Menu Tutup

Tips Berhijab Agar Terlihat Modis dan Nyaman

tutorial hijab

Tips Berhijab – Bagi orang-orang yang memiliki wajah bulat dan wajah tembem, menyamarkannya agar terlihat tirus menjadi solusi. Berikut ini akan disajikan beberapa tips untuk tutorial hijab antem (anti tembem), tips memilih inner dan yang lainnya.

Tips memilih inner/ciput antem (anti tembem)

Tips berhijab yang pertama adalah memilih Inner (dalaman kerudung atau ciput dipakai agar penampilan kerudung terlihat rapi dan kerudung lebih pas jatuh membingkai wajah. Perbedaan jenis bahan atau lebar pet pada inner mempengaruhi bentuk wajah. Karena itu, pilihlah inner yang tepat sesuai dengan bantuk wajah anda:

Inner pet, yaitu dalaman kerudung yang memakai pet dibagian depan.

Tips memilih inner pet antem (anti tembem):

  • Pilih pet yang tidak terlalu lebar agar bentuk muka tidak tirus
  • Pilih garis sambungan inner yang jatuh persis dibawah telinga
  • Bila memilih inner yang dilengkapi dengan cepol, pilih cepol yang tidak terlalu besar.
inner pet | tips berhijab
Contoh inner dengan pet

Inner tanpa pet, yaitu dalaman kerudung yang dikenakan untuk menyelubung kepala dan leher, dan tidak dilengkapi dengan pet pada bagian depan.

Tips memilij inner tanpa pet antem (anti tembem):

  • pilih garis sambungan inner yang jatuh dibawah tulang rahang depan untuk menutup pipi
  • pilih inner dengan garis atas yang jatuhnya persis digaris alis
inner tanpa pet | tips berhijab
Contoh Inner tanpa pet

Inner bergo, yaitu dalaman kerudung yang menutup kepala, leher, dan dada, dan tidak memiliki sambugan resleting/ pita di bagian belakang sehingga terasa longgar dan nyaman

Tips memilih inner bergo anti tembem (antem):

  • Pilih pet yang tidak terlalu lebar agar bentuk muka terlihat tirus
  • Pilih garis sambung inner yang jatuh persis sejajardengan ujung garis bibir
  • Agar lebih gaya, bisa dimasukan kedalam busana atau dibiarkan menutup dada.
inner antem
Contoh inner bergo antem (anti tembem)

Tips Memilih Hijab Anti Tembem (ANTEM)

Tips berhijab yang kedua adalah memilih hijab anti tembem. Setelah mengenakan ciput anti tembem, biasanya wajah yang bulat dan pipi yang chubby akan terkoreksi dengan sendirinya, hingga terlihat lebih tirus. Namun, agar tercipta wajah yang proporsional, ada baiknya kita memilih syle hijab yang pas, diantarnya:

  1. Asimetris. Model yagn asimetris akan membuat pusat perhatian ada di satu sisi dan tidak membuat wajah terlihat penuh dan terbagi dua sama rata hingga terkesean “penuh”. Model asimtris bisa dibuat dengan menempelkan ornamen, pita, simpulan, draperi, atau bunga dari kerutan kerudung di satu sisi kerudung/ wajah.
  2. Tambah volume dibagian belakang kepala. Penambahan volume di bagian belakang atas kepala akan membuat wajah tampak lebih panjang. Hijab juga bisa terlihat lebih elegan. Cara menambah volume bisa dengan menggunakan rambut atau memakai cepolan.
  3. Drapori dibagian bawah. Detail yang lembut melayang dibagian bawah berupa drapen atau lengkungan kerudung hijab (scallopped) yang bisa membantu melembutkan wajah bulat, dan menciptakan ilusi wajah yang lebih panjang.
  4. Warna senada. Kenakan hijab dalam warna senada busana atas untuk tampilan wajah yang lebih panjang.

Model Dasar Kerudung yang banyak dijumpai

Tips berhijab dalam memilih kerudung. Beberapa model dasar kerudung/ jilbab yang banyak dijumpai antara lain

Kerudung Bergo

kerudung bergo
Kerudung bergo

Kerudung/jilbab model ini sangat simple. Memakainya sangat mudah, tinggal memasukkan kepala, tempatkan bagian dagu pas pada belahan jahitan. Praktis untuk kegiatan sehari-hari. Dengan kejelian dalam memilih bahan, model, dan warna, kita dapat menampilkannya agar pantas dalam bermacam kesempatan.

Pada umumnya kerudung bergo cukup panjang, menutupi dada bahkan ada yang sampai pinggang. Bahan kerudung ini cukup beragam seperti kaus, lycra, katun dan chiffon.

Kerudung Segi Empat

kerudung segi empat | tips berhijab
Kerudung Segi Empat

Kerudung/jilbab model ini paling banyak dikenal dan tersedia dimana-mana. Bentuknya sama sisi, dan banhannya cukup banyak pilihan, seperti katun, sutera, chiffon, atau satin. Memakainya cukup praktis, namun sering kali memerlukan dalaman ciput terutama untuk bahan-bahan yang licin. Kerudung ini bisa dimodifikasi dengan berbagai gaya.

Kerudung Selendang dan Pashmina

kerudung pashmina
Contoh kerudung selendang dan pashmina

Kerudung/ jilbab model ini biasanya cukup panjang antara 1,5 hingga 2 meter. Adapun yang dikenal dengan pashmina biasanya ukurannya lebih lebar dari selendang dan dapat juga digunakan penutup tubuh penahan udara dingin

Meskipun bahannya bermacam-macam, namun pada umumnya selendang memakai bahan tipis yang menerawang. Sehingga selendang mudah dibentuk dan dililitkan sebagai penutup kepala. Itulah sebabnya penggunaaan ciput dipastikan diperlukan apabila memakai selendang.

Kerudung Instan

kerudung instant
Contoh kerudung instant

Disebut sebagai kerudung/jilbab instan adalah karena siap pakai. Kita tidak perlu bingung memakainya karena tinggal memasukkan kepala kedalamnya. Kerudung/ jilbab bergo termasuk dalam kategori kerudung/ jilbab instan.

Adapula model lain yang juga merupakan kerudung/jilbab intan. Yaitu seperti bergo, namun panjangnya tidak mencapai dada, bisanya hanya mencapai bahu.

Busana Sarimbit Keluarga

Tips berhijab selanjutnya adalah Busana Sarimbit. Busana sarimbit adalah baju seragam untuk keluarga yang biasanya terdiri dari busana suami, istri dan anak (baik anak laki-laki maupun perempuan). Busana sarimbit sangat cocok dipakai pada acara apapun, jalan-jalan sampai ke acara formal. Gaya busana yang kompak dengan motif bahan atau warna yang sama membawa kesan harmonis dan hangat dalam keluarga

Desain busana sarimbit biasanya tidak selalu sama persis antara anggota keluarga satu dengan yang lainnya. Baju sarimbit juga bisa dikenakan bersama sahabat agar terlihat kompak dan serasi.

Tips Berbusana Sarimbit

  1. Pilihlah bahan yang benar-benar nyaman, semisal katun/ satin cavalli yang lembut, tidak tebal dan sejuk. Biasanya orang tua lebih fokus memilih bahan yang mereka suka sampai lupa bahwa anak-anak belum tentu nyaman memakainya
  2. Memilih corak atau warna yang sesuai dengan warna kulit semua anggota keluarga agar terlihat serasi
  3. Tentukan model yang cocok dengan kepribadian masing-masing anggota keluarga. Belum tentu model busana yang sama bisa cocok dengan semua anggota keluarga, pilih model sesuai karakter masing-masing agar terlihat bagus dipakai. Model sarimbit tidak harus sama semua.

Tips Mix & Match Busana Sarimbit

Berikut ini tips mix & match busana sarimbit dari segi pemilihan warna, memadukan motfi, bahan, tas dan aksesoris.

Pemilihan Warna

Warna merupakan bagian penting dalam memadukan beberapa busana. Banyak muslimah yang kesulitan memilih busana karena harus memilih warna yang serasi dengan hijabnya. Walaupun warna hijab berbeda, kita bisa padukan beberapa warna sehingga terlihat harmonis dengan busana. Seperti busana biru tua, bisa dipadukan dengan busana berwarna coklat muda, busana berwarna hijau bisa dipadukan dengan hijau berwarna kuning keemasan, dan masih banyak lainnya. Cobalah memadukan warna baju yang berbeda dengan hijab agar terlihat semakin menarik dan tidak kaku.

Memadukan Motif

Ingin memakai busana dengan banyak motif tetapi tetap terkedan mewah? Anda bisa memadukannya dengan hijab yang polos, begitupun sebaliknya, untuk busana tanpa motif atau polos bisa dipadukan dengan hijab bermotif. Hindari tabrak motif dengan busana dan hijab yang bermotif pada saat yan gbersamaan.

Memadukan Bahan

Bahan yang memiliki detai payet bisa dipadukan menggunakna hijab berbahan sifon atau silk karena bisa membuat busana yang sudah mewah dan berkilauan payet menjadi lebih sederhana. Hindari memakai hijab atau kerudung yang banyak detail payet agar tidak terkesan berlebihan

Memakai Tas

Tas dengan model klasik dengan warna netral bisa dipadankan dengan berbagai busana dan cocok dipakai sampai kapan pun, tas ini juga bisa dipakai bertahun-tahun asal dirawat dengan baik

Aksesori

Tidak perlu berlebihan dalam memakai aksesori. Jika ingin memakai bros atau headpiece, pilihlah ukuran kecil agar terkesan cantik dan elegan, tambahkan kalung apabila baju yang dikenakan terlalu simple.

Contoh Model Sarimbit

Padu Padan Tradisional Modern

pakaian sarimbit
Pakaian Sarimbit Padu padan tradisional modern

Kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia. Biasanya kebaya dipakai oleh wanita-wanita dulu tapi kini kebaya berkembang baik dari segi desain, model, dan warna.

Di Indonesia, gaun kebaya muslim bertma tradisional dapat dilihat dari penggunaan kain batik atau tenun sebagai bawahan. Ibu dan anak tampil dengan atasan model kebaya kutubaru muslim modern dipadukan dengan sentuhan rok batik motif rang-rang dan belt di perut. Sematkan bros agar menambah kesan mewah pada belt.

Untuk ayah cukup dengan style koko batik, padanan ini sangat cocok untuk keluarga yang suka dengan gaya tradisional. Memberikan kesan nyaman saat bersama keluarga, sederhana dan elegan.

Padu Padan Elegan White

Pakaian sarimbit padu padan elegant white
Pakaian sarimbit padu padan elegant white

Putih merupakan warna yang melambangkan kesucian, spiritualis, kesederhanaan dan kesempurnaan. Busana muslim putih sering kali dipakai untuk acara-acara formal seperti keagamaan, pengajian, hari-hari besar umat islam, bahkan untuk pernikahan. Dres putih ini sangat anggun dengan padanan layer multifungsi, bisa digunakan sebagai cape pada dres atau layer di perut. Bahan dan model yang unik ini cocok dipakai untuk acara-acara resmi karena warna putih memang tidak pernah lekang oleh waktu.

Padu Padan Casual Style

tips berhijab
Pakaian sarimbit model casual style

Padu padan casual ini sangat simple dan stylish. Pilihan warna-warna yang ceria tentunya disesuaikan dengan warna kulit agar terlihat semakin menarik. Model wide dres dengan banyak aksen kancing di depan menambah kesan elegan. Semakin cantik dengan aksesoris belt unik pada perut dan pasangan pria yang menggunakan model koko aksen kancing penuh di depan memberikan kesan serasi.

Enjoy Traveling ala Nadila Fitria

Tips berhijab selanjutnya adalah Hijab Traveling. Seorang muslimah yang diharuskan sering bepergian memiliki kendala tersendiri saat harus membawa banyak busana hijab dan juga aksesorisnya. Namun Anda tak perlu hawatir karena semua itu masih bisa kita siasati. Berikut ini tips untuk kamu yang sering bepergian ke luar untuk waktu yang lama

Tips Memilih Hijab Saat Traveing

Berikut ini beberapa tips memilih ijab saat traveling:

  1. Pilih hijab dengan warna-warna basic, netral dan soft agar mudah dipadukan dengan busana yang dipakai
  2. Hijab dengan dua warna atau bolak-balik dapat memperkaya penampilan serta meminimalisir barang bawaan
  3. Bawalah iner/ciput secukupnya dengan warna netral misalkan hitam, putih atau krem
  4. Bagi yang ingin terlihat sylist dan fashionable hijab berbahan dasar kaos, rajut ataupun sifon cocok untuk bepergian
  5. Bagi yang suka berpenampilan simple, bergo adalah kerudung yang wajib dibawa

Tips Memilih Busana Muslim Saat Traveling

Berikut ini beberapa tips memilih busana muslim saat traveling:

  1. Pilihlah baju dengan bahan dasar katun atau kaos agar dapat menyerap keringat.
  2. Warna yang diperlukan adalah warna-warna netral agar lebih mudah dipadukan
  3. Jangan menggunakan warna-warna gelap, misalkan hitam. Karena warna gelap akan lebih mudah menyerap panas
  4. Kenakanlah baju yang tidak mudah kusut, agar ditengah perjalan tetap terlihat rapi
  5. Untuk model pakaian pilihlah model atasan dan bawahan karena dapat dipakai bergantian
  6. Bawalah celana yang berwarna netaral agar dapat dipadu padankan dengan macam-macam atasan. Akan tetapi jika terbiasa menggunakan dress, celana longgar seperti palaza dapat menjadi pilihan

Penutup

Sekian tips berhijab yang dapat penulis sampaikan. Semoga tips berhijab ini dapat membantu pembaca dalam memilih hijab yang cocok. Dan kunjungi terus halaman ini karena tips berhijab akan terus diupdate secara berkala.

More++

Selain artikel tips berhijb, masih banyak tips-tips dan cara-cara lainnya, jadi juga artikel penulis tentang how to lainnya.

Sumber

  • Buku Hijab Antem Anti tembem
  • Buku 28 Set Tutorial Hijab 2 in 1
  • Teens Hijab Guide Red Allert
  • Inspirasi Gaya Busana Muslim
  • Beauty With Hijab
(Visited 143 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *