Menu Tutup

Resensi Buku Bahagianya Merayakan Cinta Salim A. Fillah

Resensi buku bahagianya merayakan cinta

Resensi Buku Bahagianya Merayakan Cinta- Berbagai buku karya Salim A. Fillah memang sangat menarik, salahsatunya buku berjudul Bahagianya Merayakan Cinta. Karakteristik penulisan Salim A. Fillah yang begitu lembut dan tak jarang kata-katanya menyentuh hati ini dituangkan dalam salah satu karyanya. Berbicara mengenai buku-buku karya Salim A. Fillah, banyak sekali buku-buku yang telah ia tulis sejak usia mudanya. Banyak juga buku-bukunya yang menjadi Best Seller. Buku-buku yang menyajikan berbagai inspirasi untuk kalangan anak muda maupun dewasa.

Resensi buku bahagianya merayakan cinta
Cover buku Bahagianya Merayakan Cinta via goodread.com

Buku Bahagianya Merayakan Cinta ditujukan bagi muda-mudi yang hendak berencana menikah ataupun telah menikah. Buku ini juga bisa dijakina bingkisan bagi teman, saudara atupun sahabat karib yang hendak menjalankan bahtera rumah tangga. Penyampaian yang begitu santun, lengkap dengan bahasa romantisnya yang mencadi ciri khas Salim A. Fillah menjadikan buku ini indah untuk dibaca. Maka tak hera salah satu karya nya ini menjadi Buku Best Seller hingga telah terbit dalam beberapa cetakan.

Salim A. Fillah dikenal dengna penuils muda yang cerdas memadukan dalil dengan kisah, norma dengan hikmah, dan membingkainya dengan nuansa sastra yang kental. Ia berani untuk menggunakan kata-katanya sendiri dalam diksi yang tidak dikenal oleh Bahasa Indonesia baku, namun justru menjadi kekhasan yang penuh makna. Gaya bertuturnya melompat lincah, meliuk, cepat, kadang mengalun syahdu dan membuat penbacanya merasa diajak berbicara serta telibat dengan gagasan-gagasannya.

Karya-karyanya telah menjadi buku paling dicari dalam pembicaraan mengenai remaja dan dunia mereka yang penuh makna. Tercatat, buku Nikmatnya Pacaran Setelah Menikah, Agar Bidadari Cemburu Padamu, dan Gue Never Die Kerenkan Diri Terus Nikah Dini adalah buku-buku yang mengundang pujian. Kini, Salim A. Fillah menuliskan untuk Anda bekal pernikahan, khususnya untuk menghadapi tahun-tahun pertama berkeluarga, dalam buku Bahagianya Merayakan Cinta

Tentang Buku

Judul lengkap buku “Barakllahu Laka Bahagianya Merayakan Cinta” tetapi banyak dikenal dengan judul Bahagianya Merayakan Cinta merupakan buku Lovely Present For Lovely Persons. Buku yang dipersembahkan dengan cinta untuk orang-orang yang pentuh cinta ditulis langsung oleh Salim Akhukm Fillah dan diterbitkan oleh Pro U Media. Cetakan pertama buku ini diterbitkan pada tahun 2011 berukuran 15 * 24 cm dengan tebal 524 halaman. Judul buku dalam cover berwarna emas dengan tulisan yang timbul menjadikan buku semakin menarik. Buku yang cukup tebal tetapi dengan ukuran proposional sehingga tidak menjadi masalah untuk dibawa kemana saja. Setiap gerai menjual buku ini dengan harga beragam, kisaran Rp. 65.000 hingga Rp. 120.000. Penulis membeli bukuini dengan harga Rp. 75.000,-

Hadiah untuk Pengantin

resensi buku bahagianya merayakan cinta
Hadian untuk pengantin via liputan6.com

Menikah memang tidak semata-mata tentang keinginan, melainkan disertai dengan kesiapan kemudian disinilah peran kehedak Allah SWT untuk mewujudkannya. Berbicara tentang kesiapan, dewasa ini banyak sekali fasilitas yang menunjang untuk mencarai ilmu tentang pernikahan dari bebagai sumber. Karena menikah merupakan pembelajaran yang akan berjalan terus menerus sepanjang hayat. Maka pastikan dibangun dengan pondasi yang kokoh berupa ilmu tentang bahtera rumah tangga. Buku Barakallahu Laka Bahagianya Merayakan Cinta memberikan berbagai ilmu disertai dengan cerita, dalil dan hadist dengan bahasa yang apik dan menyentuh hati. Tak heran banyak penulis yang terbawa suasanya hingga meneteskan air mata.

Salim A. Fillah membagi pembahasannya secara umum menjadi tiga bagian, pagian pertama dengan judul Perayaan Pertama membahas tentang persiapan sebelum menghadapi pernikahan. Bagian kedua dengan judul Perayaan Kedua membahas tentang hal-hal menarik yang akan ditemukan setelah menikah, serta memperkenalkan kejutan-kejutan yang akan datang setelah menikah. Bagian ketiga dengan judul Perayaan Ketiga berisi tentang penguatan agar senantiasanya menjaga ketaatan kepada Allah.

Perayaan Pertama

Dalam bagian Perayaan Pertama terdapat judul-judul pembahasan berikut ini:

  1. Cintamu,Sehangat Ciuman Bidadari
  2. Prolog: Menghadikan Barakallah Sejak Pandangan Pertama
  3. Titik Nol Mendesain walimah yang barakah
  4. Taman pertama: Dari Pelaminan ke Peraduan, Mendebarkan
  5. Taman kedua:Saat Mereka adalah Pakaian Bagimu
  6. Rumpun Pertama: Ketika Mentari Pertama di Kehidupan Baru, Terbenam
  7. Rumpun Kedua: Simfoni Ladang-ladang Peradaban
  8. Taman ketiga: Asyiknya Ta’aruf Sejati
  9. Taman keempat: Pacaran Kita, Meniup Kuncup Cinta

Dalam perayaan pertama ini menerangkan beberapa hal baru yang akan ditemukan setelah menikah. Pada bagian taman ketiga: Asyiknya Ta’aruf Sejadi dijelaskan beberapa sifat baru yang akan ditemukan oleh pasangannya setelah menikah, dijelaskan juga pemahaman bedanya kebutuhan emosi prian dan wanita yang seringkali keduanya salah paham. Pembahasannya disertai keterangan-keterangan dari para ahli juga disertakan firman dan hadist sehingga pendapatnya tidak diragukan lagi. Selain itu juga dilenkapi beberapa refernesi kegiatan-kegiatan yang akan sangat menyenangkan apabila dilakukan setelah menikah seperti saling mengecek hafalan al-quran. Banyak sekali hal-hal menarik yang disampaikan dalam bagian Perayaan Pertama ini yang dapat dijadikan bekal menempuh bahtera rumah tangga yang indah.

Perayaan Kedua

Dalam bagian Perayaan Kedua terdapat judul-judul pembahasan berikut ini:

  1. Dalam Badai, Dekap Aku Lebih Erat
  2. Prolog: Barakah yang Kita Temukan di Beningnya Air Mata
  3. Paviliun Depan: Bilik Pertama Saat Bersamamu, Cintapun Perlu Ilmu
  4. Bilik Kedua. Orangtuamu, Orangtuaku
  5. Biliik Ketiga. Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir
  6. Paviliun Tengah: Dunia yang bersimpuh di kaki kita
  7. Bilik Keempat: Rezeki kita tak akan kemana
  8. Bilik Kelima: Membangun maskanah, tak sekedar rumah
  9. Paviliun Belakang yang Harus Tetap Diilmui
  10. Bilik Keenam: Berpisah karena Allah
  11. Bilik Ketujuh: Suami Penabur Cinta

Perayaan kedua ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Paviliun Depan, Paviliun Tengah dan Paviliun Belakang yang disesuaikan dengan anak judul pembahasannya. Perayaan kedua ini menitik beratkan pada pembahasan yang akan kita temukan setelah menikah, hal-hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Oleh sebab itu, perlu ilmu untuk menjalaninya agar tidak menjadi konflik yang menjadi kerikil-kerikil dalam menjalani rumah tangga. Terlebih bagi pasangan yang baru menikah, dalam beberapa bulan akan merasakan penyesuaian yang sebelumnya tidak pernah disangka dengan pesangannya.

Pada pembahasan Biliki Kelima: Membangun Maskanah Tak Sekedar Rumah membahas hal-hal yang berkaitan dengan tempat tinggal yang baik yang nantinya akan mendatangkan berkah. Misalnya seperti interior dan dekor yang mendatangkan keridhaan Allah serta larangan adanya patung di rumah. Pembahasannya dilengkapi dengan hadist-hadist yang dijabarkan kembali dengan bahasa khas Salim A. Fillah

Perayaan Ketiga

Dalam bagian Perayaan Ketiga terdapat judul-judul pembahasan berikut ini:

  1. Genggam tanganku, rasakan kekuatan cinta
  2. Prolog: Sesungguhnya kita hamba
  3. Selimut Pertama: Engkaulah separuh agaman, penjaga ketaatanku
  4. Selimut Kedua: Jihad dan dakwah
  5. Selimut Ketiga: Bersamamu aku berakar, tumbuh dan mekar
  6. Selimut Keempat: Ada yang akan hadir dan kitalah madrasah peradaban

Prayaan ketiga ini seolah menjadi penutup dari runtutan pembahasan sebelumnya. Perayaan Ketiga berisi penguatan-penguatan atas berbagai estimasi ujian yang akan dihadapi di Perayaan Kedua. Selain itu juga beberapa penguatan atas visi yang dicapai dengan aktualisasi misi yang perlu ditekankan kembali. Misalnya dalam pembahasan terakhir Selimut Keempat salahsatunya menjelaskan tentang amalan-amalan ketika anak lahir yaitu dengan aqiqah, cukur rambut, bersedekah dengan perak sesuai timbangan rambut dan memberi nama yang baik. Semuanya dibahas lengkap dengan hadist disertai pula ayat al-quran sehingga lebih kuat pendapatnya.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai Resensi Buku Bahagianya Merayakan Cinta karya Salim A. Fillah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pertimbangan sebelum membeli buku karya Salim A. Fillah ini. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca, selain pembahasannya yang lengkap, pemaparannyapun dengan ciri khas buku-buku Salim A. Fillah lainnya. Mohon maaf apabila terdapar kesalah baik dari segi penulisan ataupun pembahasan artikel yang kurang berkenan dalam artikel Resensi Buku Bahagianya Merayakan Cinta karya Salim Akhukum Fillah ini.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang lebih menarik dan tentunya memberikan berbegai informasi-informasi bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini melalui media social Anda, lebih banyak orang yang tahu lebih menarik bukan.

(Visited 973 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *