Menu Tutup

Tips Mudik Lebaran | Tips Mudik Aman | Tips Mudik Nyaman

Tips mudik lebaran

Mudik adalah singkatan dari mulih dilik yang artinya pulang sebentar ke kampung halaman. Masyarakat Indonesia sebagian besar memiliki mata pencarian di perantauan, sehingga apabila hari raya tiba akan ada yang namanya musim mudik. Musim mudik ini terjadi pada puncaknya ketika hari raya Idul Fitri tiba, mereka akan menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer dengan berbagai jenis kendaraan. Demi berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman, pemudik rela berdesak-desakan, menempuh kemacetan, dan berbagai hambatan lainnya. Untuk meminimalisir hambatan yang akan dijumpai ketika mudik, ada baiknya membaca terlebih dahulu artikel tentang tips mudik lebaran ini.

Tips mudik lebaran
Tips mudik lebaran via tribunnews.com

Sebagai usaha preventif untuk meminimalisir terjadinya berbagai hamabatan ketika mudik, maka ada baiknya mengoptimalisasi hal-hal yang memang perlu dipersiapkan. Hal-hal yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum berangkat mudik terdiri dari berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Kedunya harus dipersiapkan dengan matang sebelum melakukan perjalanan yang sangat panjang. Sangat riskan apabila keduanya tidak dioptimalkan.

Berkumpul dengan sanak saudara bagi para perantau adalah hal yang paling dinanti-nantikan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Para perantau akan mengupaykan untuk dapat pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tidak sedikit pula orang jahat yang memanfaatkan momen-monem seperti ini, misalnya para pencopet, penipu dengan berbagai modus yang membahayakan.

Tips Mudik Lebaran: Menentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Tilas mudik lebaran
Menentukan jenis kendaraan yang akan digunakan via siplawfirm.id

Kendaraan menjadi salah satu faktor utama untuk mudik. Banyak bilihan kendaraan yang bisa digunakan untuk mudik. Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, tentu akan akan memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi. Tetapi tidak sedikit orang memilih menggunakan kendaraan umum dengan berbagai alasan yang digunakan. Untuk mempersiapkan mudik agar dapat mudik dengan aman dan nyaman, pilihlah kendaraan yang akan digunakan dari jauh-jauh hari. Agar terhindar dari kemacetan, kendaraan seperti kereta api dan kapal udara menjadi prioritas utama. Sebab bagaimanapun, setiap mudik pasti tidak akan terhindar dari kemacetan. Kecuali jika mudik dari jauh-jauh hari sebelum lebaran

Tips Mudik Lebaran: Booking Jauh-jauh Hari Tiket Mudik jika Menggunakan Kendaraan Umum

Booking tiket mudik jauh-jauh hari via ekonomi.kompas.com

Mudik menggunakan kendaraan umum menjadi salah satu pilihan agar tidak terlalu riskan dibanding membawa kendaran pribadi. Tetapi tenya akan banyak para calon pemudik yang akan mudik menggunakan kendaraan umum. Sehingga ada baiknya Anda membeli tiket untuk mudik dari jauh-jauh hari, Sekarang ini banyak tiket mudik yang sudah dapat dibeli secara online seperti di tiket.com, travelloka, mister aladin, pegi-pegi dan lainnya. Untuk tiket kereta sudah tersedia 3 bulan sebelumnya, jika Anda akan mudik tanggal 4 Juni, pada tanggal 4 Maret tepat pukul 00.00 tiket sudah bisa dibeli tentunya dengan berebutan. Tips memberli tiket kerta online adalah dengan menggunakan pc jangan menggunakan hp kemudian Anda harus persiapkan sebelum jam 00.00. Sebab telat 2 menitpun tiket akan segera habis. Jika akan mudik menggunakan bus, tiket bus online bisanya dapat dibeli 1 bulan sebelum berangkat. Harga tiket saat lebaran hampir naik 2 kali lipat lho, ini sejalan dengan rintangan yang akan dilalui.

Tips Mudik Lebaran: Tidur yang Cukup Sebelum Berangkat

tips mudik lebaran
tidur yang cukup via bobo.grid.id

Istirahat yang paling baik adalah tidur. Jangan sampai Anda kurang tidur jika hendak berangkat untuk mudik, sebab akan menempuh penjalanan yang panjang. Persiapkanlah kondisi fisik agar tetap masksimal dengan tidur yang cukup terlebih dahulu sebelum berangkat mudik. Jika waktu tidur Anda cukup, Anda akan merasa segar dan siap menempuh perjalanan. Tetapi hati-hati, jangan sampai tidurnya kebablasan ya 😉

Tips Mudik Lebaran: Jangan Berangkat di Waktu Mepet Lebaran

jangan mudik diwaktu mepet-mepet lebaran via ikhsanisme.com

Upayakan untuk tidak berangkat ketika waktu-waktu mepet lebaran. Sebab biasanya pada saat itu kemacatan arus mudik sedang ada pada puncaknya. Maka resikonya Anda akan terkeca kemacetan yang cukup parah dan jika terlalmbat kemungkinan Anda akan melaksanakan lebaran diperjalanan. Rencanakanlah waktu untuk mudik sematang mungkin, pertimbangkan berbagai resiko yang akan terjadi.

Tips Mudik Lebaran: Kenali Karakteristik Daerah yang Akan Dilalui

kenali karakteristik perjalanan via phinemo.com

Tips mudik selanjutnya kenali karakteristik daerah yang akan dilalui. Apakah akan melewati pegunungan, perkotaan, dan sebagainya. Dengan ini Anda dapat mempersiapkan hal-hal yang mendukung perjalanan Anda. Misalkan jika Anda akan mudik melewati pegunungan, otomatis akan melewati jalanan yang berliku, menanjak dan lainnya. Kondisi jalan seperti ini sebagian besar akan memberikan dampak pusing hingga mual-mual. Jika sudah tau karasteristik daerah yang dilalui Anda dapat mempersiapkannya dengan matang dan dapat meminimalisir terjadinya kendala.

Tips Mudik Lebaran: Cek Dahulu Kondisi Kendaraan Jika Menggunakan Kendaraan Pribadi

Mengecek kondidi kendaraan via totozone.blogspot.com

Hal yang tak kalah penting jika mudik menggunakan kendaraan pribadi adalah memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat melakukan perjalanan jauh. Cek lah kondisi mesin, sistem pelumas, sistem pendingin, sistem pembakaran, kerburator dan lainnya yang berpengaruh pada performa kendaraan. Untuk mencegah terjadinya berbagai bayaha, mengecek kelayakan mobil adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dan jangan sampai terlewatkan.

Bawa Perlengkapan Otomotif

perlengkapan otomotif via modulmesin.blogspot.com

Membawa beberapa perlengkapan otomotif tak kalah pentingnya untuk mengatasi apabila mobil tiba-tiba mogok atau ada masalah. Bawalah perlengkapan otomotif sekedarnya saja yang sekirananya sering dibutuhkan ketika bepergian seperti dongkrak mobil dan lainnya. Jangan lupa untuk membawa jenis kunci yang dapat mengunci kendaraan lebih aman, seperti kunci setir atau yang lainnya. Hal ini untuk mewaspadai kendaraan hilang ketika melakukan mudik.

Pastikan Surat Kelengkapan Kendaraan

tips mudik lebaran
Surat kelengkapan kendaraan via otospector.co.id

Memastikan surat kelengkapan kendaraan dibawa ketika mudik adalah hal yang tak kalah penting. Sebab ketika diperjalanan memang tidak dipungkiri polisi akan menanyakan kelengkapan kendaraan meskipun peluangnya sangat kecil. Tetapi kondisi kendaraan tidak hanya berperang dalam kondisi seperti itu saja, surat kelengkapan kendaraan sangatlah penting untuk dibawa ketika perjalanan mudik.

Patuhi Arahan Lalu Lintas

tips mudik lebaran
Patuhi arahan lalu lintas via liputan6.com

Patuhilah arahan lalu linta ketika berada di perjalanan mudik. Biasanya jika terjadi pelonjakkan arus mudik akan dibuat menjadi sistem buka tutup agar meminimalisir kemacetan. Selain itu juga, sering terjadi pengalihan arus. Maka patuhilah arahan lalu lintas, selain berguna untuk kepentingan bersama, mematuhi arahan lalu linta juga berguna untuk kepentingan pribadi. Sebab saat musim mudik sering kali digunakan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi saat mudik. Mematuhi arahan lalu linta juga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

tips mudik lebaran
Kelebihan penumpang sangat berbahaya via pulsk.com

Kenyamanan ketika berkendara adalah hal yang perlu diperhatikan ketika berkendara, terlebih jika memakai kendaraan pribadi. Mengingat waktu tempuh yang digunakan di perjalanan mudik cukup panjang dan tentunya dengan kondisi dijalan yang tidak dapat diprediksi. Maka hindarila mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan, selain akan menganggu kenyamanan saat di perjalanan mudik, hal ini juga akan membahayakan. Jika memaksakan, jangan herang jika petugas kepolisian menegur Anda ketika dijalanan. Bagi pemudik dengan kendaraan umumpun perlu diperhatikan. Hindarilah kendaraan yang mengangkut penumpang berlebih, selain tidak nyaman hal ini juga bereseiko cukup tinggi

Istirahat Saat Kelelahan

Tips mudik lebaran
Tubuh dalam keadaan lelah via bramardianto.com

Ketika musim mudik berlangsung, pihak kepolisian bekerjasama dengan berbagai instansi tidak pernah terlewatkan untuk membuat posko mudik yang disediakan bagi pemudik untuk beristirahat. Beristirahatlah saat mengalami kelelahan, jangan memaksakan karena akan sangat beresiko baik bagi pengendara ataupaun bagi pemudik lainnya. Bagaimanapun setiap orang pasti ingin tiba di kampung halaman dengan selamat, maka kehati-hatian dan konsisi tubuh perlu diperhatikan untuk menempuh perjalanan mudik yang cukup panjang.

Nyalakan GPS Sebelum Berangkat

tips mudik lebaran
Menggunakan GPS ketika mudik via plazagps.com

Sebelum berangkat mudik, nyalakan GPS pada kendaraan pribadi Anda. GPS akan sangat bergunan memandu Anda diperjalanan, sebab kini GPS semakin canggih dapat mengetahui keadaan lalu lintas dijalan apakah lancar atau tidak. Selain itu, GPS dapat memandu Anda menuju tempat tujuan dengan berbagai rute. Anda dapat memilih sendiri rute yang ingin dilalui dalam perjalanan mudik. Tetapi jangan salah bila menemukan rute mudik menurut GPS yang tidak sesuai harapan, sebab GPS tidak mengupdate keadaan seluruh lokasi. Selalu bertanya kepada penduduk apakah arah yang dilalui sudah benar.

Bawa Peta untuk Antisipasi Kehilangan Signal

tips mudik lebaran
Membawa peta via ummsantana.blogspot.com

Bagi pemudik yang baru pertama kali melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, bawalah perta untuk antisipasi kehilangan signal karena tidak ada GPS. Peta sangat berperang penting untuk menuntun perjalanan Anda menuju tempat tujuan. Ukuran peta yang relatif kecil dan tidak terlalu memakai banyak tempat sangat memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Benda kecil yang sering terlupakan ini dapat memberi gambaran bagi Anda jika tidak terlalu tau kondisi perjalanan yang akan ditempuh.

Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

tips mudik lebaran
Mengatur anggaran pengeluaran via majalahduit.co.id

Anggaran sangat berperan penting dalam perjalanan mudik. Agar tidak terjadi pembengkakan, aturlah anggaran pengeluaran mudik. Memisahkan bagian untuk membeli bahan bakar atau untuk ongkos, untuk membeli makanan, dan uang receh yang juga penting untuk membayar ketika ingin ke toilet. Jangan sampai kondisi keuangan menipis sebelum sampai tempat tujuan, sebab ketika mudik jika anggaran tidak dibatasi akan tidak terasa tiba-tiba habis. Mudik adalah perjalanan yang cukup panjang dan perlu dipersiapkan matang-matang salah satunya dengan mengatur anggatan pengeluaran.

Persiapkan Barang Bawaan

tips mudik lebaran
Mempersiapkan barang bawaan via rumahinspirasi.com

Persiapkanlaj barang-barang yang akan di bawa untuk mudik dari jauh-jauh hari. Rapikan serapi mungkin hingga tidak terlalu menghabiskan tempat sehingga dapat membawa barang-bawanaa yang perlu dibawa lebih banyak. Tuliskan berang bawaan terlebih dahulu sebelum dipack, sehingga setelah semua barang terkumpul dapat disusun agar barang bawaan lebih rapi. Jangan sampai ada barang bawaan penting yang tidak terbawa. Bawalah barang bawaan secukupnya saja, sebab jika terlalu banyak membawa barang, dikhawatirkan akan membuat perjalanan tidak nyaman.

Membawa Makanan dan Minuman yang Cukup

tips mudik lebaran
Membawa bekal makanan secukupnya maicih.com

Makanan dan minuman menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk dibawa. Perjalanan yang cukup panjang akan membuat bdan kita lapar dan haus, tidak ada salahnya apabila membawa bekal untuk dimakan diperjalanan. Jangan sampi Anda merasa lapar saat berada di perjalanan, bawalah cemilan ataupun makana berat yang sewajarnya saja, jangan lupa juga beserta minumannya. Tidak ada salahnya juga jika membeli makanan diperjalanan, munkin akan meringankan barang bawaan Anda. Tetapi jangan heran jika makanan yang dibeli diperjalanan lebih mahak dari pada biasanya atupun beberapa hal yang menjadi pertimbangan lainnya seperti kebersihan. Bawalah makanan secukupnya saja, jangan terlalu banyak, sebab jika terlalu banyak makanan pasti akan basi.

Jaga Kondisi Tubuh

tips mudik lebaran
Menjaga kondisi tubuh agar tidak kelelahan via medcom.id

Kondisi kesehatan badan adalah hal yang peting yang harus dijaga dalam perjalanan. Jangan sampai Anda dan keluarga kelelahan saat diperjalanan hingga menyebabkan perjalanan Anda terganggu. Jagalah kondisi tubuh agar perjalanan Anda menyenangkan dan dapat bertemu sanak saudara di kampung halaman dengan sehat walafiat. Jika merasa kelahan ketika di perjalanan, istirahatlah terlebih dahulu di rest area karena ketika musim mudik datang akan tersedia banyak rest area. Jangan memaksakan perjalanan apabila kondisi tubuh Anda tidak stabil karena akan sangat berbahaya. Terlebih beberapa waktu lalu dikabarkan ada pemudik yang meninggal dunia ketika diperjalanan karena mengalami kelelahan. Maka jagalah kondisi tubuh Anda ketika melaksanakan mudik.

Membawa Obat Pribadi

tips mudik lebaran
Membawa obat-obatan pribadi via hijabtravellingyuks.wordpres.com

Obat-obatan pribadi atau yang dapat menjadi pertolongan pertama amat penting dibawa untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Terlebih jika kondisi jalan yang dilalui berkelok-kelok akan membuat tubuh Anda terasa mual, maka alangkah baiknya bawalah minyak angin atau sejenisnya untuk mengatasi hal tersebut. Membawa obat pribadi menjadi langkah preventif apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, karena pada saat itu pertolongan pertama seperti obar-obatan sangatlah dibutuhkan. Bawalah obat pribadi seperlunya saja, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit yang sering kambuh-kambuhan, bawalah obat untuk mengatasinya.

Jangan Gunakan Perhiasan Mencolok

tips mudik lebaran
Jangan gunakan perhiasan yang mencolok via tampilcantik.com

Ketika manempuh perjalanan mudik, Anda akan menemukan tempat-tempat yang tidak biasa Anda temui. Alangkah baiknya Anda berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan tikan menggunakan perhiasanya secara berlebihan. Jangan sampai perhiasan yang digunakan menyita perhatian banyak orang kerena sangat mencolok. Pakailah perhiasan sewajarnya saja, sebab cukup berbahaya apabila menggunakan perhisan berlebihan karena dapat mengundang kejahatan yang dapat merugikan dan membahayakan Anda.

Pisahkan Barang-barang yang Hendak Dipakai Saat Perjalanan Dengan yang Tidak

Memisahkan barang bawaan yang hendak dipakai di perjalanan dengan yang tidak via jalankuseru.com

Pisahkanlah barang-barang yang akan dipakai saat di perjalanan dengan barang-barang yang akan dipakai ketika tiba di tempat tujuan. Hal ini berguna agar barang-barang bawaan tetap rapi dan tersusun pada tempatnya. Selain itu, dengan pemisahan ini akan memudahkan Anda mengambil barang-barang yang akan digunakan saat berada di perjalanan. Terlebih jika Anda pergi menggunakan kendaraan umum, barang yang tidak akan dipakai saat diperjalanan bisa disimpang di bagasi dan barang yang hendak dipakai dapat disimpan disekitar Anda.

Gunakan Pakaian yang Tidak Mencolok dan Nyaman

tips mudik lebaran
Pakaian yang nya,man dan tidak mencolok via beatynesia.id

Gunakanlah pakaian yang tidak mencolok dan tentunya nyaman untuk dipakai bepergian jarak jauh. Dengan pakaian yang nyaman dan tidak menyita perhatian banyak orang akan mendukung perjalanan Anda menyenangkan. Pakaian salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebab selama mudik pakaian yang dipakai akan terlihat oleh orang lain dan tentunya harus membuat si pemakai merasa nyaman. Maka hal yang harus diperhatikan dalam memilih pakaian untuk mudik ialah pakaian yang dipakai tidak mencolok dan nyaman dipakai.

Jangan Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Jangan terlalu banyak membawa uang tunai via manado.tribunnews.com

Ketika menempuh perjalanan untuk mudik, bawalah uang tunai sekedarnya saja, jangat terlalu banyak. Terlalu banyak membawa uang akan mengundang banyak perhatian sehingga beresiko terjadinya tidakan kejahatan seperti pencopetan dan lainnya. Sebab ketika musim mudik tiba, tindakan kejahatan semakin meningkat karena memang banyak kesempatan yang dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ketika mudik membawa uang seperlunya saja. Belakangan ini sudah banyak mesin ATM tersebar di minimarket dan supermarket yang ada di daerah-daerah, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Adapun jika tidak mengetahui mesin ATM terdekat, Anda dapat membuka google untuk meminta bantuan sehingga Anda dapat memberkirakan kapan dan dimana Anda akan mengambil uang.

Jika Terjadi Sesuatu Minta Bantuan Petugas

Meminta bantuan petugas via merdeka.com

Jika terjadi sesuatu jangan segan untuk meminta bantuan kepada petugas keamanan yang bertugas memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik ketika musim mudik berlangsung. Pertugas akan memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi para pemudik yang memerlukan bantuan. Jika masalah yang terjadi membutuhkan bantuan orang lain dan tidak bisa diselesaikan sendiri, meminta bantuan orang lain seperti petugas kepolisian adalah solusi agar masalah cepat terselesaikan.

Jaga Agar Pikiran Tidak Kosong

Pikiran tidak kosong via musowwir.blogspot.com

Pikiran dan pusat kesadaran adalah hal utama yang perlu dijaga saat perjalanan mudik selain. Jagalah agar pikiran tidak kosong sehingga tidak mudah terpengaruhi oleh oknum-oknum yang hendak berbuat jahat ataipun mencelakai. Tetaplah fokus pada kegiatan apa yang sedang Anda lakukan, jangan terlalu banyak melamun karena memalum menandakan pikiran sedang kosong dan sangat mudah untuk dipengaruhi.

Berfoto dengan Sanak Saudara

Berfoto dengan keluarga via suratkabar.id

Jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikan momen-momen kebersamaan Anda dengan keluarga. Berfotolah dengan sanak saudara ketika semuanya berkumpul di kampung halaman. Saat-saat berkumpulnya sanak saudara adalah peristiwa yang tidak sering terjadi sehingga Anda perlu mengabadikannya dengan berfoto bersama. Foto ini dapat menjadi kenang-kenangan Anda mudik dikampung halaman ketika lebarana.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai tips mudik yang dapat dijadikan referensi agar perjalanan Anda lebih aman dan nyaman. Mohon maaf apabila terdapat kesalah. Semoga artikel ini bermanfaat.

More++

Jangan lupa untuk mebaca artikel fakta lainnya yang tentunya memberikan banyan tips-tips beserta informasi lainnya, Jangan lupa juga untuk share jika dirasa artikel ini bermanfaat, sebab lebih banyak orang yang tahu lebih baik bukan. Terimakasih 🙂

(Visited 71 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *