Menu Tutup

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19, salah saru langkah yang paling efektif selain melakukan social distancing dan memakai masker ketika diluar rumah adalah rajin mencuci tangan. Tangan menjagi salah satu media penularan COVID-19 karena sebagian bersar aktifitas manusia menggunakan tangan seperti berjabat tangan, memegang berbagai benda dan hal lainnya. Oleh sebab itu, tangan perlu dibersihkan dengan cara yang benar agar bersih dari mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dan virus. Artikel ini akan membahas cara mencuci tangan yang benar dan waktu yang disarankan untuk segera mencuci tangan.

Pemerintah telah menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Beberapa tempat umum seperti perkantoran, ruang tunggu transportasi, mini market, dan tempat umum lainnya telah menyediakan tempat untuk mencuci tangan, seperti wastafel permanen ataupun wastafel dadakan yang bisa dibuat. Wastafel dadakan ini dibuat dengan menggunakan ember yang dipasang keran dibagian bawahnya, lalu sediakan sabun untuk mencuci tangan.

Edukasi cara mencuci tangan dengan benar juga diterapkan diberbagai media social. Ada beberapa perawat hingga dokter melakukan edukasi mencuci tangan dengan benar melalui media tiktok. Hal ini cukup efektif untuk mengajarkan cuci tangan yang benar itu sangat mudah sekali.

Agar kotoran dan bakteri benar-benar hilang dari tangan, mencuci tangan tidak bisa dilakukan secara asal. Mencuci tangan dengan benar perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut WHO, mencuci tangan dengan benar setidaknya membutuhkan waktu 20 higga 30 detik menggunakan sabun dan air mengalir dengan melakuakn 6 gerakan mencuci tangan yang benar. Berikut ini cara mencuci tangan yang benar

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Untuk mengetahu cara mencuci tangan dengan benar menurut WHO, Anda dapat melihat gambar dibawah ini

Cara mencuci tangan dengan benar
Langkah-langkah mencuci tangan dengan benar menurut WHO

Cara mencuci tangan dengan bernar menurut WHO telah disampaikan pada gambar diatas. Berikut ini penjelasannya

  1. Basahi tangan menggunakan air mengalir. Matikan kembali keran apabila kedua tangan dusah dibasahi agar air tidak mengalir dengan percuma ketika mencuci tangan
  2. Tuangkan sabun secukupnya diatas telapak tangan
  3. Gosok telapak tangan yang satu menggunakan telapak tangan yang lainnya
  4. Letakkan telapak tangan kiri diatas punggung jari tangan kanan dengan jari yang terjalin seperti pada gambar dan lakukan sebaliknya.
  5. Letakkan telapak tangan kanan ke telapang tangan kiri dengan jari tangan saling terkait
  6. Genggam jari tangan dengan posisi saling mengunci agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari
  7. Gosok ibu jari jari tangan kiri dengan menggenggamnya menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya untuk membersihkan ibu jari tangan kiri
  8. Gosok ujung jari tangan kiri diatas telapak tangan kanan agar sela-sela kuku terkena sabun dan lakukan sebaliknya
  9. Bilas tangan hingga bersih menggunakan air mengalir
  10. Keringkan tangan menggunakan tisu sekali pakai, kemudian marikan keran dengan menggunakan tisu, buang di tempat sampah
  11. Tangan anda dalam keadaan bersih

Langkah-langkah diatas jika dilakukan dengan benar hanya membutuhkan waktu 20 hingga 30 detik. Cari ini mampu membersihkan seluruh bagian tangan, mulai dari telapak tangan, punggung tangan hingga sela-sela jadi dan pangkal kuku. Lakukan cuci tangan yang benar sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh WHO. Langkah ini efektif membuhun kuman, bakteri dan virus yang sering menempel pada tangan setelah memegang benda atauapun aktifitas lainnya.

Jika tangan sudah bersih, Anda dapat makan, minum, menyentuh wajah ataupun bermain dengan sikecil dengan dengan tenang terbebas dari virus dan bakteri. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui waktu-waktu yang disarankan untuk segera mencuci tangan berikut ini

Waktu yang Disarankan untuk Segera Mencuci Tangan

Berikut ini waktu-waktu yang disarankan untuk segera mencuci tangan dengan bersih agar terhindar dari kuman, bakteri ataupun virus.

Ketika tangan terlihat kotor

cara mencuci tangan yang benar
Perbedaan tangan kotor dan bersih

Ketika tangan terlihat kotor, segeralah untuk mencuci tangan. Kotoran yang menempel pada tangan bisa saja mengandung mikroorganisme yang berbahaya, terlebih kotoran itu dapat mengotori benda lain yang disentuh jika tidak segera membersihkan tangan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan langkah-langkah mencuci tangan yang telah disampaikan sebelumnya.

Setelah menggunakan toilet

Cara mencuci tangan yang benar
Toilet umum

Setelah menggunakan toilet, baik itu buang air besar ataupun buang air kecil, segeri cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bisa saja mikroorganisme berbahaya menempel pada tangan setelah melakukan buang air bersar ataupun buang air kecil. Tangan yang telihat bersih belum tentu terbebas dari kuman, bakteri ataupun virus.

Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan

Cara mencuci tangan yang benar
Sedang menyiapkan makanan

Agar makanan yang dimakan tetap besih, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan mencuci tangan terlebih dahulu. Begitupun ketika anda hendak makan, cuci tangan terlebih dahulu.

Setelah batuk, bersin dan menggosok hidung

Cara mencuci tangan yang benar
Menutup hidung setelah batuk dan bersinCara mencuci tangan yang benar

Batuk dan bersih mengeluarkan virus-virus yang ada pada pencikan-percikan lendir. Ketka batuk dan bersin, tutup menggunakan tisu, kemudian buang tisu di tempat samah, kemudian segera mencuci tangan agar bakteri dan virus yang menempel pada tangan segera dibersihkan.

Setelah menyentuh permukaan benda, seperti uang

Cara mencuci tangan yang benar
Menyentuh uang

Benda-benda yang kita sentuh seperti uang terlihat besih, padahal belum tentu terbebas dari kuman, bakteri ataupun virus. Maka setelah menyentuh permukaan benda seperti handphone, laptop, uang mainan dan benda-benda lainnya, segela lah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Setelah memegang dan membuang sampah

Tempat membuang sampah

Sampah kotor jelas mengandung banyak bakteri dan kuman. Maka setelah memegang ataupun membuang sampah, segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar terbebas dari bakteri dan kuman yang menempel pada sampah.

Setelah menyentuh hewan peliharaan

Aneka hewan peliharaan

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan hewan lainnya seringkali berlarian kesana kemari tanpa disadari menyentuh benda-benda kotor. Maka sebainya setelah menyentuh hewan peliharaan segeralah mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Jangan lupa juga untuk membersihkan hewan secara rutin.

Setelah bepergian dari luar rumah

Mengenggam pegangan transportasi

Setelah bepergian dari luar rumah mengunjungi tempat-tempat umum seperti tempat transportasi, tempat beribadah, taman bermain, pasar dan lainnya segeralah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tempat-tempat umum yang dikunjungi banyak orang tidak menjamin terbebas dari virus ataupun bakteri.

Penutup

Sekian artikel mengenai cara mencuci tangan yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memberikan wawasan cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh WHO. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas harus menjadi gaya hidup yang dilakukan setiap hari. Agar dapat memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19. Semoga Allah SWT senantiasa menjaga kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari isi mapuan penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbabagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, whatsapp dan media social lainnya. Lebih banyak yang tahul lebih menarik bukan 🙂 .

(Visited 108 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *