Menu Tutup

Ide Bisnis Pisang Premium yang Elegan

ide bisnis (Pisang Premium)

Ide Bisnis – Saat ini penulis merupakan seorang programmer. Sudah hampir setahun penulis menggeluti profesi ini. Memang passion penulis di pemrograman dari sejak sekolah dulu.

Tapi penulis merasa kalau pendapatan penulis kurang untuk perkembangan kedepannya (jika begini-begini saja). Mungkin memang penulis belum lama bekerja dan juga hanya seorang junior programmer.

Entah apa yang harus penulis lakukan untuk menambah isi dompet yang pas-pasan. Istri penulis pun terpikir untuk menjadi reseller produk-produk pakaian. Memang banyak kisah sukses di sekitar penulis dalam menjalani bisnis reseller. Tapi produk yang istri pilih telah dipilih juga oleh orang-orang di sekitar, jadi penulis rasa kurang baik jika harus saingan.

Kami pun kebingungan harus melakukan apa. Mungkin harus menjual produk sendiri ya? Bikin produk sendiri, jual sendiri. Tapi apa? Apa yang bisa kami buat? Apa yang bisa penulis berikan untuk pembeli?

Mencari Inspirasi

Mungkin penulis membutuhkan inspirasi atau mungkin motivasi. Setelah “searching-searching“. Penulis menemukan website MoneySmart. Disana banyak sekali artikel-artikel tentang bisnis, keuangan, investasi, dan tentang finansial lainnya.

Karena penulis sedang membutuhkan inspirasi dan motivasi, maka penulis mencari artikel tentang inspirasi. Setelah memilih menu inspirasi, fuala terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan artikel inspiratif tentang pengusaha.

Penulis merasa beruntung bisa menemukan website MoneySmart ini. Karena bisa menemukan informasi yang sangat penulis butuhkan di waktu yang tepat. Rasanya seperti dituntun, hehe.

Setelah beberapa jam penulis membaca website ini. Penulis menemukan artikel yang bikin sakit hati yaitu artikel anak remaja 14 tahun yang bergaji Rp 14 Miliar. Dua ribu kali lipat gaji penulis. Begitu baca judulnya, jleb hati penulis seperti ditusuk dalam-dalam. Padahal sama-sama berkecimprung di bidang pemrograman komputer. Tapi mari tinggalkan tulisan yang bikin sakit hati itu dan berlanjut ke artikel lainnya yang memotivasi.

Artikel yang memberi pesan-pesan berharga adalah artikel tentang Resto Gudeg Jempongan yang mendapat omzet 300 juta lebih dalam sebulan. Dari artikel ini penulis mendapat pencerahan bahwa produk yang dijual harus mempertahankan sesuatu yang unik dan khas dibandingkan produk yang lainnya. Seperti gudeg jempongan yang memiliki motto “Rasa Gudeg Pejompongan yang gak terlalu manis memang pas buat lidah orang Jakarta”. Dan juga resto ini tidak menerima frenchise agar ciri khas dari produknya tetap nampak.

Kemudia yang paling penulis ingin ikuti sebenarnya adalah startup energi terbarukan. Memang mimpi penulis dari kecil adalah mengimplementasikan teknologi yang ramah lingkungan. Tapi mungkin penulis masih terlalu dini untuk melakukan implementasi teknologi untuk bidang usaha. Mengingat ilmu yang dimiliki penulis masih sangat-sangat sedikit. Jadi mungkin simpan dulu keinginan ini.

Merenungkan Ide Bisnis

Beberapa waktu lalu, penulis membeli smartphone baru Pocophone F1 (Pamer sedikit). Tapi sebelum-sebelumnya penulis banyak menonton review tentang smartphone. Dari unboxing, review, dan penilaian performanya.

Baca juga artikel penulis tentang unboxing.

Saat itu penulis malah tidak berfokus pada penilaian smartphone yang penulis pilih, melainan malah terkesima melihat unboxing smartphone yang elegan. Terutama iPhone, seperti cuci mata.

Di saat itu juga penulis disuguhi dengan pisang goreng buatan istri. Rasanya enak sekali, di sore hari buka youtube, sambil makan pisang goreng. Hmmmm :D.

Kenapa penulis tidak membuat olahan pisang ya? Penulis suka pisang, istri penulis bisa membuat olahan pisang. Dan juga penulis melihat Kaesang putra presiden RI sukses dengan “SANG PISANG”. Sepertinya penulis juga bisa membuat produk pisang olahan.

Nah, di momen ini lah penulis terpikir ide bisnis yang unik.

ide bisnins (Pisang Premium)
Gambar Ide Produk Pisang Premium

Ide Bisnis: Produk

Melihat dari artikel-artikel inspiratif tadi dan renungan ide bisnis penulis beberapa waktu belakangan ini, muncullah sebuah ide. Penulis namai ide bisnis ini “Pisang Premium”. Jadi pisang ini adalah pisang olahan, mungkin akan menjadi seperti nugget pisang. Tapi akan di pack layaknya packaging sebuah smartphone (agar kelihatan mewah seperti iphone).

Jika di dalam packaging smartphone ada accesories berupa headset, charger, buku panduan dan lainnya. Maka di produk ini penulis masukkan pisau, garpu, piring kecil, dan saus tambahan (mungkin coklat atau keju).

ide bisnis | isi produk
Gambar Isi dari produk pisang premium

Ide Bisnis: Pemasaran

Karena mungkin akan memiliki harga yang mahal karena banyak hal dalam produk tadi, maka sasaran konsumen penulis adalah para wisatawan yang mencari buah tangan (terutama wisatawan asing).

Jadi produk akan didistribusikan ke toko oleh-oleh di tempat-tempat wisata. Ataupun di tempat-tempat transportasi umum, seperti di terminal, bandara, stasiun dan lainnya.

Penutup

Hahaha, mungkin ini ide produk yang lumayan konyol. Tapi penulis ingin segera merealisasikan produk ini. Bukan sekedar mencari penghasilan, tetapi juga rasa puas atas sebuah karya, layaknya seorang pelukis berambisi membuat lukisan yang dia inginkan.

Semoga penulis dapat merealisasikan ide bisnis ini secepatnya. Aamiin. Terima kasih penulis ucapkan pada website MoneySmart, karena banyak artikelnya telah memotivasi penulis

Bagaimana kira-kira ide penulis? Bagaimana pendapat pembaca? Silakan tuliskan pendapat pembaca di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca.

More++

Baca juga tulisan penulis mengenai renungan ataupun pengalaman.

(Visited 138 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *