Menu Tutup

Cara Membungkus Kado Menarik Ala Jepang

Untuk melengkapi hari yang istimewa, seperti hari ulang tahun, hari ulang tahun pernikahan, dan peristiwa special lain, biasanya identik dengan hadiah. Salahsatu hal yang paling penting dari memberikan hadiah adalah cara membungkus hadiah tersebut agar lebih menarik dan tentunya menjadikan hadiah tersebut lebih istimewa. Mengingat teramat pentingnya membungkus hadiah tersebut, Artikel ini akan membahas cara membungkus kado unik dan menarik ala Jepang. Mengapa ala Jepang ? Jepang sangat terkenal sekali dengan keterampilan membungkus hadiah agar tampil menarik, elegan dan berkelas.

Sebelum memulai tahapan-tahapan cara membungkus kado unik dan menarik ala jepang, ada beberapa tips yang akan saya sampaikan. Pertama, usahakan pemberikan berbentuk balok. JIka tidak, Anda dapat mengemas hadiah Anda terlebih dahulu kedalam kardus kecil berbentuk balok dengan ukuran yang disesuaikan hadiah. Hal ini bertujuan agar hadiah berbentuk balok dan mudah untuk dibungkus, selain itu juga hadiah akan terlihat lebih rapi.

Kedua, sedialan peralatan yang dibutuhkan. Sebelum memulai membungkus kado, pastikan telah menyiapkan peralatan dengan lengkap. Peralatan yang dibutukan untuk membungkus kado unik dan menarik ala Jepang kali ini hanya menggunakan 3 alat saja, yaitu cutter, kertas, double tape. Jenis kertas yang digunakan akan disesuaikan dengan tema cara membungkus kado. Namun sebagai rekomendasi, Saya merekomendasikan untuk menggunakna jenis kertas fancy agar hadiah terlihat lebih elegan. Alat tambahan jika hendak menggunakan ornamen, yaitu lem bakar untuk menempelkan ornamen pada kertas.

Ketiga tambahkan ornamen seperti benang nilon yang berkilau dengan warna senada dengan kertas, disertai ornamen berbentuk snowflak atau yang lainnya disesuaikan dengan tema tujuan pemberian hadiah. Hal ini akan memberikan hadiah terlihat lebih eksklusif, sebab dikemas dengan tambahan ornamen cantik.

Berikut ini cara membungkus kado unik dan menarik ala Jepang

Tema Hadiah Tahun Baru

Hadiah yang telah dibungkus

Membungkus kado seperti pada gambar diatas sangat mudah sekali. Anda hanya membutuhkan peralatan seperti kertas, cutter dan double tape. Gambar diatas menggunakan kertas jenis kertas fancy yang terlihat seperti bercahaya dengan terkstur timbul memberikan kesan elegan. Anda dapat menggunakan tema membaungkus kado akhir tahun ini dengan ukuran hadiah yang beragam, jangan khawatir ukuran kertas terlalu besar, sebab dibawah ini akan diberikan pula cara memotong kertas menyesuaikan ukuran hadiah. Usahakan hadiah yang akan dibungkus, bisa dibungkus dengan satu lembar kertas, sebab jika terdapat sambungan kertas, hasilnya mungkin kurang maksimal.

Gambar ke- 1

Letakkan hadiah dalam posisi menyamping. Kali ini, kita akan menyesuaikan ukuran kertas dengan posisi menyamping.

Gambar ke- 2

Setelah posisinnya dirasa pas, gulungkan kertas pada kado dengan posisi menyamping tadi. Lebihkan sekitar 2 cm seperti pada gambar diatas.

Gambar ke- 3

Lipat kertas yang menjadi lebihnya tadi, kemudian pisahkan dengan memotonggnya menggunakan cutter agar lebih mudah dan lebih rapi. Pemotongan kertas ini bertujuan agar ukuran kertas ketika hadiah menyamping sesuai dengan bentuk hadiah ketika hendak dibungkus nanti.

Gambar ke- 4

Rubah kado kedalam posisi memanjang untuk menyesuaikan ukuran kertas seperti posisi menyamping. Kemudian gulung kertas pada hadiah dengan posisi memanjang, lebihkan sekitar 2 cm seperti pada gambar diatas, lipat sedikit unutk menandai

Gambar ke- 5

Lipat kertas seluruhnya dengan rapi, kemudian gunting menggunakan cutter. Pemotongan kertas ini bertujuan agar ukuran kertas ketika hadiah memanjang sesuai dengan bentuk hadiah ketika hendak dibungkus nanti.

Gambar ke- 6

Lipat kertas menggulung hadiah seperti pada gambar. Sisakan sekitar 1 cm. Agar kertas tidak mudah menggeser, Anda bisa menambahkan double tape dibawahnya, tetapi resikonya doble tape akan menempel pada hadiah. JIka tidak ditambah double tape juga tidak masalah, pastikan posisi kardus tidak menggeser sedikitpun.

Gambar ke- 7

Lipat bagian kanan kertas dari tengah ke bawah sehingga membentuk seperti 2 sayap. sayap bagian atas dan sayap bagian bawah. Rapikan lipatan, pastikan posisi hadiah tidak menggeser.

Gambar ke- 8

Rapikan lipatan, kemudian lipat bagian sayap kanan atas kedepan.

Gambar ke- 9

Ulangi langkah ke delapan untuk melipat bagian sayap kiri atas kedepan

Gambar ke- 10

Rapikan ripatan bagian sayap kanan bawah, kemudian lipat kedepan

Gambar ke- 11

Rapikan lipatan pada bagian sayap kiri bawah, kemudian lipat kedepan seperti pada gamabar diatas. Untuk melipat dengan hasil seperti pada gambar. Urutan melipatnya seperti berikut:

  • Sayap kanan atas
  • Sayap kiri atas
  • Sayap kiri bawah
  • Kemudian sayap kanan atas
Gambar ke- 12

Untuk merapikan bagian wawah, putar posisi seperti pada gambar agar lebih mudah mengerajakannya. Pastikan posisi hadiah tidak bergeser sedikitpun.

Cara membungkus kado unik dan menarik
Gambar ke- 13

Kemudian lipat dari bagian kiri ke tengah. Rapikan bagian kertas disamping.

Cara membungkus kado unik dan menarik
Gambar ke- 14

Lipat pula dari bagian kanan ke tengah. Rapikan lipata, sehingga berbentuk segitiga seperti pada gambar

Cara membungkus kado unik dan menarik
Gambar ke- 15

Lipat segitiga bagian atas ke bawah

Cara membungkus kado unik dan menarik
Gambar ke- 16

Beri double tape pada segutuga bagian bawahnya

Cara membungkus kado unik dan menarik
Gambar ke- 17

Rapikan lipatan serapi mungkin, sebab ini langkah akhir. Lipat bagian segitiga bawah yang telah diberi double tape ke depan

Gambar ke- 18

Hasil akhrinya seperti pada gambar diatas.

Cara membungkus kado unik dan menarik
Gambar ke- 19

Beri ornamen benang nylon warna emas, ikat dibagian tengah kado. Kemudia tempel ornamen laiinya menggunakan lem bakar.

Hasil diatas tampak cantik bukan ? Untuk penggunaan ornamen, Anda dapat menyesuaikannya sesuai alasan dalam rangka apa pemberian hadiah tersebut. Untuk pemilihan warna benang, agar lebih cantik gunakan benang yang warnanya lebih cerah dari kertas agar lebih terlihat. Penggunaan benang nylon warna emas ini sangat cocok sekali dipadankan dengan kertas warna biru dongker, dan senada dengan ornamen berwarna emas yang digunakan.

Penutup

Sekian artikel mengenai Cara membungkus kado unik dan menarik ala Jepang. Anda dapat membaca artikel Cara membungkus kado unik dan menarik laiinya, dalam artikel ini juga terdapat tips-tips memilih kertas serta beberapa bahan tambahan yang dapat dijadiakn ornamen.

Untuk melihat video tutirial secara langsung, Anda dapat melihatnya dalam ling berikut ini (klik disini). Semoga artikel ini bermanfaat. Dalam video initerdapat dua tutorial dengan menggunakan dua jenis kertas yang berbeda tetapi dengan tema yang sama.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik dari segi isi maupun penulisan artikel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung memikirkan cara membungkus hadiah yang hendak diberikan kepada orang yang spesial. Anda dapat mengkreasikannya sesuia keinginan agar hadiah yang hendak diberikan lebih spesial. Bungkus hadiah lebih dulu dilihat sebelum isinya, meskipun akhirnya akan dilepas juga. Maka, untuk memberikan hadiah terbaik, perhatikan pula bagaimana membungkusnya. Selamat mencoba 🙂

Burung irian, burung cendrawasih

Cukup sekian dan terimakasih

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To laiinya yang tentunya lebih menarik dan memberikan informasi tentang bagaimana melakukan atau membuat suatu hal. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke media social facebook, twitter, intagram, whatsapp dan laiinya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *