Menu Tutup

Perkalian Italia Cepat dan Mudah | Metode Lattice

Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu metode perkalian yang sangat mudah sekali yaitu Metode Lattice. Metode Lattice ini dikenal juga dengan Metode China, Metode Italia dan Perkalian Gelocia. Sesuai dengan nama lainnya, metode ini juga cukup terkenal di negara tersebut. Jika dilihat dari sisi sejarah, ada dua orang yang berperan mengembangkan perkalian Metode Lattice ini yaitu Muhammad Ibn Musa Al- Khawarizmi dari Baghdad dan Fibonacci dari Italia. Seiring dengan perkembangan jaman, metode ini mudah dikenal banyak orang hingga ke negeri China. Artikel ini akan membahas Perkalian Italia yang diambil dari Metode Lattice.

Contoh kerai sebagai jalan udara masuk tetapi bisa melindungi dari hujan

Lattice berasal dari bahasa inggris yang artinya kisi. Ada yang sudah tahu kisi itu apa ? Kisi-kisi adalah kerai atau penutup jendela yang berbentuk horizontal namun bisa dimiringkan hingga 45 derajat untuk menerima udara dan cahaya, tetapi dapat tetap melindungi dari hujan dan sinar matahari. Konsep perkalian Metode Lattice ini mirip dengan bentuk kerai, dimana ada garis dengan sudut 45 derajat memotong diagonal persegi. Garis ini sangat membantu dalam penyelesaian perkalian.

Jika dilihat dari cara perkalian angka ke angka yang lainnya, metode ini hampir sama dengan perkalian biasa yang sudah kita kenal sebelumnya. Hanya saja yang membedakan Lattice ini menggunakan persegi dan garis yang membelah diagonal persegi tersebut. Penggunaan persegi yang dibelah diagonalnya ini sangat membantu dan memudahkan penyelesaian perkalian. Yuk simak penjelasannya 🙂

Berikut ini akan di jelaskan perkalian Italia dengan Metode Lattice 2 Angka dengan 1 angka, 3 Angka dengan 1 angka, 2 Angka dengan 2 angka, dan 3 Angka dengan 3 angka

Perkalian Italia: 2 Angka dengan 1 Angka

Perkalian italia

Untuk perkalian 2 Angka dengan 1 Angka langsung saja mengambil contoh 86 x 9. Berikut ini langkah-langkah penyelesaiannya menggunakan metode Lattice:

  1. Langkah pertama buat angka 86 secara horizontal, lalu operasi perkalian kemudian angka 9 di bawah operasi perkalian
  2. Buat 2 kotak yang menyatu, dengan posisi di bawah angka 86 seperti pada gambar
  3. Lalu buat garis diagonal yang memotong masing-masing persegi tersebut
  4. Selanjutnya 6 x 9 hasilnya 54 di simpan seperti pada gambar
  5. Lalu 8 x 9 hasilnya 72 di simpan seperti pada gambar
  6. Lihat garis diagonalnya, 4 turun kebawah
  7. 5 di tambah 2 hasilnya 7
  8. Lalu 7 pada giagonal terakhir di turunkan
  9. Hasil akhir dari 86 x 9 adalah 774

Bagaimana ? cukup mudah kah. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan angka yang lain. Perkalian 2 Angka dan 1 angka ini cukup mudah, hanya perlu membuat 2 kotak yang masing-masing dipotong dengan diagonalnya.

Perkalian Italia: 3 Angka dengan 1 Angka

Perkalian italia

Untuk perkalian 3 Angka dengan 1 Angka langsung saja mengambil contoh 896 x 7. Berikut ini langkah-langkah penyelesaiannya menggunakan metode Lattice:

  1. Langkah pertama buat angka 896 secara horizontal, lalu operasi perkalian kemudian angka 7 di bawah operasi perkalian
  2. Buat 3 kotak yang menyatu, dengan posisi di bawah angka 896 seperti pada gambar
  3. Lalu buat garis diagonal yang memotong masing-masing persegi tersebut
  4. Selanjutnya 6 x 7 hasilnya 42 di simpan seperti pada gambar
  5. Lalu 9 x 7 hasilnya 63 di simpan seperti pada gambar
  6. 8 x 7 hasilnya 56 di simpan seperti pada gambar
  7. Lihat garis diagonalnya, 2 turun kebawah
  8. 4 di tambah 3 hasilnya 7
  9. Lalu 6 di tambah 6 hasilnya 12, di simpan 2 di bawah, angka satunya berwarna merah di simpan di atas seperti pada gambar.
  10. Selanjutnya 5 di tambah angka 1 tadi yang warna merah, hasilnya jadi 6
  11. Hasil akhir dari 896 x 7 adalah 6272

Bagaimana ? cukup mudah kah. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan angka yang lain. Perkalian 3 Angka dan 1 angka ini cukup mudah, hanya perlu membuat 3 kotak yang masing-masing di potong dengan diagonalnya. Apabila hasil penjumlahan pada diagonalnya 2 digit angka, maka angka terakhir sebagai satuan di simpan di bawah, sedangkan angka sebagai puluhan di simpan di atas garis diagonal selanjutnya. Untuk lebih jelas dapat di lihat pada angka 1 yang berwarna merah pada gambar di atas.

Perkalian Italia: 2 Angka dengan 2 Angka

Perkalian italia

Untuk perkalian 2 Angka dengan 2 Angka langsung saja mengambil contoh 86 x 78. Berikut ini langkah-langkah penyelesaiannya menggunakan metode Lattice:

  1. Langkah pertama buat angka 86 secara horizontal, lalu operasi perkalian kemudian angka 78 di bawah operasi perkalian secara vertikal
  2. Buat 2 x 2 kotak yang menyatu, dengan posisi di bawah angka 86 dan di samping kiri angka 78 seperti pada gambar
  3. Lalu buat garis diagonal yang memotong masing-masing persegi tersebut
  4. Selanjutnya 6 x 7 hasilnya 42 di simpan seperti pada gambar
  5. Lalu 6 x 8 hasilnya 48 di simpan seperti pada gambar
  6. 8 x 7 hasilnya 56 di simpan seperti pada gambar
  7. Terakhir 8 x 8 hasilnya 64
  8. Lihat garis diagonalnya, 8 turun kebawah
  9. 2 + 4 + 4 hasilnya 10, angka 0 di simpan di bawah, sedangkan 1 berwarna merah naik ke atas melewati diagonal seperti pada gambar
  10. Lalu 4 + 6 +6 +1 = 17, angka 7 di simpan di bawah, angka satunya berwarna biru di simpan di atas melewati diagonal seperti pada gambar.
  11. Selanjutnya 5 di tambah angka 1 tadi yang warna biru, hasilnya jadi 6
  12. Hasil akhir dari 86 x 78 adalah 6708

Bagaimana ? cukup mudah kah. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan angka yang lain. Perkalian 2 Angka dan 2 angka ini cukup mudah, hanya perlu membuat 4 kotak yang masing-masing di potong dengan diagonalnya. Apabila hasil penjumlahan pada diagonalnya 2 digit angka, maka angka terakhir sebagai satuan di simpan di bawah, sedangkan angka sebagai puluhan di simpan di atas garis diagonal selanjutnya. Untuk lebih jelas dapat di lihat pada angka 1 yang berwarna merah dan biru pada gambar di atas.

Perkalian Italia: 3 Angka dengan 2 Angka

Untuk perkalian 3 Angka dengan 2 Angka langsung saja mengambil contoh 683 x 54. Berikut ini langkah-langkah penyelesaiannya menggunakan metode Lattice:

  1. Langkah pertama buat angka 683 secara horizontal, lalu operasi perkalian kemudian angka 54 di bawah operasi perkalian secara vertikal
  2. Buat 3 x 2 kotak yang menyatu, dengan posisi di bawah angka 683 dan di samping kiri angka 54 seperti pada gambar
  3. Lalu buat garis diagonal yang memotong masing-masing persegi tersebut
  4. Selanjutnya 3 x 5 hasilnya 15 di simpan seperti pada gambar
  5. Lalu 4 x 3 hasilnya 12 di simpan seperti pada gambar
  6. 8 x 5 hasilnya 40 di simpan seperti pada gambar
  7. Lalu 8 x 4 hasilnya 32
  8. 6 x 5 hasilnya 30
  9. Terakhir 6 x 4 hasilnya 24
  10. Lihat garis diagonalnya, 2 turun kebawah
  11. 5 + 1 + 2 hasilnya 8
  12. Lalu 1 + 0 + 3 + 4 = 8
  13. 4 + 0 + 2 = 6
  14. Selanjutnya 3 turun ke bawah
  15. Hasil akhir dari 683 x 54 adalah 36882

Bagaimana ? cukup mudah kan. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan angka yang lain. Perkalian 3 Angka dan 2 angka ini cukup mudah, hanya perlu membuat 6 kotak yang masing-masing di potong dengan diagonalnya. Apabila hasil penjumlahan pada diagonalnya 2 digit angka, maka angka terakhir sebagai satuan di simpan di bawah, sedangkan angka sebagai puluhan di simpan di atas garis diagonal selanjutnya. Untuk lebih jelas dapat di lihat pada angka 1 yang berwarna merah dan biru pada gambar di atas.

Untuk perkalian 3 Angka dengan 3 angaka, Anda bisa mencobanya sendiri dengan menggunakan 9 kotak atau 3 x 3. Selamat mencoba. 🙂

Penutup

Semoga artikel Perkalian Italia Cepat dan Mudah dengan menggunakan Metode Lattice ini bermanfaat dan dapat mengerjakan operasi perkalian lebih tepat, lebih mudah dan lebih cepat menggunakan cara ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dari segi isi maupun penulisan artikel.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbagai informasi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini melalui media social. Lebih banyak yang tahu, lebih menarik bukan 🙂

Baca juga: