Menu Tutup

Pengalaman Daftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)

daftar cpns

Pengalaman daftar CPNS – Menjadi seorang pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi impian sebagian orang di Indonesia. Banyak orang berbondong-bongong mendaftar untuk menjadi anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) setiap tahunnya. Bagaimana tidak, dengan gaji dan tunjangan yang cukup menjanjikan tentu menjadi impian banyak orang.

Penulis akan menceritakan pengalaman pertama penulis dalam melakukan daftar CPNS. Orang yang telah lulus CPNS disebut sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara). Pendaftaran CPNS dibuka oleh BKN atau Badan Kepegawaian Negara. Penulis mendaftar CPNS pada tahun 2018. Pada tahun ini, BKN membuka peluang menjadi ASN cukup besar di berbagai bidang, baik bidang kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Tahap Mencari Informasi

Tahap persiapan menjadi penting untuk mendaftar CPNS. Persiapan matang akan menjadi bekal yang cukup. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mendaftar CPNS. Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar CPNS diantaranya administrasi seperti fotokopi ijazah, ktp, persiapan untuk menghadapi tes dan laiinya.

Dibawah ini akan penulis ceritakan persiapan yang penulis lakukan untuk mendaftar CPNS

Mencari Informasi Pendaftaran

Informasi pendaftaran CPNS biasanya pertamakali dishare di surat kabar melalui wawancara yang dilakukan dengan pihak BKN. Informasi pendaftaran banyak juga dishare di media social seperti instagram, twitte, facebook dan lainnya.

Untuk mencari informasi paling uptodate mengenai pendaftaran CPNS, ada baiknya follow akun-akun yang memberikan informasi mengenai CPNS. Akun-akun yang sering memberikan informasi perihal CPNS banyak ditemukan di instagram misalnya di @bkn.co.id ataupun di twitter.

Penulis follow akun bkn yang resmi di instagram dan dari sana sering membagikan informasi mengenai CPNS. Ketika itu pendaftaran CPNS 2018 dibuka pada bulan September 2018. Setelah pendaftaran dibuka, sering sekali terjadi gangguan atau error sebab banyak sekali orang yang sedang membuka situs pendaftaran. Sebaiknya melakukan pendaftaran ketika malam hari dan lakukan pendaftaran di PC jangan di HP. Jika mendaftar di HP ditakutkan terdapat kesalahan ketika menginput data.

Mencari Informasi Persyaratan

Setelah mengetahui jadwal pendaftaran CPNS, selanjutnya penulis mencari informasi persyaratan. Persyaratan yang perlu dipersiapkan berupan scan ijazah, transkip, KTP, dan beberapa persyaratan khusus sesuai dengan bidang yang didaftarkan.

Ketika melakukan pendaftaran, persyaratan yang dipersiapkan akan diupload. Jika persaratan telah dipersiapkan, akan lebih mudah dalam proses upload. Selain itu ketika pendaftara akan mangisi data diri pribadi dan data diri pendidikan.

Mencari Informasi Tahapan Seleksi

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya mencari informasi tahapan seleksi terlebih dahulu. Sebelum penulis mendaftar CPNS penulis mencari informasi tahapan seleksi terlebih dahulu. Ada 3 tahapan seleksi untuk lolos menjadi seorang ASN, tahapan pertama seleksi administrasi yang dilakukan dengan online. Jika administrasi lolos akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu TKD (Tes Kompetensi Dasar) yang dilakukan dengan mengerjakan soal pada komputer.

Karena pendaftaran CPNS masuk kedalam tahap seleksi administrasi maka sebaiknya pendaftaran harus dilakukan dengan benar. Sebab banyak para pendaftar yang keliru memasukan data sehingga tidak lolos tahap adminstarsi

Mencari Informasi Instansi yang Akan Dituju

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya mencari informasi instansi yang dituju. Penulis mencari informasi mengenai kuota ASN yang dibutuhkan serta banyaknya peserta yang daftar pada tahun-tahun sebelumnya. Semakin sedikit pendaftar pada instansi yang dituju, semakin banyak peluang untuk diterima.

Ada banyak sekali instansi yang membuka pendaftaran ASN. Penulis mendaftar pada bidang pendidikan untuk menjadi guru. Setiap sekolah membuka pendaftara ASN melalui instansi pemerintah daerah. Misalkan penulis mendaftar ke SMAN 2 Ciamis, sekolah ini masuk pada instansi Pemerintak Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Ada juga sekolah yang termasuk pada instasi daerahnya. Misalkan untuk sekolah yang di Banjar, ada yang masuk instansi Pemprov Jabar, ada yang masuk instansi Pemerintah Kota Banjar (Pemkot Banjar). Sebelum mendaftar pastikan dulu sekolah yang dituju berada pada instansi mana.

Setelah penulis mengetahui mengenai jadwal pendaftaran CPNS dan informasi apa saja yang perlu dipersiapkan, penulis melakukan pendaftaran CPNS. Ketika itu penulis mendaftar lima hari setelah pendaftaran dibuka pada malam hari sekitar pukul 10 malam. Pendaftaran tidak langsung berhasil, mungkin masih banyak orang yang membuka situd pendaftaran CPNS. Penulis mencoba mendaftar kembali keesokannya pada jam 04.30 setelah solat subuh. Pada jam ini, pendaftaran cukup lancar dan tidak terlalu lelet.

Tahap Seleksi Administrasi (Daftar CPNS)

berkas administrasi | daftar CPNS
Gambar Berkas via ipangbrow.com

Seleksi administrasi dilakukan ketika proses pendaftaran. Artinya ketika mendaftar, itu sudah masuk tahap seleksi administrasi maka harus dilakukan dengan benar. Pendaftaran dilakukan dengan online, ada beberapa data diri yang perlu di isi dengan benar. Seperti no kk, no KTP, tanggal lahir dan lainnya.

Sebelum melakukan pendaftaran penulis mempelajari dulu tahapan seleksi pendaftaran sehingga ketika mendaftar tidak terlalu bingung. Setelah mengisi data diri, selanjutnya memilih instansi yang dituju. Inilah tahap yang mulai membingungkan. Akhirnya dengan banyak pertimbangan penulis memilih instansi SMAN 2 CIAMIS untuk dituju.

Untuk bidang keguruan jika memiliki akta IV akan memiliki nilai tambah. Sayang sekali meskipun penulis lulusan keguruan, ketika tahun angkatan penulis ada kebijakan berbeda. Lulusan keguruan pada lulusan tahun 2018 tidak memiliki akta IV. Untuk mendapatkan akta IV harus kuliah lagi 1 tahun di universitas yang membuka PPG (Program Profesi Guru). Penulis sudah kahwatir sebab tidak memiliki akta IV.

Tetapi pada akhirnya akta IV hanya menjadi nilai tambah. Pada tahap adminstrasi banyak pendaftar yang lolos. Adapun yang tidak lolos disebabkan karena mengisi data yang tidak valid dan kesalahan teknis laiinya.

Tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Foto Tes via freepik.com

Tahap ini menjadi tahap yang paling panjang dari pengalaman penulis daftar CPNS. Atau inti dari melakukan daftar CPNS, karena pada tahap ini kemampuan semua pendaftar diuji.

Tahap Persiapan

Banyak peserta CPNS yang lolos pada tahap administrasi, sehingga pada tahap TKD (Tes Kompetensi Dasar) peserta yang mengikuti cukup banyak pula. Untuk mempersiapkan TKD harus banyak latihan. Penulis mempersiapkan TKD dengan mengerjakan soal-saol latihan dari buku tes CPNS, soal-soal tahun sebelumnya dan soal-soal yang sering ada di internet.

Dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) dibagi menjadi 3 tes lagi ada Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi). Penulis lebih sering latihan soal mengenai TIU dan TWK. Untuk tes TIU berisi materi tentang matematika dasar dan beberapa model-model gambar, agar lebih memahami perlu mengerjakan latihan soal.

Selain TIU, penulis juga mengerjakan latihan soal TWK. Tes Wawasab kebangsaan ini berisi materi mengenai Pancasial, Undang-undang, BPUPKI dan lainnya. Sehingga agar lebih paham untuk materi TWK harus lebih banyak membaca dan menghafal.

Sedangkan untuk SKP penulis kurang banyak latihan soal. Tes Karakteristik Pribadi menyajikan soal tentang memilih pendapat, menyelesaikan kasus dan lainnya. Penulis kira tes ini tidak perlu latihan soal atau apa, mungkin tidak akan terlalu sulit. Tetapi pada kenyataan ketika tes, TKP lebih sulit dibanding tes yang lainnya.

Pelaksanaan SKD

Setelah dinyatakan lolos tahap adminstrasi, selanjutkan tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelaksanaan tes SKD terdapat di beberapa daerah tergantung instansi yang dilamarnya. Penulis melamar ke Instansi di Pemprov Jabar, pelaksanaan tesnya di Sport Jabar Arcamanik Bandung.

Tempat pelaksanaan tes SKD cukup luas, sebanding dengan peserta yang jumlah nya ribuan orang. Pelaksanaan tes dibagi menjadi 3 sesi, sesi pagi, siang dan sore. Penulis dijadwalkas tes pada hari pertama, karena ada beberpa kendala, jadi waktu pelaksanaanya tidak sesuai. Sehingga waktu pelaksanaan tidak sesuai dengan yang dijadwalkan.

Penulis dijadwalkan selesai tes pukul 15.00 tetapi saking banyaknya orang dan kepotong ini itu, penulis baru selesai tes pukup 21.00. Untuk daftar ulangpun harus mengantri hingga 2 jam lebih, saking banyaknya peserta CPNS. Meskipun menimbulkan kesengsaraan ada hikmah yang bisa diambil dari sini. Penulis dapat berkenalan dengan beberapa orng dari berbagai daera. Banyak juga peserta CPNS yang berasal dari luar Jabar.

Tes SKD dilaksanakan pukul 19.30 setelah solat isya, padahal penulis sudah mulai mengantri dari pukul 14.00 dan baru masuk ruangan setelah solat isya. Penulis tidak sempat makan siang dulu, alhasil ketika tes magh penulis kambuh dan itu cukup mengganggu konsentrasi penulis. Tapi its oke lah, mungkin sakit magh ini jadi bagian dari SKD XD.

Pelaksanaan tes cukup tertib, jika ketahuan bekerja sama ataupun mencontek peserta akan di blacklist dan tidak bisa mengikuti tes CPNS kembali pada tahun yang akan datang. Bagian yang cukup sulit adalah Tes Karakteristik Pribadi. Banyak soal yang mirip-mirip cukup mengecoh untuk memilih jawaban yang benar. Hasil SKD dapat langsung dilihat begitu tes selesai.

Dari ketiga tes, yaitu TIU, TWK dan TKP skro yang kurang dari TKP saja. Untuk TIU dan TWK skor yang penulis dapat sudah memenuhi tetapi dari TKP sayang sekali penulis hanya kurang 19. Hasil ini tidak menjadi keputusan akhir lolos atau tidaknya CPNS. Pengumunan hasil TKD diumumkan kembali setelah semua instansi melaksanakan SKD.

Penutup

Sekian pengalaman penulis tentang pengalaman daftar CPNS. Meskipun tidak berhasil mendapatkan posisi, namun penulis mendapatkan banyak sekali pelajaran dari pengalaman daftar CPNS ini.

More++

Selain pengalaman penulis tentang daftar CPNS, baca juga pengalaman penulis lainnya.

(Visited 175 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *