kado bentuk baju yang unik, tanpa haru digunting. Saya akan membagikan tutorial berupa origami atau teknik melipat kertas hingga hasil akhirnya seperti paper bag berbentuk bagu pada bagian atasnya.

Anda dapat menggunakan kertas kado maupun kertas lainnya yang serupa. dibawah ini, saya juga akan menyampaikan ukuran kertas yang dibutuhkan untuk membuat origami. Cara membuatnya mudah sekali, saya menyajikan setiap langkah dengan detail agar mudah dipahami. Dengan 45 langkah mudah dibawah ini, Anda bisa membuat origami berbentuk baju untuk membungkus hadiah agar semakin menarik. Mari kita coba.

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Untuk percobaan, disini menggunakan kertas A4 dengan ukuran seperti pada gambar. Kertas A4 ini menghasilkan bungkusan kado bentuk baju berukuran 9,7 cm x 8cm yang bisa digunakan untuk membungkus hadiah-hadiah kecil seperti ikat rambut, brose, lipstik, bando dan lainnya.

Untuk ukuran kertas yang lebih besar, Anda bisa menghitungnya dengan perbandingan 1:1,4. Misalkan jika ukuran panjang kertas 15 cm maka lebar kertas 21 cm. Anda bisa menghitungnya dengan cara 15 x 1,4 didapat 21 cm. Contoh lainnya, jika Anda ingin membuat bungkus kado berbentuk baju dengan panjang kertas 50 cm, maka lebar kertas harus 50 x 1,4 hasilnya 70 cm. Panjang kertas 120 cm, lebar kertas harus 120 x 1,4 hasilnya 168 cm. Hal ini didapat dari perbandingan kertas 1:1,4 agar tetap mendapatkan hasil yang proporsional.

Membuat Lengan

Langkah pertama, siapkan kertas yang hendak dijadikan bungkus kado berbentuk baju dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan besar kecilnya hadiah yang hendak diberikan. Untuk percobaan, disini menggunakan kertas warna dengan ukuran A4 agar tutorial mudah dipahami

Lipat kertas memanjang membagi dua bagian. Perhatikan bagian depan dan belakang kertas, bagian yang polos diwakili oleh sisi yang berwarna putih

Selanjutnya kita akan menandai bagian sisi kertas dengan sedikit melipat nya kembali dua bagian seperti pada gambar. Jangan dilipat hingga ujung, cukup menekan bagian sisi kertas saja seperti pada gambar.

Tandai sisi kertas kertas seperempat bagian lainnya dengan melipat ujung keras ke tanda yang yang tadi sudah dibuat.

Lakukan dua kengakah sebelumnya untuk menandai ujung kertas pada bagian kanan agar terlibat simetris. Ingat, bagian tengah jangan sampai terlihat agar hasilnya tidak terlihat banyak lipatan.

Tarik tanda paling bawah yang sudah dibuat ke atas yang melipat tepat setengah kertas.

Rapikan lipatan. Pastikan agar terlipat simetris bagian kiri dan kanan.

Balikan kertas seperti pada gambar

Lipat kertas disisi lainnya seperti pada langkah sebelumnya. Langkah ini akan sangat mudah, sebab kita hanya tinggal mengikuti sisi kertas pada ukuran sebelumnya.

Setelah dilipat, akan terdapat bagian kecil pada tengah-tengah kertas seperti pada gambar.

Lipat ujung kanan bagian kecil pada tengah-tengah kertas berbentuk segitiga

Lakukan juga lipatan berbentuk segitiga pada bagian kecil tengah-tengah kertas seperti pada gambar.

Buka hasil lipatan yang sebelumnya telah dibuat. Lipatan pada langkah-langkah sebelumnya digunakan untuk menandai kertas agar mudah melipatnnya.

Bagian satu

Lipat bagian kanan kertas ke kiri pada ujung dengan tanda segitiga yang telah dibuat. Pastikan tanda garis yang telah dibuat terlihat simetris.

Lakukan langkah sebelumnya pada bagian kiri kertas dengan melipat bagian ujuan kiri ertas pada ujung tanda segitiga yang telah dibuat. Pastikan tanda garis yang dibuat terlihat simetris.

Buka lipatan, akan terlihat tanda garis seperti pada gambar.

Balikan kertas untuk membuat lipatan selanjutnya. Pastikan bagian motif berada dihadapkan Anda.

Buat lipatan membagi dua kertas memanjang seperti pada gambar.

Balikan kembali kertas, buat posisi memanjang seperti pada gambar. Pastikan bagian polos kertas (tanpa motif) berada dihadapkan Anda. Buat lipatan segitiga pada sudut bagian kanan kertas

Lakukan langkah sebelumnya pada sisi bagian kiri kertas

Lipat bagian tengah antara segitiga yang telah dibuat hingga segaris dengan kedua segitiga seperti pada gambar.

Buka lipatan sebelumnya hingga terbentuk tanda garis seperti pada gambar diatas.

Lipat bagian kiri dan kanan kertas yang telah berbentuk segitiga, bagian lipatan sudah ada sebelumya, jadi membuat lipatan akan mudah. Pastikan terlipat secara simetris.

Bagian dua

Kali ini kita akan membuat lengan baju, buat lipatan seperti garis yang ada pada gambar. Kertas yang dilipat harus proporsional, tergantung pada ukuran kado yang akan dibuat, jangan terlalu besar atau terlalu kecil

Setelah dilipat, bagian sisi kertas yang dipegang oleh tangan kiri akan membentuk segitiga yang akan menjadi lengan kiri

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lipat bagaina tas kertas sehingga membantuk segitiga pada bagian kertas yang dipegang oleh tangan kiri

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Buka lipatan untuk membuat lipatan yang sama pada bagian kanan

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lipat bagian sisi kanan seperti tanda garis putus-putus pada gambar diatas. Kertas yang dilipat harus proporsional, tergantung pada ukuran kado yang akan dibuat, jangan terlalu besar atau terlalu kecil

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lipat bagian atas sisi keduanya.

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Pada bagian kertas yang dipegang oleh tangan kiri, terdapat garis yang telah dibuat sebelumya. Buat lipatan dengan tumpukan garis putus-putus seperti bada gambar dengan menarik garis

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Rapikan lipatan.

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lakukan lipatan sebelumnya pada bagian kiri dengan melipat kertas sesuai garis putus-putus

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Rapikan lipatan

Membuat kerah

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Balikan kertas, bagian atas jadi dibawah. Kita akan mengerjakan bagian satunya. Seperti langkah sebelumnya, buat lipatan sesuai garis putus-putus pada gambar dengan menarik garis yang telah dibuat pada ujung kiri kertas.

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lakukan langkah sebelumnya pada bagian yang kanan. Sehingga terbentuk seperti pada gamabr

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lupa kertas tepat dibagikan tengah seperti pada tanda yang telah dibuat dengan garis putus-putus.

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lipat kertas bagian kiri ke arah luar

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lipat kertas bagian kanan ke arah luar, tepat d bagian tengah seperti pada tanda yang telah dibuat oleh garis putus-putus diatas.

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Lipat kedua lipatan ke bagian dalam kertas

Cara Membungkus Kado Bentuk Baju

Hasilnya lipatan kebagian dalam keras, sehingga tidak terlihat

Buat lipatan setengah bagian dengan menarik bagian bawah ke atas

Buka lipatan tadi, kemudian lipat seperempat bagian dari bawah ke arah luar kertas, agar ketika dilipat akan terlihat seperti kerah

Sekarang kita akan membuat lipatan kerah, lipat kertas bagian ujung pada perpotongan yang telah dibuat oleh garis putus-putus seperti pada gambar

Lipat bagian sisi yang lainnya

Origami untuk membungkus kado berbentuk baju telah selesai. Pada bagian akhir, selipkan bagian sisi lainnya pada kerah yang telah dibuat, kemudian rapikan.

Anda dapat menambahkan ornamen dengan membuat dasi kupu-kupu atau dasi lilit dari bahan pita satin agar terlihat lebih bagus. Tambahkan double tape dibagain dalam dan dibagikan kerah jika telah diisi hadiah.

Gambar diatas adalah hasil yang telah saya coba seperti langkah-langkah yang ada diatas. Origami yang besar menggunakan kertas 50 cm x 70 cm, sedangkan yang kecil menggunakan kertas A4.

Penutup

Sekian artikel mengenai Cara Membungkus Kado Bentuk Baju. Langkah-langkah pada artikel ini dibuat dari channel youtube (klik disinihttps://www.youtube.com/watch?v=CiHSyuWpbtI). Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda membungkus kado berbentuk baju agar lebih menarik. Mohon maaf apa bila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How Tohttps://varminz.com/category/how-to/ lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini pada media sosial facebook, twitter, instagram whatsapp dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan.

(Visited 79 times, 1 visits today)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *