Menu Tutup

Cara Merubah 4G ke 5G | Jaringan 5G | Type Gawai

Cara Merubah 4G ke 5G

Jaringan super cepat 5G sudah resmi beredar di Indonesia pada tangga 27 Mei 2021. Jaringan ini sudah beredar secara komersial di beberapa negara berkembang seperti Korea Selatan, Amerika China, Jepang. Namun, di Indonesia baru akan tersebar luar di beberapa kota besar. Oprator seluler Telkomsel menjadi layanan Internet pertama yang menyediakan jaringan 5G secara komersial di Indonesia. Hmmm.. Bagaimana, sudah kah Anda siap menyambut jaringan 5G ini ? Artikel ini akan membahas beberapa hal penting tentang jaringan 5G yang perlu Anda ketahui, beberapa jenis Type Gawai dari berbagai merek yang mendukung jaringan 5G, serta cara merubah jaringan 4G ke 5G.

Ada 3 hal yang membedakan jaringan 4G dengan 5G. Tiga hal tersebut diantaranya kecepatan, kapasitas dan latensi. Kecepatan menjadi hal yang paling dinantikan dalam perkembangan generasi jaringan ini. Dalam jaringan generasi 5G diharapkan kecepatan pengunduhannya lebih cepat 100 kali lipat dari jaringan sebelumnya 4G. Jika Anda mengunduh data dengan durasi 2 jam, dengan jaringan generasi terbaru ini pengunduran dapat selesai hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 menit.

Infrasutruk yang dibangun jaringan generasi terbaru 5G ini sangat mumpuni, sehingga dapat mengatasi kendala kapasitas dalam jaringan 4G. Jika Anda berada dalam suatu lingkungan dengan banyak sekali orang, seperti di stadion, konser musik serta bandara, biasanya akan menemukan kendala ketika menggunakan internet. Hal ini disebabkan karena banyaknya perangkat yang mencoba menggunakan jaringan di satu tempat. Kendala ini akan teratasi oleh infrastruktur jaringan generasi terbaru 5G dengan kapasitas yang lebih besar agar dapat melayani pengguna lebih banyak dalam satu waktu dan satu tempat.

Pada jaringan 4G, latensi atau waktu jeda yang disajikan hampir terbilang rendah. Jaringan generasi terbaru ini akan membuat latensi hampir nol. Hal ini tentu saja akan memudahkan para mengguna Internet ketika meeting atau bermain game apabila latensi yang di sajikan hampir nol.

Sekilas mengenai Jaringan 5G

Jaringan 5G

Jaringan super cepat 5G merupakan jaringan seluler generasi ke 5 yang menawarkan kecepatan Internet lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Evoluse jaringan generasi terbaru ini menjanjikan kecepatan Internet seluler setara dengan wifi.

Dilansir dari Digital Trends, jaringan generasi terbaru ini berbeda dengan jaringan 4G atau LTE. Jaringan terbaru ini dapat di gunakan dalam tiga jenis spektrum berbeda, yakni low-band, mid-band, dan high-band.

Pada spektrum low-band memang menawarkan cakupan area yang luas, namun memiliki kekurangan yaitu kecepatannya maksimal hanya 100 Mbps. Sedangkan untuk mid-band kecepatannya mencapai 1 Gbps. Spektrum High-band kecepatan mentranfer datanya mencapai 5 Gbps, namun pada spektrum ini memiliki kekurangan cakupan area yang tidak terlalu luas.

Meskipun kecepatan maksimummnya cukup besar, kecepatan ketika mengunduh dan mengunggah tidak akan sama. Kecepatan unduh pengguna pada jaringan generasi terbaru ini mencapai 100 Mbps dan kecepatan unggah mencapai 50 Mbps.

Ada beberapa daerah di Jabodetabek yang sudah dapat menikmati jaringan 5G dari Telkomsel sejak tanggal 27 Mei 2021 kemarin. Daerah tersebut di antaranya mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Beberapa kota besar lain yang juga akan mendapatkan layanan jaringan 5G di antaranya Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Untuk menyediakan jaringan terbaru 5G ini tentunya membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini lah yang menyebabkan penyediaan jaringan terbaru ini di lakukan secara bertahap. Melihat pemerataan jaringan 4G sebelumnya di Indonesia mencapai 4 tahun, penyebaran jaringan generasi terbaru ini di harapkan kurang dari 4 tahun.

Beberapa Type Gawai yang dapat digunakan jaringan 5G

Cara Merubah 4G ke 5G
Perubahan jaringan dari tahun ke tahun

Berikut ini akan di sajikan beberapa Type Gawai yang mendukung jaringan terbaru 5G lengkap dengan spesifikasi lainnya. Teknologi jaringan terbaru 5G semakin lama tentu akan semakin berkembang. Hal ini tentu akan sejalan dengan kemajuan Type Gawai yang semakin berkembang lengkap dengan teknologi terbarunya. Beberapa jenis Gawai yang mendukung jaringan 5G di antaranya:

  1. Oppo Reno 5G
  2. Oppo Find X2
  3. Vivo X60 Pro 5G
  4. Samsung Galaxy A32 5G
  5. Oppo X2 Pro
  6. Vivo X60 5G
  7. Vivo V21 5G
  8. Xiaomi Mi Mix 3 5G
  9. Samsung Galaxy S10 5G
  10. HTC 5G Phone
  11. Huawei Mate X
  12. Oppo A74 5G
  13. Huawei Mate 20 X
  14. One Plus 7 Pro
  15. LG V50 Thin! 5G
  16. Sony 5G Phone
  17. ZTE Axon 10 Pro 5G

Harga yang di tawarkan dari beberapa Type Gawai di atas tentu berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang di sajikan. Jangan heran jika menemukan harga yang cukup fantastis sebab teknologi dengan inovasi terbaru serta kualitas yang mumpuni pasti tidak di bandrol dengan harga yang murah. Berdasarkan rekomendasi Type Gawai di atas, Anda bisa mencari spesifikasi yang di sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Merubah Jaringan 4G ke 5G

Jaringan 5G

Jaringan super cepat 5G ini baru dapat di nikmati di beberapa wilayah Jabodetabek dengan operator jaringan tekomsel. Jika kartu Telkomsel Anda sudah menggunakan jaringan 4G maka secara otomatis dapat menggunakan jaringan super cepat ini. Tinggal di lihat apakah Gawai yang di gunakan sudah memiliki spesifikasi 5G. Jika Gawai sudah memiliki spesifikasi untuk menggunakan jaringan terbaru 5G dan ada di wilayah yang terdaftar jaringan super cepat ini, maka dapat dengan mudah merubah jaringan 4G ke jaringan super cepat 5G

Cara Merubah 4G ke 5G pastinya di sesuaikan dengan Type Gawai yang di gunakan. Bebeda jenis Gawai, berbeda pula cara merubahnya. Namun secara umum untuk merubah 4G ke 5G dapat di lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke menu pengaturan (Settings)
  2. Pilik Koneksi Internet (Connections)
  3. Tekan Mobile Networks
  4. Pilih menu NEtwork Mode
  5. Lalu pilihlah jaringan yang akan di gunakan atau bisa juga memilih jaringan otomatis dengan memilih 5G/4G/3G/2G (autoconnect)

Cara mudah di atas dapat di gunakan jika Gawai Anda sudah memiliki fasilitas 5G serta berada di daerah yang sudah terpasang Jaringan super cepat 5G. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka Anda tidak bisa menggunaan jaringan super cepat ini.

Penutup

Sekian artikel mengenai Cara Merubah 4G ke 5G serta sedikit pembahasan mengenai jaringan super cepat ini dan beberapa Type Gawai yang mendukung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai jaringan terbaru ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

Dengan adanya teknologi super super cepat melalui jaringan 5G ini di harapkan dapat mendukung produktivitas masyarakat dengan bantuan jaringan internet. Sebab di masa sekarang ini, berbagai kegiatan kebanyakan di lakukan secara daring menggunakan jaringan internet. Dengan masuknya jaringan super cepat di Indonesia ini tentu saja akan sangat membantu para pengguna Internet di Indonesia, sebab saat ini penggunaan Internet di kota-kota besar semakin meningkat. Berbagai lapisan masyarakat saat ini sudah menggunakan internet setiap harinya, baik untuk kebutuhan usaha maupun komunikasi.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan lainnya. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan. 🙂

Baca juga: