Menu Tutup

Tips Menyelesaikan Soal CPNS TKP

tips menyelesaikan soal CPNS TKP

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang menjadi salah satu kategori soal dalam SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dalam seleksi CPNS. Soal TKP bisa dibilang gampang-gampang susah. Mengapa ? Sebab tidak ada jawaban yang benar dan salah. Setiap jawaban bisa dipakai sebagai penyelesaian masalah, hanya saja memiliki bobot jawaban berbeda-beda. Jawaban yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang disajikan diberi skor 5 dan yang tidak tepat 1. Banyak dari peserta CPNS 2018 kemarin yang merasa kesulitan dalam mengerjakan TKP. Kebanyakan peserta lebih fokus pada soal Tes Intelegensi Umum (TIU) dan soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tetapi para peserta CPNS 2018 banyak yang merasa kesulitan ketika mengerjakan soal TKP, sebab banyak soal yang mengecoh dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Oleh sebab itu, penulis membagian tips menyelesaikan soal CPNS TKP.

Setiap tes dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) baik TWK, TIU dan TKP memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan karakteristik ini menyjadikan tips untuk menyelesaikan setiap tes berbeda-beda. Untuk menyelesaikan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Anda perlu pengetahuan yang luas seputar Pancasila, NKRI, Undang-undang, Dasar Negara dan lainnya. Untuk menyelesaikan Tes Intelegensi Umum (TIU), Anda perlu banyak berlatih menyelesaikan permasalah berkaitan dengan intelegensi seperti analogi, penalaran anlitis, keterampilan matematis dan lainnya. Untuk menyelesaikan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), berikut ini tips menyelesaikan soal CPNS TKP agar dapat menyelesaikan soal TKP dengan tepat dan mendapatkan skor maksimal.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

tips menyelesaikan soal CPNS TKP
Seleksi CPNS via gurugeografi.id

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) digunakan untuk mengukur karakteristik peserta Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berkaitan dengan kultur lingkungan kerja kepegaiwaian PNS dalam pelayanan publik di berbagai lini pemerintahan seperti kementrian, lembaga nasional, maupun pemerintahan daerah tingkat I dan II. Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) pada dasarnya adalah tes yang menilai sikap dan respon seseorang terhadap kasus yang diajukan atau dengan kata lain menilai kepribadian orang tersebut. Pada bagian TKP, soal yang diberikan dikelompokkan menjadi sebagai berikut:

  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Orientasi dan pelayanan
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Kemampuan mengendalikan diri
  6. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  7. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  8. Kemauan bekerjasama dalam kelompok
  9. Kemampuan menggerakan dan mengkordinir orang lain
  10. Orientasi kepada orang lain
  11. Kreativitas dan inovasi

Penilaian soal TKP berbeda dengan penilaian TIU maupun TWK. Tidak ada jawaban mutlak di TKP. Setiap pilihan ganda yang diberikan memiliki bobot nilai 1-5. Jawaban terbaik mendapatkan nilai 5 dan yang terendah adalah 1. Karena ini adalah soal yang menilai kepribadian seseorang, tentu jawaban TKP adalah tergantung hati nurani peserta tes, naun untuk mendapatkan nilai yang memuaskan dalam TKP, ada beberapa strategi yang dapat dipakai.

Tips Menyelesaikan TKP

Berikut ini beberapa tips untuk menyekesaikan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan tepat.

Pilih jawaban yang paling baik meskipun tidak sesuai dengan apa yang kita lakukan

Jawab yang paling baik via hidayatullah.com

Pilihlah jawaban yang paling baik untuk menyelesaikan permasalahan meskipun tidak sesuai dengan apa yang dilakukan pada prakteknya. Contoh soal:

Ketika gagal mencapai sesuatu yang saya inginkan, saya…

a. Mencari dengan seksama siapa yang turut bertanggung jawab terhadap kegagalan saya tersebut

b. Mengambil waktu untuk menenangkan diri

c. Bersedih hati

d. Melakukan instropeksi dan memperbaiki upaya

e. Meminta bantuan kepada lebih banyak orang

Atas pertanyaan diatas, pilihlah jawaban (d) yaitu melakukan intropeski dan memperbaiki upaya

Pilihlah jawaban yang berhubungan dengan judul sub materi

Pada setiap soal TKP, komputer CAT akan menampilkan judul submateri tiap pertanyaan. Pilihlah jawaban yang berhubungan dengan judul sub materi, terutama ketika semua jawaban terlihat benar. Contoh soal:

Orientasi pada pelayanan

Saya melihat seorang rekan kerja di kantor melakukan pungutan terhadap orang yang datang ketika seharusnya jasa yang diberikan adalah gratis. Apa yang akan saya lakukan …

a. Saya akan melaporkan hal tersebut pada atasan yang lebih berwenang

b. Hal tersebut merugikan orang-orang yang datang dan tidak sesuai dengan semangat dalam melayani orang

c. Hal tersebut melanggar hukum dan tidak sepantasnya dilakukan oleh rekan saya

d. Hal tersebut sah-sah saja karena banyak dilakukan oleh orang lain juga

e. Saya akan menegur rekan saya agar tidak melakukan hal tersebut

Jawaban yang paling sesuau untuk mengatasi permasalahan diatas adalah (b). Sebab pilihan (b) membahas semangat dalam melayani orang ketika bertugas dan mengaju pada judul sub materi yaitu orientasi pada pelayanan.

Menjawab soal secara konsisten

Konsisren menjawab soal yang sama via alona.co.id

Dalam beberapa kasus, sesring kali peserta mendapatkan soal yang mirip dua kali dalam tes TKP, konsistenlah dan pilih jawaban yang sama untuk menjawab soal yang mirip tersebut. Skor nilai TKP dinilai secara kombinasi, tiap soal tidak berdiri masing-masing. Misal, kombinasi tiga soal dengan jawaban (a)-(a)-(a) akan memberikan skor 15, dan untuk soal yang sama, kombinasi tiga soal dengan jawaban (a)-(a)-(c) hanya akan memberikan skor 8. Disini sistem menilai konsistensi sikap Anda dalam menjawab suatu soal.

Jangan menghabiskan banyak waktu di soal TKP

Tidak menghabiskan banyak waktu via blog.ruangguru.com

Meskipun sering kali soal TKP mendapat porsi lebih banyak dibanding TIU dan TWK, jangan menghabiskan banyak waktu di soal TKP. Jawablah secara cepat, dan pergunakan sisa waktu Anda untuk mengerjakan TIU atau TWK. Soal SKD terdari 100 soal, 35 soal TWK, 30 soal TIU dan 35 soal TKP. Kerjakanlah soal TKP terlebih dahulu, sebab pada bagian TKP ada beberapa soal yang mengecoh dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Meskipun demikian, jawablah soal TKP dengan cepat, sebab soal lain dair TIU dan TWK juga perlu waktu untuk menyerjakannya. Terlebih pada sial TIU ada bagian kemampuan matematis yang memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan soal.

Banyak menyerjakan latihan soal TKP

tips menyelesaikan soal CPNS TKP
Banyak berlatih via iyakan.net

Berlatihlah mengerjakan banyak soal TKP agar hati Anda terlatih untuk menemukan jawaban yang paling tepat. Dan yang terakhir jangan lupa berdoa ketika hendak mengerjakan soal. Bagaimanapun, manusia hanya sanggup berikhtiar, soal hasil Allah telah mempunyai sekenario yang indah bagi hambaNya. Soal-soal latihan TKP mudah sekali didapatkan baik di internet maupun media cektak seperti buku. Banyak berlatih menyelesaikan persoalan, akan membiasakan Anda untuk lebih mudah menyelesaikan permasalahan.

Penutup

Sekian artikel mengenai tips menyelesaikan soal CPNS TKP. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang hendak berjuang mengikuti seleksi CPNS. Semoga Anda menjadi orang beruntung dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Tetapi ingatlah, menjadi seorang PNS bukan segalanya. Ada banyak jalan untuk berkarir maksimal diluar sana. Berdoalah yang terbaik kepada Allah SWT. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada artikel ini baik dari segi penulisan ataupun isi materi.

More++

Jangan lupa untuk membaca artikel Fakta lainnya yang menyajikan berbagai informasi menarik. Jangan lupa juga untuk share artikel ini melalui media social twitter, facebook, instagram, whatsapp dan laiinya. Lebih banyak orang yang tahu lebih baik bukan.

(Visited 127 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *