Menu Tutup

Hak-hak Suami Terhadap Istri dan Istri Terhadap Suami

Setiap suami memiliki hak terhadap istrinya begitupun istri memiliki hak terhadap suaminya yang perlu dipenuhi sehingga keduanya lepas dari hisab hari kiamat. Keduanya perlu paham betul atas kewajiban-kewajiban yang perlu dipenuhi, sebab rumah tangga adalah ibadah, maka ada konsekuensinya. Jika keduanya memenuhi hak dan kewajiban atas sesamanya, maka tentu akan mendapatkan pahala, tetapi sebaliknya, jika keduanya lalai maka setanpun akan dengan mudah masuk. Suami ataupaun istri tidak boleh menyia-nyiakan kewajibannya. Artikel ini akan membahas hak-hak suami terhadap istri dan istri terhadap suami yang dikutip dari ceramah Ustad Khalid Basallamah. Artikel ini akan menjelaskan intisari dari ceramah beliau terkait hak-hak suami terhadap istri berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Anda dapat mendengarkan langsung ceramahnya dalam link berikut (klik disini)

Apa Hak Suami Atas Istrinya ? (Kewajiban Istri)

Hak-hak suami terhadap istri
Suami mencium kening istrinya

Allah berfirman dalam QS. An – Nisa Ayat 34 yang artinya

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Allah telah mencipatkan 2 jenis manusia yaitu laki-laki dan perempuan. Dari keduanya Allah telah memilih laki-laki sebagai pemimpin. Pemimpin bertugas menaungi, melindungi, memenuhi segala kebutuhan, termasuk meluruskan kesalahan hingga menghukum apabila bersalahan. Tetapi tidak termasuk didalamnya menindas.

Mengapa Allah memberikan kewenangan bagi laki-laki menjadi seorang pemimpin ? Dalam penjelasan ayat selanjutnya Allah menyebutkan karena laki-laki wajib memberikan nafkah bagi istrinya. Ini berkaitan dengan pembagian warisan atara laki-laki dan perempuan, dimana bagian untuk laki-laki lebih besar. Hal ini disebkan karena wanita selalu aman dalam semua waktu kehidupannya. Ayah perempuan wajib menafkahi anak perempuannya hingga menikah, jika ayah peremuan ini meninggal, maka kewajiban turun kepada pamannya. Sedangkan untuk anak laki-laki, orang tua hanya wajib menafkahinya hingga usia baligh. Selepas itu, sisanya sunah dan laki-laki berkewajiban untuk memberikan nafkah bagi istrinya, keluarganya, hingga orang tuanya.

Mentaati Suami

Sabda Nabi SAW kepada Muadz Bin Jabal RA

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ ِلأَحَدٍ َلأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya.” (HR. Tirmidzi)

Laki-laki berkewajiban untuk memberikan nafkah kepada istrinya atas hasil keringatnya sendiri. Hal itu tentu tidak mudah bagi laki-laki. Maka istri berkewajiban untuk meminta haknya dengan cara yang baik. Oleh sebab itu, seorang istri harus mentaati suaminya. Bahak Rasulullah menjelaskan dalam hadisnya, jika seseorang boleh sujud kepada mahluk, beliau memerintahkan wanita sujud kepada suaminya

Tidak menolak ajakan suami

Rasulullah SAW bersabda:

وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ تُؤَدِّى الْمَرْأَةُ حَقَّ رَبِّّهَا حَتَّى تُؤَدِّى حَقَّ زَوْجِهَا وَلَوْ سَأَلَهَا نَفْسَهَا وَهِيَ عَلَى قَتَبٍ لَمْ تَمْنَعْهُ

“Demi Allah, yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya. Andaikan suami meminta dirinya padahal ia sedang berada di atas punggung unta, maka ia (isteri) tetap tidak boleh menolak.” (HR Ibdu Majah)

Apabila seorang istri melaksanakan shalat 5 waktu, salat sunnah, dzikir, hingga berhijab secara syar’i, ia tidak akan dinilai menunaikan hak Rabb nya hingga menuanikan hak suaminya. Jika seoran istri sudah bersiap-siap untuk pergi dan sudah duduk diatas kedaraan, lalu suaminya memanggil untuk hubungan biologis misalnya ataupaun hal lain seperti menemani suaminya makan dan lainnya, istri tidak boleh menolak. Dalam artian, keinginan laki-laki tidak boleh ditunda.

Allah sebagai pencipta kita sangat mengetahui karakter masing-masing. Jika wanita tidak dipicu maka ia tidak akan terangsang, hal ini sudah menjadi fitrah bagi wanita. Jika hubungan biologi laki-laki tidak segera dipenuhi maka akan bermasalah pada emosinya. Seorang suami yang emosional, kemungkinan ada yang salah dalam hubungan biologisnya. Allah lebih tau terhadap makhluk yang diciptakannya. Maka bagi wanita, lakukan sesuai dengan yang Allah ajarkan untuk menghadapi suaminya. Cara menghadapi laki-laki adalah dengan kelembutan, keramahan, kesantunan.

Tidak mengizinkan orang lain masuk kedalam rumah

Istri tidak boleh memasukkan orang lain kedalam rumahnya tanpa izin suaminya, sekalipun mereka adalah keluarga, baik ayah, saudara ataupun kerabat lainnya. Wanita tidak boleh membuka pintu untuk siapapun yang mengetuk pintu rumahnya. Karena banyak kasus, seorang istri yang memasukkna teman suaminya yang bukan mahram, tetapi malah terjadi perselingkuhan sebab saat itu setan mudah sekali untuk menggodanya.

Hak-hak Istri Terhadap Suami (kewajiban suami)

Suami istri membuat huruf LOVE menggunakan jari

Mendapatkan makanan seperti apa yang suami makan

Laki-laki dapat membahagiakan istrinya dalan dua hal yaitu pada makanannya dan pakaiinya. Laki-laki memberikan istri makan sekelas dengan makanan yang dimakannya. Atau dengan memberlikan istri pakaian sebagaimana ia membeli pakaiian.

Tidak memukul wajah istri

Dalam pepatah bahasa arab mengatakan bahwa perempuan itu seperti kaca. Kalau sekali engkau telah pecahkan, walaupun bisa ditempel-tempel, tapi retaknya tidak bisa dihilangkan. Karena wanita memiliki sifat suka mengingat kenangan-kenangan buruk terhadapnya. Hal ini berkaitan dengan kenapa wanita apaila bertengkar dengan suaminya selalu ingin pulang ke rumah orang tuanya, sebab ia mengingat masa-masa gadisnya. Dengan kata lain, wanita memiliki sifat mengingat setiap kengannya, berbeda dengan laki-laki.

Tidak menghina istri

Seorang istri memiliki memori yang sangat kuat terhadap kenangannya. Istri dapat mengungkit-ngungkit kesalah suami yang telah diperbuatnya meskipun telah berlalu selama beberapa tahun

Tidak menghajer kecuali didalam rumah

Menghajer artinya laki-laki meninggalkan istrinya diranjang. Jika seorang suami ingin memberikan pelajaran kepada istrinya, tidak boleh ia meninggalkan rumahnya. Suami harus tetap didalam rumah, ia dapat memberikan pelajaran dengan tidak membersamai istri tidur di ranjang.

Membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah

Perkara suami membantu istri mengejakan pekerjaan rumah terdapat khilat dikalangan para ulama. Salah satu ulama berpendapat suami boleh membantu istri dengan tidak mengambil alih pekerjaan istri. Pendapat lain menyebutkan suami tidak boleh mambantu istri, dengan kata lain walaupun mengambilkan garam sekalipun ketika istri sedang memasak. Allah hanya mewajibkan kepada suami memberikan nafkah berupa sandang dan pangan kepada istri. Perempuan berkewajiban untuk mengurus semua kebutuhan rumah. Laki-laki tidak berkewajiban mengurus pekerjaan rumah, tetapi ia dapat membantu istrinya

Penutup

Sekian artikel mengenai hak-hak suami terhadap istrinya dan kewajiban istri terhadap suaminya. Sebenarnya masih banyak kewajiban-kewajian suami terhadap istri dan istri terhadap suami yang belum disampaikan dalam artikel ini. Untuk lebih lengkap dan lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi channel youtube Ustad Khalid Basalamah mengenai hak-hak suami terhadap istri. Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari isi ataupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Rengungan lainnya yang lebih menarik dan tentunya membetikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, whatsapp dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 92 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *