Menu Tutup

Pengalaman Kuliah Pendidikan Matematika

Pengalaman kuliah pendidikan matematika

Seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat, saat ini sudah banyak anak bangsa yang menempuh pendidik hingga perguruan tinggi. Hal ini tentunya seejalan dengan peningkatan pendidikan dan dengan jurusan yang semakin berkembang. Artikel kali ini akan meceritakan sedikit pengalaman penulis saat kuliah S1 jurusan pendidikan matematika. Untuk kalian yang baru lulus SMA dan masih bingung menentukan kuliah jurusan apa, mungkin artikel ini dapat sedikit membantu. Terlebih bagi kalian yang tertarik pada jurusan pendidikan matematika dan penasaran apa saja isinya, artikel ini bisa menjadi sala satu referensi.

Jurusan pendidikan matematika beda dengan jurusan matematika, meskipun sama membahas matematika, tetapi dari namanya saja sudah terdapat perbedaan. Bagi kalian yang masih bingung menentukan perbedaan jurusan pendidikan matematika jengan jurusan matematika, dalam artikel ini akan sedikit dijelaskan. Karena kebetulisan sekali, penulis kuliah di jurusan pendidikan matematika dan sahabat dekat penulis kuliah jurusan matematika. Sehingga sedikit banyak kita sering sharing saat kuliah. Langsung saja berikut ini pengalaman kuliah pendidikan matematika

Pengalaman kuliah pendidikan matematika

Pengalaman kuliah pendidikan matematika
Pengalaman kuliah pendidikan matematika via liputan6.com

2014 menjadi salah satu tahun penuh cerita bagi penulis. Sebab ditahun 2014 penulis melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Penulis kuliah di Universitas Siliwangi yang berada di kota Tasikmalaya. Tahun penulis masuk kuliah yaitu 2014, tepatnya 1 April 2014 Universitas Siliwangi diresmikan oleh presiden RI mejadi Perguruan Tinggi Negeri. Karena perubahan status dari Perguruan Tingga Swasta menjadi Pergurunga Tinggi Negeri di kampus terjadi beberapa penyesuain, khususnya yang paling terasa dari segi fasilitas. Tetapi tidak terlalu menghambat proses transfer ilmu dari dosen sebab masih bisa diatasi.

Karena tahun 2014 baru negeri, mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru masih seperti perguruan tinggi swasta, belm membuka jalur SNMPTN dan SBMPTN seperti sekarang. Penulis diterima kuliah Jurusan Pendidikan Matematika Unsil melalui jalur tes tulis yang diselenggarakan di kampus. Begitupun perkara nominal biaya daftar kuliah, masih mengikuti sistem pendaftaran swasta dengan nominal yang sama. Tetapi seiring berjalannya waktu, biaya kuliah dirubah dengan sistem UKT dan khusu untuk angkatan saya mendapatkan cashback sesuai dengan UKT masing-masing.

Cerita Pengalaman Kuliah Pendidikan Matematika akan dibagi menjadi beberapa sub judul. Sub judul yang akan ditulis diantaranya pengalaman mengenai materi perkuliahan, pengalaman mengikuti organisasi kampus, pengalaman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dan pengalamn menyusun tugas akhir (skripsi)

Pengalaman Kuliah Pendidikan Matematika: Pengalaman menempuh materi perukuliahan Pendidikan Matematika

pengalaman kuliah jurusan pendidikan matematika
perkuliiahan di jurusan pendidikan matematika via beasiswa-id.net

Pada awal perkuliahan, mata kuliah yang dipelajari kebanyakan mengenai Mata Kuliah Umum (MKU) seperti pendidikan pancasila, pendidikan agama, bahasa Indonesia dan lainnya. Mata kuliah umum ini kebanyakan materinya masih mirip dengan materi-materi ketika di SMA, hanya saja pembahasannya lebih diperdalam lagi tetapi tidak terlalu mendetail. Mata kuliah mengenai kematematikaannya pada awal semester tidak terlalu banyak.

Hal yang sangat membantu untuk menyeseuaikan diri dengan “iklim” belajar matematika di kampus adalah program himpunan yang bernama BOMA (Basic of Matematic Ability). BOMA ini membagi mahasiswa baru menjadi 7-8 orang dalam satu grup yang sesuai dengan nilai pretes kemudian diberi tutor kaka tingkat untuk membahas soal. Soal-soal yang dibahas ketika boma adalah soal matematik dari materi yang dibahas sewaktu SMP hingga SMA. BOMA ini sangat membantu sebab menguatkan kembali dasar-dasar matematika yang akan lebih diperdalam di perkuliahan.

Menginjak tingat 2 dan tingkat 3 perkuliahan, materi kematematikaan pun semakin bertambah. Alhamdulillah saya berkesempatan mengambil matakuliah ke semester atas, sehingga materi perkuliahan dapat lebih cepat selesai. Untuk mengambil mata kuliah ke semester atas, ada minimal IPK yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Beberapa matakuliah kematematikaan yang dipelajari diantaranya Kalkulus, Analisis Real, Analisis linear, Geometri Analitik, Geometri Transformasi Teori Ring dan lainnya. Dosen-dosen yang mengajar sudah dangat mumpuni dan profesional, sehingga proses pembelajaranpum lumayan mudah untuk dipahami.

Pengalaman Kuliah Pendidikan Matematika: Pengalaman mengikuti organisasi kampus

pengalaman kuiah pendidikan matematika
Pengalaman mengikuti organisasikampus via news.okezone.com

Pengalaman kuliah yang tidak akan pernah terlupakan salahsatunya pengalaman mengikuti organisasi kampus. Ketika kuliah, penulis mengikuti organosasi himpunan mahasiswa tingkat jurusan, badan pengawas himpunan tingakt jurusan dan kajian islam tingkat univeristas. Himpunan tingakt jurusan bernama HIMAPTIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) selama satu periode pada divisi kerohanian. Banyak pengalaman-pengalaman menarik ketika mengikuti HIMAPTIKA, dapat lebih kenal dengan kaka tingkat, banyak mengenal teman satu jurusan dan pengalaman berorganisasi laiinya.

Pengalaman yang tidak kalah menarik ketika menjadi salah satu Anggota Tim Unit Akademik (TUA) sebab bisa menyelurkan ilmu yang dimiliki kepada adik tingkat. Selain itu ketika diselenggarakan acara-acara besar himpunan seperti Peringatan Hari Besar Islam, menyambut bulan suci ramadan dan Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM). Masih ingatkan dengan jargonnya LCTM, tetap senyum, tenang dan konsentrasi.

Masih banyak lagi pengalaman-pengalam menarik ketika mengikuti organisasi kampus yang tidak bisa ditulis secara detail. Pesan untuk pembaca yang akan atau sedang menjadi mahasiswa baru, ikutilah organisasi kampus sebab banyak pelajaran dan pengalaman yang dapat diambil didalamnya. Kemudain pandai-pandailah membagi waktu, sebab bagaimanapun perkuliah lebih utama dan menjadi tanggung jawab kalian.

Pengalaman Kuliah Pendidikan Matematika: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Pengalaman PPL via rijal09.com

Karena jurusan Pendidikan maka ada PPL. Praktik pengalaman lapangan adalah pengalaman mengajar disekolah-sekolah yang sudah ditentukan fakultas. Penulis ditempatkan PPL di SMPN 3 Tasikmalaya dan diamahkan untuk mengajar kelas 7G dan 7D. Karena ini kali pertama saya mengajar didepasn peserta didik, awal-awal jelas merasa gugup tetapi lama kelamaan menjadi terbiasa dan malah menyenangkan. Manyenangkan sebab bisa berinteraksi dengan berbagai karakteristik peserta didik. PPL menjadi salah satu pengalaman menarik yang berkesan bagi penulis ketika kuliah.

Setiap satu guru pamong yang disekolah memegang 1-2 mahasiswa. Penulis mendapatkan banyak sekali pelajaran ketikan melaksanakan PPL, baik dari penerapan administrasi guru, cara menguasi kelas dan lainnya. Selain itu, penulis seolah-olah memiliki saudara baru teman satu PPL sebab waktu menyatukan kita untuk berjuang bersama-sama. PPL menjadi salah satu syarat yang harus dilewati untuk menempuh jenjang pendidikan S1 jurusan pendidikan matematika.

Pengalaman menyusun tugas akhir (SKRIPSI)

Pengalaman menempuh tugas akhir (skripsi) via idntimes.com

Mata kuliah tugas akhir (skripsi) sudah bisa dikontrak dari semester 7 hingga 8, tetapi pada semseter 7 berbarengan dengan kontrak PPL jadipengerjaan skripsi tidak efektif. Suka duka dilalui ketika mengejakan skripsi dari mulaipengajuan judul, menyusun proposal penelitian, melakukan penelitian hingga sidang. Skripsi yang penulis buat 3 variabel, 1 variabel bebas dan 2 variabel terikat, salah satu variabel ksedikit kesulitan mencari. Hingga penulispun mencari sumber ke perpustakaan UPI di Bandung, dan itupun hanya melenmukan 1 lembar yang dapat dijadikan referensi. Tetapi alhamdulillah dari 1 lembar itu dapat dikembangkan lagi.

Hal yang paling mendebarkan dari serangkaian kegiatan menyusun tugas akhir adalah pelaksanaan sidang. Saat itu peserta sidang dipersilahkan membuat power poin sebagai bahan presentasi skripsi, penulis telah membuatnya dan menyimpannya di flasdisk. Setelah setengah perjalanan dari rumah menuju kampus, flasdisk berisi slide presentasi tertinggal. Setelah semua peserta sidang selesai diuji, tiba saatnya pengumuman kelulusan. Disinilah saat yang paling mengharukan selama duduk dibangku perkuliahan. Sebab dari saat itu, status menjadi mahasiswa sudah tidak berlakuk lagi dan pembelajaran di perguruan tinggi telah selesai.

Perbedaan jurusan Pendidikan Matematika dan jurusan Matematika

Menurut pengalaman penulis perbedaan jurusan pendidikan matematika dan jurusan matematika umumnya terletak pada arahnya. Jika jurusan pendidikan matematika arah masahasiswanya akan dicetak menjadi seorang guru, mata kuliah yang diajarkannya pun mengenai pedagogik yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan jurusan matematika mencetak mahasiswanya menjadi seoarang ilmuan yg ahli dalam bidang matematika.

Gelar yang didapatkan setelah lulus pun berbeda, untuk jurusan Pendidikan Matematika bergelah (S.Pd) sendangkan untuk jurusan matematika bergelah (S.Si atau ada yang S.Mat). Demikian juga dengan pembahasan matakuliahnya, misalkan mata kuiah kalkulus. Pengalaman saya mempelajari kalkulus jurusan pendidikan matematika hanya sebatas dasar-dasarnya saja yang seringkali muncul dan dipelajari disekolahan tetapi secara mendetail. Lainnya dengan kalkulus yang dipelanjari di jurusan matematika, pembahasannya lebih dalam dan lebih mendetail untuk semua materi yg berkaitan dengan kalkulus.

Penutup

Sekian artikel mengenai pengalaman kuliah jurusan pendidikan matematika. Banyak sekali ilmu yang penulis dapat dari bangku kuliah. Meskipun ilmu yang penulisan dapat tidak dituangkan sesuai bidangnya, tetapi inilah takdir yang maha kuasa. Rencana-Nya jauh lebih indah dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi ataupun penulisan.

More++

Jangan lupa untuk mempaca artikel Pengalaman laiinya yang lebih menarik. Jangan lupa juga untuk share artikel ini lewat media social kalian, lebih banyak yang tahu lebih baik bukan. Terimakasih 🙂

(Visited 511 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *