Menu Tutup

Kirim motor dari Tasik-Jakarta via KA | Pengalaman

Kali saya akan berbagi Pengalaman kirim motor dari Tasik-Jakarta via KA (Kereta Api) yang terjadi pada tanggal 7 November 2020. Melalui artikel ini saya harap dapat berbagi Pengalaman kirim motor dari kota mana pun melalui Kereta Api. Akan saya ceritakan pula bagaimana persiapannya hingga mengambil motor di Kota yang hendak dituju, berapa ongkos kirimnya, perbandingan beberapa jasa pengirim lainnya dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Perbadingan beberapa jasa pengiriman

Sebelum saya memutuskan mengirimkan motor melalui Kereta Api, saya dan suami bertanya ke beberapa jasa pengiriman untuk dijadikan bahan pertimbangan. Ada 3 jasa pengiriman yang menjadi bahan pertimbangan, ketiganya mempunyai kelebihan maupun kekurangan.

Ekspedisi yang sudah terkenal

Yang pertama, jasa pengiriman menggunakan salahsatu ekspedisi pengiriman yang sudah terkenal. Ekspedisi ini akan mengirimkan motor langsung ke rumah orang yang dituju. Biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan motor dari Ciamis ke Jakarta Selatan dari mulai asuransi, jasa packing dan lainnya kurang lebih Rp. 700.000,-. Persyaratan yang dibutuhkan adalah surat jalan dari kapolsek, menunjukkan BPKB asli dan STNK asli, fotocopy KTP dan STNK. Waktu yang dibutuhkan paling lama hingga 7 hari.

Travel

Yang kedua, menggunakan jasa travel. Kebetulan didaerah sekitar rumah saya ada pihak yang menyediakan jasa travel. Pihak ini tidak menuntut persyaratan apapun, sebab pengirim bisa ikut kedalam mobil travelnya. Dengan kata lain, kita bisa satu mobil dengan kendaraan kita. Jasa ini mengantarkan barang dan penumpangnya dari rumah pengirim langsung ke rumah yang akan dituju. Biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan penumpang beserta kendaraan bermotor dari Ciamis ke Jakarta Selatan Rp 650.000,-. Namun kendalanya, dalam satu minggu kendaraan travel ini hanya berangkat 2 kali yaitu hari jumat dan hari minggu. Karena pemberangkatan pertama sudah ketinggalan dan pemberangkatan ke dua terlalu lama, jadi kami tidak menggunakan jasa travel ini.

Jasa Pengiriman KA Logistik

Ketiga menggunakan jasa pengiriman Kereta Api Logistik dari Tasikmalaya. Awalnya saya tidak berniat menggunakan jasa pengiriman ini, namun ketika hendak perjalanan pulang setelah ada keperluan di kota Tasik, saya iseng saja bertanya. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengirim kendaraan bermotor dari stasiun Tasikmalaya ke Stasiun Pasar Senen Jakarta Rp 400.000,- sudar termasuk biaya pengemasan berikut pengiriman helm. KA Logistik berangkat dari Kota Tasikmalaya setiap pukul 20.00 malam, namun barang harus segera masuk maksimal pukul 18.30 agar ada jeda untuk pengemasan dan lainnya. Jasa pengiriman ini tidak menyediakan asuransi, tetapi kendaraan insyaallah aman, asalkan syarat-syarat yang diperlukan terpenuhi. Akhirnya setelah beberapa pertimabangan, kami memutuskan untuk menggunakan jasa KA Logistik ini, sebab kereta berangkat setiap hari.

Diluar Rencana

Pada hari Jumat, kami telah memutuskan untuk mengirim kendaraan bermotor menggunakan jasa KA Logistik yang akan berangkat pukul 08.00 malam. Agar waktu tiba kami dengan kendaraan sama, kami pun mencari pemberangkatan KA pukul 20.00 via Traveloka. Pemberangkatan pukul 20.00 dari Tasikmalaya ada, tiba pukul 04.33 di Stasiun Pasar Senen. Tanpa pikirpanjang, kamipun segera memberi tiket kereta untuk 2 orang, dengan terlebih dahulu membaca ketentuan pejalan menggunakan KA selama pandemi.

Dalam aplikasi ini, menyebutkan calon penumpang harus dalam keadaan sehat, tidak memiliki gejala flu, menggunakan face shield dan masker selama perjalanan, membawa hand sanitizer, dan mengungduh aplikasi peduli lindungi. Kami sudah berupaya memenuhi persyaratan ketentuan perjalanan yang dicantumkan dalam aplikasi.

Kami sudah bimbang, perlu rapid tes atau tidak, atau ada persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan pejalan KA, tetapi dalam aplikasi ini tidak mencantumkan wajib rapid tes terlebih dahulu atau mencantumkan surat keterangan lainnya. Sehingga tanpa pikir panjang, kami pun langsung memesan tiket kemudian membayarnya menggunakan m-Bangking dengan waktu pemberangkatan berbarengan dengan KA Logistik yaitu pukul 20.00 Hari Jumat.

Setelah suami selesai meeting karna lagi WFH, sekitar pukul 17.30 doi pergi ke KA Logistik yang tempatnya berada tepat disamping stasiun KA Tasikmalaya. Karena waktu itu gerimis, saya pergi ke tasik diantar keluarga menggunakan mobil karena dikhawatirkan barang-barang kehujanan jika berangkat menggunakan motor.

Setibanya ditasik, kendaraan bermotor dapat diserahkan dengan lancar sesuai rencana. Tiket kereta pun telah dicetak karena sebelumnya diberi secara daring, namun suami merasa ada yang aneh soal pemberangkatan, kenapa bepergian menggunakan kereta semudah itu, padahal masa pandemi belum berakhir. Akhirnya saya pun bertanya lagi ke bagian Loket, ternyata untuk bepergian menggunakan KA harus dilengkapi surat keterangan sehat atau keterangan telah melakukan rapid tes. Sayapun merasa heran, sebab sudah saya baca dengan teliti, di aplikasi Traveloka tidak mencantumkan persyaratan tersebut. Akhirnya saya membatalkan pejalan menggunakan KA pada malam itu, uang tiket tetap kembali 100% karena memang sebelumnya telah diasuransi.

Karena tidak bisa berangkat menggunakan KA, kita pun bergegas pergi ke Pol Primajasa untuk pergi ke Jakarta. Jadi motor diantar menggunakan kareta, sedangkan kami pergi ke Jakarta menggunakan bis, yang pada akhirnya tidak sesuai rencana, tapi ini pasti yang terbaik. Kami tiba di Jakarta pukul 03.00 pagi, lebih cepat dari kedatangan kereta yang berangkat pukul 20.00 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 04.33.

Pengambilan Motor di Stasiun Pasar Senen

Pengalaman kirim motor dari Tasik ke Jakarta via KA
Resi Pengambilan barang

Pengambilan Motor dapat dilakukan sejak pukul 09.00, karena kami tiba lebih cepat, pukul 07.00 kita sudah menunggu di depan kantor KA Logistik. Tapi beruntunglah kami bertemu dengan petugas KA Logistiknya, sehingga pengambilan Motor bisa dipercepat. Pukul 07.00, barang-barang sedang dalam tahap penurunan dari gerbong.

Oiya, FYI kantor KA Logistik di Stasiun Pasar Senen ada 2, kantor lama dan kantor baru. Kantor baru terletak di sebrang jalan KA Logistik. Sedangkan kantor lama terletak disampik pintu masuk Stasiun Pasar Senen. Pengambilan Motor dilakukan di kantor KA Logistik yang lama.

Pengalaman kirim motor dari Tasik ke Jakarta via KA
Kantor KA Logistik lama

Q&A Soal Pengiriman Motor

Saya akan menyajikan beberapa pertanyaan yang sering muncul sebelum dilakukan pengiriman kendaraan bermotor menggunakan jasa KA Logistik. Pertanyaan ini akan dijawab sesuai dengan pengalaman saya.

Maksimal penyerahan barang untuk dikirim ke KA Logistik jam berapa ?

Kereta berangkat dari Stasiun Tasikmalaya pukul 20.00, maksimal penyerahan barang ke KA Logistik pukul 18.30, agar ada waktu untuk dilakukan pengemasan.

Barang bisa langsung diambil setelah tiba di Kota yang dituju ?

Pengambilan barang bisa dilakukan sekitar pukul 09.00, sebab meskipun kereta tiba pukul 04.33, petugas KA Logistik membutuhkan waktu untuk penurunan barang dari gerbong kereta. Ketika pengambilan barang akan ditanya KTP orang yang mengirim motor.

Persyaratan untuk kirim motor menggunakan jasa KA Logistik apa aja ?

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengirim motor menggunakan jasa KA Logistik adalah surat-surat kendaraan bermotor, bisa fotokopi maupun yang asli.

Bensinnya dikosongkan apa tidak ?

Sebagai pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan seperti kebakaran, bensin dalam kendaraan dikosongkan, tetapi tidak sampai kosong sekali, tersisa 1 bar. Meskipun dikosongkan, Anda tidak perlu hawatir, sebab banyak penjual bensin disekitar KA Logistik.

Penutup

Sekian artikel mengenai Pengalaman kirim motor dari Tasik-Jakarta via KA, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan Anda ketika hendak mengirimkan kendaraan bermotor melalui jasa KA Logistik. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Pengalamanhttps://varminz.com/category/pengalaman/ lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media sosial facebook, twitter. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂 kirim motor dari Tasik-Jakarta via KA

(Visited 8 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *