Menu Tutup

Mengenal dr Zaidul Akbar | Awal Mula Penggiat JSR

Bagi Anda yang sudah menerapkan pola hidup sehat dengan Jurus Sehat Rasulullah tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok seorang dokter bernama dr. Zaidul Akbar. Beliau adalah seorang dokter yang bergerak dibidang pengobatan islam. Melalui akun instagram dan buku berjudulu Jurus Sehat Rasulullah, beliau mengenalkan pola hidup sehat berdasarkan contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Melalui artikel ini, Anda dapat mengenal dr Zaidul Akbar dan mengapa beliau menjadi penggerak pola hidup sehat seperti saat ini.

dr. Zaidul Akbar adalah seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang angkatan 1997 lulus tahun 2003. Beliau berasal dari Jambi, tepatnya di Jalan Amangkurat Kelurahan Tanjung Sari, Jambi Timur. dr. Zaidul Akbar seorang pria kelahiran 30 November 1977 ini sebelumnya pernah menjadi dokter umum dan praktek di sebuah rumah sakit di Balikpapan dan Jakarta. Saat ini beliau tinggal di Jakarta dan tengah sibuk mengisi acara sebagai pembicara di seminar-seminar, penceramah dalam hal kesehatan, juga sebagi ketua Asosiasi Bekam Indonesia. dr. Zaidul Akbar menikah dengan dr. Efanna Yogiyanti, keduanya sama-sama berprofesi sebagai dokter, mereka dikaruinai tiga orang anak.

Awal Mula Menjadi Penggiat JSR

dr. Zaidul Akbar mulai dikenal masyarakat luas sebagai pembicara menjaga kesehatan dengan mengagas JSR (Jurus Sehat Rasulullah). Beliau pada mulanya adalah seorang dokter umum yang bekerja di rumah sakit. Setiap harinya pasien yang berobat semakin banyak, bukannya semakin berkurang. dr. Zaidul Akbar berfikir pasti ada yang salah dengan pola hidup yang dijalani orang-orang saat ini. Masalah lain yang menjadi sumberk kegelisahan dr. Zaidul Akbar hingga terjun ke dunia Jurus Sehat Rasulullah (JSR) adalah perkara kehalalan obat.

dr. Zaidul Akbar

Orang yang sakit kemudian pergi berobat ke rumah sakit atau ke dokter pasti akan diberikan resep obat yang akan dikonsumsi oleh pasien. dr. Zadul Akbar yang telah bekecimpung di dunia kesehatan merasa beberapa jenis obat yang dikonsumsi ini belum kelas halal haram nya. Islam merupakan agama yang sempurna dan paripurna dengan pengaturan yang lengkap termasuk soal kesehatan dan pengobatan. Masalah halal haram sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang terutama umat muslim. Karena selain diperhitungkan kebermanfaatannya, juga diperhitungkan dunia dan akhiratnya.

dr. Zaidul Akbar berpendapat semua syariat yang diajarkan pada aktivitas dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali berdampak menyehatkan. Sebagaiman yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, pola hidup beliau adalah contoh pola hidup sehat bagi manusia. Menurut dr. Zaidul Akbar, hal-hal mengenai pola hidup sehat Rasulullah ini sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut dan tentunya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. dr. Zaidul Akbar menyebutkan

“Sehat adalah efek samping buah dari ketaatan seseorang menerapkan semua syariat dalam agama. Mereka yang rajin menerapkan semua contoh dan aturan pasti sehat. Tuhan Maha Tahu yang kita butuhkan dan kita bergerak dari situ. Kembali kepada Allah SWT dan petunjuk dari Nabi Muhammad SAW”- dr. Zaidul Akbar.

Ketika seorang muslim menjalankan seluruh perintah Allah di setiap pundi-pundi kehidupannya sesuai dengan petunjuk dari Nabi Muhammad SAW pasti ia mendapatkan yang terbaik untuk dirinya, begitupun perkara kesehatan. Manusia hidup untuk memenuhi tugas sebagai hamba-Nya dengan beribadah, ibadah yang baik akan menjadi obat dalam setiap keberlangsungan hidupnya.

Terapi Sehat ala Rasulullah SAW

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semua orang sepakat dengan pepatah tersebut, terlebih biaya pengobatan saat ini semakin melunjak. Tetapi sakti bukan datang dengan sendirinya, sakit datang dari pola makan dan kebiasaan hidup yang tidak sesuai dan sering tidak disadari. Pengobatan saat ini kebanyakan menggunakan pendekatan kimia. Tetapi berbeda dengan dr. Zaidul Akbar, beliau menggunakan pengobatan berbasis agama pada pasiennya.

Puncak dari segala penyakit adalah makanan. Artinya, jika seseorang sakit maka ada yang salah dengan apa yang dimakannya. Untuk mengobatinya, dr. Zaidul Akbar menganjurkan untuk memperbaiki pola makannya setiap hari dengan mencontoh pola makan dan gaya hidup Rasulullah SAW. Sebelum makan makanan berat, Rasulullah selalu makan buah terlebih dahulu. Selain itu, Rasulullah membagi porsi lambungnya untuk makanan padat, cari dan gas, sehingga makanan yang ia makan hanya 1/3 dari kemampuan isi lambungnya.

Pasien dr. Zaidul Akbar ketika sakit tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat kimia. Beliau lebih menganjurkan pasiennya untuk melakukan bekam sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah. Selain itu, pasien juga diberikan obat herbal dan terapi yang cocok sesuia dengan apa yang dikeluhkan pasien. Indonesia adalah negara yang kaya akan tanaman herbal, tetapi sayangnya potensi ini belum dikebangkan maksimal.

Tanaman herbal sangat melimpah di Indonesia

Kebanykana umat muslim pun belum sadar akan khasiat tahajud, puasa bahkan sedekar seperti yang diajarkan oleh Rasulullah. Itu semua menimbulkan khasiat yang baik bagi tubuh. Selain diterapkan kepada pasiennya, pola hidup sehat Rasulullah juga diterapka kepada keluarganya. dr. Zaidul Akbar memiliki tiga orang anak. Mereka selalu mengkonsumsi madu dan kurma untuk mencegah sakit. Ketika keluarga dr. Zaidul Akbar sakit, terlebih dahulu mengkonsumsi obat herbal untuk menguatkan daya tahan tubuh. Obat dipakai apabila sudah sangat perlu misalkan panas atau demam tinggi.

mengenal dr. Zaidul Akbar
Kurma dan madu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari

Harapan dr. Zaidul Akbar, masyarakat Indonesia bisa jauh lebih sehat dengan melimpahnya tanaman-tanaman herbal di Indonesia. Beliau berkeyakinan suatu saat pengobatan islam akan sejajar dengan pengobatan konvensional tanpa perlu bersinggungan, kerena keduanya memiliki porsi masing-masing. Suatu saat pengobatan herbal dan konvensional bisa bersinergi, sehingga masyarakat bisa memilih pengobatan yang hendak dijalani.

Alasan Menjadi Dokter Islami

dr. Zaidul Akbar sebelumnya telah bekerja sebagi dokter umum di salah satu rumah sakit. Saat ini beliau lebih banyak mengisi seminar, ceramah dan juga memberikan terapi kepada pasien dengan konsep pengobatan islami. Ia memutuskan beralih menjadi seorang dokter dengan pengobatan islami karena menurutnya belum banyak orang yang berkecimpung di bidang ini.

Mendalami pengobatan secara islami menurut dr. Zaidul Akbar sangat menarik, beliau dapat menemukan dunia dan akhirat dalam bidang ini. Awal mula fokus pada pengobatan islami, beliau mempelajari agama islam kemudian beliau menemukan hal yang menarik dari dunia kesehatan islam yang harus digali.

mengenal dr.zaidul akbar
Terapi bekam

dr. Zaidul Akbar adalah ketua Asosiasi Bekam Indonesia. Beliau berpendapat semua penyakit bisa disembuhkan dengan terapi bekam kecuali ada kontra dan indikasinya. Beliau melakukan bekam dengan SOP yang telah ditentukan, tidak sembarang orang dapat dibekam. Orang yang dapat dibekam dilihat dari beberapa faktor, diantaranya faktor usia, kondisi tubuh, orang yang mengalami hipotensi tidak dapat dibekam karena akan memperburuk kondisi tubuh.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai artikel mengenal dr Zaidul Akbar. Semoga artikel mengenal dr Zaidul Akbar ini dapat memberikan informasi mengenai sosok dr. Zaidul Akbar yang memberikan inspirasi serta motivasi untuk melakukan pola hidup sehat sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah. Mohon maaf apabila dalam artikel ini terdapat kesalahan baik dari penulisan ataupun isi artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagram, whatsapp. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 226 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *