Menu Tutup

Cara Unreg Kartu SIM Tsel, XL, Axis, Indosat, 3, dan Smartfren

logo operator | cara unreg kartu

Cara unreg kartu – Hampir setiap orang saat ini telah menggunakan telpon genggam. Secara tidak langsung, telepon genggam sudah menjadi kebutuhan paling penting. Terlebih dengan adanya smart phone yang sangat membantu dalam segala hal. Komunikasi, hiburan, bisnis, pendidik, semua berada dalam satu genggaman.

Setiap handphone yang digunakan pasti terdapat kartu sim. Kartu ini merupakan kartu berukuran kecil yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Ada banyak operator kartu sim yang sangat populer di Indonesia.

Setiap operator yang meluncurkan kartu sim memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Setiap keunggulan pastinya disertai dengan kekurangan. Sebagian orang sangat selektif dalam memilik kartu sim. Baik dilipih dari jangkauan sinyal, promo yang disampaikan, nomor yang cantik dan berbagai keunggulan laiinya.

Saat ini melalui kebijakan dari Kementrian Komunikasi dan Komunikasi (Kemkominfo) menyamapaikan setiap kartu sim harus diresitrasi. Hal ini cenderung menyulitkan masyarakat. Sebab registraki memerlukan NIK dan No KK. Disisilain, pemerintah ingin menjaga data masyarakat, sebab banyak kerjahatan melalui median komunikasi.

Untuk melakukan registrasi kartu sim perdana sangatlah mudah. Setiap kartu sim perdana selalu mencantumkan cara registrasi. Atau jika mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan ke pihak counter. Karena ada beberapa operator memerlukan kode counter untuk registrasi.

Alasan Memiliki kartu sim lebih dari satu

Terlepas dari aturan pemerintah, saat ini masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda mengenai penggunaan kartu sim. Satu orang pengguna smart phone dapat menggunakan lebih dari satu kartu sim. Salah satu alasannya untuk memisahkan kartu sim yang digunakan untuk internet dan panggilan.

Hampir kebanyakan orang melakukan pemisahan tersebut. Sebab operator yang memberikan jasa internet lebih murah, akan memberikan tarif jasa telepon dan sms lebih mahal. Atau alasan pengguna lainnya dari jangkauan jaringan kartu perdana.

Alasan lain pemisahan kartu perdana yaitu pada jenis ponsel yang digunakan. Ponsel dengan jenis smart phone cenderung memiliki daya tidak tahan lama, sehingga harus sering di charging. Sedangkan hand phone yang hanya digunakan untuk telepon dan sms cenderung memiliki daya baterai lebih tahan lama.

Untuk mengaktifkan kartu perdana saat ini harus menginput data NIK dan No KK yang asli. Jika dulu masih bisa menggunakan data palsu. Kebijakan Kemkominfo terbaru, satu NIK dan KK dapat registrasi maksimal kedalam 3 kartu sim perdana.

Oleh sebab itu, setiap orang maksimal hanya dapat memiliki 3 jenis kartu perdana. Peraturan ini menyulitkan beberapa orang yang membutuhkan banyak kartu sim. Maka bagia kalian yang akan mengganti kartu jangan lupa untuk melakukan UNREG. Membatakan registrasi NIK dan No KK dari kartu perdana yang akan diganti.

Cara unreg kartu sim berbeda-beda dari setiap operatornya. Operator memiliki peran yang penting dalam hal ini. Cara unreg kartu sim dari berbagai operator adalah sebagai berikut:

Cara Unreg Kartu SIM Telkomsel

Operator telkomsel menjadi operator yang paling popular. Keunggulan kartu tekomsel pada kekuatan jaringan. Jaringan operator telkomsel cenderung lebih luas dan lebih kuat. Sekalipun berada di tempat terpencil, tidak jarang kartu telkomsel masih memiliki jaringan

Kelemahan lain dari kartu telkomsel dari segi biaya. Tarif operator telkomsel cenderung lebih mahal. Hal ini sejalan dengan kualitas yang ditawarkan telkomsel. Operator telkomsel meliputi kartu simpati, simpati loop, kartu as, dan kartu halo

http://bogor.tribunnews.com/2018/12/31/promo-telkomsel-paket-data-50gb-cuma-rp-20-ribu-simak-cara-mengaktifkannya-cuma-hari-ini
Operator telkomsel via bogor.tribunnews.com

Keunggulan dan kekurangan dari setiap kartu telkomsel berbeda-beda. Perbedaan ini memberikan pilihan tersendiri bagi masyarakat. Tetapi cara unreg kartu sim telkomsel semuanya sama. Baik kartu simpati, kartu as, kartu simpati loop maupun kartu hallo. Cara unreg kartu sim telkomsel adalah :

Via Kode Dial/USSD

  • Tekan *4444# pada ponsel anda
  • Lalu tekan panggil atau dial
  • Pilih menu unreg dengan cara menekan angka nomor 3
  • Tekan kirimkan
  • Unreg pada kartu sim telkomsel sedang diproses.

Via SMS

  • ketik UNREG#NomorNIK.
  • Contoh: UNREG#1233211233211233211.
  • Kirim SMS tersebut ke nomor 4444.
  • Tunggu balasan otomatis dari operator.

Kartu sim telkomsel anda sudah tidak aktif. Cara unreg kartu sim telkomsel relatif cukup mudah. Jangan lupa untuk melakukan unreg ketika akan mengganti kartu.

Cara Unreg Kartu SIM XL dan Axis

http://www.lampost.co/berita-axis-dan-xl-berikan-promosi-menarik-minggu-ini
Logo Operator XL dan Axis via lampost.co

Xl dan Axis merupan operator yang sama. Sehingga sistem yang digunakan untuk kedua kartu ini cenderung sama. Keunggulan pada kartu xl dan axis berbeda. Tetapi secara umum, kedua kartu ini memiliki tarif yang relatif terjangkau. Sehingga banyak masyarakat menggunakan kartu xl maupun axis.

Kartu xl lebih dulu ada sebelum kartu axis. Sehingga kartu xl cenderung lebih populer dan banyak digemari. Kartu axis tidak kalah penting, banyaknya promo-promo yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri.

Keunggulan dan kekurangan yang ditawarkan pada kartu tentu berbeda-beda. Tetapi cara unreg kartu sim xl dan axis sama. Ada dua cara untuk unreg kartu sim xl dan axis. Cara yang pertama adalah :

Via SMS

  • Ketik UNREG#No_Hp
  • Contoh “UNREG#087*******
  • Kirim ke 4444.

Via Kode Dial/USSD

  • Tekan *123*4444# pada ponsel
  • Tekan dial atau panggil.

Kartu xl atau axis anda sedang dalam proses membatalkan registrasi. Tunggu konfirmasi selanjutnya yang disampaikan pihak operator. Pastikan anda tidak lupa untuk melakukan unreg kartu sim setiap akan mengganti kartu anda.

Cara Unreg Kartu SIM Indosat

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c0/Indosat_Ooredoo_logo.svg
Logo Indosat ooredoo via upload.wikimedia.org

Operator indosat memiliki beberapa macam kartu SIM. Kartu sim yang termsuk pada operator indosat adalah kartu im3, mentari dan star one. Ketiga kartu ini memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda.

Kartu indosat juga memiliki keunggulan dalam hal jaringan. Jaringan kartu indosan cukup dapat diandalkan. Selain itu, biaya yang ditawarkan pada kartu indosat cukup ringan. Ada berbagai promo menarit yang ditawarkan.

Tetapi, kartu ini juga memiliki kekurangan, salahsatunya dalam hal kestabilan jaringan. Keunggulan dan kekurangan menjadi warna tersendiri pada setiap kartu. Setiap orang memiliki pilihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Cara unreg kartu sim indosat hampir sama dengan cara unreg kartu xl dan axsis . Perbedaannya hanya pada awal katanya saja. Cara unreg kartu indosat adalah:

Via SMS

  • Ketik UNPAIR#No_Hp
  • Contoh “UNPAIR#087*******
  • Kirim ke 4444.

Pembatalan registrasi sedang dalam proses. Akan ada pemeberitahuan dari operator. Pastikan dilakukan unreg kartu sim saat akan penggantian kartu.

Cara Unreg Kartu SIM 3 (Tri)

https://twitter.com/TriCareINA/photo
Logo Operator 3 (Tri) via twitter.com

Kartu sim tri banyak digemari oleh masyarakat. Keunggulan dari kartu tri pada berbagai macam promo yang ditawarkan. Kartu tri tidak memasang harga yang cukup tinggi.

Tetapi disamping itu, jangkauan kartu tree tidak terlalu luas seperti yang lainnya. Meskipun begitu, akses kartu tri dirasa cukup nyaman dan sebanding dengan biaya yang diberikan.

Cara unreg kartu tri dengan mengunjungi situs web

Via Website

  • Silakan akses situs resmi tri melalui PC atau smartphone dengan url: registrasi.tri.co.id
  • Klik menu “Unreg“.
  • Masukkan data-data yang digunakan pada saat meregistrasi nomor tri. Mulai dari nomor ponsel hingga NIK.
  • Kemudian, klik “Minta Kode Rahasia”. Kode ini akan otomatis dikirim melalui SMS ke nomor Tri yang kamu daftarkan.
  • Masukkan kode rahasia tersebut pada kotak yang tersedia.
  • Klik kolom “I’m not a robot” untuk validasi.
  • Klik kirim.

Via SMS

  • Ketik UNREG 16 digit NIK#16 digit no KK
  • Contoh “UNREG1234567899876543#4567891234567890”
  • Kirim ke 4444.

Cara Unreg Kartu SIM Smartfren

smartfren | cara unreg kartu
Logo Operator Smartfren via kompasiana.com

Via SMS

  • Ketik UNREG#No_Hp
  • Contoh “UNREG#087*******
  • Kirim ke 4444.

Via Website

Via Galeri Smartfren

Jika ada galeri smartfren di kota anda, maka anda dapat melakukan unreg pada operator di galeri secara langsung. Jangan lupa untuk membawa identitas seperti KTP dan KK.

Penutup

Pembatasan penggunaan NIK dan KK untuk regitrasi kartu perdana, mengharuskan kita melakukan unreg ketika mengganti kartu. Hal ini tentunya dilakukan untuk kebaikan masyarakat. Maka informasi cara unreg kartu sim tentu diperlukan. Selamat mencoba.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel seputar How To lainnya disini.

(Visited 239 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *