Menu Tutup

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja

Merebaknya virus COVID-19 yang menjadi pandemi bagi setiap orang dibelahan dunia mengakibatkan banyaknya aktivitas terganggu. Kebanyakan orang menghabiskan waktu didalam rumah untuk mencegah penyebaran virus. Bagi orang-orang yang sering menghabiskan waktu diluar rumah, kegiatan dirumah aja seringkali terasa membosankan. Untuk beberapa hari pertama digunakan untuk bersantai, beristirahat dari hiruk pikuk aktivitas keseharian. Tetapi jika sudah lama kelamaan dirumah aja pasti merasa bosan. Nah artikel ini akan menyarankan beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan saat dirumah aja.

Anda yang bekerja dari rumah atau populer dengan istilah WFH (work from home) pasti awalnya merasa “senang” kerja dari rumah. Makin kesini lama-lama rindu suasana kantor juga, rindu bersua dengan teman. Begitupun kalian para pelajar, pasti rindu berkumpul dengan teman-teman, belajar langsung dengan ibu dan bapak guru. Semoga pandemi ini segera berakhir ya guys. Dibalik pembatasan beraktivitas diluar rumah, ada hikmah yang bisa dilakukan didalam rumah. Salah satunya lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga tercinta. Jika merasa bosan diam dirumah dengan aktifitas itu-itu aja, berikut ini beberapa referensi kegiatan positif dan produktif yang bisa dilakukan ketika dirumah aja.

Berkebun

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
Mengisi pot tanaman menggunakan tanah yang telah dicampur pupuk

Kegiatan priduktif ketika dirumah aja yang pertama berkebun. Untuk Anda yang memiliki halaman rumah yang cukup luas, cocok sekali jika diperindah dengan bercocok tanam. Selain mengisi kegiatan ketika dirumah aja, berkebun juga menjadikan lingkungan Anda lebih hijau dan menghilangkan penat.

Jika Anda tidak memiliki area yang cukup luas untuk berkebun, cobalah bercocok tanam dengan metode hidroponik. Membuat rangkaian hidroponik sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba hal baru, mengulik perkakas sederhana dengan merangkai pipa air sedemikian rupa. Jika hidrophonik terlalu ribet, Anda jangan hawatir, saat banyak juga jasa penjual tanaman yang sepaket dengan pot tempat menanamnya.

Membaca Buku

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
Seorang anak membaca buku diatas sofa

Anda masih bingung mau ngapain ketika dirumah aja ? Cobalah membaca buku. Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat, sebab dengan membaca buku Anda dapat mengetahui banyak hal. Membaca buku baik itu buku fiksi ataupun non fiksi dapat mengurangi stress juga melatih untuk dapat menulis dengan baik. Dengan kata lain, jika Anda ingin menulis mulailah dengan membaca sebab dengan itu akan mempermudah Anda untuk menulis.

Untuk mengurangi aktfitas diluar rumah, Anda bisa membeli buku dengan daring. Banyak sekali online shop yang menjual buku-bukunya dengan harga yang cukup terjangkau di internet. Anda cukup menulis judul buku yang ingin dibeli selanjutnya akan muncul buku yang anda inginkan dari banyak penjual. Saat ini ada juga beberapa penerbit yang menyediakan buku gratis sebagai hadiah dari penulis. Anda bisa membacanya dengan mendownload secara gratis. Klik Disini untuk mengunduh buku gratis secara legal

Menulis Blog

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
Langkah pertama menulis blog

Jika Anda sengang membaca biasanya senang menulis pula. Untuk mengisi kegiatan saat dirumah aja, saya merekomendasikan kepada Anda untuk menulis. Anda dapat menulis cerita-cerita fiksi maupun nonfiksi yang ada dalam kepala Anda. Menulis pengalaman-pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Ataupun menulis artikel-artikel yang dapat bermafaat bagi banyak orang.

Ingin mulai nulis di blog, tapi suka bingung mau nulis apa ? Mulailah dengan tulisan yang ringan dulu, tulisan yang Anda sukai. Dengan berjalannya waktu, Anda akan menikmatinya. Menulis blog juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho. Lha gimana caranya? Anda bisa membacanya pada artikel ini Cara Membuat Blog

Videografi

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
Seorang wanita mengambil gambar menggunakan gawai

Bagi Anda yang suka ngulik, aktifitas videografi atau membuat video bisa menjadi salah saru referensi untuk mengisi kegiatan saat dirumah aja. Salah satu aplikasi android yang sedang populer saat ini yaitu aplikasi Tiktok. Banyak para selebritis membuat video tiktok hingga menarik penggemarnya. Tangan-tangna kreatif ini membuat vedeo-video tiktok yang cukup menghibur hingga banyak orang yang menyukainya di media social. Jika video Anda banyak yang melihat, ada kesempatan Anda mendapatkan uang dari sana. Selain untuk bersenang-senang, hal yang disukain dan mengasyikan ini juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah

Mengikuti Kelas Daring

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
Mencatat ketika kelas daring berlangsung

Kegiatan pembelajaran saat ini disediakan secara daring. Untuk mengisi kegiatan ketika dirumah aja, Anda dapat mengikuti kelas dari yang disediakan oleh berbagai instansi untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Seminar, ceramah, pelatihan saat ini disedian dalam bantuk daring melalui berbagai platform dan media social. Kelas daring ini kebanyakan memberikan wawasan baru agar dapat melalui kejadian pandemi saat ini yang merubah tatanan kehidupan masyarakat.

Belajar Bahasa Asing

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
Ungkapan selamat datang dari berbagai daerah

Mempelajari bahasa baru, baik itu bahasa asing mapuan bahasa daerah menjadi salah satu refernsi lain untuk mengisi kegiatan ketika dirumah aja. Hal ini cukup menyenangkan lho. Bahasa baru ini dapat membatu Anda berinteraksi ketika sauatu saat nanti Anda berlibur ke negara dengan bahasa yang Anda pelajari. Bahasa baru ini juga dapat Anda gunakan untuk berinteraksi di media social dengan teman dari negara yang Anda pelajari bahsanya.

Mencoba Resep Masakan Baru

Kegiatan Produktif Saat Dirumah Aja
mencoba resep masakan baru

Dimasa pendemi saat ini, sebagian besar orang melakukan aktifitas dirumah masing-masing. Oleh sebab itu, semua anggota keluarga berkumpul dirumah, sebagaian besar melaksanakan aktifitas dirumah dengna cara daring. Mencoba resep masakan baru untuk memanjakan perut ketika dirumah aja menjadi salah saru rekomendasi. Jika resep baru yang Anda coba haislnya memuaskan, Anda dapat menjualnya. Saat ini banyak juga kursu-kursus memasak yang disedianan via daring.

Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih rumah

Membersihkan rumah secara menyeluruh harus diperhatikan diera pandemi saat ini. Bersih-bersih rumah menjadi salah satu kegiatan yang direkomendasikan ketika berada di rumah. Memberishkan pekarangan rumah, ruang tamu, membereskan barang-barnag yang seering tidak terpakai, menata kembali ruang tamu dan masih banyak lagi kegiatan bersih-bersih yang dapat Anda lakukan ketika dirumah aja.

Berjualan Daring

Berjualan daring

Berjualan daring ini cukup menjanjikan dimasa pandemi saat ini. Kebanyakan orang melakukan aktivitas dirumah aja, tempat belanja seperti mall ditutup sementara sehingga sebagian dari mereka menjual produknya dengan cara daring. Produk yang dijual secara dari ini dipasarkan melalui media social seperti instagram ataupun facebook, tetapi Anda juga bisa menjualnya di berbagai market palce seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan lainnya.

Berolahraga

Melakukan yoga

Berolahraga dimasa pandemi ini harus diperhatikan agar kesehatan Anda tetap stabil. Untuk saat ini Anda tidak bisa berolah raga pergi ke tempat gym. Berolahraga dengan gerakan-gerakan yang bisa dilakukan dirumah, seperti senam, yoga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penutup

Sekian artikel mengenai kegiatan produktif saat dirumah aja. Meskipun tetap harus diam dirumah, jangan sampai waktu yang dilalui terlewati begitu saja. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan agar kegiatan dirumah aja tetap produkfit. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari isi atau penulisan artikel. Semoga artikel ini bermanfaat.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram dan lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan. 🙂

(Visited 67 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *