Menu Tutup

Tips Lulus CPNS dengan dengan Mudah dan Tepat

tips lulus cpns

Tips Lulus CPNS – Lulus seleksi CPNS menjadi harapan bagi setiap peserta CPNS. Menjai seoran Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah impian bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, dengan gaji pokok yang dinilai cukup setra tunjangan yang begitu menggiurkan dinilai akan menjamin kesejahteraan. Untuk mencapai impian yang diharapkan menjadi seorang ASN, disini akan dibahas tips lulus CPNS.

Hmmmm… Namun demikian, pasti ada konsekuensi dibalik “keterjaminan” itu. Para ASN harus siap ditempatkan dimanapun oleh pihak BKN, meskipun di tempat terpencil yang jauh dari tempat asal sekalipun. Tetapi, adapula pendaftaran CPNS dimana para peserta dapat memilih sendiri tempat bertugas. Meskipun, pada akhirnya pihak BKN ataupun pihak intansi memiliki keputusan penuh mengenai penempatan.

Banyak sekali orang berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi seoran ASN. Setiap pemerintah membukan pendaftara, peserta CPNS selalu meledak hingga ratusan ribu. Padahal peserta yang dipilih kurang dari 10% dari banyaknya pendaftar.

Banyaknya saingan untuk mendepatkan kursi menjadi ASN tentu menjadi rintangan besar. Sebagai peserta, Anda perlu tips jitu untuk lulus menjadi seorang ASN. Berikut ini tips lulus CPNS yang harus dibaca oleh peserta CPNS. Tetapi sebelum itu, perlu dipahami dulu tahapan seleksi CPNS.

Tahapan Seleksi CPNS

Persiapan yang matang sangat dibutuhkan agar lolos seleksi CPNS. Maka perlu diketahui terlebih dahulu tahapan seleksi CPNS. BKN membuka pendataran CPNS terbaru pada tahun 2018 di berbagai daerah. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tahapan selesi CPNS berubah-ubah. Kali ini akan disampaikan tahapan seksi CPNS terbaru yaotu pada tahun 2018. Tahapan seleksi CPNS yaitu:

Tahap Administrasi

Pada tahap ini, peserta CPNS mendaftarkan disi sebagai peserta CPNS. Proses pendaftara ini meliputi upload berkas-berkas yang dibutuhkan, serta memilih formasi yang pas sesuai dengan jurusan dan lainnya. Tahap administasi tidak terlalu sulit. Kalian hanya perlu persiapan, ketelitian, kecermatan dan yang paling penting berdo’a kepada Allah SWT.

Thap administrasi akan meminta data diri selengkap-lengkapnya. Input data diri dengan lengkap dan benar. Karena apabila ada kekurangan atau tidak sesuai dengan fakta, kalian akan gagal dalam tahap administrasi, otomatis tidak bisa melanjutkan tahap selanjutnya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar dilakukan dengan mengerjakan tes CBT (Computer Based Tes). Dalam tes ini harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit. Dari 100 soal tersebut dibagi kedalam 3 bagian, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Intelegensi Umum

Tes Intelegensi Umum hampir sama dengan soal Tes Potensi Akademik (TPA). Tes ini berfungsi untuk mengukuru kemampuan intelektual dan akademik seseorang agar memenuhi batas tertentu. Tes Intelegensi Umum menilai kompetensi peserta CPNS dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika dan kemampuan analisis. Berikut ini contoh soal tes intelegensi umum

http://style.tribunnews.com/2018/10/18/update-cpns-2018-tips-lolos-tes-skd-cukup-jawab-benar-sejumlah-soal-ini?_ga=2.192152298.1187255772.1555321888-895728131.1538076327
Kisi-kisi TIU CPNS 2018 via tribunnews.com

Tes Wawasan Kebangsaan

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi tentang kenegaraan yang umumnya merupakan soal yang pernah dipelajari dalam bangku sekolah. Tes ini meliputi materi tentang Undang-undang Dasar 1945, Pancasial, Wawasan kebangsaan, NKRI dan lainnya. Berikut ini rangkuman tes wawasan kebangsaan

http://style.tribunnews.com/2018/10/18/update-cpns-2018-tips-lolos-tes-skd-cukup-jawab-benar-sejumlah-soal-ini?_ga=2.192152298.1187255772.1555321888-895728131.1538076327
Kisi-kis TWK via tribbunews.com

Tes Karakteristik Pribadi

Tes Karakteristik Pribadi merupakan tes untuk menilai karakteristik ketika menghadapi permasalahan. TKP akan menilai kematangan karakteristik pribadi secara psikologis. Jawaban yang paling tepat untuk permasalahan bernilai 5 sedangkan yang tidak tepat bernilai 1. Jadi dalam tes ini bisa disebut gampang-gampang susah. Berikut ini contoh soal tes karaktersitik pribadi (TKP)

http://style.tribunnews.com/2018/10/18/update-cpns-2018-tips-lolos-tes-skd-cukup-jawab-benar-sejumlah-soal-ini?_ga=2.192152298.1187255772.1555321888-895728131.1538076327
Kisi-kisi TKP CPNS 2018 via tribbunnews.com

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan seleksi akhir untuk menjadi seorang ASN. Bentuk Seleksi Kompetensi Bidang disesuaikan dengan bidang serta instansi yang ditujunya. Dalam tes ini kemampuan bidang lebih diprioritaskan. Tetapi meskipun sama di bidang pendidikan, bisa jadi bentuk tesnya beda apabila beda instansi

Tips Lulus Seleksi Adminstrasi

Tips lulus CPNS yang pertama adalah bagaimana cara untuk lulus seleksi administrasi. Berikut ini beberapa tips agar lulus seleksi administrasi:

Membaca berbagai persyaratan dengan teliti.

Sebelum mendaftar, ada baiknya membaca terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan, karena untuk mendaftar hanya ada kesempatan satu kali. Baca terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan secara berulang-ulang dan teliti. Pastikan semua persyaratan terpenuhi dengan lengkap dan benar.

Koneksi internet yang stabil.

Apabila pendaftaran telah dibuka, setiap harinya ada ratusan ribu orang yang membuka portal pendaftaran. Lakukan pendaftaran di jam-jam yang sekiranya sedikit orang yang akan membuka. Misalkan pada tengah malam, hingga sebelum subuh. Ataupun bisa juga dengan mencari tempat yang memiliki koneksi internet stabil.

Mempersiapkan bahan yang diminta dalam bentuk softfile

Seleksi adminstrasi dilakukan dengan mendfatar secara oline. Anda akan diminta untuk upload persyaratan. Oleh karena itu, sebelum mendaftar persiapkan persyaratan yang diminta dalam bentuk soft file. Sebelum mendaftar, persyaratan harus di scan terlebih dahulu. Selain itu, perhatikan ukuran file yang diminta. Setelah di scan, rubah terlebih dahulu ukuran file sesuai dengan kapasitas yang diminta.

Membaca alamat pengaduan

Sebelum memulai pendaftaran, baiknya anda membaca dahulu bagian kolom pengaduan. Biasanya ada informasi mengenai kesalahan yang biasa terjadi oleh pendaftar-pendaftar sebelumnya. Bagian pengaduan akan memberikan solusi atas kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi tersebut.

Mengecek kembali sebelum mengakhiri pendaftaran

Sebelum menyetujui tahap akhir seluruh form pendaftara yang telah diisi. Cek dan recek kembali file-file yang telah diupload dan data-data yang telah diisi. Jika ada data yang tidak sesuai, dengan otomatis anda akan gagal dalam tahap administrasi.

Tips Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tips lulus CPNS kedua adalah bagaimana kita lulus pada seleksi kompetensi dasar (SKD). Berikut adalah tips lulus seleksi kompetensi dasar:

Latihan soal

Untuk menghadapi pendaftaran CPNS, dari jauh-jauh hari tim penerbit telah mencetak buku lulus CPNS yang berisi rangkuman dan latihan soal. Buku ini harginya berkisar antara Rp. 70.000,- hingga Rp. 150.000,-. Buku yang disajikan cukup lengkap, biasanya menajikan rangkuman materi dan latihan soal.

Selain dari buku, banyak juga paket soal yang dijual di media sosial dalam bentuk soft file. Dengan harnga berkisar Rp70.000,- anda sudah mendapatkan kumpulan soal hingga ratusan Mb yang dikirim lewat email.Tidak ada kata terlambat, selagi berusaha dengan sebaik-baiknya pasri akan diberi jalan oleh Allah SWT.

Belajar dengan banyak berlatih mengerjakan soal sangat mempengaruhi. Selain dapat menemukan bentuk soal yang berbeda, ketika menemukan masalah baru yang serupa anda tidak akan merasa kesulitan. Anda dapat menemukan soal latihan diberbagai sumber dalam internet

Simulasi tes menggunakan CBT

Selain latihan soal, anda juga perlu melakukan simulasi mengerjakan soal dalam komputer dengan waktu yang telah diputar. Latihan mengerjakan soal dalam situasi ini, akan memberikan kesan tersendiri dan anda dapat melatih durasi waktu untuk mengerjakan setiap soal. Latihan soal CBT dapat ditemukan diberbagai sumber, baik di playstore ataupun di google.

Mengikuti grup CPNS

Ketika pendaftaran mulai dibuka, ada beberapa orang yang berinisiatif untuk membuat grup di media sosial seperti Whatsapp dan facebook. Grup ini berisi para peserta CPNS dan berfungsi untuk berbagi informasi terbaru mengenai pendaftaran CPNS.

Mempersiapkan berkas untuk pelasanaan tes

Dalam pelaksanaan SKB, anda akan diminta berkas tertentu sebelum memasuki ruangan. Berkas itu biasanya formulir yang telah lolos dalam tahap administrasi dan KTP. Berkas lebih detailnya akan dijelaskan di web pendaftaran masing-masing

Menggunakan strategi menjawab soal dengan tepat

Soal yang dijawab dengan strategi yang tepat akan mendaptakan hasil yang baik. Dalam pelaksanaan tes, anda akan mengerjakan soal TIU, TWK dan TKP. Jawab lah soal yang paling mudah terlebih dahulu. Soal yang dikerjakan terlebih dahulu adalah soal TKP, menurut beberapa pendapat soal TKP adalah soal yang paling mudah. Selain itu, soal TKP sedikit lebih mengecoh dibanding yang lainnya sehingga membutuhkan ketelitian yang lebih tinggi.

Jawablah soal dengan benar minimal untuk batas skor kelulusan. Untuk memenuhi passing grade pendaftar CPNS kategori UMUM, dalam soal TIU anda pelu menjawab 16 soal dari total 30 soal TIU dengan benar. Sedangkan untuk soal TWK anda perlu menjawab 15 soal dengan benar dari total 35 soal TWK. Untuk soal TKP anda perlu menjawab 29 seoal dengan skor 5.

Bersikap baik ketika di tempat pelaksanaan

Selain berusaha untuk melaksanakan tes, anda juga perlu bersikap baik ketika pelasanaan tes. Sebab mungkin bisa jadi meskipun telah belajar maksimal, ketika dengan tidak sengaja ataupen disengaja berbuat tidak baik kepada orang lain. Kemudian orang tersebut merasa tersinggung dan sakit hati, hal ini menjadi pengebab kegagalan menjadi ASN. Sebab sikap kita, menentukan masa depan kita

Memaksimalkan waktu pelaksanaan tes

Soal dikerjakan selama 90 menit. Maksimalkanlah waktu yang diberikan untuk menjawab semua soal dengan benar. Kerjakanlah soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Jika menemukan soal yang sulit, lewat saja dulu untuk mengerjakan soal yang lebih mudah tetapi jangan sampai lupa untuk mengerjakan. Sisajan waktu 10 hingga 5 menit untuk memeriksa kembali soal yang telah dijawab.

Menjawab semua soal

Meskipun soal terdiri dari berbagai kategori, ada soal yang mudah, sedang dan sukar. Usahakan untuk menjawab semua soal meskipun dengan cara memilih asal jika waktu telah mepet. Karena bisa jadi anda sedang beruntung dan jawaban yang ada pilih benar,

Tips Lulus Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Tips lulus CPNS yang ketiga adalah bagaimana kita lulus seleksi kompetensi bidang (SKB). Berikut adalah tips agar bisa lulus seleksi kompetensi bidang:

Mengetahui jadwal pelaksanaan tes dan datang tepat waktu

Datang diwaktu yang tepat menjadi syarat pelaksanaan tes, apabila terlambat ditakutkan tidak ada toleransi lagi. Pun demikian dengan jadwal pelaksanaan tes, terlebih dalam SKB ada beberapa macam tes yang akan dilaksanakan. Datanglah minimal 30 menit sebelum pelaksanaan tes, selain anda bisa sedikit lebih santei, anda juga bisa bertukar informasi dengan peserta lain.

Mengenal jenis-jenis ujian dalam SKB

SKB merupakan seleksi akhir untuk ditentukan menjadi seroang ASN atau tidak. Maka ada beberapa jenis seleksi yang dilaksanakan. Kenali dan pelajari jenis-jenis seleksi tersebut agar anda dapat mempersiapkannya dengan matang.

Mendalami keilmuan terkait jabatan yang dilamar

Seleks Kompetensi Bidang lebih spesifik lagi materi yang akan diujikan, berbeda dengan SKD dimana materi ujian lebih umum. Maka untuk mempersiapkan SKB, pahamilah bahan materi terkait keilmuan jabatan yang dilamar. Pahami dari berbagai sumber yang biasanya muncul dalam selesi penerimaan CPNS

Kenali perbedaan ujian dalam tiap instansi

Meskipun pelaksanaan ujian SKB sama, tetapi setiap instansi melaksanakan ujian SKB berbeda-beda. Perbedaan ini sesuai dengan indikator yang diinginkan intansi bagi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bekerja dibawahnya. Maka jangan heran apabila jenis tes yang diujikan berbeda-beda.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai tips lulus CPNS ini. Semoga tips lulus CPNS ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Setelah berusaha maksimal, kuatkanlah dengan do’a. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

More++

Selain membaca tips lulus CPNS, jangan ketinggalan untuk membaca artikel menarik how to lainnya. Untuk memberikan informasi kepada yang lainnya, silahkan klik tombol share dibawah ini 🙂

(Visited 129 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. Johnd317

    Oh my goodness! an amazing article dude. Thanks Nonetheless I am experiencing issue with ur rss . Dont know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting similar rss drawback? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx dekbfkcccebg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *