Menu Tutup

Nomor Identitas yang Harus Dijaga Kerahasiaanya

Menjaga kerahasiaan nomor identitas sangatlah penting. Dijaman media socian saat ini, sering tidak kita sadari mengunggah data pribadi yang justru ini akan memberikan akibat buruk penyalahgunaan data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Data diri yang diketahui banyak orang secara umum, dapat disalahgunakan untuk kepentingan pribadi tanpa kita ketahui. Akibat buruk jika hal ini terjadi, kita harus bertanggung jawab atas perkara-perkara yang tidak diketahui sebelumnya, karena data pribadi telah digunakan tanpa sepengetahuaan pemiliknya. Lalu apa saja nomor identitas yang harus dijaga kerahasiaanya ? Artikel ini akan membahas beberapa nomor identitas yang perlu dijaga kerahasiaanya, serta kasus apa saja yang akan terjadi dari penyalahgunaannya .

Kehati-hatian untuk mengunggah data pribadi ke mediasocial perlu diperhatikan saat ini. Dta pribadi sebainya dilindungi oleh kita sendiri, jangan terlalu mengumbar hal-hal seputar data pribadi pada media social sepetri facebook, instagrtam, whatsapp, dan laiinya. Bisa saja tidak kita sadari, identitas pribadi disalahgunakan untuk hal-hal yang cukup sensitif. Berikut ini beberapa nomor identitas yang perlu dijaga kerahasiaannya.

NIK (Nomor Induk Kependudukan)

NIK (Nomor Induk Kependudukan) merupakan nomor unik dan khas, tunggal dan melekat pada identitas Penduduk Indonesia yang terdaftar pada Dinas Kependudukan. NIK ini berlaku seumur hidup. NIK terdiri dari 16 digit yang memuat kode penyusuan informasi berikut:

2 digit awal merupakan kode provinsi, 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten, 2 digit sesudahnya kode kecamatan, 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40), lalu 4 digit terakhir merupakan nomor urut yang dimulai dari 0001

  • 2 digit awal menjadi kode provinsi
  • 2 digit setelahnya kode kota/kabupaten
  • 2 digit sesudahnya kode kecamatan
  • 6 digit selanjutnya tanggal lahir (hhbbtt, untuk wanita tanggal ditambah 40)
  • lalu 4 digit terakhir merupakan nomor urut dimulai dari 0001
informasi pada NIK

Karena NIK memuat info-info penting dan menjadi identitas yang melekat pada setiap Penduduk Indonesia yang terdaftar di Dinas Kependudukan, perlu dijaga kerahasiannya. Setiap penduduk hanya memiliki 1 NIK seumur hidupnya.

Begitu pentingnya NIK sebagai nomor unik identitas diri ini seringkali disalahgunakan. Ada beberap kasus yang saya baca akibat penyalah gunaan NIK.

Pertama, kasus seorang pemiliki NIK yang terdaftar nomor telepon seluler hingga 50 lebih, padaha pemilik NIK tersebut tidak tahu menahu tentang itu.

Kedua, pendaftaran BPJS Kesehatan untuk mencairkan dana KIS. Pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan data NIK yang cukup banyak untuk pencairan dana, padahal seluruh pemilih NIK tidak tahu menahu akan hal itu

Ketiga, menyamar sebagai mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan memintan penduduk swafoto dengan KTP kemudia meminta data pada KTP termasuk NIK. Ternyata mahasiswa tersebut menyalahgunakan data tersebut untuk melakukan pinjaman online tanapa sepengetahuan pemilik KTP. Alhasil pemilik KTP tersebut mendapatkan imbasnya tanpa melakukan peminjaman sepeserpun.

Paspor dan Tiket Pesawat

Unggahan Paspor dan tiket pesawat yang memuat informasi penting

Saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat, kita perlu menjaga data penting yang berada dalam paspor dan tiket pesawat. Dalam paspor dan tiket pesawat berisi data-data pribadi yang sangat penting. Trens saat ini, mengunggah paspor dan tiket pesawat kedalam media social untuk memperlihatkan akan melakukan perjalan jauh, baik itu untuk liburan ataupaun perjalanna bisnis.

Pada tahun 2016 pernah terjadi pembajakan data penerbangan akibat banyaknya penumpang mengunggah paspor beserta tiket pesawat. Dalam tiket pesawat, terdapat nomor kursi dan nomor penerbangan yang dapat disalahgunakan oleh hacker untuk mengubah nomor kursi atau jadwal penerbangan seseorang. Hal ini tidak hanya merugikan orang yang hendak melakukan penerbangan, tetapi juga pihak maskapai yang harus memperbaiki data penting tersebut dan berpengaruh terdahap data-data lainnya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kerahasiaan paspor berserta tiket pesawat, sebab didalamnya terdapat nomor series yang bisa disalahgunakan.

Plat Nomor Kendaraan

Nomor Identitas yang Harus Dijaga Kerahasiaanya

Ketika melakukan swafoto dengan kendaraan Anda, atau mempromosikan kendaraan yang hendak Anda jual, sebainnya plat nomor kendaraan disensor. Sebab plat nomor pada kendaraan ini terhubung dengan data STNK yang mencantumkan data diri pribadi seperti alamat rumah, NIK dan yang lainnya. Hal yang sering kita tidak sadari ini, bisa saja digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti kasus berikut ini.

Saat ini pemerintah mulai memberlakukan tilang elektronik. Tilang elektronik ini menggunakan kamera sebagai alat bantu dengan merekam kesalahan disertai plat nomor kendaraan. Dengan nomor unik pada plat nomor tersebut, pihak kepolisian dapat mengetahui data diri pemiliki kendaraan. Surat tilangpun dikirim ke alamat dengan pemilik plat nomor tersebut. Ternyata ia tidak melakukan kesalahan apa-apa, diwaktu dan tempat yang menjadi lampiran surat tilang, ia sedang ditempat lain. Selain itu juga, warna kendaraan berbeda antara kendaraan yang melakukan kesalahan dengan kendaraaan yang diberikan surat tilang.

Plat nomot kendaraan juga seringkali disalahgunakan oleh para pelaku pencurian kendaraan bermotor maupun mobil. Kendaraan hasil curiannya segera diganti menggunakan plat nomor dengan nomor series yang sama dengan kendaraan lain yang bukan hasil curian. Hal seperti ini dilakukan agar ketika plat nomor tertangkan kamera tilang elektronik, plat nomor dengan kendaraan tersebut memiliki identitas yang lengkap di kepolisian.

Nomor Hp

Nomor Identitas yang Harus Dijaga Kerahasiaanya
Nomor Hp

Saat ini, nomor Hp menjadi hal yang cukup sensitif apabila terlalu disebar luaskan. Lain hal nya jika Anda seorang pebisnis, atau pelaku usaha. Nomor Hp Anda tentu harus disebar luaskan agar pembeli dapar segera menghubungi Anda. Maka sebaiknya, pisahkan nomor Hp untuk bisnis dengan nomor Hp pribadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Layanan dompet elektronik atau e-wallet kebanyakan terkoneksi dengan nomor Hp. Untuk memferivikasi data diri, pihak e-wallet seringkali mengirimkan kode OTP kepada nomor telepon untuk mengakses aplikasi. Penyalinan nomor telepon dengan mudah bisa dilakukan oleh mereka yang hendak membobol uang pada dompet elektornik Anda dengan nomor OTP yang telah dikirimkan. Oleh sebab itu, maka sebaiknya berhati-hatilah menyebarluarkan nomor Hp. terlebih nomor Hp tersebut telah terkoneksi dengan e-wallet ataupaun layanan vital lainnya yang berpotensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Penutup

Sekian artike mengenai Nomor Identitas yang Harus Dijaga Kerahasiaanya. Beberapa nomor identitas yang telah dibahas diatas meliputi NIK, Paspor dan tiket pesawat, Plat nomor, dan nomor Hp perlu dijaga kerahasiaanya dan lebih berhati-hati jika hendak diungga ke media social. Ketika hendak diunggah, sebaiknya nomor-nomor diatas disensor saja, agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi ataupun penulisan artikel.

Burung irian, burung cendrawasih

Cukup sekian, dan terimakasih 🙂

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social facebook, twitter, instagaram, whatsapp dan yang lainnya. Lebih banyak yang tahu lebih menarik bukan 🙂

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *