Menu Tutup

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud Terupdate

Pembelajaran secara daring dari bulan Maret 2020 berlangsung hingga saat ini. Kuota internet menjadi kebutuhan vital yang diperlukan para pelajar untuk mendapatkan ilmu dari guru yang diajarkan secara daring. Oleh sebab itu, Kemendikbud menyalurkan kuota gratis yang akan diberikan kepada para pelajar dari mulai tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Kabarnya kuota yang hendak diberikan bukan kuota belajar, namun kuota umum yang diberikan dengan jumlah yang cukup besar. Artikel ini akan membahas cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud terupdate.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung lama hingga sekarang ini merubah tatanan masyarakat diberbagai kalangan. Akibatnya timbulah normal baru yang diperlukan penyesuaian protokol kesehatan agar bisa memutus penyebaran Covid-19. Begitupun pihak Kemendikbud yang belum mengizinkan para pelajar kembali bersekolah seperti biasanya dikarenakan beberapa pertimbangan yang terkait kasus Covid-19 di Indonesia.

Salah satu cara Kemendikbud memberikan keringanan kepada para sisanya agar bisa belajar secara daring dari rumah adalah dengan memberikan kuota gratis yang diperuntukkan untuk belajar. Kuota gratis ini diperuntukkan bagi para pelajar, guru, mahasiswa serta dosen. Meskipun pembagian kuota gratis ini tidak sama besar seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi untuk termin sekarang akan diberikan kuota umum dengan kebijakan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Sebelum membahas cara mendapatkan kuota gratis dari kemendikbud, berikut ini syarat penerima bantuan kuota

Syarat Penerima Bantuan Kuota

Agar mendapatkan kuota gratis pendidikan, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Untuk peserta didik tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA harus terdaftar di Dapodik dan memiliki nomor ponsel aktif milik pribadi/ orang tua / wali
  2. Bagi guru yang mengajar tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA harus terdaftar di Dapodik dan berstatus aktif, serta memiliki nomor ponsel aktif
  3. Untuk mahasiswa :
    • Memiliki nomor ponsel aktif
    • Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan
    • Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau memiliki keterangan sedang double degree
  4. Untuk dosen
    • Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK atau NUP)
    • Memiliki nomor ponsel aktif
    • Terdaftar di aplikasi PDDikti berstatus aktif pada tahun ajaran 2020/2021

Pastikan semua persyaratan diatas terpenuhi agar mendapatkan kuota gratis yang telah dialokasikan oleh pemerintah. Sebelum mendaftar, pastikan kembali nomor ponsel yang hendak didaftarkan akan aktif dalam waktu yang lama, sebab nomor ini akan mendapatkan kuota gratis kembali pada periode selanjutnya dengan ketentuan yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara mendapatkan kuota gratis
Pesan singkat mendapatkan kuota gratis

Kuota gratis yang didapatkan, akan disalurkan langsung ke nomor penerima dengan berbagai oprator. Dengan kata lain, apapun nama kartu perdana yang digunakan, jika telah terdaftar dan memenuhi syarat maka akan mendapatkan kuota gratis.

Cara mendapatkan kuota gratis Kemendikbud

Jika Anda telah mendapatkan kuota gratis pada bulan November sampai dengan Desember tahun 2020 lalu, maka secara otomatis pada bulan Maret 2021 akan mendapatkannya kembali. Kecuali apabila kuota yang telah diberikan terdahulu pemakaiannya kurang dari 1 GB maka kuota selanjutnya tidak akan diberikan, sebab kuota sebelumnya tidak terpakai.

Untuk nomor yang telah diganti atau belum didaftarkan, bisa didaftarkan kembali sebelum memasuki bulan April 2021 ini. Berikut ini cara mendapatkan kuota gratis dari kemendikbud maupun dari Dikti

  1. Calon penerima baik itu siswa, guru, mahasiswa maupun dosen melapor ke pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan kuota gratis
  2. Selanjtunya, pemimpin atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTMJ (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) untuk nomor baru atau nomor yang hendak digantikan.
    • Untuk jenjang PAUD, SD, SMP serta SMA bisa mengunggah nya pada link berikut ini (klik disini)
    • Untuk jenjang Perguruan Tinggi bisa mengunggah nya pada link berikut ini (klik disini)
cara mendapatkan kuota gratis
Tampilan portal validasi dan verifikasi nomor ponsel dari Kemendikbud
Tampilan portal validasi dan verifikasi nomor ponsel dari PDDikti

Besar kuota yang didapatkan

Besaran kuota yang didapatkan tergantung pada jenjang pendidikan peserta didik. Hal ini sesuai dengan kapasitas pemakaiannya.

  1. Bagi peserta didik tingkat PAUD akan mendapatkan kuota dengan volume 7 GB perbulan
  2. Sedangkan bagi peserta didik tingkat SD, SMP dan SMA akan mendapatkan kuota dengan volume 10 GB perbulan
  3. Bagi guru yang mengajar akan mendapatkan kuota dengan volume 12 GB perbulan
  4. Untuk mahasiswa dan dosen akan mendapatkan kuota dengan volume 15 GB perbulan

Bentuk kuota yang diberikan adalah kuota umum, bukan kuota pendidikan seperti sebelumnya. Meskipun begitu, kuota gratis ini tidak diperuntukkan untuk membuka aplikasi media social seperti instagram, Facebook serta Tiktok. Kuota gratis ini juga tidak bisa digunakan untuk membuka situs yang telah diblokir oleh kominfo serta beberapa aplikasi game.

Kuota gratis ini akan disalurkan tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya. Jika sudah mendaftar pada periode November-Desember 2020, maka secara otomatis pada periode sekarang akan mendapatkannya kembali. Dengan syarat nomor handphone yang didaftarkan masih tetap digunakan dan penggunaan kuota pada periode sebelumnya lebih dari 1 GB. Kuota yang disalurkan akan berlangsung selama 3 bulan.

Jika mendapatkan bantuan berupa nomor baru atau nomor perdana yang dibagikan disekolah, bisa dipastikan itu bukan bantuan resmi dari kemendikbud. Sebab Kemendikbud memberikan bantuan kuota gratis dengan menyaluraknnya langsung pada nomor yang telah didaftarkan. Kuota gratis pada periode 2021 ini akan berlangsung pada bulan Maret, April dan Mei. Setiap bulannya akan mendapatkan kuota gratis sesuai dengan volume yang telah di alokasikan.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mendapatkan kuota gratis Kemendikbud terupdate. Semoga artikel ini memberikan informasi agar segera mendaftarkan diri apabila telah memenuhi persyaratan untuk memperoleh bantuan kuota gratis dari kemendikbud. Meskipun kuota yang diberikan adalah kuota umum bukan kuota belajar, gunakan lah bantuan kuota gratis ini sesuai dengan fungsinya. Dengan adanya bantuan kuota gratis ini, diharapkan semua peserta didik dapat lebih aktif belajar dirumah secara daring dengan bimbingan guru serta orang tua.

Tidak perlu risau apabila periode kali ini Anda belum beruntung mendapatkan kuota gratis. Saat ini banyak kuota belajar yang disediakan berbagai provider dengan harga relatif lebih murah dibandingkan kuota biasanya. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pembelajaran secara daring di rumah. Paket kuota belajar ini hanya diperuntukkan untuk membuka aplikasi-aplikasi tertentu yang mendukung proses pembelajaran seperti Zoom, Google Meet, Youtube dan yang lainnya.

Semoga masa pandemi ini segera berakhir sehingga para peserta didik dapat bersekolah sebagaimana biasanya. Meskipun pembelajaran secara daring belum efektif digunakan di berbagai wilayah Indonesia, setidaknya pemerintah telah mengupayakan dengan memberikan bantuan kuota internet gratis bagi para pelajar. Upaya ini akan berjalan sesuai harapan jika dibarengi dengan usaha maksimal. Bagaimanapun, setiap peserta didik berhak mendapatkan pendidikan. Sebab tanggung jawab pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat yang disampaian dalam pembukaan UUD 1945.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel How To lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan informasi seputar cara-cara unik yang perlu diketahui. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, instagram, twitter serta aplikasi lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂

Baca juga: