Menu Tutup

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan |Mabuk Perjalanan

tips mencegah mabuk perjalanan

Bagi sebagian orang, bepergian jauh menggunakan kendaraan ada yang merasakan mual, pusing hingga muntah-muntah. Merasa pusing, mual hingga muntah-muntah dikenal dengan mabuk perjalanan. Hal ini tentu menjadi kendala yang harus diatasi agar tidak menghambat kegiatan yang telah direncanakan. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini akan membahas tips mencegah mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan umumnya dirasakan ketika berkendara menggunakan kendaraan tertutup seperti mobil, bus, ankot dan lainnya. Jarang sekali ada orang yang merasakan pusing ataupun mual ketika mengendarai sepeda motor yang cenderung terbuka. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penyebab terjadinya mabuk perjalanan yang akan dibahas juga pada artikel ini.

Seringkali beberapa orang merasa minder ketika mengalami mabuk perjalanan. Jika hanya sekedar pusing ataupun mual mungkin tidak masalah. Tetapi apabila mabuk perjalanan yang dirasakan hingga menyebabkan muntah-muntah tentu akan membuat sebagian orang merasa risih. Muntah yang cenderung menjijikan dan mengeluarkan aroma tidak enak akan membuat orang terdekat tidak nyaman. Alhasil orang yang mengalami mabuk perjalanan akan merasa malu ataupun minder.

tips mengatasi mabuk perjalanan || minder ketika mengalami mabuk perjalanan
Minder ketika mengalami mabuk perjalanan via kompasiana.com

Semua masalah pasti ada solusinya. Mabuk perjalanan tentunya dapat diatasi agar tidak terjadi sehingga tidak menghabat aktifitas perjalanan. Sebelum membahas mengenai tips mengatasi mabuk perjalanan, kenali dulu penyebab mabuk perjalanan berikut ini.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Bahasa inggris dari mabuk perjalanan adalah motion sickness. Mabuk perjalanan terjadi karena terganggunya sistem vertibular yang menjadi pusat keseimbangan pada tubuh. Sistem vestibular ini terletak di telinga bagian dalam. Bagaimana sistem verstibular berjalan, hal ini bergantung pada informasi yang diberikan oleh organ-organ tubuh yang lain seperti mata, telinga, hidung, otot dan lain sebagainya.

Tips mengatasi mabuk perjalanan || akibat terganggunya pusat keseimbagnan tubuh
Akibat terganggunya pusat keseimbangan via blog.reservasi.com

Secara biologis, mabuk perjalanan terjadi karena tidak sejalanannya informasi yang diberikan oleh mata dengan apa yang dirasakan oleh bagian tubuh lainnya. Ketika berada didalam kendaraan khususnya mobil, mata melihat badan dalam keadaan berjalan menggunakan mobil. Sehingga otak berpikir seolah tubuh sedang berjalan tetapi sebenarnya anggota tubuh lainnya diam. Tidak sejalannya apa yang dilihat mata dengan yang dirasakan oleh tubuh mengakibatkan terganggunya pusat keseimbangan tubuh yang merangsang produksi zat histamin. Zat histamin merangsang otak untuk menimbulkan reaksi pusing, mual hingga ingin muntah. Mabuk perjalanan ini desebab kan oleh beberapa hal diantaranya

Kurangnya sirkulasi udara

Mabuk perjalanan terjadi apabila berada dalam kendaraan tertutup yang melaju kencang. Maka jangan heran apabil ketika berada didalam kedaraan tiba-tibu mual jika duduk disamping orang yang sedang meroko. Jelas saja, udara yang dihirup tidak segar sehingga mengakibatkan mual hingga muntah.

Mabuk perjalanan terjadi akibat penggunaan AC. Ini merupakan pernyataan yang keliru. AC pada kendaraan membuat sirkulasi udara, sehingga udara yang dihirup tetap segar. Tepatnya, mabuk perjalanan terjadi akibat kedinginan oleh AC. Untuk menghindari mabuk perjalana, biarkan AC terbuka, arahkan AC kebagian lain sehingga tidak kedinginan.

Bermain gadget atau membaca buku

Ketika berada didalam kendaraan sebaiknya hindari bermain gadget ataupun membaca buku. Posisi badan yang cenderung merunduk dan mata yang melihat benda diam akan lebih cepat merasakan mabuk perjalanan. Simpan terlebih dahulu gadget dan buku, agar perjalanan lebih menyenangkan dan terhindar dari mabuk perjalanan.

Perubahan hormon

Perubahan hormon dalam keadaan-keadaan tertentu seperti sedang mensturasi, hamil atau sedang mengkonsumpi pil KB akan cepat merasakan mabuk perjalanan. Maka sebaiknya sebelum melakukan perjalanan melakukan pencegahan terlebih dahulu agar tidak terjadi mabuk perjalanan.

Kurang istirahat

Tips mengatasi mabuk kendaraan || tubuh dalam keadaan lelah
Tubuh dalam keadaan lelah via bramardianto.com

Kurangnya istirahat mengakibatkan tubuh dalam keadaan lelah sehingga seluruh anggota tubuh tidak berfungsi secara optimal karena ingin beristirahat. Maka sebaiknya jangan memaksakan bepergian apabila keadaan tubuh sedang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan. Jika dipaksakan dikhawatirkan di perjalanan akan merasakan mual, pusing hingga ingin muntah.

Memiliki riwayat mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan dapat terjadi jika sebelumnya ketika berkendara selalu mengalami mabuk perjalanan. Hal ini biasanya disebabkan karena tidak terlalu sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan. Apabila sudah terbiasa bepergian, lambat laun tidak akan terjadi lagi mabuk perjalanan.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

tips mencegah mabuk perjalanan
tips mencegah mabuk perjalanan via hallosehat,com

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan yang dapat dilakukan secara preventif agar terhindar dari mabuk perjalanan

Tips mencegah mabuk perjalanan: Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dalam perjalan menyebabkan tubuk lebih rileks dan santai sehingga lebih menikmati perjalanan. Terlebih jika mendengarkan musik yang disukai, anda akan terhindar dari mabuk perjalanan sebab menikmati musik yang disukai hingga terbawa suasana.

Tips mecegah mabuk perjalanan: Menutup mata

Duduk diam kemudian menutup mata akan mencegah terjadinya mabuk perjalanan, terlebih jika memungkinkan tertidur. Menutup mata dengan santai dan pengendalian fikiran untuk tidak merasakan mabuk perjalanan akan sangat membantu agar terhindar dari mual ataupun mutah. Segara duduk rileks dan tutup mata anda jika sudah merasa pusing ketika melakukan perjalanan.

Tips mencegah mabuk perjalanan: Meliha ke kejauhan

Melihat kearah bagian depan atau melihat ke kejauhan akan menghindari terjadinya mabuk perjalanan. Bagi anda yang sering merasakan mabuk perjalanan cobalah memilih tempat duduk di dekat pintu kendaraan agar dapat melihat ke kejauhan melalui jendela.

Tips mencegah mabuk perjalanan: Membuka jendela mobil

Membuka jendela mobil via oto.com

Apabila memungkinkan bukalah jendela mobil yang anda tumpangi agar sirkulasi udara teratur dan ugara segar bisa masuk sehingga tidak pengap. Selain membuka jendela mobil, sirkulasi udara juga dapat diatur dengan menggunakan AC. Tetapi jika udara diluar lebih segar, lebih baik membuka jendela agar udara yang dihirup berasa dari luar yang lebih segar.

Tips mencegah mabuk perjalanan: Tenang dan bernafas secara teratur

Kunci yang paling utama untuk mencegah mabuk perjalanan ada pada diri sendiri. Untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan duduklah serileks mungkin, tetap tenang dan bernafaslah secara teratur. Bila perlu agar lebih nyaman, cobalah mengobrol dengan orang disekitar.

Tips mencegah mabuk perjalanan: Minum air putih yang cukup

Air putih mengandung oksigen yang akan berperan dalam peredaran darah . Jika banyak mengkonsumsi air putih maka otomatis peredaran darah didalam tubuh akan tetap stabil. Tetapi jangan terlalu banyak, apabila terlalu banyak minum air putih dikhawatirkan akan sering buang air kecil yang tentunya akan menghambat perjalanan anda.

Tips mencegah mabuk perjalanan: Konsumsi makanan kecil, seperti biskuit

Konsumsi biskuir mencegah mabuk perjalanan via liputan6.com

Menkonsumsi makanan kecil yang sehat akan meminimalisir terjadinya mabuk perjalanan. Biskuit menjadi salah satu anjuran yang dikonsumsi untuk menghindari mabuk perjalanan, selain mengenyangkan biskuit juga kaya akan vitamin. Mengkonsumsi makanan kecil seperti biskuit diperjalanan akan mencegah terjadinya mabuk perjalanan

Tips mencegah mabuk perjalanan: Minum air jahe

Air jahe kaya akan manfaat, selain memiliki kandungan yang menyehatkan bagi tubuh air jahe juga dapat mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Dengan ciri khas yang dimiliki air jahe hangat ketika diminum dan tentunya menghagatkan tenggorokan dapat mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan, air jahe menjadi salah satu rekomendasi untuk dipersiapkan agar terhindar dari mabuk perjalanan

Tips mencegah mabuk perjalanan: Makan sebelum melakukan perjalan

Asupan makanan yang cukup sebelum melakukan perjalanan akan memberikan energi bagi tubuh. Upayakanlah makan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan, jika perut kosong badan akan terasa lemas. Banyak orang yang sering merasakan pusing hingga mual apabila tidak makan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Tips mencegah mabuk perjalanan: Konsumsi obat anti mabuk perjalanan

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah mabuk perjalanan adalah mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan. Jika mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan, pada umumnya akan tertidur ketika berada dalama perjalanan sehingga terhindar dari mabuk perjalanan. Sebaiknya, jangan terlalu dibiasakan meminum obat anti mabuk perjalanan, upayakan terlebih dahulu cara lain untuk mencegah mabuk perjalnan. Tetapi jika memang mabuk perjalanan sudah akut, cobalah untuk mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan.

Penutu

Sekian pembahasan mengenain tips mencegah mabuk perjalanan. Semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf apabila dalam pembahasannya ini kurang jelas atau ada pembahasan yang keliru.

More++

Jangan lupa baca artikel fakta lainnya yang menarik dan tentunya bermanfaat. Jangan lupa juga untuk share, lebih banyak yang tahu lebih baik bukan 🙂

(Visited 50 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *